Makanan Khas Kediri ini sangat beragam. Sebagai kota yang dijuluki kota tahu ini harus segudang kuliner yang wajib dicoba. Selain itu, kota yang jauh dari Surabaya juga memiliki cita rasa khas.

Makanannya pun beragam, ada makanan berat dan makanan ringan yang unik-unik. Selain itu ditemani juga dengan kota yang ramah. Suguhan dari kota terbesar di Jawa Timur ini pun bikin sulit dilupakan.

Makanya, jika ingin tahu tentang makanan-makanan di Kediri, simak beberapa review makanan tersebut. Tanpa perlu berbasa-basi, ini lah makanan yang susah dilupakan itu:

1. Sate Bekicot

Makanan khas kediri yang enak
foto dari https://www.instagram.com/rezapd93/

Wah bicara dulu Kali merasakan langsung heran. Apa yang bisa dimakan? Nah, di Kediri tentu saja Anda bisa bertanya di bekicot yang tidak ada di kota manapun.

Sate bekicot ini dibuat dari siput sawah. Namun, para pedangan sate ini mendapatkan daging bekicot dari para pengepul. Tentunya daging tersebut sudah tidak berlendir, dan tidak bercangkang. Kemudian diolah dengan cara dikrengseng dengan menambahkan bumbu pedas. Kemudian disajikan dengan bumbu kacang.

Daging bekicot ini kenyal dan empuk kompilasi digigit. Bagi yang pertama makan agak aneh, tapi tetap enak. Karena bumbu kacangnya bikin sate bekicot ini makin nikmat.

Untuk harga pun tak usah risau. Karena harga satu porsi sate bekicot hanya 8 ribu rupiah saja. Isinya 20 tusuk. Sate ini dapat ditemui disepanjang Jl. Raya Kecamatan Plosoklaten Wates Kediri Jawa Timur.

2. Cenil

Makanan khas kediri
foto dari https://www.instagram.com/trie_toera1392/

Masih dengan yang kenyal-kenyal. Makanan selanjutnya juga teksturnya kenyal, namun kali ini cita rasa manis. Dia adalah cenil. Kuliner ini merupakan makanan tradisional Kediri.

Makanan ini dibuat dari tepung tapioka. Bentuknya pipih panjang. Ada bentuk kotak, persegi panjang atau bulat. Warnanya pun berwarna-warni. Hijau, merah, putih, dan kuning.

Makanan khas Kediri yang terkenal ini disajikan sederhana. Yakni menggunakan pincuk atau wadah plastik saja. Kemudian agar rasanya manis dan gurih, cenil ini dilumuri parutan kelapa dan ditaburi gula di atas. Atau bisa dilumuri gula jawa cair.

Meski makanan ini terbilang sangat sederhana, tak jarang orang ketagihan membeli jajanan ini. Biasanya mereka menikmati di pagi hari sambil minum teh, atau makan dengan kudapan lainnya. Jajanan ini juga bisa disajikan sebagai hidangan penyuguh.

Untuk mendapatkan kudapan ini, bisa diperoleh di pasar. Karena makanan ini termasuk dalam jajanan pasar. Selain cenil ada pula lopis dan klepon yang sama enak dan manisnya.

3. Soto Kediri

Makanan tradisional khas kediri
foto dari https://www.instagram.com/numpangsaveresp.id/

Soto merupakan makanan sejuta orang. Saat ke Kediri kamu juga akan menjumpai soto. Soto di Kediri sedikit berbeda dari yang lain. Sekilas tampilan memang seperti soto biasa. Namun bahannya berbeda.

Soto Kediri ini menggunakan kuah santan kuning. Hampir seperti opor. Rasanya gurih. Ditamba suwiran ayam, kemudian semangkuk nasi dan keripik kentang.

Jika ingin mendapatkan soto ini bisa ditemui di kawasan Terminal Tamanan, Mojoroto, Kediri. Di sana bisa mendapatkan soto Kediri dengan harga mulai 4 ribu rupiah saja. Sangat murah. Di sini Anda bisa traktir teman-teman sepuasnya, karena harganya sangat terjangkau.

Awalnya soto ini berjualan di kawasan Bok Ijo atau Jembatan Hijau. Kemudian pindah lokasi. Bagi warga Kediri soto ini sering disebut dengan Soto Tamanan. Karena lokasi jualnya sekarang di Terminal Tamanan tadi.

4. Klepon

kuliner khas kediri
foto dari https://www.instagram.com/aniktriwina/

Tadi sudah membahas cenil. Makanan tradisonal berikutnya yang tidak kalah terkenal adalah Klepon. Jika bentuknya sudah pasti bulat dan berwarna hijau.

