Bali merupakan salah satu tujuan para wisatawan lokal maupun mancanegara karena tempat wisatanya yang iconic. Dari banyaknya tempat wisata, ada objek bernama Paluang Cliff yangmana merupakan salah satu destinasi yang terletak di Desa Bunga Mekar. Paluang Cliff Bali atau juga sering disebut Paluang Cliff Nusa Penida memiliki jarak yang tidak jauh dari Pantai Kelingking.

Merupakan sebuah spot unik, Paluang Cliff mampu membuat pengunjung melihat tebing yang ada di Pantai Kelingking. Jadi wisata Paluang Cliff ini merupakan hidden spot yang bisa Anda gunakan untuk melihat keindahan batu Pantai Kelingking. Anda juga dapat melihat pemandangannya dari sudut pandang yang berbeda serta lebih indah.

Sangat cocok bukan untuk masuk list destinasi wisata bersama keluarga Anda.sebelum liburan ke Paluang Cliff. Berikut beberapa informasi yang bisa menambah referensi Anda mengenai tempat wisata Klungkung satu ini.

Harga Tiket Masuk Paluang Cliff

harga tiket masuk paluang cliff
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/117612865536485663585

Paluang Cliff masih satu kawasan dengan Pantai Kelingking, dan belum dikelola secara maksimal. Jadi Tiket masuk Paluang Cliff masih gratis, karena masuk dalam beberapa deretan agenda tour Nusa Penida Anda hanya membayar sekali.

Yaitu pembayaran untuk menyebrang dari pelabuhan yang kisaran Rp100 ribuan. Setelahnya untuk menuju Paluang Cliff sudah bebas biaya masuk, begitu juga ke destinasi lainnya di Nusa Penida.

Tapi meski gratis masuk, saat Anda ingin berfoto harus membayar dengan tarif Rp5.000 per spot foto.

Alamat dan Rute Lokasi

alamat dan rute lokasi paluang cliff
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/107905188611965445450

Masih satu kawasan dengan Pantai Kelingking, membuat Paluang Cliff berada di lokasi yang sama dengan pantai tersebut. Lokasi Paluang Cliff Bali lebih tepatnya di Desa Bunga Mekar, Kec. Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali 80771.

Dari Pantai Kelingking sendiri kurang lebih sekitar 8 menitan Anda bisa sampai tempat tujuan. Berjarak kisaran 450 meter menjadikan menempuhnya bisa dengan berjalan kaki saja.

Untuk rute tempuhnya berikut penjelasan yang bisa menambah informasi Anda:

Dari Dermaga Banjar Nyuh

Apabila dari Dermaga Banjar Nyuh butuh waktu 45 menit untuk sampai ke Paluang Cliff. Anda bisa lewat jalan Raya Klumpu – Toyota Pakeh atau jalan Ped Buyuk.

Dari Banah Cliff

Menuju Paluang Cliff dari Banah Cliff Anda akan menempuh jalan melingkar sekitar 6.4 km.

Raja Hutan Tour & Travel

Apabila menggunakan Raja Hutan Tour & Travel, Anda akan menempuh jarak kisaran 26.4 km untuk sampai. Jalurnya ambil jalan Buyuk Limo atau jalan Batu Kandik dan ini bisa dengan sepeda motor atau kendaraan roda empat.

Seganing Waterfall

Dari Seganing Waterfall Anda hanya perlu menuju arah selatan selama 19 menit untuk sampai di Paluang Cliff.

Daya Tarik Paluang Cliff

daya tarik paluang cliff
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/105985642412285451093

Selain menawarkan keindahan pantai juga laut, Paluang Cliff juga menawarkan daya tarik yang beragam di dalamnya. Contoh pertama ialah menghadirkan panorama alam dari atas bukit yang begitu menarik.

Air lautnya berwarna biru dibarengi oleh bukit-bukit melonjak ke tengah laut. Meskipun di ketinggian, pasir putih yang indah begitu nampak jelas terlihat.

Terdapat spot foto yang unik dan begitu estetik, salah satunya perahu. Dengan ujung perahunya tepat berada di ujung bukit, spot ini cocok bagi anda yang suka menantang adrenalin.

Bukan hanya perahu tetapi juga terdapat spot foto berupa sangkar burung juga ayunan yang bisa Anda nikmati. Serta dijamin hasil fotonya akan indah, unik dan pasti instagramable.

Fasilitas

fasilitas paluang cliff
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/113750755924194867733

Berbagai fasilitas sudah tersedia dan menunjang keamanan dari para pengunjung Paluang Cliff. Lokasinya yang dekat dengan jurang telah diberikan pagar pembatas sehingga Anda tidak perlu terlalu khawatir.

