Kali Kuning menyuguhkan sebuah pesona keindahan alam yang bisa anda nikmati dalam rangka mengisi waktu liburan bersama orang tersayang. Kali Kuning Jogja memiliki sebuah perbukitan yang luar biasanya indahnya dan mampu menghipnotis banyak pasang mata.

Sejatinya, Bukit Kali Kuning ini berasal dari bentukan akibat bencana alam meletusnya Gunung Merapi beberapa tahun lalu. Namun kini, Kali Kuning Yogyakarta menjadi sebuah lingkungan hijau yang asri dan ditumbuhi oleh banyak pepohonan rimbun.

Menjadi salah satu wisata lereng Merapi yang rekomended dan siap membuat momen liburan anda kali ini semakin berwarna. Wisata Merapi Jogja satu ini harus ada di dalam daftar kunjungan berlibur anda selanjutnya untuk ciptakan pengalaman yang berkesan.

Harga Tiket Masuk Kali Kuning

harga tiket masuk kali kuning
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/110357910116214896553

Saat anda tengah berada di sekitaran Kota Sleman, maka wisata Kali Kuning Jogja ini bisa menjadi alternatif rekreasi bersama keluarga. Aneka daya tarik yang dimiliki mampu membuat anda terpesona dan semakin merasa nyaman ketika berkunjung kesini.

Termasuk dalam salah satu wisata berbasis alam di Sleman Jogja yang selalu dipadati oleh banyak wisatawan. Terutama ketika musim liburan telah tiba, mulai dari anak-anak sampai dengan orang dewasa tak pernah surut di wisata Kali Kuning.

Salah satu yang menarik mengapa wisata ini tak pernah sepi adalah, murah biaya tiket masuk. Harga tiket masuk Kali Kuning Jogja hanya sekitar 5.000 rupiah saja per orangnya, terjangkau sekali bukan?

Dengan biaya yang super ekonomis tersebut anda bisa bersantai, jalan-jalan, berfoto ria, dan bermain-main sampe puas. Beragam pemandangan menawan dan udara sejuk bakal menemani anda selama mengisi waktu libur di bukit Kali Kuning.

Pengunjung bisa datang ke wisata alam kali Kuning Yogyakarta sesuai dengan jam operasional yang berlaku. Kali Kuning terbuka untuk umum mulai pagi sampe sore hari, pada pukul 08.00 – 17.00 WIB.

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat kali kuning
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/113763183119740917329

Lokasi Kali Kuning berada lereng Gunung Merapi, pada sebuah sungai yang memiliki panjang sekitar 40 km. Aliran sungai Kali Kuning merupakan lintasan lahar saat peristiwa meletusnya Gunung Merapi sekitar pada tahun 2010 silam.

Tapi siapa sangka, dari bencana alam tersebut efek sampingnya adalah terbentuknya sebuah perbukitan hijau yang bernama Kali Kuning. Dan kini Bukit Kali Kuning tersebut menjadi salah satu destinasi wisata alam cantik yang kaya akan spot-spot menarik untuk berfoto-foto.

Selain itu, Kali Kuning juga ternyata memiliki mata air yang terus mengalirkan airnya melalui sungai. Yang dimana aliran airnya melewati setidaknya 5 kecamatan, yaitu Pakem, Kalasan, Cangkringan, Berbah dan Ngemplak.

Dari bukit Kali Kuning Jogja ini juga tersaji sebuah pemandangan bukit batuan Andesit yang sangat memikat. Dan untuk alamat Kali Kuning terletak di RT.01 / RW.06, Kelurahan Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Anda bisa menggunakan maps dibawah ini untuk memudahkan perjalanan menuju wisata alam Bukit Kali Kuning Yogyakarta.

Datang juga ke –> Candi Banyunibo nuansa serba hijau yang bikin pengunjung betah.

Fasilitas

fasilitas kali kuning
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/115731002598427447531

Sudah dilengkapi dengan berbagai sarana pendukung yang cukup memadai dalam menunjang setiap aktivitas selama liburan disini. Dan berikut ini fasilitas Kali Kuning yang diantaranya sebagai berikut :

  • Tempat parkir memadai
  • Pusat informasi wisata
  • Toilet umum / mck
  • Fasilitas air bersih
  • Penginapan
  • Area bersantai
  • Area camping
  • Warung-warung wisata
  • Aneka spot foto menarik

Nikmati serunya kegiatan di alam bebas dengan langsung menghadap ke arah megahnya Gunung Merapi yang luar biasa. Buang semua rasa lelah yang tengah melanda dengan duduk santai menyaksikan aneka panorama istimewa.

Agar anda bisa mendapatkan kesan rekreasi yang lebih maksimal, maka bisa dengan bermalam disini. Bisa dengan berkemah, mendirikan tenda atau dengan menginap di penginapan yang tersedia.

Kunjungi juga –> Tlogo Putri hamparan luas telaga yang luar biasa indanya.

Spot Terbaik di Kali Kuning

spot terbaik di kali kuning
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/110432805884004352433

Disini para wisatawan akan merasakan yang namanya suasana sejuk ketika menjadikan Kali Kuning sebagai tujuan merileksasi diri. Beberapa tanaman dan pepohonan rimbun membuat kawasan bukit ini nampak hijau dan terlihat asri.

Tanaman bunga yang terdapat di area Kali Kuning Jogja ini pun sedikit berbeda dan hampir tidak ditemukan dilokasi lainnya. Seperti adanya Bunga Rasamal, Kantung Semar, hingga Bunga Puspa yang tiada duanya.

Para pengunjung juga akan disuguhi dengan pemandangan hutan pinus, setelah turun dari kendaraan, beserta suara gemercik aliran sungai. Berbagai spot-spot foto kekinian yang dibangun tanpa merusak suasana alami bisa anda temukan di sekitaran Bukit Kali Kuning.

Hal tersebut biasanya pengunjung manfaatkan untuk melakukan kegiatan swafoto, seperti selfie, groufie hingga rekam video. Hasilkan gambar menarik pada spot terbaik di Kali Kuning yang sangat instagenic.

Review sebelumnya –> Citra Grand Mutiara Waterpark dengan tema bajak laut untuk menambah suasana ceria.

Tips Berkunjung

tips berkunjung kali kuning
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/101110800084964444352
  • Anda wajib berkunjung ketika hari cerah dan cuaca yang mendukung agar bisa mendapatkan view terbaik di Kali Kuning.
  • Apabila cuaca sedang tidak bersahabat, tak ada salahnya untuk menunda dulu rencana berwisata ke Bukit Kali Kuning.
  • Ikut serta dalam selalu menjaga kebersihan lingkungan, khsusnya di kawasan wisata Kali Kuning Yogyakarta.
  • Tetap waspada dan berhati-hati ketika beraktivitas agar semuanya aman dan berjalan sesuai harapan.
  • Patuhi tata tertib dan juga aturan yang sudah ditetapkan untuk semua pengunjung di wisata alam Kali Kuning Jogja.

Jadi itu informasi mengenai Kali Kuning, salah spot di lereng Merapi yang terlihat begitu mengagumkan. Demikian sudah anda simak ulasan singkat Kali Kuning yang merupakan destinasi menarik sebagai tujuan berwisata anda bersama keluarga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

1 + 1 =