Sumatera Utara tidak hanya terkenal dengan destinasi wisatanya Danau Toba. Namun di Samosir Sumatera Utara juga terkenal dengan adanya Bukit Holbung yang selalu ramai oleh wisatawan.

Destinasi wisata ini banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Karena memang tempatnya sangat indah. Disini Anda bisa menikmati pemandangan Danau Toba yang super indah dari atas bukit.

Tentunya tempat ini sangat cocok sekali bagi Anda yang gemar menikmati wisata alam. Nah berikut informasi mengenai harga tiket, alamat, fasilitas, jam buka, aktivitas yang bisa dilakukan serta daya tarik Bukit Holbung.

Harga Tiket Masuk Bukit Holbung

harga tiket masuk Bukit Holbung
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/103857652227507440128

Setiap tempat wisata dimanapun berada pasti akan dikenakan harga tiket masuk sebagai salah satu biaya retribusi pemeliharaan tempat wisata. Tak terkecuali dengan Bukit Holbung Samosir yang juga menerapkan harga tiket masuk.

Namun Anda tidak perlu khawatir karena biaya masuk Bukit Holbung sangat terjangkau sekali. Serta HTM ini berlaku untuk semua usia. HTM yang dikenakan ini sebesar Rp 5000 per orang. Cukup terjangkau bukan bahkan seluruh kalangan bisa berlibur disini.

Harga tiket masuk sendiri belum include dengan biaya parkir. Jadi bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi sepeda motor akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp5.000. Sedangkan untuk pengunjung yang membawa mobil akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp10.000.

Perlu diingat juga bahwa harga tiket masuk ini bisa berubah sewaktu-waktu. Sehingga diharapkan Anda jangan terlalu berpacu dengan HTM ini ya.

Alamat dan Rute Lokasi

alamat dan rute lokasi bukit holbung
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/113808564201738043938

Lokasi Bukit Holbung ini cukup strategis dan aksesnya juga sudah sangat mudah. Lebih tepatnya berada di Dolok Raja, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara.

Jika Anda berasal dari Kota Medan Anda bisa melewati Tol Medan-Tebing Tinggi, Pemantang Siantar, Prapat. Selanjutnya Anda juga akan melalui tol Merek dan Sidikalang. Untuk sampai ke destinasi wisata ini Anda perlu menempuh jarak sekitar 341 km.

Sedangkan bagi Anda yang memulai pelajaran dari Kota Pangururan Samosir. Anda hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 22,2 km saja. Atau membutuhkan waktu tempuh selama 50 menit saja.

Agar lebih pasti saat ini Anda bisa menggunakan Google Maps untuk memandu perjalanan.

Fasilitas

fasilitas bukit holbung
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/100823802044744849587

Fasilitas yang disediakan oleh Bukit Holbung Danau Toba juga tergolong cukup lengkap. Sehingga dijamin Anda akan betah berada disini dalam waktu yang lama. Fasilitas-fasilitas tersebut antara lain :

  • Area parkir yang luas
  • Toilet yang bersih
  • Beberapa gazebo untuk Anda duduk
  • Tempat untuk berkemah
  • Tempat makan
  • Tempat untuk persewaan berbagai macam alat
  • Spot untuk berfoto
  • Penginapan di Bukit Holbung

Jam Buka

jam buka bukit holbung
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/111285167494463790092

Pengaturan jam buka yang diterapkan oleh Bukit Holbung cukup menarik sekali. Bukit ini siap melayani pengunjung dari lokal maupun mancanegara selama 24 jam. Artinya kawasan wisata ini buka selama 24 jam.

Dan tidak ada batasan hari untuk jam buka itu sendiri. Selama Hari Senin sampai Minggu wisata ini buka 24 jam.

Namun perlu sekali untuk Anda catat dan perhatikan baik-baik. Bahwa jam buka wisata ini dapat berubah sewaktu-waktu tergantung dengan kondisi sekitar. Sehingga akan lebih baik jika Anda mencari informasi terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk berkunjung ke Bukit Holbung.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

aktivitas yang bisa dilakukan bukit holbung
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/100284558824948740263

Selain memiliki beragam daya tarik yang cukup menarik. Disini Anda juga tidak akan kehabisan ide untuk melakukan aktivitas. Berikut adalah aktivitasnya:

Trakking

Hal pertama yang bisa Anda lakukan disini adalah aktivitas Tracking. Untuk sampai di puncak bukit ini Anda harus melakukan takking terlebih dahulu. Namun Anda tidak perlu khawatir medan trekking bukit ini cukup landai dan mudah diakses.

