Makanan Khas Gresik tak kalah sedapnya dengan daerah lain. Kota yang terletak di salah satu kabupaten Jawa Timur ini memiliki berbagai kuliner yang harus dicoba.

Di sini banyak makanan yang unik-unik bahkan belum pernah didengar sebelumnya. Ada makanan ringan dan makanan berat. Semua sama sedapnya. Selain itu, hiburan yang asik di kota ini membuat berburu kuliner di sini jadi menyenangkan

Kota yang dijuliki kota wali itu tidak hanya menyediakan kuliner yang enak dan unik tapi juga ada yang bisa dibawa sebagai buah tangan. Untuk tahu apa saja ragam kuliner di Gresik, simak beberapa makanan Gresik di bawah ini:

1. Martabak Usus

Makanan enak di Gresik Jawa Timur
foto dari https://www.instagram.com/kediridelicious/

Kebinguan malam-malam di Gresik pengen makan apa? Seharusnya sudah malam mau makan yang tidak berat. Sekedar ganjal saja. Nah, Anda bisa mencoba martabak unik di Gresik. Dia adalah martabak usus.

Sebagian bahan matabak adalah potongan daging sapi. Namun di Gresik Anda dapat menemukan martabak yang mengandung usus ayam. Usus ayam dipotong kecil-kecil dihapus makaroni lalu dimasukan ke adonan martabak.

Nah, istrimewanya, usus sudah diberi bumbu petis pedas. Inilah yang membuat martabak diburu wisatawan. Bahan campuran lain adalah bihun, daun bawang, dan telur. Serelah itu digoreng. Penyajiannya pun masih memiliki saus petis di atas martabak tadi.

Harga dari martabak usus murah saja, hanya 3 ribu rupiah perporsinya. Untuk mendapatkan martabak ini pun harus rela antri, sebab banyak peminat dari makanan khas Jawa Timur nan lezat itu.

2. Seafood Kerang Hijau

Makanan khas Gresik Jawa timur
foto dari https://www.instagram.com/kediridelicious/

Makan kerang di warung seafood mungkin sudah biasa. Karena hampir setiap kedai menyediakan kerang. Nah, jika jalan-jalan atau sedang berkunjung ke Gresik, ada kerang yang unik. Yakni kerang hijau.

Nah, uniknya kerang hijau di sini dijual ala street food Thailand. Nah, buat para penikmat makanan jalanan yang praktis untuk disantap, bisa jajal menu kerang hijau. Kerang hijau ala makanan jalanan hanya bisa didapat di restoran. Oleh karenannya siap-siap merogoh kocek.

Beda kerang hijau dengan kerang biasa ukuran kerang hijau lebih besar. Terkait daging kerang hijau lebih banyak dari daging kerang pada umumnya. Kemudian, kerang hijau ini biasa dimasak dengan sosis asam manis, sosis padang, dan sosis lada hitam.

3. Nasi Krawu Gresik

makanan tradisonal khas gresik
foto dari https://www.instagram.com/kediridelicious/

Masih ada makanan berat dari Gresik. Yakni nasi krawu. Nasi ini sebenarnya sering ditemui di daerah Jawa Timur. Kuliner dengan lauk yang banyak ini menjadi favorit di Jawa Timur. Nah, di Gresik pun Anda juga akan menemui kuliner ini.

Nasi dengan lauk suwiran daging sapi, sambal, serundeng, dan taburan bawang goreng selalu menjadi incaran wisatawan. Penyajian yang masih tradisional dengan daun pisang ini pun menambah cita rasa juga.

Nasi krawu Gresik tentu berbeda dengan nasi krawu lainnya. Yakni menggunakan nasi pulen dan varian lauknya lebih banyak. Ada belut, babat, tahu goreng, telur, semur usus sapi, dan lainnya. Nah, jadi jika lauk daging suwir masih tidak bisa menambah lauk lainnya.

Satu porsi nasi krawu ini mulai dari 15 ribu rupiah saja. Nasi krawu cocok dimakan sebagai makan siang, karena porsinya mengenyangkan. Cukup memberi tenaga untuk menyusuri Gresik.

4. Jubung

makanan khas gresik yang enak
foto dari https://www.instagram.com/kediridelicious/

Kuliner berikutnya adalah Jubung. Makanan ini terdengar asing. Jubung merupakan jenang dari Gresik. Jajanan ini dibuat dari ketan hitam yang ditaburi biji wijen di atas.

Karena dibuat dari ketan hitam, warna jenang ini juga hitam. Sajiannya dibungkus menggunakan kulit pohon pinang (jubung). Rasanya pun manis dan teksturnya halus. Jubung juga bisa dibuat oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Proses pembuatan m akanan khas Gresik yang enak ini sangat lama. Yakni butuh waktu 24 jam untuk memasaknya. Mulai dari merendam ketan, menggiling, hingga membukusnya. Proses waktu lama untuk memasak adonan, butuh waktu 6 jam agar mendapat adonan Jubung yang baik.

