Tempat wisata di Ambon menghadirkan beragam tempat wisata dengan keindahan alam yang memikat perhatian para pengunjung. Tempat wisatanya tidak hanya berupa panorama alam melainkan juga tempat-tempat wisata yang kekinian dan menawarkan keseruan bagi para pengunjung. Oleh karenanya akan ada banyak pilihan yang ditemui ketika ingin berwisata ke Ambon.

Sebagaimana yang diketahui Ambon terdiri atas gugusan pulau-pulau yang indah dan kerap kali dijadikan salah satu destinasi menarik untuk dikunjungi. Tidak sedikit pula yang merencanakan liburan ke Ambon untuk bisa menikmati pemandangan alam yang indah. Di sana beserta sederet tempat wisata lainnya. Terlebih lagi saat berkunjung bersama dengan keluarga maka keseruannya akan bertambah.

Berikut daftar tempat wisata di Ambon yang menawarkan keseruan mengesankan saat berlibur:

1. Benteng Victoria

Wisata Ambon dekat Bandara
Foto : https://www.instagram.com/bimstifler/

Tempat wisata bernama Benteng Victoria, merupakan salah satu objek wisata di Ambon yang memiliki nilai sejarah. Benteng Victoria ini tertua di Ambon, telah dibangun sejak tahun 1775 yang kemudian pada saat itu diambil alih oleh Belanda.

Menurut sejarahnya setelah diambil alih oleh Belanda, benteng ini kemudian dijadikan sebagai pemerintahan. Dan mengambil banyak harta kekayaan dari masyarakat pribumi yaitu berupa rempah-rempah yang ada di Maluku. Di masa pemerintahan Belanda sendiri benteng ini berfungsi sebagai pusat pemerintahan kolonial.

Dari benteng Victoria ini terdapat pelabuhan yang digunakan untuk jalur perdagangan antar pulau. Di mana Lewat kapal-kapal inilah saat Belanda mengangkut hasil rempah-rempah yang didapat dari bumi Maluku.

Untuk kemudian didistribusikan ke berbagai negara yang ada di benua Eropa. Di sebelah benteng Victoria ini terdapat pula pasar yang mempertemukan antara komunitas pedagang penduduk asli Indonesia atau yang disebut pribumi.

Salah satu hal yang menjadi daya tarik benteng victoria ini yaitu berupa keistimewaan sisa-sisa meriam berukuran besar. Di beberapa kamarnya bisa ditemukan patung yang terbuat dari kayu.

Dan juga terdapat peta perkembangan Kota Ambon beserta dengan adanya koleksi lukisan administratur Belanda yang ada di Maluku.

Meskipun bukan tempat wisata Ambon terbaru, peninggalan bersejarah ini tetap memiliki daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Di bagian depan benteng pengunjung bisa melihat langsung keindahan Dari Teluk Ambon. Proses di senja hari karena bisa menyaksikan sunset atau matahari terbenam.

Panorama yang disajikan ketika waktu itu tiba menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang datang. Karena bisa menampilkan pemandangan yang eksotis dan berkesan.

Tentunya bagi para pengunjung yang menyukai waktu waktu sore hari. Tempat wisata di Ambon ini bisa dijadikan salah satu tujuan wisata ketika berada di Ambon Maluku. Akses menuju benteng di proyek ini juga terbilang cukup mudah karena lokasinya yang cukup strategis.

2. Pantai Batu Capeo Ambon

Tempat wisata di Ambon yang Lagi Hits
Foto : https://dispar.malukuprov.go.id/

Pantai Batu capeo Ambon ini bisa dijadikan salah satu tempat wisata keluarga di Ambon. Yang menawarkan pengalaman wisata yang penuh keseruan dan kesan. Pantai Batu caption ini berada di Taman Makmur berjarak sekitar 10 km dari pusat Kota Ambon.

Oleh sebab itu tempatnya terbilang cukup strategis karena tidak butuh waktu lama untuk mengunjunginya. Jika posisi tidak jauh dari pusat kota. Jika dilihat secara lebih detail lokasi pantai ini berada di bagian pesisir dan tidak jauh pula dari museum siwalima.

Ada berbagai macam fasilitas yang bisa dinikmati oleh pengunjung di tempat wisata ini sehingga memberikan kenyamanan untuk berwisata. Berbagai aktivitas seperti snorkeling berenang menikmati pemandangan alam dan menikmati sunset di sore hari bisa dilakukan para pengunjung yang datang.