Klepon ini dibuat dari tepung beras ketan. Kemudian untuk mendapatkan warna hijau ini kompatibel dengan perasan daun pandan. Namun tak jarang ada yang menggunakan pewarna alami. Kemudian dibentuk bola-bola lalu diiri irisan gula jawa. Setelah itu direbus.

Jajanan favorit tradisonal itu setelah matang kemudian ditaburi parutan kelapa. Penyajiannya pun dengan cara dipincuk menggunakan daun pisang. Sangat sederhana dan trasional.

Sensasi saat makan klepon ini sangat mengasyikan. Karena mengkompilasi satu bola klepon yang diolah lalu gula jawa cair keluar dari dalam klepon. Seperti ada ledakan kecil dimulut dan rasanya manis.

Jika ke Kediri, ada klepon yang legendaris. Yakni Klepon Mak Ceplus yang terletak di kecamatan Pagu, Kediri. Kira-kira 6-7 km dari Simpang Lima Gumul. Warung ini pun buka dari pagi hingga sore, jadi tak perlu takut kehabisan.

Coba Juga –> 12 Makanan Khas Jombang Paling Enak

5. Stik Tahu

tahu khas kediri
foto dari https://www.instagram.com/camilannusantara/

Olahan tahu memang beragam. Di Kediri Anda bisa bertemu stik tahu. Stik tahu ini panjangnya sekitar satu ruas jari telunjuk. Rasanya gurih dan renyah. Stik tahu ini dibuat dari tahu dan bumbu rempah lainnya. Menjadikan ideal sesuai keinginan.

Stik tahu biasa dimakan sebagai makanan pendamping. Seperti pendamping soto, sup, nasi campur dan lainnya. Karena fungsinya hampir sama seperti kerupuk. Namun jika dicamil pun sah-sah saja. Dicamil sambil nonton film, atau saat ngobrol bersama teman atau keluarga.

Stik tahu ini tahan satu bulan di tempat tertutup. Selain itu bisa dibuat makanan khas Kediri untuk oleh-oleh. Kuliner ini pun akan menjadi favorit keluarga. Selain bagi para pecinta tahu. Tidak dapat meminta cadangan gizinya, kudapan ini bernilai gizi tinggi.

6. Carang Mas

makanan enak khas kediri
foto dari https://www.instagram.com/rin_rInz/

Dibuka kudapan yang rasanya manis. Yakni carang mas. Makanan ini dibuat dari ubi jalar, bentuknya bulat. Carang mas biasa disantap sebagai camilan. Apalagi disantap dengan teh tawar. Rasanya makin enak.

Camilan tempo dulu ini juga membantu anak-anak. Lebih sering dijual satuan agar anak-anak bisa membeli camilan di sekolah. Jika ingin membeli dalam jumlah banyak pun bisa. Untuk dibawa pulang nanti dimasukan toples sebagai camilan keluarga.

Cara membuat kudapan ini sedikit rumit karena butuh ketelatenan. Ubi jalar dirajang halus kemudian direndam 20 menit. Lalu digoreng hingga kecoklatan, masukan gula merah dengan api kecil. Aduk terus sampai ubi dan gula jawa melekat. Kemudian tirisan dan buat adonan menjadi bulat-bulat.

Nah, dari ribet membuat, mending beli di kios oleh-oleh Kediri. Di sana banyak yang menjajakan carang mas dalam kemasan. Makanan Khas Kediri untuk-oleh ini bisa dibeli dengan membeli 20 ribu rupiah saja.

7. Tahu Takwa

wisata kuliner khas kediri
foto dari https://www.instagram.com/junihibino/

Jika di Kediri tentu tidak dapat dilepas dari tahunya. Karena kota ini sendiri dijuluki kota tahu. Baca ada tahu takwa. Itu adalah tahu kuning, di mana warna kuning diperoleh dari air kunyit. Tahu takwa ini berbentuk persegi empat dan mudah pipih. Kepadatannya pun jauh lebih baik daripada tahu putih yang mudah hancur.

Untuk rasa, tahu takwa bercitarasa gurih. Sama sekali tidak asam. Jika digoreng, bagian luarnya tampak kering dan krispi. Namun didalamnya lembut. Biasanya tahu takwa ini dijadikan bahan tumisan. Karena rasanya gurih, sering kali ditumis denga tauge. Atau digunakan untuk campuran bakmoy ayam.

