Berbicara tentang liburan, maka tidak akan lengkap jika tidak memasukkan Pulau Dewata ke dalam list perjalanan. Di Pulau Bali, Anda bisa menemukan tempat wisata di Klungkung yang merupakan daerah di bagian timur yang menyimpan destinasi tersembunyi.

Klungkung merupakan kotamadya di Bali yang terkenal dengan keramahan masyarakat serta suasana yang tenang, bebas dari polusi, dan kemacetan. Di samping itu, objek wisata yang ditawarkan juga tidak kalah indah dari tempat lainnya di Pulau Dewata.

Keindahan alam Klungkung masih sangat lestari dan menjadikannya sebagai tujuan wisata. Yang selalu didatangi oleh turis dari berbagai kota hingga mancanegara.

Berikut daftar destinasi wisata paling populer di Klungkung yang dapat Anda kunjungi :

Daftar Isi

1. Angel’s Billabong

tempat wisata di klungkung
Foto : https://www.instagram.com/wombatmeetsworld/

Angel’s Billabong adalah tempat wisata pertama di Klungkung dengan tema alam yang eksotis. Ini merupakan sebuah aliran sungai yang memiliki alur menuju ke laut sehingga menciptakan pemandangan yang segar di mata.

Warna air biru kehijauan menambah daya tarik wisatawan sehingga wajib mengabadikan momen di sini dengan berfoto ria. Selain itu, hamparan batu tebing yang tinggi di sisi muara memberikan panorama alam laut yang semakin lengkap.

Destinasi muara ini berlokasi di Bunga Mekar, Nusa Penida, Klungkung. Kejernihan dan kesegaran air di dalamnya membuat para wisatawan ingin berenang dan mandi layaknya di jacuzzy pribadi dengan pemandangan ekslusif.

2. Mushroom Beach

wisata klungkung
Foto : https://www.instagram.com/evansantana86/

Pantai tidak akan pernah lepas dari wisata di Pulau Dewata, termasuk di Klungkung ini. Pantai Jamur atau Mushroom Beach menjadi favorit wisatawan karena keindahan yang ditawarkan begitu indah dan tiada duanya.

Mushroom Beach terletak di Nusa Lembongan yang menawarkan pesona keindahan pantai yang eksotis dengan deburan ombak yang menyegarkan. Anda bisa menikmati suasana dengan berjalan-jalan di tepian, terlebih saat menjelang senja karena nuansa hangat sangat terasa.

Di pantai ini terdapat kafe yang berjejeran sehingga wisatawan bisa menikmati keindahan sembari ditemani secangkir kopi. Wisatawan juga dapat melakukan aktivitas seru lain, seperti diving, surfing, snorkeling, berenang, atau tiduran di pinggir pantai.

3. Nusa Lembongan

wisata klungkung bali
Foto : https://www.instagram.com/seabreezeceningan/

Apakah Anda orang yang menyukai berlibur memboyong keluarga? Jika iya, maka harus mencoba salah satu destinasi terbaik di Klungkung yakni Nusa Lembongan.

Yang merupakan sebuah pulau kecil yang menawarkan keindahan alam dan wahana super seru.

Untuk dapat mencapai lokasi, maka wisatawan harus menyeberang terlebih dahulu menggunakan fast boat dari Pantai Sanur bali. Pulau Nusa Lembongan sangat aman menjadi tempat berlibur atau bulan madu karena penduduk sekitar sangat menjaga keamanannya.

Pulau berlibur yang satu ini menawarkan sejumlah aktivitas seru, seperti berjalan di Yellow Bridge. Menaiki banana boats, diving, snorkeling, hingga jet ski.

Oleh sebab itu, berlibur di Nusa Lembongan terasa tidak cukup hanya satu hari saja.

4. Dream Beach Bali

wisata dekat klungkung
Foto : https://www.instagram.com/lauragrgm/

Masih berada di lokasi Nusa Lembongan, Anda bisa datang ke destinasi yang populer yakni Dream Beach. Daya tarik dari pantai ini adalah air laut yang tampak sangat jernih dan menyergarkan mata serta pemandangan eksotis dari kejauhan.