Untuk menemukan makanan ini pun tak perlu khawatir. Karena Jubung bisa ditemui di sepanjang jalan Gresik. Banyak pedagang yang menjajakan Jubung ke para wisatawan. Harganya pun lumayan Hanya satu yang bisa dibeli mulai dari 15 ribu rupiah saja.

Lihat juga –> 14 Makanan Khas Kediri Paling Enak

5. Otak-otak Bandeng Gresik

oleh oleh khas gresik
foto dari https://www.instagram.com/kediridelicious/

Tidak hanya ditemui di Sidoarjo saja, Gresik juga punya otak-otak Bandeng. Banyak wisatawan yang jatuh cinta pada makanan ini karena memang enak dan gurih.

Otak-otak bandeng menjadi primadona bagi para wisatawan dan masyarakat karena olahan bandeng ini unik. Mereka biasanya dimasak dengan digoreng atau direbus kemudian diberi bumbu kacang.

Untuk mendapatkan otak-otak bandeng ini sedikit mergoh kocek. Harganyanya mulai dari 50 ribu rupiah. Namun tidak perlu khawatir, satu otak-otak bandeng bisa dinikmati hingga tiga orang jika disiapkan dan dibuat lauk.

6. Bonggolan

makanan khas gresik yang murah
foto dari https://www.instagram.com/kediridelicious/

Jika Palembang punya Pempek, Gresik punya Bonggolan. Kuliner ini dibuat dari ikan laut. Makanan khas Gresik Jawa Timur ini berbentuk lonjong dan dibungkus daun pisang. Rasanya gurih.

Bonggalan ini dibuat dari ikan kakap, ikan tenggiri, ikan payus dan plaosan (sejenis ikan bandeng) ada pula udang. Kemudian dicampur dengan tepung kanji. Cara penyajiannya dengan memotong kecil-kecil lalu digoreng. Kuliner ini bisa jadi camilan atau digunakan sebagai lauk dan kerupuk ikan.

Warga Sidayu merupakan warga yang paling banyak membuat Bonggolan ini. Rasanya yang gurih dan kenyal ini pun diminati oleh berbagai kalangan. Dari yang muda hingga tua. Bonggolan ini sebagai buah tangan.

Jangan kaget dengan harga Bonggolan ini, karena sangat murah yaitu hanya 5 ribu rupiah saja. Makanan ini juga tersedia selama satu bulan di dalam kulkas. Dapat dinikmati kapan saja jika dihabiskan menggoreng.

7. Sego Roomo

Makanan enak di Gresik Jawa Timur
foto dari https://www.instagram.com/kediridelicious/

Selanjutnya ada Sego Roomo. Makanan ini jarang terekspose, tetapi jika berkunjung ke Gresik jangan sampai mengunjungi panganan ini. Sego Roomo yang asli dapat diperoleh di Desa Roomo, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik. Di sana nasi ini dikeluarkan.

Isaian dari Sego Roomo adalah nasi, sayur-sayuran, kuah kuning yang disebut dengan Roomo. Lalu ditaburi dengan kelapa di atas dan parutan kelapa serta sambal. Meski namanya sego (nasi), namun ada yang menjual Sego Roomo dengan lontong.

Cara penyajian Sego Roomo ini dibungkus dengan daun pisang. Harga dari makanan ini pun murah, yaitu 7 ribu saja. Sego Roomo bisa mulai dari jam 10.00 WIB hingga 17.00, jadi tidak perlu takut kehabisan, karena makanan ini buka sampai sore.

8. Bakso Giman GKB

bakso khas gresik
foto dari https://www.instagram.com/kediridelicious/

Jika jalan-jalan ke Gresik lalu kangen ingin makan bakso. Langsung saja serbu Bakso Giman GKB. Bakso Giman GKB ini merupakan bakso legendaris di Gresik.

Makanan Khas Gresik Jawa Timur ini bisa didapat di tiga lokasi. Yaitu di Pasar Gresik, di mana lokasi ini adalah pusat Bakso Giman GKB, kemudian ada di Jalan Jawa 74 GKB, dan Jalan Kartini. Nah, kalau sedang memutari lokasi ini bisa langsung mampir ke bakso Giman terdekat.

Yang bikin unik dari bakso ini adalah pilihan baksonya yang beragam. Ada siomay bakso, kikil, bakso tahu, bakso campur gorengan, bakso kasar besar, bakso halus. Semua varian menu ini dibandro 10 ribu rupiah saja. Sangat murah.