Sejarah dari tahu takwa ini sendiri dimulai kompilasi orang Tiongkok datang ke Kediri. Nah, di antara mereka yang menjadi tahu pelopor takwa tadi. Kemudian di tahun 1912 pelopor tahu takwa, Lau Soe Hoek kemudian memulai usaha.

Tahu takwa ini sudah cukup tua, dan menjadi makanan legenda di sana. Maka jika ke Kediri harus membawa makanan khas Kediri yang terkenal ini. Karena di rumah nanti bisa dikreasikan sesuka hati.

8. Sate Emprit

Makanan enak di Kediri jatim
foto dari https://www.instagram.com/jastip/

Kuliner selanjutnya sangat unik, yaitu dari daging Burung Emprit. Burung Emprit yang sering terbang di sawah dan makan nasi itu diolah menjadi sate oleh warga Kediri. Dulunya burung ini sering menjadi musuh petani. Karena padinya sering dimakan.

Nah, kemudian oleh salah seorang petani, burung ini malah dijadikan kuliner. Dia memburu burung tersebut kemudian dibakar dibuat sate. Cara penyajiannya pun menggunakan bumbu kacang dan irisan kacang merah. Serta ditambah lalapan.

Awalnya memang tega untuk makan burung emprit. Namun, sate emprit ini dibuat dengan mudah. Kaki dan diselesaikan dipotong dan ditusuk ke lidi. Rasanya pun tidak amis, dan cenderung gurih. Apalagi tulangnya bisa dimakan.

Untuk satu porsi sate emprit ini bisa didapat dengan harga 12 ribu rupiah saja. Kemudian minumannya sekitar 3 ribu rupiah saja. Nah, dengan 15 ribu sudah puas dan kenyang.

Baca juga –> 12 Makanan Khas Sidoarjo Terbaru

9. Nasi Goreng Arang

Makanan enak di Kediri jatim
foto dari https://www.instagram.com/masakanlokalindonesiaku/

Jika di Jogja punya kopi Jos yang ada arangnya. Di Kediri ada nasi goreng arang. Namun, apakah benar nasi goreng menggunakan arang? Lalu bagaimana rasanya jika betulan menggunakan arang?

Tenang, nasi goreng tidak dibuat dari arang. Tapi cara pembuatannya menggunakan arang dan anglo. Tujuannya tentu ingin menghadirkan rasa dan aroma yang khas. Tidak jarang para penjual harus ekstra bekerja karena masih menggunakan arang.

Jika di Kediri, nikmati nasi goreng arang di malam hari. Banyak penjual yang menjajakan nasi gorengnya di pinggir jalan. Gerobaknya pun hampir sama.

Nah, untuk menikmati makanan khas Kediri Jawa Timur ini harus sabar. Sebab proses yang tradisional ini membutuhkan waktu. Tidak sama seperti menggunakan gas. Penjual harus mengipas api agar menyala dengan stabil. Tidak jarang juga ada yang menggunakan kipas angin.

Harga dari kuliner ini cukup terjangkau, yakni 15 ribu rupiah saja. Anda juga bisa rikues rasa pedas atau tidak pedas. Jika meminta rasa pedas, tentu saja ditambahkan irisan cabai rawit saat dimasaknya.

10. Nasi Pecel Sambal Tumpang

nasi pecel kediri
foto dari https://www.instagram.com/grosir_cetakanlontong/

Jangan bosan dengan pecel. Karena kreasi pecel ini tidak ada habisnya. Di Kediri ada nasi pecel sambal tumpang. Nasi ini sekilas tanpak seperti nasi pecel pada umumnya, namum nasi pecel ini ditambah dengan tempe bosok.

Tidak perlu khawatir dengan tempe bosok. Tempe bosok di sini maksudnya tempe yang semakin terfermentasi, jadi enak sedikit lebih asam. Nah, di Kediri tersebar berbagai warung yang menjajakan nasi pecel sambel tumpang.

Sambel ini dibuat dari tempe bosok tadi. Tempe tadi diolah dengan menggunakan santan dan potongan cabai. Hampir mirip seperti opor tapi dibuat dari tempe. Kemudian sambal ini dituang di atas nasi pecel. Jadilah nasi pecel sambel tumpang.

Untuk rasa tidak perlu khawatir, karena kuliner ini rasanya enak nan gurih dan manis. Sementara lauk tambahan untuk makan bersama pecel sambel tumpang. Yakni rempeyek, jeroan, dan gorengan. Harga dari kuliner ini pun murah. Sekitar 10 ribu rupiah sudah bisa kenyang dan nikmat.

