Tertarik untuk liburan ke Manokwari? Inilah 10 list tempat wisata di Mankowari, Papua Barat yang wajib untuk Anda kunjungi. Selain karena menyuguhkan banyak daya tarik, beberapa tempat wisata terkenal di Papua Barat ini selalu berhasil memuaskan hati para pengunjungnya.

Seperti yang diketahui, Manokwari merupakan salah satu wilayah dengan potensi wisata yang terbilang lumayan banyak. Di Manowari Anda bisa menemukan berbagai wisata alam mulai dari perbukitan hingga pantai dengan pesona keindahan yang mengagumkan. Nah, apa saja wisata di Manokwari yang recommended untuk dikunjungi?

Berikut ini daftar tempat wisata di Manokwari yang cocok untuk dijadikan rujukan liburan bersama keluarga ataupun kerabat :

1. Gunung Meja Manokwari

wisata manokwari papua
Foto : https://www.instagram.com/qriztyty/

Rekomendasi wisata Manokwari pertama yang sayang untuk dilewatkan saat Anda berkunjung ke sana adalah Gunung Meja Manokwari. Sesuai dengan namanya, daya tarik yang dihadirkan oleh objek wisata alam ini yaitu gunung yang berbentuk seperti meja.

Gunung Meja sendiri salah satu gunung yang tidak terlalu tinggi yaitu hanya sekitar 1000 meter di atas permukaan laut. Saat berkunjung ke sana, Anda bisa menikmati suasana hutan alam yang masih terbilang karena adanya pepohonan yang rimbun.

Destinasi wisata alam di Manowari ini sering dijadikan sebagai pendakian bagi wisatawan yang hobi mendaki gunung. Beberapa masyarakat setempat juga sering berkunjung ke tempat ini untuk menenangkan pikiran dan bermeditasi.

Nah, untuk lokasinya sendiri berada di daerah Manokwari Timur Kecamatan Manokwari Barat, Papua Barat. Bagi Anda yang tertarik untuk liburan ke sana, wajib membayar tiket masuk sebesar Rp 15 ribu per orangnya.

2. Pantai Bakoro

wisata manokwari
Foto : https://www.garispantai.com/

Pantai Bakoro merupakan salah satu wisata Manokwari Papua selanjutnya yang hits dan selalu dikunjungi wisatawan baik lokal maupun internasional. Daya tarik yang dihadirkan oleh pantau ini yaitu pesona keindahannya yang masih sangat asri dan menyejukkan mata.

Pasirnya yang putih bersih, ditambah dengan air yang biru kehijauan tentu saja hal tersebut akan sangat nyaman untuk dipandang berlama-lama. Anda pun bisa mengunjungi Pantai Bakoro ini pada pagi ataupun sore hari agar bisa mendapatkan pemandangan yang eksotis dan indah.

Pantai pasir putih Manokwari ini berlokasi di daerah Sunsweni Kabupaten Manokwari, Papua Barat. Jika Anda belum pernah ke sana, maka disarankan untuk menggunakan aplikasi Google Maps guna memudahkan perjalanan Anda bersama rombongan.

Untuk bisa masuk ke lokasi wisata pantai pasir putih ini, pengunjung harus menyiapkan uang sebesar Rp 20 ribu per orangnya. Harga tersebut terbilang worth it dengan keindahan yang ditawarkannya dan mungkin tidak bisa Anda temukan di daerah lainnya.

3. Gunung Botak Manokwari

wisata di manokwari
Foto : https://www.instagram.com/bastian_as/

Selain Gunung Meja, wisata Manokwari lainnya yang tidak kalah bagus dan hits adalah Gunung Botak. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, di Manokwari tidak hanya tempat wisata pantau saja tetapi juga banyak dijumpai gugusan pegunungan.

Gunung Botak menjadi salah satu spot yang paling cocok dipakai untuk aktivitas berkemah. Mengapa demikian? Pasalnya di gunung ini menyuguhkan pemandangan alam yang begitu mengagumkan yaitu kombinasi antara perbukitan dan pantai yang eksotis.

Nah, bagi Anda yang penasaran dengan pemandangan yang disuguhkannya, maka pastikan untuk mengagendakan liburan ke sana ya! Lokasinya sendiri berada di Jl Manokwari Desa Yekwandi Kecamatan Manokwari Selatan, Kabupaten Manokwari.

Datang juga ke –> Tempat Wisata di Ambon yang menyajikan pesona keindahan memanjakan mata dan wajib anda explore.

