Tembeling Beach merupakan salah satu pantai tersembunyi yang berada di Bali. Meskipun tersembunyi, di dalamnya terkandung kecantikan alam yang khas.

Umumnya pantai yang berada di Pulau Nusa Penida dikelilingi oleh rangkaian karang atau barisan tebing terjal. Berbeda pada umumnya, Pantai Tembeling ini dikelilingi oleh beberapa pohon teduh yang hijau.

Berikut di bawah ini penjelasan lengkap mengenai Wisata Klungkung Bali hits yakni Tembeling Beach:

Harga Tiket Masuk Tembeling Beach

harga tiket masuk tembeling beach
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/117320232238121689639

Untuk dapat memasuki kawasan wisata Tembeling Beach Bali hingga saat ini tidak dikenakan biaya. Para pengunjung hanya diminta untuk memasukkan donasi secukupnya ke dalam sebuah kotak.

Kotak tersebut berada tidak jauh dari lokasi parkir saat di pintu masuk Tembeling.

Alamat dan Rute Lokasi

alamat dan rute lokasi pantai tembeling
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/104184813502674853566

Lokasi pantai ini lumayan jauh dan berada di tengah-tengah hutan. Oleh karena itu, membuat mata air Tembeling jernih dan bebas dari pencemaran.

Tepatnya, objek wisata Tembeling Beach berada di desa Batu Madeg, kecamatan Nusa Penida, kabupaten Klungkung, provinsi Bali. Karena lokasinya yang berada di seberang Laut Bali, maka mengharuskan pengunjung menggunakan transportasi laut agar dapat sampai ke tempat wisata.

Untuk dapat sampai di lokasi wisata, telah disediakan transportasi umum. Pengunjung yang ingin menggunakan transportasi umum, Anda dapat berhenti di Sanur.

Kemudian, dari Sanur akan terdapat pilihan kapal menuju Nusa Penida. Anda dapat memilih kapal yang mengantar Anda ke Nusa Penida.

Setelah sampai di Nusa Penida, Anda dapat menggunakan ojek ataupun menyewa kendaraan menuju lokasi wisata. Selain itu, Anda juga dapat menyewa kendaraan dari jasa tour yang tersedia.

Bagi Anda yang masih bingung lokasi wisatanya dan takut tersesat, Anda tidak perlu khawatir. Anda hanya tinggal melakukan pencarian lokasi di Google Maps untuk mengerti letak dari wisata ini.

Fasilitas

fasilitas tembeling beach
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/116503678342273681567

Sebuah objek wisata alam di Bali ini, telah menyediakan berbagai fasilitas yang cukup memadai, diantaranya seperti:

  • Area parkir kendaraan
  • Pedagang makanan dan minuman
  • Penginapan
  • Kamar mandi atau toilet
  • Tempat istirahat
  • Spot foto instagramable
  • Dan lain-lain

Jam Buka

jam buka tembeling beach
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/103054972732539864839

Objek wisata yang berada di Nusa Penida umumnya sudah buka mulai pukul 07.00 waktu setempat.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

aktivitas yang bisa dilakukan tembeling beach
Foto : https://www.instagram.com/thoriqiii/

Berbagai aktivitas yang menarik, bisa dilakukan pengunjung di Tembeling Beach. Bagi Anda yang masih penasaran dengan aktivitasnya, berikut di bawah ini penjelasannya:

Menikmati mata air Tembeling

Di pantai ini terdapat mata air berupa kolam berdiameter kurang lebih sekitar 5-6 meter dan kedalaman dengan tinggi 10 meter. Sambil bersantai Anda dapat menikmati kesegaran dan kesejukannya.

Bagi Anda pecinta aktivitas renang, Anda harus selalu waspada dikarenakan ketinggian yang lumayan dalam. Para pengunjung tidak disarankan untuk lompat secara langsung ke mata air Tembeling.

Mendapat pengalaman minum mata air Tembeling secara langsung

Salah sari aktivitas ini dapat Anda lakukan di wisata ini dan tidak banyak ditemui di wisata lainnya.

Sebagai informasi, mata air Tembeling dipisah menjadi dua kolam yaitu kolam perempuan dan laki-laki. Mata air tempat ini disakralkan oleh masyarakat setempat.

Melakukan pengambilan foto

Berbicara mengenai pemandangan alam pasti tidak akan habisnya. Apalagi alam alami yang masih jarang terjamah oleh tangan manusia.

Di wisata ini, terdapat berbagai spot foto dengan background alam yang menakjubkan. Para pengunjung dapat foto sepuasnya untuk mengabadikan momen berwisata.

Kunjungi juga –> Lumangan Beach yang cocok untuk anda healing.