Salah satu yang paling menarik dari tempat ini adalah adanya batu karang yang bentuknya disebut mirip dengan topi. Sehingga sudah mencari ciri khas sekaligus hal yang memikat dari tempat wisata ini. Para pengunjung yang penasaran biasanya akan berkunjung ke sini dan mengabadikan momen-momen selama berada di Pantai Batu Capeo ini.

Bagi pengunjung yang tertarik dengan sunset, destinasi wisata ini bisa menjadi salah satu spot sunset yang indah dan menghangatkan suasana. Dari segi pemandangannya bukan suatu rahasia lagi jika tempat ini begitu indah dan memiliki panorama alam yang luar biasa.

Bersantai sekaligus menenangkan pikiran di tempat ini menjadi kegiatan yang tentunya bisa membantu pikiran jadi lebih rileks dan berenergi. Terdapat jajaran batu besar dengan susunan yang begitu apik dan alamiah. Siap memanjakan mata para pengunjung yang datang untuk bisa melihat begitu eksotisnya penampakan alam.

Mengabadikan berbagai momen dengan foto-foto menarik di tempat ini menjadi salah satu ide yang tepat untuk dilakukan. Berfoto berlatarkan pemandangan alam di tempat ini juga menjadi salah satu rekomendasi terbaik untuk dijadikan kenang-kenangan.

3. Taman Pattimura Ambon

tempat wisata ambon terbaru
Foto : https://www.instagram.com/saddam_husein.21/

Bagi para pengunjung yang sedang mencari tempat wisata di Ambon terbaru. Maka Taman Pattimura Ambon ini bisa menjadi salah satu rekomendasi. Taman Pattimura Ambon ini telah diresmikan bertepatan dengan hari ulang tahun Kota Ambon yang ke-400 44 pada 7 September 2019.

Sebelumnya diketahui bahwa Taman Pattimura Kota Ambon ini telah menjalani serangkaian revitalisasi supaya menjadi lebih baik. Peresmiannya terdapat tampilan air mancur yang menarik sehingga menarik perhatian para pengunjung yang datang.

Di taman Pattimura ini pengunjung bisa melihat adanya miniatur gitar. Dan juga speaker air mancur menari dengan warnanya yang terus berganti-ganti.

Taman Pattimura ini diharapkan bisa menjadi sarana hiburan untuk warga Ambon. Dan tentunya tidak ada kemungkinan untuk para wisatawan yang berasal dari luar kota Ambon.

Mengingat adanya lampu-lampu beserta air mancur yang menari-nari di lokasi ini. Maka sudah bisa diprediksikan bahwa tempat wisata ini cocok dikunjungi pada malam hari karena panoramanya akan terlihat jelas. Warna-warna yang ada akan menyinari kegelapan malam dengan keindahannya sehingga eksotisme nya bisa terasa lebih kental.

Jika ditilik dari sejarah Maluku sendiri memang memiliki pahlawan-pahlawan yang salah satunya adalah Pattimura. Pattimura ini menjadi pahlawan Maluku dalam proses kemerdekaan Indonesia yang diberikan oleh presiden pertama Indonesia yaitu Soekarno. Dang kemudian Pattimura juga dijadikan pahlawan nasional oleh presiden Soeharto.

Ketika berkunjung ke obyek wisata di Ambon ini berkunjung dapat membawa serta anak-anak Indonesia merasakan suasana yang penuh panorama keindahan. Oleh sebab itu bagi yang sedang mencari tempat wisata anak di Ambon bisa mengunjungi tempat ini.

Datang juga ke –> Tempat Wisata di Kendari yang memiliki banyak sekali destinasi dengan suguhan panorama indah nan memukau.

4. Santai Beach

wisata alam ambon
Foto : https://www.instagram.com/bri_gitta_berta/

Tempat wisata alam di Ambon salah satunya adalah santai beach. Tidak kalah indah jika dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya yang ada di Ambon ataupun wilayah lain di Indonesia. Santai beach ini terletak di desa latuhalat dan sekitar kurang lebih 5 km dari kota Ambon.

Dari segi ukuran pantai yang satu ini memang lebih kecil jika dibandingkan dengan yang lainnya. Namun keindahannya tidak kalah menarik dari pantai-pantai yang lain.