4. Pantai Amban

Pantai Pasir Putih Manokwari
Foto : https://www.instagram.com/huruleanf/

Objek wisata di Manokwari selanjutnya yang tidak kalah keren adalah Pantai Amban dengan sejuta ke eksotisannya. Salah satu daya tarik yang dihadirkan oleh pantai ini yaitu pasir pantainya yang berwarna abu-abu.

Di wisata di Manokwari ini Anda bisa melihat gugusan batu karang yang tersusun secara acak yang membuatnya semakin eksotis. Untuk Anda yang berencana untuk liburan ke sana, bisa mengunjungi baik saat pagi maupun sore hari.

Cahaya matahari yang berwarna kuning ke oranyean memantul ke air laut sehingga membuatnya terlihat jernih. Lokasi tempat wisata anak di Manokwari ini yaitu di Kecamatan Manokwari Barat Kabupaten Manokwari, Papua Barat.

Tempat wisata ini sangat cocok dijadikan tujuan liburan bersama keluarga karena tidak dipungut biaya alias gratis. Tentu saja hal tersebut akan sangat menghemat bujet Anda, bukan?

5. Pegunungan Arfak

Tempat Wisata terkenal di Papua Barat
Foto : https://www.instagram.com/andinwijaya_/

Objek wisata di Manokwari selanjutnya yang wajib untuk Anda kunjungi adalah pegunungan Arfak. Perlu diketahui, Gunung Arfak sendiri merupakan gunung dengan titik puncak tertinggi yang ada di wilayah Papua Barat.

Ketinggian dari Gunung Arfak sendiri yaitu sekitar 2.900 mdpl dengan pemandangan alam yang masih sangat asri dan hijau. Karena ketinggian dari gunung ini yang lumayan tinggi, Anda perlu menyiapkan beberapa hal sebelum memutuskan untuk mendaki ke sana.

Jangan lupa untuk membawa pakaian tebal mengingat suhu dari Gunung Arfak sendiri bisa mencapai 5 celcius pada pagi hari. Untuk mendaki ke sana, para pengunjung tidak harus mengeluarkan biaya sepeser pun alias gratis.

Gunung Arfak sendiri berlokasi di Kwokwisngung Kabupaten Pegunungan Arfak, Papua Barat. Untuk memudahkan perjalanan Anda ke sana, di sarankan untuk menggunakan aplikasi Google Maps guna menujukkan alternatif jalannya.

6. Teluk Doreri Manokwari

objek wisata di manokwari
Foto : https://www.instagram.com/aleeeennoo/

Tempat wisata alam di Manokwari selanjutnya adalah Teluk Doreri yang memiliki keunikan tersendiri dan sulit ditemukan di daerah lainnya. Sedikit cerita tentang Teluk Doreri, kabarnya di teluk ini tidak hanya satu saja kapal tenggelam melainkan lima buah kapal.

Di tempat wisata di Manokwari ini, para pengunjung bisa menyewa peralatan renang yang disediakan oleh pihak pengelola. Menariknya, di sana Anda bisa melihat banyak kapal karam puluhan atau bahkan ratusan tahun yang lalu.

Meski masih terlihat dengan mata telanjang, namun kapal-kapal yang sudah karam tersebut sudah menjadi habitat bagi biota laut di sana. Teluk Doreri sendiri berlokasi di Jl Trikora Taman Ria Kabupaten Manokwari, Papua Barat.

Untuk bisa masuk ke lokasi wisata, para wisatawan tidak dikenakan biaya tiket masuk alias gratis. Objek wisata hits di Manokwari ini cocok dijadikan tujuan untuk Anda yang hobi berwisata alam.

Kunjungi juga –> Tempat Wisata di Tidore menyuguhkan destinasi kekinian dengan spot mempesona dan begitu memukau.

7. Danau Anggi Giji

wisata alam manokwari
Foto : https://www.instagram.com/yanuarius_anouw/

Sudah pernah berkunjung ke Manokwari? Jika sudah, tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan wisata terbaru di Manokwari satu ini. Danau Anggi Giji merupakan salah satu destinasi wisata alam yang berada di Gunung Arfak.

Lokasi dari danau ini sendiri yaitu berada di Kabupaten Pegunungan Arfak, Papua Barat. Danau Anggi Giji sebenarnya adalah sepasang danau kembar yang letaknya tidak berjauhan satu dengan yang lainnya.

Untuk bisa ke lokasi, jalan yang harus Anda lalui bisa dibilang cukup menantang karena medan jalannya berkelok-kelok dan berlumpur. Namun, lelahnya perjalanan yang Anda lakukan akan terbayar dengan pemandangan alam yang ditawarkannya.