Selain sudah diberikan pagar pembatas, ada beberapa fasilitas lain dan berikut yang dimaksudkan :

Area parkir luas sehingga bisa digunakan untuk memarkirkan kendaraan para pengunjung

Pagar pembatas di tepi jurang

Spot Foto yang beragam dan unik seperti perahu, ayunan, serta sangkar burung
Dengan beberapa fasilitas ini akan mampu menambah kepuasan dari para pengunjung. Bahkan bisa saja Anda para pengunjung betah berlama-lama di Paluang Cliff.

Jam Buka

jam buka paluan cliff
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/114098652757604487284

Jam buka Paluang Cliff Bali seperti destinasi wisata pada umumnya yaitu setiap hari. Tapi tidak 24 jam, terdapat rentang waktu jika Anda ingin berkunjung.

Hal ini dipicu karena tempatnya berada di ketinggian, juga perjalanan untuk sampai destinasinya yang perlu kehati-hatian lebih. Jam bukanya sendiri dimulai pada jam 06.00 WITA hingga jam 20.00 WITA.

Walau dapat dikunjungi dari pagi hingga malam lebih baik Anda berkunjung di pagi atau sore hari. Karena kalau pagi tidak akan terkena sengat panas matahari berlebih, sedangkan sore hari Anda akan dimanjakan dengan pemandangan matahari terbenam.
Sedangkan jika Anda berencana untuk piknik bersama keluarga, bisa mengambil waktu di siang harinya.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

aktivitas yang bisa dilakukan paluang cliff
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/111909010658294015086

Berlibur di Paluang Cliff Anda akan bisa beraktifitas seru dan menarik, beberapa diantaranya bisa Anda baca dibawah ini :

Relaksasi

Menghilangkan penat atau relaksasi sangat pas Anda lakukan dengan berlibur ke Paluang Cliff. Karena perpaduan warna menenangkan dari laut, langit dan pantai juga udara segar mampu menghilangkan ketegangan Anda.

Piknik

Dataran yang lumayan luas di Paluang Cliff bisa dimanfaatkan untuk berpiknik. Menggelar tikar sambil melihat pemandangan laut lepas diiringi semilir angin akan lebih menambah kenangan indah bersama keluarga atau teman.

Suasana hangat dengan orang terkasih pun akan mampu tercipta dengan aktivitas sederhana ini. Jadi tidak akan pernah bosan saat Anda berlibur di Paluang Cliff.

Berfoto

Berkunjung ke tempat liburan pasti terasa kurang bila tidak berfoto, karena mengabadikan momen saat liburan itu sangatlah asik. Foto yang instagramable akan tercipta di Paluang Cliff, karena pengelolaan tempatnya cukup baik.

Berbagai spot foto yang menarik dan estetik hadir di Paluang Cliff ini, jadi Anda tinggal memilih saja. Menginginkan berfoto layaknya adegan film Titanic Anda juga bisa.

Karena terdapat spot foto perahu yang terletak di tepi jurang, spot ini juga pas bagi Anda penyuka tantangan. Spot lainnya tidak kalah menarik, ada ayunan dan sangkar burung yang didesain sedemikian rupa untuk menarik pengunjung.

Bahkan Anda juga bisa melakukan foto pernikahan di Paluang Cliff, dengan konsep lebih fresh memadukan berbagai pemandangan alam di sekitar.

Membaca Buku

Ketenangan yang dihasilkan dari suasana Paluang Cliff cocok Anda manfaatkan untuk membaca buku. Karena bagi yang gemar membaca buku, pemandangan indah, suasana tenang nan sejuk lebih menambah kecepatan memahami isi bukunya.

Review sebelumnya –> Lumangan Beach dengan view memikat.

Tips Berkunjung

tips berkunjung paluang cliff
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/107414286947072138204

Berikut beberapa tips bagi Anda agar bisa berkunjung ke Paluang Cliff secara nyaman :

  • Ikuti dan persiapkan tiket kapal atau fast boat terpercaya menuju liburan ke Nusa Penida
  • Pilih paket liburan Nusa Penida dengan ada yang bertujuan ke Paluang Cliff
  • Sewa atau rental kendaraan untuk menuju Paluang Cliff
  • Optimalkan kunjungan dan sewa tour guide
  • Pakai pakaian dan alas kaki yang nyaman bagi Anda untuk naik ke Paluang Cliff
  • Bawa bekal dan kebutuhan seperlunya saja
  • Patuhi protokol Kesehatan yang sedang berlaku di kawasan tersebut

Keseruan dan beberapa informasi diatas bisa Anda gunakan referensi sebelum berlibur ke Paluang Cliff. Selamat Liburan! Perhatikan juga tips sebelum berlibur di atas, semoga liburan Anda ke Paluang Cliff berjalan lancar, menyenangkan dan tentu berkesan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

7 − one =