Bisa mencapai tempat wisata ini pengunjung bisa menggunakan transportasi umum. Seperti angkot ataupun minibus dari arah kota yaitu Terminal Mardika yang ada di Kota Ambon.

Adapun waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke tempat wisata ini. Menggunakan transportasi tersebut sekitar 20 hingga 30 menit sehingga waktu tersebut cukup efisien. Daya tarik dari pantai ini berupa air lautnya yang jernih serta pasir putihnya yang menawan.

Meskipun bukan wisata terbaru di Ambon, tempat ini tetap dapat menarik minat para wisatawan untuk berkunjung. Untuk menunjang kenyamanan para pengunjung yang datang pihak pengelola telah menyediakan berbagai fasilitas. Seperti Tempat bermain tempat bersantai kamar mandi dan juga penginapan.

Mengunjungi suatu tempat juga tidak lengkap rasanya tanpa berburu wisata kuliner yang ada. Pengunjung dapat berburu kuliner disini, karena terdapat jajanan-jajanan seperti rujak, sukun goreng, pisang goreng dan lainnya.

Menikmati keindahan pantai sembari menikmati sajian dari jajanan jajanan yang ada tentu saja menjadi pelengkap keseruan selama berwisata di Ambon. Meskipun bukan tempat wisata di Ambon terbaru, tempat ini tetap mendapat tempat di hati para wisatawan.

5. Waterboom Waitatiri

tempat wisata keluarga di ambon
Foto : https://www.instagram.com/alinkappuw23/

Waterboom waitatiri merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di kota Ambon provinsi Maluku tepatnya di Sisingamangaraja Passo Kota Ambon. Bagaimana Waterboom pada umumnya tempat ini menawarkan keseruan bagi para pengunjung yang datang karena tersedia berbagai wahana menarik untuk dijajal.

Tempat ini juga bisa dijadikan salah satu tempat wisata anak di Ambon karena berbagai wahana yang tersedia. Bisa dipilih dan disesuaikan dengan usia masing-masing pengunjung. Berkunjung keluarga ataupun sanak saudara tentu menjadi hal menyenangkan untuk dilakukan.

Air yang menyegarkan wahana permainan yang membuat keseruan semakin bertambah di lokasi ini akan memberikan kesan terhadap liburan yang dilakukan. Tempat wisata ini mematok biaya masuk atau tiket masuk namun tentu saja keseruan yang diberikan mampu membayar segalanya.

Biasanya Waterboom waitatiri ini dibuka mulai pukul jam 11 pagi hingga pukul jam 7 malam. Biasanya hal ini disesuaikan dengan cara waktu setempat yaitu waktu Asia atau Jayapura. Berada di tempat wisata ini membuat para pengunjung bisa merasakan perasaan yang lebih rileks. Karena permainan-permainan dan bahan yang ada bisa dicoba untuk memacu adrenalin sekaligus menyegarkan badan.

Saat bersentuhan langsung dengan wahana air yang ada di sini tentu saja akan memberikan sensasi kesegaran tersendiri.  Bagi para pengunjung yang menceburkan diri ke dalamnya.

Bagi para orang tua ataupun keluarga yang membawa turut serta anak-anak. Tentunya diharapkan untuk senantiasa waspada dan memantau kegiatan buah hati mereka.

Dengan begitu kegiatan wisata taman dan terkendali sehingga penuh kesan untuk dibawa sebagai pengalaman liburan. Waterboom ini bisa dijadikan salah satu tempat wisata di Ambon yang lagi hits untuk mengambil foto dan dijadikan sebagai kenang-kenangan.

Kunjungi juga –> Tempat Wisata di Gorontalo menyajikan destinasi terbaru dengan suguhan spot kekinian dan hits.

6. Talaga Pange

wisata ambon
Foto : https://www.instagram.com/anoo_13/

Berikutnya ada Talaga Pange yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Karena merupakan salah satu wisata alam Ambon yang memiliki daya tarik keindahan alam memesona. Telaga Pange ini memiliki air terjun yang eksotis sehingga para pengunjung merasa tertarik dan berkunjung ke lokasi ini.

