Candi Banyunibo merupakan salah satu wujud dari sebuah peninggalan kerajaan di masa lalu yang hari ini bak menjadi saksi sejarahnya. Cagar Budaya yang menjadi wisata Candi di Jogja ini dibangun pada sekitar abad ke 9 pada zaman Kerajaan Mataram Kuno.

Merupakan sebuah candi Buddha yang ditandai dengan adanya stupa pada bagian atas / atap candinya. Bila pada bagian atas candinya terdapat sebuah stupa, maka hal tersebut merupakan ciri khas dari Candi agama Buddha.

Keberadaan Candi Banyunibo Jogja cukup berdekatan dengan beberapa candi-candi yang juga sangat populer. Seperti Candi Ijo, Barong, dan Ratu Boko yang letaknya tidak jauh dari Candi Banyunibo Sleman Yogyakarta.

Harga Tiket Masuk Candi Banyunibo

harga tiket masuk Candi Banyunibo
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/116383573974125806129

Yogyakarta memang menjadi salah satu daerah di Indonesia yang dikenal memilki banyak sekali cagar budaya berupa Candi. Karena pada zaman dahulu, wilayah Jogja sendiri menjadi lokasi dari beberapa kerajaan.

Jadi tak heran jika di Jogja, khususnya daerah Sleman banyak sekali Candi yang bisa ditelusuri lebih dalam. Dan salah satunya adalah Candi Banyunibo ini yang kental dengan nuansa agama Buddha.

Pertama kali ditemukan dalam keadaan runtuh hingga kemudian pada tahun 1940an mulai digali dan diteliti. Untuk bisa menyaksikan setidaknya 7 bangunan, 1 candi utama dan 6 candi-candi disekitarnya maka tak perlu merogoh kocek terlalu dalam.

Karena harga tiket masuk masuk Candi Banyunibo di Sleman hanya sebesar 5.000 rupiah saja, sangat murah sekali bukan? Dengan tarif yang ramah dikantong ini tentu saja menjadi salah satu alasan mengapa Candi Buddha selalu dijadikan tujuan berwisata.

Anda bisa datang ke Candi Banyunibo kapan pun sesuka hati, namun tentu saja waktu terbaiknya adalah pada saat hari cerah. Pagi ataupun sore hari bisa menjadi alternatif waktu berkunjung anda untuk explore keunikan Candi Banyunibo Sleman secara lebih lanjut.

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat candi banyunibo
Foto : https://www.instagram.com/life_of_hasti/

Lokasi Candi Banyunibo berada di antara ladang tebu dan juga persawahan milik masyarakat sekitar. Letaknya berada pada sebelah timur dari Kota Yogyakarta ke arah menuju Wonosari.

Alamat Candi Banyunibo terletak di Dusun Cepit, Desa Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Apabila dari Alun-Alun Kota Sleman maka jaraknya kurang lebih sejauh 22,7 km.

Seperti telah disinggung sebelumnya bahwa keberadaan Candi Banyunibo ini sangat dekat dengan beberapa candi-candi Jogja hits lainnya, seperti :

  • Candi Prambanan, jaraknya hanya 5,4 km dengan waktu tempuh 12 menit.
  • Dari Candi Ratu Boko hanya berjarak 1,8 km dengan waktu perjalanan 6 menit.
  • Sedangkan jika dari Candi Ijo, jarak yang harus ditempuh adalah 2,8 km.
  • Lebih dekat lagi dari Candi Barong, karena berjarak hanya 2,4 km saja.

Letak candi yang saling berdekatan ini memungkinkan anda untuk bisa mengunjungi semua candi-candi ini dengan mudah. Yang dimana akses jalur utamanya sudah sangat baik dan bisa dilalui oleh semua kendaraan, mulai dari motor sampai bis sekalipun.

Agar laju kendaraan anda semakin mudah ketika akan berlibur di wisata Candi Banyunibo, maka gunakan saja maps dibawah ini.

Datang juga ke –> Spot Riyadi panorama Candi Prambanan di malam hari yang eksotis.

Fasilitas

fasilitas candi banyunibo
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/116383573974125806129

Telah di dukung dengan berbagai sarana prasana penunjang yang bisa anda manfaatkan saat berlibur disini. Dan berikut ini fasilitas Candi Banyutibo yang di dalamnya meliputi :

  • Tempat parkir memadai
  • Papan informasi wisata
  • Penjaga keamanan
  • Kamar mandi
  • Fasilitas air bersih
  • Warung wisata
  • Gazebo
  • Pendopo
  • Rumah makan
  • Spot foto menarik

Terdapat beberapa kafe dan juga resto yang menydiakan berbagai hidangan lezat yang menggugah selera. Bersantap, duduk santai menghadap ke arah candi sembari bercengkrama bersama orang tercinta dijamin akan terasa sangat bahagia.

Kunjungi juga –> Merapi Park taman rekreasi yang cocok untuk liburan bersama keluarga.

Spot Terbaik di Candi Banyunibo

spot terbaik di candi banyunibo
Foto : https://www.instagram.com/alexajemy_sukestyantoro/

Nikmati setiap keseruan yang Candi Banyunibo Budda tawarkan untuk mengisi waktu berlibur anda bersama dengan keluarga. Berjalan-jalan melihat setiap sudut yang dimana pada bagian candi diisi oleh bermacam-macam hiasan serta relief.

Biasanya Candi Buddha identik dengan banyaknya hiasan ataupun ornamen pada bangunannya, begitu pula dengan Banyunibo ini. Hal berbeda dari Candi Banyunibo Sleman ini adalah, tidak terbuat dari batu andesit, tetapi batu putih yang mudah sekali aus.

Meski begitu, nyatanya sampai hari ini Candi Banyunibo Jogja masih berdiri gagah dengan pesona yang disajikan. Keunikan-keunikan yang ada pada bangunan candi ini bisa anda jadikan background saat berfoto-foto ria.

Selfie, foto bersama sampai merekam video dalam rangka mengabadikan momen berlibur pada spot terbaik di Candi Banyunibo. Rekam setiap keseruan yang tercipta, agar pengalaman berwisata kali ini sulit untuk terlupa.

Review sebelumnya –> Stonehenge Jogja sangat mirip dengan yang di Inggris.

Tips Berkunjung

tips berkunjung candi banyunibo
Foto : https://www.instagram.com/yuk.holyde/
  • Wajib berkunjung ketika hari cerah dan cuaca sekitar sangat mendukung untuk berkegiatan di alam terbuka.
  • Apabila cuaca sedang kurang bersahabat maka tunda dulu rencana wisata sejarah anda di Candi Banyunibo.
  • Jangan datang terlalu sore, sebab warung dan kios-kios yang ada biasanya sudah tutup dan tidak berjualan.
  • Ikut serta menjaga selalu kebersihan area cagar budaya Candi Banyunibo agar tetap asri dan juga lestari.
  • Pahami dengan baik tata tertib pengunjung beserta aturan yang ada demi kebaikan bersama semua pihak.

Jadi demikianlah informasi mengenai Candi Banyunibo di Sleman Yogyakarta yang memiliki sekitar 7 bangunan candinya. 1 candi utama dan 6 lainnya merupakan candi-candi perwara yang menakjubkan untuk anda explore lebih dalam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

3 × three =