Bagi Anda yang penasaran dengan keindahan yang ditawarkan oleh Danau Anggi Giji, pastikan untuk membuat agenda liburan sekarang juga. Dijamin liburan Anda bersama orang-orang tercinta akan menyenangkan dan berkesan.

8. Pantai Yen Beba

tempat wisata keluarga di manokwari
Foto : https://www.instagram.com/akhmad.heriyanto/

Untuk Anda yang sedang bingung mencari tempat wisata keluarga di Manokwari, Pantai Yen Beba bisa jadi pilihan yang sangat tepat. Pasalnya, pantai yang satu ini terkenal dengan keindahan dan pesona alamnya yang memukau.

Untuk bisa ke lokasi Pantai Ten Beba ini, Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit dari pusat kota Manokwari. Salah satu daya tarik yang ditawarkan oleh Pantai Ten Beba yaitu pasir yang berwarna putih bersih sehingga membuatnya semakin eksotis.

Di tempat wisata di Manokwari Papua Barat ini, para pengunjung juga bisa menyewa peralatan menyelam yang disediakan oleh pihak pengelola. Anda bisa melakukan aktivitas diving untuk melihat berbagai ikan dan juga terumbu karang yang ada di sana.

Bagi para wisatawan yang berkunjung ke pantai ini akan dikenai biaya tiket masuk sebesar Rp 20 ribu per orang. Harga tiket masuk tersebut sangat worth it dengan pemandangan alam yang disuguhkannya.

9. Bendungan Prafi

wisata manokwari terbaru
Foto : https://www.instagram.com/petualangan_yotam/

Destinasi wisata selanjutnya yang sayang untuk dilewatkan adalah Bendungan Prafi, lokasinya hanya sekitar 1 jam perjalanan dari pusat kota Manokwari. Bendungan Prafi sendiri merupakan sebuah bendungan buatan yang diprakarsai oleh Kementerian Pekerjaan Umum Republik Indonesia.

Ada banyak sekali kegiatan seru yang bisa Anda lakukan saat berkunjung ke sana. Salah satu aktivitas yang selalu dilakukan oleh para wisatawan yaitu berenang sambil menikmati kesegaran airnya.

Selain itu, Anda juga bisa berswafoto karena ada banyak spot menarik yang tersedia di sana. Karena lokasi dari bendungan ini dengan pegunungan, tidak heran jika udaranya segar dan suasananya pun sangat asri.

10. Pulau Mansinam

tempat wisata di manokwari
Foto : https://www.instagram.com/enos_rumainum/

Pulau Mansinam merupakan tempat wisata di Manokwari terbaru yang cukup menyita perhatian karena daya tarik yang ditawarkannya. Di tempat wisata ini Anda bisa menikmati wisata alam yang dijamin keren sehingga membuat Anda betah berlama-lama di sana.

Di tambah lagi adanya pasir putih yang dihiasi dengan pohon kelapa membuat udara semakin asri dan sejuk. Selain menikmati pemandangan pantai yang mempesona, Anda juga bisa melihat patung Yesus seperti yang ada di negara Brazil.

Pulau ini juga menjadi saksi sejarah awal terbukanya peradaban yang ada di Provinsi Papua. Keindahan alam yang ditawarkan oleh Pulau ini menjadikannya sebagai destinasi wisata hits yang wajib untuk Anda kunjungi saat ke Manokwari.

Lokasi dari Pulau Mansinan sendiri berada di di Distrik Manokwari Timur Kabupaten Manokwari. Untuk bisa masuk ke lokasi wisata, para pengunjung wajib membayar tiket masuk sebesar Rp 5 ribuan saja.

Review sebelumnya –> Tempat Wisata di Jayapura terbaru dengan suguhan destinasi indah nan mempesona juga menawan.

Setelah membaca beberapa informasi tentang tempat wisata di Manokwari, tentu Anda sudah memiliki gambaran mana destinasi yang ingin dikunjungi. Sebelum melakukan perjalanan ke sana, pastikan untuk menyiapkannya semaksimal mungkin agar tidak ada satu pun barang yang tertinggal.

Sebaiknya lakukan perjalanan liburan selama beberapa hari agar semakin berkesan dan menyenangkan.

Selain itu, Anda pun tidak lelah di perjalanan mengingat beberapa destinasi harus ditempuh dengan melalui medan yang lumayan sulit. Itulah ulasan singkat tentang tempat wisata yang ada di daerah Manokwari. Yuk buat liburan Anda bersama orang-orang tercinta semakin menyenangkan!

Travel Vlog Romatic Trip Negeri Atas Awan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here