Selain bakso ini bakso Giman ini berbeda dari yang lain. Seperti bakso lain berlemak, sedang bakso Giman tidak berlemak dan kuahnya gurih. Tunggu apa lagi, jangan ragu mampir ke Bakso Giman GKB.

Baca juga –> 12 Makanan Khas Jombang Paling Enak

9. Sego Karak

wisata kuliner gresik
foto dari https://www.instagram.com/kediridelicious/

Karak Sego merupakan makanan tradisional asli Gresik. Makanan tradisional ini jarang dijual. Namun, jangan bersedih. Jika utama ke daerah Gresik bagian utara masih bisa bertemu nasi ini.

Nasi karak ini berisi nasi merah yang disajikan dengan parutan kelapa, serundeng, dan lauk tempe. Menunya sangat sederhana, namun makanan ini sangat digemari oleh masyarkat dan selalu dicari oleh wisatawan.

Makanan Khas Gresik yang enak ini hanya bisa ditemui di pagi hari. Tentunya kuliner ini bisa dibuat sarapan. Harganya pun terjangkau, 10 ribu rupiah saja. Nasi karak pun ada dua jenis, yaitu nasi karak putih dan nasi karak hitam.

Nasi karak putih ini berasnya ditambahi garam, sirih dan sedikit air kapur kemudian ditanak. Kemudian nasi karak hitam, berasnya dicampur dengan ketan hitam agar lebih hitam dan diberi garam. Nah, makin penasaran kan bagaimana rumitnya nasi karak ini? Jangan lupa jika ke Gresik cobain nasi karak.

10. Arang-arang Kambang

makanan khas yang enak di gresik
foto dari https://www.instagram.com/tiyar.soe/

Masih dengan menu tradisional. Diperoleh sebagai jajanan tradisional, Arang-arang Kembang. Jajanan ini pun jarang diketahui. Makanan yang hanya hadir saat bulan ramadhan dan disajikan saat pernikahan ini pun membuat orang jarang mengenalnya.

Nah, tampilan arang-arang kembang itu seperti kolak. Bahan yang digunakan untuk membuat arang-arang kembang adalah ketan putih, ketan hitam, tape ketan hijau, dan irisan pisang. Kemudian disiram kuah santan yang dimasak dengan gula dan garam.

Arang-arang kembang bisa ditambah es atau tanpa es, semua enak. Harga satu porsinya pun hanya 8 ribu rupiah saja. Di makan kompilasi sakit atau siang sangat nikmat. Dimakan bersama keluarga atau kerabat jadi makin asik.

11. Pudak

makanan khas yang enak di gresik
foto dari https://www.idntimes.com/

Masih dengan jajanan tradisional. Kali ini ada jenis kudapan yang melegenda di Gresik yaitu Pudak.Kue kudapan ini dibuat dari tepung beras, gula pasir, bisa juga gula jawa, dan santan kelapa. Kemudian pengemasannya dibalut dengan ope.

Ope merupakan pelepah pohon pinang. Nah, pudak dibungkus dengan ope lalu dijahit. Cara pengemasan yang unik ini menjadi nilai tambah untuk si Pudak. Tidak hanya cara mengemas yang unik, varian rasa pudak pun banyak.Ada pudak coklat dari gula jawa, pudak putih dari gula pasir, pudak hijau dari sari pandan.

Pudak juga biasa dibuat buah tangan. Harga satu rentengnya hanya 14 ribu rupiah saja. Makanan Khas Gresik yang murah ini juga tahan hingga 3 hari.Jadi bisa dinikmati kompilasi sampai rumah.

12. Bandeng Sapit

makanan ringan khas gresik
foto dari https://www.instagram.com/oleholehnowana/

Berbeda dengan olahan bandeng lainnya, bandeng sapit diolah dengan cara dibakar dan diberi bumbu rempah. Sayangnya bandeng sapit tidak bisa dikonsumsi oleh-oleh, makanan ini harus dimakan saat itu juga.

Yang membuat enak dari bandeng sapit ini adalah bumbunya yang khas. Yakni kencur, kunyit, ketumbar, kemiri, bawang merah dan bawang putih.Yang dimasak menggunakan santan hingga menjadi sosis yang dilumuri ke ikan bandeng.

Bumbu tadi lumuri di atas bandeng yang belum dibakar. Setelah itu bakar bandeng hingga matang. Nah, dikeluarkannya dari bakaran bandeng ini kerap bikin turis tergiur buat beli.Sebab aromanya enak bikin perut lapar.

Pembakarannya pun masih menggunakan arang, sehingga semakin khas aroma bandeng itu. Harga satu porsi bandeng sapit sekitar 20 ribu rupiah. Dimakan selepas dari panggangan dan masih hanggat tentu saja lebih menggugah selera. Makanan Khas Gresik terbaru ini selalu habis diburu.

