Di Bali tidak akan ada habisnya jika berbicara tempat wisata yang indah, nah salah satunya adalah Peguyangan Waterfall. Air terjun Peguyangan ini lebih tepatnya terletak di kawasan Pulau Nusa Penida Klungkung Bali.

Selain sebagai tempat wisata dengan segala keindahan alamnya, Peguyangan Waterfall Bali juga difungsikan sebagai sumber air bersih warga setempat. Hal ini sudah berlaku dari tahun 1995 hingga sekarang, dan air terjun Peguyangan memiliki aliran langsung ke laut Nusa Penida.

Jadi sangat disayangkan bila Anda tidak berkunjung ke Peguyangan Waterfall Nusa Penida. Bagi Anda hobi fotografi segera saja masukkan destinasi wisata ini ke dalam list tujuan liburan, lalu berikut ulasan tempatnya.

Harga Tiket Masuk Peguyangan Waterfall

harga tiket masuk peguyangan waterfall
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/117039411305908517771

Menuju Peguyangan Waterfall Anda perlu mengetahui tiket masuknya terlebih dulu. Ini akan memudahkan Anda menyesuaikan budget juga anggaran kedepan dalam melakukan liburan di Peguyangan Waterfall.

Perlu Anda ketahui bahwa memasuki kawasan wisata Peguyangan Waterfall tidak memerlukan biaya alias gratis. Jadi tiket masuk Peguyangan Waterfall tidak ada, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya saat parkir atau menyewa sarung.

Untuk biaya parkir sendiri biasanya memiliki kisaran harga sekitar Rp5.000 per kendaraan. Sedangkan untuk penyewaan kain sarung dibandrol Rp15.000 per orangan.

Harga tersebut dapat sewaktu-waktu berubah tergantung dengan kebijakan pengelola Peguyangan Waterfall. Jadi Anda siapkan saja uang lebih untuk berjaga-jaga kedepannya saat berlibur ke Peguyangan Waterfall.

Alamat dan Rute Lokasi

alamat dan rute lokasi peguyangan waterfall
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/105611256164095588346

Lokasi Peguyangan Waterfall ini memiliki alamat Batukandik, Kec. Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali 80771. Nah untuk sampai ke lokasi air terjun Anda bisa mengambil rute laut dari Pantai Sanur.

Menaiki fast boat dari Pantai Sanur langsung bisa menuju Pelabuhan Nusa Penida. Untuk biayanya berkisar Rp75.000 sampai Rp100.000 per orang.

Waktu yang diperlukan kurang lebih sekitar 30 – 40 menitan, dimana kecepatannya tergantung situasi serta kondisi cuaca saat perjalanan. Rute lain yang bisa Anda ambil ilah dari Pelabuhan Padang Bai, Kabupaten Karangasem Bali.

Setelah sampai dari penyeberangan baru Anda bisa sewa mobil, ojek online atau taksi menuju Air Terjun Peguyangan. Sekitar 20 menitan dari Nusa Penida Anda perlu ke selatan yaitu Jl. Puncak Mundi.

Lanjut ke Jl. Raya Salang dan belok kiri ke Jl. Tirta Bhuana Sari sekitar 2.4km, tepat sebelah kiri letak Peguyangan Waterfall. Rute lainnya dari Kutampai Kaler – ke barat Jl.Pantai – Jl. Nusa Indah.

Lanjut belok kiri Jl. Buyuk Limo, belok kiri lagi Jl. Tirta Bhuana lalu sampai lokasi Peguyangan Waterfall.

Daya Tarik

daya tarik peguyangan waterfall
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/108534003782057610298

Tempat wisata menarik Peguyangan Waterfall ini memiliki daya tarik lebih dari satu. Dan beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Peguyangan Waterfall merupakan satu-satunya air terjun di Bali yang aliran arus langsung menuju laut Nusa Penida.
  • Letaknya tersembunyi di bawah tebing, jadi perlu tenaga ekstra untuk sampai ke tempatnya.
  • Terdapat Infinity Pool atau kolam tersembunyi dalam gua di dasar tebing. Dengan bentuk hampir sama aliran sungai yang dikelilingi dinding batu.
  • Memiliki panorama indah dan ekosistem wisata yang luar biasa menakjubkan.
  • Terdapat tempat air suci yang biasa digunakan warga dalam acara sacral juga untuk kebutuhan sehari-hari.
  • Daya tarik lainnya yaitu ada pura Segara Kidul yang disucikan terletak sekitar area Peguyangan Waterfall.

Fasilitas

fasilitas peguyangan waterfall
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/110666454764584018008

Sama dengan tempat wisata lainnya, Peguyangan Waterfall juga menyediakan berbagai macam fasilitas. Ini digunakan untuk menunjang keamanan, kenyamanan dan sebagai cara menarik para pengunjung.