Pada saat awal datang, wisatawan akan sampai di tempat parkir yang berada di tebing dengan disapa pemandangan yang mempesona. Tebing-tebing yang tinggi ini mengelilingi pantai menciptakan panorama yang indah dan tidak pernah mengecewakan.

5. Anjungan Tukad Melangit

wisata di klungkung bali
Foto : https://www.instagram.com/jalanmelali/

Buat Anda yang menyukai wisata alam berupa hutan dan ketinggian, maka Anjungan Tukad Melangit menjadi tempat terbaik. Dataran tinggi di Bali ini menjadi tujuan wisata yang memberikan pesona keindahan warna-warna alami serta nuansa sejuk.

Di destinasi ini, terdapat Lembah Hijau Tukad yang terhampar indah menciptakan pemandangan segar di depan mata. Selain itu, anjungan yang terbuat dari kayu dengan bentuk seperti ujung perahu selalu dijadikan spot utama berswafoto.

Suguhan keindahan yang ada di Anjungan Tukad Melangit membuat daya tarik bagi wisatawan untuk datang menghabiskan waktu liburan. Tantangan juga terasa sebab tebing yang ada di bawah terlihat curam, namun tetap aman untuk dipijaki wisatawan.

6. Pantai Jungut Batu

tempat wisata di klungkung bali
Foto : https://www.instagram.com/yoyaku_id/

Pantai Jungut Batu terletak di Pulau Nusa Lembongan Klungkung, bisa dijangkau dengan speed boat dari Sanur kurang lebih 45 menit. Wisata yang satu ini memiliki pesona keindahan yang sangat memukau sehingga cocok menjadi tempat bersantai.

Hamparan pasir putihnya menjadi daya tarik tersendiri ditambah dengan panorama pegunungan dan perbukitan membuat siapapun terpukau. Anda juga akan melihat sejumlah perahu nelayan yang berjejer di pinggiran pantai.

Di area Nusa Lembongan tepatnya di dekat Pantai Jungut Batu, wisatawan dapat memilih penginapan mewah. Resor yang disediakan juga memiliki fasilitas yang lengkap, mulai dari makanan lezat, spa, dan tempat tidur paling nyaman.

7. Goa Giri Putri

Goa Giri Putri
Foto : https://www.instagram.com/antonycapox.capture/

Wisata yang satu ini tergolong ke dalam bentuk sejarah dan keagamaan. Goa Giri Putri berlokasi di Nusa Penida yang tempatnya termasuk tersembunyi dibandingkan sejumlah pura suci lainnya di Pulau Dewata ini.

Wisata ini menyuguhkan keindahan bangunan yang di dalamnya merupakan tempat ibadah umat Hindu. Tempat peribadatan ini berlokasi di ketinggian 150 mdpl dengan luas 310 meter sehingga keindahannya berpadu dengan pesona alam di sekitar.

8. Nusa Penida

wisata klungkung
Foto : https://www.instagram.com/bioalamsyah/

Rekomendasi wisata Klungkung berikutnya adalah Nusa Penida yang merupakan pulau kecil yang menjadi surga tersembunyi. Wisatawan dapat melihat indahnya pasir putih, pesona bawah laut yang beraneka ragam, hingga tebing tinggi yang eksotis.

Salah satu yang menjadi ikon daya tarik utama populer dari Nusa Penida adalah Bukit Atuh yang mirip dengan Raja Ampat. Bukit ini menyimpan keindahan berupa pasir putih dan pemandangan mata air yang tawar serta tidak akan pernah kering.

Di pulau kecil yang indah ini, juga terdapat sejumlah destinasi populer, seperti Angel’s Billabong berupa cerukan kolam. Hingga Manta Bay untuk penyuka aktivitas diving.

Dalam satu pulau kecil ini, wisatawan akan dimanjakan dengan ragam pilihan objek wisata.