Coba juga –> 12 Makanan Khas Sidoarjo Terbaru

13. Sego Menir

makanan murah khas gresik
foto dari https://www.instagram.com/wisatagresik/

Ada makanan anti-mainstream di Gresik. Yaitu sego menir. Makanan yang jaran didengar ini rupanya menjadi favorit warga Gresik.Sego menir merupakan makanan sederhana, mana menir ini merupakan kuah bening dari beras kecil-kecil yang digerus halus.

Makanan Khas Gresik yang enak ini menjadi sorotan wisatawan. Banyak wisatawan yang belum tahu makanan apa itu. Sajiannya berupa nasi, kangkung, sambal, gorengan, dan kuah bening ini memang sepintas biasa saja.Tapi rasanya enak, enak saja enak.

Bumbu lain dari makanan ini adalah kunci, putih dan putih. Enak rasanya enak, tidak biasa kuah bening. Uniknya menggunakan beras kecik-kecil yang digerus, kuah tidak keruh, tetap bening.Kuliner ini bisa ditemui di pagi hari, dan biasa untuk sarapan.

14. Wedang Pokak

minuman khas gresik
foto dari https://www.instagram.com/warkop_pangelings/

Dibagikan bukan makanan, ini merupakan minuman asli Gresik. Namanya wedang pokak. Minuman ini biasa dinikmati saat bulan Ramadhan. Seperti selepas tarawih, wedang ini diminum bersama keluarga.Namun, sekarang juga ada yang menjualnya setiap hari.

Wedang ini warnanya merah tua. Rasanya pun pedas. Semua minuman ini merupakan minuman terpedas di seluruh Jawa. Minuman ini sangat menghangatkan badan.Banyak rempah yang digunakan untuk membuat minuman ini.

Ada jahe, pada, dan bumbu yang tidak biasa dicampur ke minuman. Yakni ada merica di dalam wedang ini. Oleh sebab itu rasanya jadi pedas dan panas. Minumanan ini cocok diminum saat malam hari. Wedang ini mampu menambah energi.

15. Kotokan Bandeng

makanan khas gresik
foto dari https://www.instagram.com/kokicika/

Lagi-lagi ada olahan Bandeng. Lagi lagi dan lagi lagi. Kotokan bandeng merupakan makanan yang diolah dengan cara diberi belimbing wuluh.

Kotoakan bandeng ini dimasak dengan cara diberi santan dan belimbing wuluh. Mengonsumsi rasa, asam dan manis. Paling enak kalau dipadu dengan nasi pulen hangat. Tenang saja, tidak berhasil dengan bandeng, karena bandeng ini menggunakan bandeng besar.Yang mana duri bandeng besar mudah untuk ditempatkan.

16. Es Siwalan

minuman khas gresik
foto dari https://www.instagram.com/jajananaslinusantara/

Siang-siang kepanasan di Gresik, jangan ragu untuk membeli es siwalan. Makanan khas Gresik Terbaru ini mudah didapat di sepanjang kota Gresik Anda bisa mendapatkan ini.

Es siwalan tentu berbahan dasar buah siwalan. Yakni semacam buah lontar, beri legen, gula merah, dan daun pandan. Terdengar segar bukan? Minuman ini cocok diminum siang hari, sementara mampir di pinggir jalan untuk menunggu dahaga.

Es siwalan pun dikeluarkan diberi gula jawa atau sirup. Minuman ini berharga juga murah, mulai dari 10 ribu rupiah sudah bisa didapat kesegaran alami dari buah Siwalan.

17. Lontong Manggul

wisata kuliner khas gresik
foto dari https://www.instagram.com/arsyahbahagia/

Makanan selanjutnya ini perlu mengenyangkan. Lontong manggul ini memiliki bumbu yang khas. Yakni tepung beras dicampur dengan santan, daun salam, garam, kunyit, lengkuas, kencur, ketumbar. Gunakan bumbu kuning kental, seperti kari.

Sajian lontong manggul ini lebih khas dengan ditaburi bubuk kedelai di atas. Lauk dari lontong ini pun beragam ada udang goreng tepung, atau polosan. Serta taburan serundeng. Teksturnya pun lembut dan enak.

Nama lontong manggul ini diperoleh dari cara berjualannya yang dipanggul. Namun, sekarang banyak kedai yang menjajakan lontong ini tanpa dipanggul. Rasanya tetap enak.

Review Sebelumnya –> 20 Makanan Khas Bali Terbaru

Makanan khas Gresik memang unik dan unik. Di kota ini, Anda dapat dengan mudah menemukan makanan yang tidak biasa. Selain itu, tidak perlu ragu akan terasa enak, karena sudah pasti enak. Tunggu apa lagi, ke Gresik jangan lupa coba makanannya.

Vlog Ke Lokawisata Baturraden Terbaru 2020

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here