Taman Sriwedari merupakan salah satu destinasi yang menjadi ikon budaya serta kesenian di Kota Solo Jawa Tengah. Wisata Surakarta ini merupakan sebuah kompleks taman yang didalamnya menyajikan banyak keseruan untuk wisatawan nikmati.

Salah satunya adalah Gedung Wayang Orang atau GWO Taman Sriwedari Solo yang selalu menyajikan seni pertunjukan daerah. Selain itu di Taman Sriwedari Surakarta ini pun terdapat pertunjukan musik tradisional yang akan menemani setiap kegiatan dari para pengunjung.

Untuk anak-anak juga tetap bisa bermain dengan mencoba keseruan wahana yang tersedia di beberapa sudutnya. Wisata Taman Sriwedari di Solo bisa menjadi pilihan anda ketika ingin liburan bersama dengan orang-orang tercinta.

Harga Tiket Masuk Taman Sriwedari

harga tiket masuk Taman Sriwedari
Foto : https://www.google.com/maps/place/Taman+Sriwedari+Surakarta/

Solo menjadi salah satu kota di Jawa Tengah dengan adat istiadat dan budaya yang masih sangat kental. Hal ini berdasarkan masih berdirinya beberapa bangunan-bangunan bersejarah di masa lalu.

Salah satunya dalah Taman Sriwedari ini yang tak bisa lepas dari sebuah kesenian wayang orang. Seni pertunjukan wayang orang daerah ini berdasarkan pada cerita Ramayana dan Mahabarata.

Jika anda ingin menyaksikan pertunjukan menarik tersebut, maka bisa datang ke Gedung Wayang Orang Taman Sriwedari. Mulai pukul 20.00 sampai dengan 23.00 wib dengan biaya tiket masuknya sebesar Rp3.000 per orang.

Sedangkan untuk harga tiket masuk Taman Sriwedari sendiri hanya mematok biaya sebesar Rp5.000 saja per orangnya, cukup murah bukan? Selain itu setiap pengunjung juga perlu untuk membayar rertribusi parkir kepada petugas.

Destinasi Taman Sriwedari terbuka untuk umum selama 24 jam penuh dan bisa anda kunjungi kapanpun. Perkirakan waktu berkunjung anda dengan mencari informasi terlebih dahulu mengenai jam tayang pertunjukan yang ada di Taman Sriwedari.

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat taman sriwedari
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/107029607119009391117

Lokasi Taman Sriwedari sangat mudah untuk ditemukan karena berdiri di kawasan yang cukup strategis. Berada di atas kawasan dengan luas area mencapai 9,9 hektare dan juga dekat dengan beberapa wisata Solo hits lainnya.

Yaitu seperti Museum Radya Pustaka, Museum Keris dan Museum Batik Danar Hadi yang bisa anda jangkau dengan mudah dari sini. Sedangkan untuk alamat Taman Sriwedari terletak di Jl. Slamet Riyadi No.275, Kel. Sriwedari, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah.

Jarak dari Alun-Alun Kidul Surakarta kurang lebih sejauh 3,2 km dengan harus menempuh perjalanan selama sekitar 10 menit. Kompleks taman ini terhitung masih berada di wilayah perkotaan dengan akses jalan yang mudah dilalui.

Anda bisa memakai kendaraan pribadi atau juga menggunakan jasa angkutan umum jurusan Taman Sriwedari yang tersedia. Bentuk bangunan taman yang menjulang tinggi dan memiliki bentuk unik bisa menjadi penanda ketika anda sedang mencarinya.

Beberapa plang yang terpasang akan membantu mengarahkan anda agar bisa tiba di Taman Sriwedari Solo dengan mudah. Atau bisa juga dengan mengakses maps dibawah ini dan petunjuk akuratnya akan memudahkan laju kendaraan anda.

Datang juga ke –> Sangiran

Fasilitas

fasilitas taman sriwedari
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/117957858100551028617

Area kompleks Taman Sriwedari termasuk dalam daftar tempat wisata Solo favorit yang selalu ramai dikunjungi banyak wisatawan. Selain banyaknya daya tarik yang dimiliki, fasilitas Taman Sriwedari juga sudah mencukupi sebagai penunjang selama berkegiatan.

Yang diantaranya meliputi :

  • Tempat parkir kendaraan
  • Pusat informasi
  • Toilet umum / MCK
  • Fasilitas air bersih
  • Warung wisata
  • Penjaja aneka jajanan
  • Kios cenderamata
  • Penginapan
  • Wisata kesenian dan kebudayaan
  • Gazebo
  • Area bersantai
  • Area bermain anak
  • Spot foto menarik

Saat mengunjungi Taman Sriwedari para pengunjung bisa mendapatkan buku-buku kono, yang salah satunya menceritakan tentang sejarah tempat ini. Nikmati serunya menghabsikan waktu libur dengan jalan-jalan, bersantai dan bermain di Taman Sriwedari Solo yang laur biasa.

Kunjungi juga –> Museum Keris

Spot Terbaik di Taman Sriwedari

spot terbaik taman sriwedari
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/114532315441098172736

Berdirinya Taman Sriwedari Solo ini dibangun pada masa Belanda, sudah ada sejak jaman kolonial penjajah. Sehingga tak heran jika bangunan kompleks taman ini sangat unik dengan berbagai ornamen penghiasnya.

Salah satu yang cukup mencolok adalah sebuah ornamen yang menghiasi Gedung Wayang Orang Sriwedari. Yaitu lukisan raksasa yang tertempel di dinding sayap kanan dan juga kiri atas.

Ornamen lukisan GWO Taman Sriwedari pada sayap kiri menceritakan tentang kisah dalam Mahabharata yang berjudul “Kresno Duto”. Serta masih banyak lagi keunikan-keunikan lain yang bakal anda temukan sendiri di dalamnya.

Kental dengan nuansa khas bangunan Jawa yang bisa anda jadikan background ketika selfie maupun groufie (foto bersama). Abadikan momen sebanyak-banyaknya agar pengalaman menyenangkan kali ini sulit untuk dilupakan.

Hasilkan foto instagenic pada spot terbaik di Taman Sriwedari yang estetik dan juga anti mainstream. Selalu bawa kamera ya kemanapun anda akan pergi berwisata.

Review sebelumnya –> Taman Cerdas Jebres

Tips Berkunjung

tips berkunjung taman sriwedari
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/100699063898075615898
  • Hari yang cerah dan cuaca mendukung adalah saat terbaik explore wisata Taman Sriwedari di Surakarta.
  • Cari tau lebih dulu jam pertunjukan kesenian di Taman Sriwedari agar momen kali ini terasa lebih maksimal.
  • Selalu berhati-hati dan tetap mengutamakan keselamatan selama jalan-jalan dan liburan di sini.
  • Jaga etika dan tutur kata selama berada di kawasan kompleks taman agar semua baik-baik saja.
  • Pahami dengan baik aturan-aturan serta tata tertib wisata Taman Sriwedari untuk semua pengunjung.

Daya tarik wisata Taman Sriwedari Solo akan memanjakan setiap pengunjung yang ingin mengisi hari liburnya agar lebih berwarna. Jadi sekian dulu ulasan singkat mengenai Taman Sriwedari yang ikonik dan menjadi tujuan wisata edukasi rekomended di Kota Surakarta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

one + 14 =