Datang juga ke –> Tempat Wisata di Gianyar yang wajib untuk anda jelajahi pesona keindahannya saat berada di pulau dewata Bali.

9. Mata Air Guyangan

Mata Air Guyangan
Foto : https://www.instagram.com/satyaholidaybali/

Pulau Nusa Penida seolah tidak pernah habis menawarkan destinasi eksotis dan mempesona. Kali ini, wisatawan akan diajak untuk menikmati keindahan Mata Air Guyangan di lereng bukit dengan debet air yang cukup deras.

Mata Air Gayungan sebenarnya masih menjadi sumber air masyarakat sekitar, namun karena kurangnya pompa membuatnya tidak bisa maksimal dimanfaatkan. Kini, tempat ini menjadi objek wisata yang membuat adrenalin terpacu karena banyaknya anak tangga.

Wisata yang satu ini juga bisa digolongkan ke dalam wisata spiritual karena menyimpan mitos dan kepercayaan akan suatu hal. Oleh karena itu, perempuan yang sedang datang bulan dilarang untuk masuk ke area Mata Air Guyangan ini.

10. Pantai Atuh

wisata di klungkung
Foto : https://www.instagram.com/dewa_sudiarta/

Pantai Atuh menjadi wisata Klungkung bali yang menyimpan keindahan tersembunyi karena lokasinya di Pulau Nusa Penida yang sangat populer. Tempat wisata yang satu ini sangat populer diantara pantai-pantai lain karena pasir putihnya.

Berlibur ke Pantai Atuh, pengunjung dapat merasakan suasana baru yang berbeda dari sensasi destinasi pantai lainnya. Yang membuat wisatawan betah dan jatuh cinta disini karena belum banyak orang yang datang sehingga terasa sepi dan tenang.

Agar bisa sampai ke lokasi Nusa Penida yang merupakan sebuah pulau, maka harus menyeberang memakai speed boat. Pemandangan yang indah dari pantai ini semakin terasa dengan paduan laut biru jernih dan diapit oleh dua tebing tinggi.

11. Pura Paluang

Pura Paluang
Foto : https://www.instagram.com/nusa_penida_explore/

Berwisata ke Pula Dewata tidak hanya tentang pantai saja, di tempat yang sangat populer hingga ke seluruh dunia ini. Juga menyimpan wisata unik yang menjadi khas dari Pulau Bali berupa Pura Paluang di Klungkung.

Pura Paluang berada di Desa Bunga Mekar, Nusa Penida yang selalu ramai dengan wisatawan karena menawarkan sensasi liburan tidak biasa. Pengunjung dapat melihat patung dan goa di bawah pura yang mana di dalam goa terdapat gong batu.

12. Manta Point Nusa Penida

objek wisata di klungkung
Foto : https://theworldtravelguy.com/

Para penyelam pasti mengenal Manta Point Nusa Penida sebagai lokasi untuk melakukan aktivitas air yang sangat seru. Hal tersebut benar sekali, karena tempat wisata yang satu ini terkenal sebagai tempat diving dan snorkeling terbaik di Bali.

Manta Point Nusa Penida menawarkan sensasi liburan yang tidak terlupakan dengan bertemu ikan-ikan kecil hingga di bawah lautan. Anda juga dapat menyaksikan keanekaragaman makhluk hidup atau biota laut lainnya.

Selain dapat melakukan kegiatan watersport, pengunjung juga bisa menikmati keindahan pantai dengan suara deburan ombak menenangkan. Di sekitar pantai juga menawarkan pemandangan eksotis berupa pasir putih dan panorama pepohonan menambah asri pemandangan.

13. Pantai Banah

obyek wisata di klunkung
Foto : https://www.instagram.com/incyvincyspider/

Pantai Banah berlokasi di Pulau Penida, Klungkung yang menjadi objek wisata pilihan terbaik untuk menyaksikan sunrise dan sunset. Tebing-tebing yang tinggi dan curam akan menaikkan jiwa petualangan dari para wisatawan.