Sehingga Anda tidak akan terlalu kelelahan ataupun merasa tidak kuat. Waktu yang Anda butuhkan untuk sampai di puncak bukit sekitar 10-15 menit.

Berkemah

Layaknya seperti tempat wisata alam lainnya yang kebanyakan dimanfaatkan untuk kegiatan berkemah. Maka wisata Bukit Holbung Medan ini juga menyediakan tempat untuk berkemah.

Melalui kegiatan berkemah dan mendirikan tenda Anda bisa menikmati pemandangan dibawah pada malam hari.

Bermain dengan Air Terjun

Di dekat kawasan wisata ini terdapat Air Terjun Turbo atau yang dikenal dengan Sampuran Balon. Sehingga selain Anda bisa menikmati pemandangan dari ketinggian, Anda juga bisa bermain dengan air terjun.

Menikmati Pemandangan

Karena lokasinya destinasi wisata ini yang cukup tinggi dari permukaan perkampungan Pulau Samosir. Anda bisa menyaksikan pemandangan Danau Toba dari atas bukit. Selain itu Anda juga bisa menyaksikan keramaian Pulau Samosir dari atas bukit.

Berfoto

Nah aktivitas yang satu ini tidak boleh terlewatkan begitu saja. Sangat sayang sekali jika keindahan Bukit Holbung tidak Anda abadikan. Dimanapun tempatnya Anda akan menemukan spot foto yang sangat bagus dan terkesan natural.

Mini Piknik

Sedangkan bagi Anda yang gemar sekali liburan bersama keluarga namun tidak mau ribet dengan aktivitas kemah. Anda bisa melakukan piknik kecil-kecilan disini, karena destinasi ini memiliki area yang cukup luas. Sehingga Anda bisa menggelar tikar dan piknik bersama orang-orang tersayang.

Tips Berkunjung

tips berkunjung bukit holbing
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/114398485206791450524

Agar aktivitas berlibur Anda di Bukit Holbung terasa nyaman dan seru. Anda bisa menerapkan beberapa tips berkunjung berikut ini :

  • Gunakan pakaian yang nyaman dan menyerap keringat karena nantinya Anda harus mendaki.
  • Berkunjunglah secara rombongan agar liburan Anda semakin seru.
  • Jangan lupa membawa perlengkapan pribadi.
  • Bawalah uang lebih untuk berjaga-jaga.
  • Jangan lupa untuk selalu menaati setiap peraturan di Bukit Holbung
  • Serta jangan pernah membuang sampah sembarangan.

Daya Tarik Bukit Holbung

daya tarik bukit holbung
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/103945237960875849314

Bukit Holbung ini memiliki daya tarik utama yang terletak pada keindahan alamnya. Seperti halnya dengan destinasi alam lainnya. Dibukit ini juga memiliki suasana sejuk serta rindang yang sangat langka serta terasa segar.

Masyarakat setempat memberikan nama bukit ini sebagai bukit teletubbies. Karena bentuk kawasan ini memiliki kesamaan dengan bukit teletubbies. Mulai dari pemandangannya serta bentuk bukitnya.

Dari atas bukit ini Anda bisa menyaksikan Danau Toba yang sangat luas serta memiliki bentuk unik dari ketinggian. Selain itu Anda bisa melihat seluruh Kecamatan Harian.

Uniknya Anda juga bisa menyaksikan para nelayan yang sedang mencari ikan, barisan pegunungan, serta Pusuk Buhit.

Daya tarik selanjutnya ada pada Air Terjun Turbo yang menjadi bagian dari Bukit Holbung. Air terjun ini bisa Anda tempuh selama 50 menit dari Bukit Holbung. Nah tempat wisata ini memiliki seribu daya tarik yang akan memberikan pengalaman berharga bagi Anda.

Yang lebih menarik lagi di bukit ini adalah adanya sebuah mitos terkait puncak bukit. Mitos tersebut mengatakan bahwa siapapun yang berhasil mendaki hingga puncak kedelapan, perjalanan cintanya akan mulus.

Nah hal inilah yang juga menjadi salah satu faktor bukit ini ramai dikunjungi oleh pemuda pemudi.

Setelah Anda membaca artikel ini pastinya Anda sudah memiliki gambaran tentang Bukit Holbung. Dijamin sangat seru sekali liburan bersama keluarga disini. Bagi Anda yang ingin berlibur jangan lupa untuk mempersiapkan kebutuhan dan perlengkapan liburan.

Selain itu usahakan untuk selalu update mengenai informasi Bukit Holbung. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Dan selamat menikmati keindahan Bukit Holbung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

eight + 6 =