Tips Berkunjung

tips berkunjung tembeling beach
Foto : https://www.instagram.com/abu_rodriguez/
  • Sebelum berangkat sebaiknya memantau kondisi cuaca terlebih dahulu agar perjalanan liburan tidak terhalang cuaca buruk.
  • Sebelum berangkat pastikan untuk mengecek kondisi kesehatan. Tubuh harus dalam keadaan fit agar saat di perjalanan maupun saat sampai lokasi wisata tidak terjadi hal buruk.
  • Perlu membawa baju ganti agar setelah melakukan aktivitas air dapat langsung mengganti dengan baju yang kering.
  • Persiapkan pembekalan makanan dan minuman yang cukup.
  • Jangan lupa membawa peralatan fotografi agar dapat mengabadikan momen dengan baik.
  • Bawalah perlengkapan kesehatan dasar.
  • Selalu menjaga kondisi diri maupun orang lain dan tetap berhati-hati.
  • Selalu menjaga kebersihan sekitar, utamakan untuk membawa kantong plastik agar sampah yang Anda hasilkan dapat dibuang di tempat sampah.
  • Membawa uang secukupnya untuk donasi

Review sebelumnya –> Paluang Cliff dengan sejumlah view alam menawan.

Wisata Terdekat

wisata terdekat tembeling beach
Foto : https://www.instagram.com/iamtengkuamsyar/

Berikut di bawah ini beberapa daya tarik yang dimiliki oleh Pantai Tembeling yaitu:

Banah Cliff

Setelah Anda puas berlibur di Pantai Tembeling, Anda dapat meneruskan liburan di wisata ini. Apabila Anda mengikuti jalan yang membawa Anda ke Tembeling. Maka setelah 15 menit atau sekitar 4 kilometer jalan bertanah, Anda akan menemui Banah Cliff Point.

Cliff Point Nusa Penida merupakan tebing kapur yang berdiri kokoh besar di tengah lautan lepas (Pantai Banah). Tempat dengan pemandangan alam menawan ini dapat dijadikan sebagian spot foto terbaik.

Keindahan pantai Banah dapat Anda lihat di tebing berketinggian 200 meter dari permukaan laut. Lokasi wisata ini tepat berada di desa Batu Madeg, kecamatan Nusa Penida, kabupaten Klungkung, provinsi Bali.

Dengan jalan yang masih alami, diharapkan para pengemudi harus berhati-hati. Apabila Anda berangkat dari Pelabuhan Buyuk, Anda akan menempuh jarak waktu sekitar 1 jam.

Waktu terbaik untuk mengunjungi wisata ini adalah saat matahari tenggelam. Di waktu tersebut Anda dapat menghasilkan foto yang menakjubkan dengan pemandangan tebing disertai sunset indah.

Selain sore, Anda juga dapat mengunjunginya di pagi hari dengan pemandangan sunrise. Bagi Anda pecinta olahraga snorkeling, Anda dapat mengunjungi objek wisata ini.

Tembeling Springs

Wisata satu ini berada tidak jauh dari Tembeling Beach. Dan masih berada dalam satu lokasi yang sama tepatnya berada di depan pantai. Objek wisata ini berbentuk sebuah kolam kecil yang airnya berasal dari sumber mata air asli.

Daya tarik dari objek wisata ini, meskipun berada di dekat pantai, air di Tembeling Springs tidak terasa asin tetapi tawar. Ukuran kolam yang berada di wisata ini tidak terlalu besar tetapi kedalamannya lebih dari 2 meter.

Dengan kedalaman tersebut, sangat tidak disarankan untuk membawa anak-anak berenang.

Untuk pengunjung anak-anak dapat menggunakan kolam satunya lagi dengan kedalaman kurang dari 150 cm. Tetapi perlu diperhatikan, para orang tua harus selalu mengawasi dan memantau kegiatan yang dilakukan anak-anak.

Di wisata springs ini terdapat tebing-tebing tinggi yang dapat Anda naiki. Anda dapat merasakan sensasi lompat dari tebing ke dalam kolam renang.

Dengan air kolam berwarna kehijauan, tepat di sampingnya ada beberapa air pancuran buatan yang dapat digunakan untuk bilas.

Sebagai informasi, lokasi wisata ini sebenarnya menerapkan jam operasional selama 24 jam. Tetapi alangkah baiknya Anda kesana dari pukul 7 pagi hingga 4 sore.

Dikarenakan lokasinya berada di hutan, diperlukan perjalanan ekstra hati-hati dan penerangan yang cukup.

Nuansa kesegaran alam dan kejernihan mata airnya akan memenangkan pikiran. Apabila Anda ingin merasakan nuansa tersebut, Anda dapat berlibur dan mengunjungi Wisata Pantai Tembeling Bali.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

10 − 10 =