Pesona keindahan Pantai Banah tidak boleh Anda lewatkan dengan mengambil gambar dan berselfie ria. Keunikan yang menjadi daya tarik khas di pantai ini adalah adanya batu karang di tengah laut.

Yang berbentuk seperti gapura dengan celah di tengahnya, begitu unik dan eksotis.

14. Nusa Ceningan

tempat wisata di klungkung
Foto : https://www.instagram.com/balidaily/

Di Bali terdapat pulau-pulau kecil yang menyimpan tempat indah dan bagus untuk berwisata. Salah satu yang wajib masuk list liburan Anda adalah Pulau Nusa Ceningan yang merupakan bagian dari gugusan pulau Nusa Penida.

Luas dari Pulau Nusa Ceningan adalah sekitar 300.6 hektar dan masih mempunyai penduduk asli yakni sebanyak 300 kepala keluarga. Keindahan alam yang ada membuat wisatawan selalu datang ke pulau ini setiap hari, terlebih ketika musim liburan telah tiba.

Di Pulau Nusa Ceningan, pengunjung dapat menikmati waktu liburan mereka dengan datang ke sejumlah destinasi terbaik. Beberapa rekomendasinya antara lain, Ceningan Secret Beach, Mahana Points, Jembatan Kuning, hingga Abyss Zipline.

15. Taman Kertha Gosa

Taman Kertha Gosa
Foto : https://www.instagram.com/themis3.ip/

Taman Kertha Gosa merupakan sebuah bangunan kerajaan Klungkung yang dibangun di tahun 1686. Hingga saat ini, lokasi tersebut menjadi tempat wisata yang mempunyai daya tarik berupa arsitektur bangunan khas Bali, yakni Bale Kambang.

Karena keunikan bangunan di Taman Kertha Gosa ini, maka sering dipakai untuk melakukan pemotretan. Selain itu, pengunjung juga dapat berkeliling di dalamnya untuk melihat keindahan di bagian langit-langit hingga adanya wayang yang menyimpan cerita.

16. Broken Beach

tempat wisata di klungkung
Foto : https://www.instagram.com/johannaasantos/

Broken Beach terletak di Pulau Nusa Penida yang mempunyai keunikan tersendiri sehingga membuat banyak wisatawan merekomendasikannya. Dari namanya, pantai ini berada di tengah-tengah tebing dengan ketinggian 50-200 meter.

Sumber air dari Broken Beach ini berasal dari laut lepas yang dapat masuk melalui celah-celah terowongan di tebing. Luban itu terbentuk selama ratusan tahun lalu sebab terjadi abrasi sehingga membentuk pantai yang terasa sangat privat dan eksklusif.

17. Pura Taman Sari

pura taman sari
Foto : https://www.instagram.com/mypreciouslife2019/

Tempat wisata Pura Taman Sari tidak terlalu populer sebab untuk menemukannya masih cukup sulit. Namun, keindahan dari pura ini sangat luar biasa ditambah dengan sejarah atau ceritanya membuatnya menjadi tempat yang harus Anda kunjungi.

Area Pura Taman Sari berada di daerah pegunungan sehingga suasana sejuk dan tenang begitu terasa. Di sini, pengunjung dapat menyaksikan sepasang Meru Tumpang yang berhadapan dengan Bale.

Pura Taman Sari diyakini sebagai lokasi untuk menyimpan pusaka dari kerajaan Majapahit yang dulunya dirampas ketika terjadi perang melawan Belanda. Karena lokasinya yang belum banyak orang kenal, Anda harus menjaga tata krama dan menghormati setiap aturan di sini.

18. Devil’s Tear

tempat wisata alam di klungkung
Foto : https://www.instagram.com/earthlingsonthemove/

Mendengar wisata Devil’s Tears pasti sudah terbayang dengan hal yang menyeramkan. Betul saja, ini merupakan sebuah pantai yang mempunyai deburan ombak super kencang yang menabrakkan diri ke tebing secara keras.