11. Gethuk Pisang

makanan khas kediri yang murah
foto dari https://www.instagram.com/alfinazulfa/

Selanjutnya ada makanan khas Kediri yang terkenal. Dia adalah gethuk pisang. Makanan ini terlihat seperti kemasan lontong. Yakni digulung menggunakan daun pisang.

Cara pembuatannya pun terbilang sederhana. Yakni kukus pisang hingga lembut kemudian dikupas dari kulitnya. Pisang tadi dih dihancurkan dan ditambahkan gula. Dimasukan kedalam lintingan daun pisang, kemudian didinginkan. Nah sudah jadi gethuk pisang. Sangat sederhana.

Konon katanya, kudapan gethuk pisang ini sudah ada sejak jaman dulu. Kemudian diturunkan ke penerus. Hingga sekarang, gethuk pisang tersebar di kota Kediri.

Nah, kekhasan dari gethuk pisang ini dibuat dari pisang raja nangka. Di mana pisang raja nangka ini memiliki aroma khas dan rasa yang khas. Selain itu, tekstur pisang raja nangka ini cocok dibuat bahan olahan pembuatana gethuk.

12. Kerupuk Upil

oleh oleh khas kediri
foto dari https://www.instagram.com/mama_hatma/

Sekilas terdengar upil Tentu terasa jijik. Karena teringat akan kotoran hidung. Tapi di Kediri kerupuk upil ini menjadi primadona. Nah, memang apa sih kerupuk upil itu?

Kerupuk upil ini rasanya asin dan ukurannya kecil-kecil. Buat dinamai upil karena ukurannya yang kecil tadi. Bahan baku untuk membuat kerupuk ini sangat sederhana. Yaitu tepung tapioka, garam, dan bawang putih saja. Namun, dari bahan yang sederhana ini bisa membuat kerupuk yang lezat.

Proses penggorengannya pun cukup unik dan sederhana. Tidak perlu menggunakan minyak berliter-liter untuk menggorengnya. Warga kediri menggunakan pasir panas untuk menggoreng. Pasirnya tentu sudah dibersihkan sebelumnya.

Kerupuk ini pun tersedia di pasar atau pun di kios oleh-oleh. Tidak perlu bingung saat mencarinya. Karena hampir di setiap tempat menyediakan. Nama dari kerupuk ini pun beragam, ada yang menamai kerupuk pasir dan kerupuk bawang. Namun sejatinya tetap sama.

Baca juga –> 20 Makanan Khas Bali Terbaru

13. Tahu POO

foto dari https://www.instagram.com/kediridelicious/

Siapa yang tidak kenal tahu kotoran? Tahu ini sudah terkenal di seluruh negeri. Tahu POO yang terkenal di Kediri terletak di Jalan Yos Sudarso di toko Oen. Konon katanya toko ini sudah berdiri sejak lama.

Tahu POO pun tersedia dengan berbagai variasi tahu putih dan tahu kuning. Untuk menerima pun hanya perlu merogoh kocek 20 ribu rupiah saja. Harga itu bisa mendapat 5 buah tahu. Tekstur dari tahu ini lembut dan rasa kedelainya sangat dominan.

Namun, kompilasi beli tahu harus memperhatikan keawetan tahu. Tahu POO ini hanya tersedia selama 2 hari setelah keluar dari kulkas. Meski tetap pendek, tetap ada pembeli yang membawa keluar kota.

14. Es Buto Ijo

minuman khas kediri
foto dari https://www.instagram.com/e-ndro/

Selanjutnya minuman yang dibuka. Yakni Es Buto Ijo. Dari namanya tampak seram ya? Tapi tidak perlu takut karena es ini ini terasa manis dan segar.

Es buto ijo ini dinamai demikian karena warnanya hijau dan menggunakan kacang hijau. Memanggil nama es buto ijo. Sajiannya pun sederhana, yaitu kacang hijau, parutan kelapa muda, kolang-kaling, biji selasih, mutiara, dan serutan. Kemudian disiram dengan sirup melon yang hijau. Kadang ditambah susu.

Es buto ijo biasa dinikmati disiang hari atau diundang sore. Harganya pun cukup terjangkau hanya 7 ribu rupiah bisa didapat ini. Es ini cocok cocok diminum bersama keluarga atau kerabat sambil bercengkrama menikmati hari.

Review Sebelumnya –> Makanan Khas Klaten

Makanan khas Kediri memang unik-unik dan layak untuk dicoba. Karena jarang ditemui di kota-kota lain Jawa Timur. Kulakukan jika sedang melaporkan kota ini. Mencoba kuliner-kuliner unik. Dijamin tidak akan suka sebaliknya pengen datang lagi.

Vlog Ke Lokawisata Baturraden Terbaru 2020

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here