Adanya fasilitas yang memadai juga bisa menambah daya tarik Peguyangan Waterfall, bahkan akan betah para pengunjung saat di lokasi wisata.. Fasilitas yang dimaksud adalah sebagai berikut rinciannya :

Kolam pemandian yang bisa digunakan untuk bermain air juga
Area parkir yang memadai untuk seluruh pengunjung
Toilet yang cukup untuk banyaknya pengunjung

Kain kamen atau sarung yang bisa disewa dengan tarif terjangkau per orangnya
Spot foto yang bagus dan tentu instagramable dimana cocok bagi Anda penggemar fotografi.

Dengan adanya fasilitas-fasilitas tersebut semoga cukup untuk memberi kenyamanan para pengunjung. Kedepannya semoga lebih banyak pengunjung yang datang, tetapi jangan lupa untuk selalu jaga kebersihan juga.

Hal ini akan lebih menambah kenyamanan Anda juga pengunjung lain. Tempat yang bersih, indah akan mampu terwujud selalu atas kerjasama semua pengunjung.

Datang juga ke –> Lumangan Beach bisa anda jadikan tujuan berlibur.

Jam Buka

jam buka peguyangan waterfall
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/112967464301588298605

Berkunjung ke air terjun Nusa Penida Bali tepatnya Peguyangan bisa Anda lakukan setiap hari. Karena jam buka dari destinasi wisata Bali satu ini ialah setiap hari dan tanpa batas waktu.

Baik hari libur maupun bukan aka nada banyak pengunjung di air terjun ini. Apabila Anda ingin menghabiskan liburan sedikit lebih tenang , bisa datang dihari biasa. Mengambil cuti bagi Anda yang bekerja tidak akan menyesal saat berliburnya ke Air Terjun Peguyangan.

Jam pengunjungnya juga bebas Anda tentukan, jadi akan betah bukan berlama-lama di tempat ini. Seluruh keindahan alam yang menghampar luas bersama laut lepas dan derasnya air terjun sangat bagus untuk dinikmati.

Kunjungi juga –> Paluang Cliff yang eksotis.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

aktivitas yang bisa dilakukan peguyangan waterfall
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/106008587642216059608

Ketika Anda berlibur ke Peguyangan Waterfall akan banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan. Keindahan alam sekitarnya akan menambah keseruan dan kesegaran dalam beraktivitas apapun.

Berikut sebagian aktivitas seru yang bisa Anda lakukan selama berkunjung disini:

Trekking Menuruni Tangga

Berlokasi di bawah dan hampir mendekati ketinggian permukaan laut. Anda akan dituntun menemui jalur turun yang menantang untuk sampai gerbang masuk.

Medan curam ini bisa memacu adrenalin Anda dan selama menuruni tangga. Anda bisa menikmati pemandangan laut serta tebing tepian yang indah.

Menikmati Panorama Pantai

Dari Air Terjun Peguyangan Anda juga bisa menikmati indahnya pemandangan biru lautan yang berpadu dengan langit. Aneka tebing hijau di hadapan menambah indahnya penglihatan Anda. Ini bisa Anda lihat saat menuruni anak tangga menuju lokasi air terjun.

Berendam dalam Infinity Pool

Spot paling menarik dari wisata Air Terjun ialah kola tersembunyinya, terletak dalam gua di dasar tebing membuatnya memiliki level ketinggian.

Anda bisa berenang bahkan berendam aa spa di kolam tersembunyi ini sambil menikmati pemandangan laut lepas yang cantik.

Review sebelumnya –> Tembeling Beach dengan segudang pesona alamnya.

Tips Berkunjung

tips berkunjung peguyangan waterfall
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/117641113493043419427

Berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan saat melakukan liburan ke Peguyangan Waterfall di Bali:

  • Bawalah makan dan juga minuman secukupnya karena perjalanannya butuh energi
  • Bagi pengunjung Wanita yang sedang menstruasi dilarang turun ke mata air
  • Jagalah selalu kebersihan juga kesopanan saat di tempat wisata
  • Pakai pakaian yang nyaman begitu juga dengan alas kakinya, agar tidak menyulitkan Anda di perjalanan
  • Bawa juga keperluan seperti sunscreen atau barang lain sesuai keperluan Anda saat di tempat wisata air terjun ini

Patuhi protokol Kesehatan dan semua peraturan di kawasan sekitar Peguyangan Waterfall
Nah itulah beberapa ulasan mengenai Peguyangan Waterfall. Semoga bisa menjadi referensi keseruan aktivitas lainnya masih banyak selain yang tertera di atas.

Jadi mari berlibur ke Peguyangan Waterfall segera dan nikmati keseruan lainnya saat di lokasi wisata.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

9 − 4 =