Ombak yang menghantam dengan keras ini menimbulkan air ke udara sehingga juga menciptakan buih-buih yang banyak. Kata ‘Air Mata Iblis’ atau Devil’s Tears berasal dari menyeramkannya ombak, tetapi tetap menyimpan keindahan menakjubkan.

Kunjungi juga –> Tempat Wisata di Jembrana terbaru yang selalu ramai dipadati oleh turis dari berbagai macam daerah.

19. Suwehan Beach

wisata terbaru di klungkung
Foto : https://www.instagram.com/luxarylife.travel/

Salah satu ikon di Pulau Nusa Penida yang menjadi daya tarik wisatawan adalah Pantai Suwehan. Tempat wisata ini mempunyai batu karang yang besar menyerupai bentuk segitiga, mirip dengan wisata Pipi Island di Thailand.

Di Sawuhen Beach, terdapat tebing tinggi berwarna hijau mengelilingi pantai dan terdapat hamparan pasir putih serta birunya lautan. Tempat ini jadi yang paling romantis untuk menyaksikan momen matahari terbenam atau sunset.

Pengunjung bisa melakukan sejumlah aktivitas seru di Pantai Suwehan, seperti berenang, berfoto, berjemur, camping, dan lainnya. Jika ingin berkunjung ke sini, pastikan mempunyai badan fit karena perjalanan yang cukup panjang dan melelahkan.

20. Pura Goa Lawah

wisata terbaru di klungkung
Foto : https://baligatesofheaven.blogspot.com/

Rekomendasi tempat wisata di Klungkung bali berikutnya adalah Pura Goa Lawah yang masuk ke dalam 6 pura penting di Bali. Suasana yang mistis akan dapat Anda rasakan sebab di goa ini menjadi tempat hidup ribuan kelelawar.

Di area Pura Goa Lawah tersaji pemandangan yang unik dan mempesona yang mana tempatnya berada di bawah pohon rindang. Pada bagian mulut gua, selain ada banyak kelelawar menggantung, terdapat juga tempat pemujaan.

Lokasi dari Pura Goa Lawah terletak di daerah pantai dan menuju perbukitan, maka suasana dan pemandangannya sangat indah. Pada saat musim libur datang, akan banyak wisatawan domestik maupun mancanegara yang datang berkunjung.

21. Pantai Kelingking

tempat wisata keluarga di klungkung
Foto : https://www.instagram.com/jeinjelsilamia/

Pantai Kelingking berlokasi di Nusa Penda Barat yang menjadi salah satu destinasi pilihan wisatawan di pulai kecil ini. Pemandangan pasir putih yang disajikan sangat mempesona dengan hamparan samudera luas yang dapat disaksikan di atas tebing tinggi.

Warna laut dari Pantai Kelingking sangat eksotis yakni biru tua dengan kombinasi ombak besar membuat suasana sangat menyegarkan. Akses menuju lokasi wisata ini masih dibilang kurang baik, namun semua terbayar ketika sudah sampai.

22. Goa Jepang Klungkung

tempat wisata anak di klungkung
Foto : https://bali.idntimes.com/

Bagi pecinta wisata mistis, Goa Jepang Klungkung bisa menjadi destinasi yang harus Anda kunjungi. Meskipun menyimpan aura menyeramkan, tempat wisata ini sangat terurus dengan baik sehingga wisatawan bisa nyaman.

Goa Jepang tidak hanya ada di Kungkung, melainkan sejumlah daerah lain, sseperti Garut, Yogyakarta, Sulawesi, hingga Pangandaran. Lokasi Goa ini sangat mudah ditemukan karena berada di jalur ke Karangasem, Klungkung, Gianyar, dan Denpasar.

23. Rumah Pohon Batu Molenteng

tempat wisata di klungkung bali
Foto : https://www.instagram.com/dewatwins/

Liburan di tempat wisata di Klungkung bali yang mempunyai sensasi tidak biasa adalah dengan datang ke Rumah Pohon Batu Molenteng. Rumah ini berada di atas pohon yang dibuat dari material alam dengan pemandangan sekitar yang memukau.