Air terjunnya sendiri berada di tebing bebatuan penampakannya masih alami dan begitu asri. Sehingga mampu menenangkan pikiran siapa saja yang melihatnya. Lokasi dari air terjun ini juga di tengah hutan yang bernuansa hijau sehingga semakin menambah keindahan yang disajikan.

Untuk bisa sampai ke tempat wisata ini apabila pengunjung memulai perjalanan dari pusat Kota Ambon. Maka terlebih dahulu menuju dusun taeno membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit.

Kemudian setelah sampai di Dusun taeno perjalanan akan dilanjutkan dengan berjalan kaki. Kurang lebih waktu tempuh 1 jam dengan rute yang cukup menantang yaitu naik turun bukit dan juga menyusuri aliran sungai.

Meskipun butuh perjuangan ekstra untuk sampai ke tempat wisata di Ambon Maluku ini. Suguhan panorama yang akan didapat ketika sudah sampai akan mampu membayarnya.

Selama di perjalanan para wisatawan dihimbau untuk hati-hati dan juga waspada. Karena jika musim hujan tiba terdapat beberapa tanjakan yang masih curam dan kondisinya licin.

Oleh sebab itulah kehati-hatian harus diterapkan supaya sampai dengan selamat ke lokasi wisata ini. Jika merasa lelah Di tengah perjalanan karena adanya tanjakan naik turun yang curam maka Istirahatlah terlebih dahulu di tepi sungai.

Selamat beristirahat pengunjung bisa sekaligus menikmati pemandangan alam yang ada dengan aliran air yang begitu jernih dan memanjakan mata. Meskipun memiliki keindahan yang memanjakan mata namun wisata yang satu ini tidak disarankan untuk anak-anak. Mengapa demikian? karena medan yang terbilang berat untuk bisa sampai ke lokasi tujuan.

Sesampainya di wisata Ambon ini, para pengunjung akan melihat adanya air terjun Telaga Pange yang tingginya sekitar 40 meter. Suara gemuruh air yang mengalir akan membuat suasana menjadi lebih tenang. Serta mampu merilekskan pikiran serta memberi rasa lelah selama di perjalanan.

7. Pantai Pintu Kota

wisata di ambon
Foto : https://www.instagram.com/hardyzk/

Objek wisata pantai pintu kota ini juga menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak dipaparkan ketika berada di Ambon. Pantai pintu kota ini berjarak sekitar kurang lebih 20 km dari kota Ambon. Tepatnya di Desa Latuhalat dan menjadi salah satu wisata Ambon dekat Bandara.

Sesuai dengan namanya, di pantai ini pengunjung bisa menemukan adanya tebing. Yang telah terkikis selama beberapa waktu yang cukup lama yang pada akhirnya menimbulkan bolongan yang terlihat seperti pintu.

Adapun penyebab dari terkikisnya tebing tersebut adalah deburan ombak selama beberapa periode waktu tertentu yang tentunya diperkirakan sudah cukup lama.

Wisata di Ambon ini juga memiliki keindahan pemandangan laut yang begitu memikat. Perpaduan nuansa warna tebing yang coklat kemerahan dan hamparan perairan pantai yang indah menjadi satu kesatuan yang mempesona. Melalui lubang yang ada pada pantai pintu kota ini, pengunjung bisa melihat Laut Banda secara langsung.

Untuk ukuran lobangnya sendiri berdiameter cukup luas di mana diperkirakan bisa dilalui oleh dua buah truk. Warna dari tebingnya juga tampak kontras dengan air laut sehingga menambah keindahan pemandangan yang bisa disaksikan.

Apabila berwisata ke pantai ini, pengunjung bisa menjajal sejumlah makanan seperti rujak buah pisang goreng dan lain sebagainya. Menikmati pemandangan indah sembari merasakan sensasi makanan dan juga minuman yang ada tentu akan menambah kenikmatan berwisata.

Review sebelumnya –> Tempat Wisata di Mamuju terbaru dengan suguhan destinasi eksotis dan mempesona.

Demikian informasi mengenai tempat wisata di Ambon yang tentunya bisa menjadi pilihan destinasi untuk dikunjungi ketika berada di Ambon.

Dari berbagai tempat wisata yang sudah dijelaskan di atas, pengunjung bisa merencanakan sesuai dengan minat dan keinginan.

Jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan selamat berwisata supaya tubuh tetap fit dan pengalaman wisata menjadi lebih menyenangkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

three + 3 =