Keindahan alam yang tersaji di atas rumah pohon ini sangat menyejukkan mata dan bisa menjadi latar belakang foto yang keren. Pemandangan semakin eksotis, sebab rumah pohon ini juga menghadap ke Pantai Atuh.

24. Museum Semarajaya

Museum Semarajaya
Foto : https://www.instagram.com/deardikaaa/

Di Bali, Anda juga bisa merasakan liburan dengan tema sejarah dengan mengunjungi Museum Semarajaya. Museum yang menyimpan benda peninggalan sejarah ini resmi dibuka pada tahun 1992 dan kini menjadi lokasi wisata yang banyak pengunjungnya.

Benda-benda peninggalan sejarah yang ada di dalam Museum Semarajaya ini antara lain dokumentasi raja-raja Kerajaan Klungkung hingga perlengkapan upacara adat. Berwisata ke sini juga dapat sembari belajar.

25. Pantai Kusamba

wisata alam klungkung
Foto : https://www.kintamani.id/

Berwisata ke pantai di Bali sudah menjadi hal yang lumrah, namun, jika pantai pada umumnya mempunyai pasir warna putih. Pantai Kusamba, Anda akan menemukan sensasi yang berbeda karena pasirnya berwarna hitam.

Suasana di sekitar Pantai Kusamba sangat menenangkan sehingga bisa menjadi tempat melepaskan penat dan jenuh. Anda bisa membeli oleh-oleh berupa ikan segar yang ditangkap oleh nelayan di daerah itu secara langsung

26. Gala Gala Underground House

Gala Gala Underground House
Foto : https://www.instagram.com/madewedastra/

Wisata yang unik di Bali yang wajib Anda kunjungi adalah Gala-Gala Underground House. Ini adalah tempat wisata berupa goa yang merupakan sebuah karya tangan dari seorang dalang, Mangku Byasa.

Goa yang dibuat oleh tangan manusia ini sangat luar biasa dan menakjubkan yang memiliki inspirasi dari kisah keluarga Pandawa Mahabarata. Di dalam goa ini terasa sangat sejuk meskipun lokasinya sempit.

27. Monumen Puputan Klungkung

Monumen Puputan Klungkung
Foto : https://www.instagram.com/adnyanaptr/

Pada wisata dekat Klungkung yang menjadi destinasi pilihan wisatawan adalah Monumen Puputan. Di tempat ini terdapat tugu prasasti yang terletak di tengah Kota Klungkung yang menjadi simbol perlawanan rakyat terhadap penjajahan.

Monumen Puputan Klungkung menjadi ikon Kota Klungkung yang selalu ramai dengan pengunjung di hari biasa maupun hari libur. Terdapat fasilitas yang lengkap, seperti parkir, taman, kamar mandi, hingga rumah makan.

28. Pohon Cinta Nusa Penida

tempat wisata di klungkung
Foto : https://www.instagram.com/akang_bandung/

Menghabiskan waktu berlibur dengan pengalaman tidak terlupakan bisa Anda dapatkan dengan mengunjungi Pohon Cinta Nusa Penida. Tempat ini berlokasi di Kelingking Secret Point yang mana terdapat pohon tua yang mati dan menghadap ke lautan.

Pohon yang sudah mati tersebut kemudian disebut Pohon Cinta karena orang sering berhenti dan duduk di atasnya. Sembari memandang keindahan lautan, meskipun sudah tua, pohon ini masih kokoh untuk dinaiki.

Review sebelumnya –> Tempat Wisata di Karangasem Bali yang cocok untuk anda jadikan tujuan explore selanjutnya saat di pulau dewata.

Demikian rekomendasi 28 tempat wisata di Klungkung yang dapat Anda masukkan ke dalam daftar perjalanan liburan mendatang. Berbagai jenis lokasi wisata bisa memberikan pengalaman menakjubkan.

Keindahan Pulau Dewata tidak bisa dibantah lagi, terutama di Klungkung. Habiskan waktu liburan Anda bersama orang tersayang dengan memilih destinasi terbaik serta abadikan setiap momen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

13 − twelve =