Tempat Wisata di Indramayu saat ini sedang menunjukkan perkembangan yang baik. Terbukti, dengan semakin banyaknya tempat-tempat indah untuk bisa dikunjungi wisatawan. Setiap tempatnya memiliki pemandangan yang mempesona dan menawan hati.

Indramayu mendapat julukan sebagai Kota Mangga. Maklum saja, setiap daerah di wilayah ini merupakan penghasil Mangga Cengkir yang mempunyai cita rasa sangat manis di setiap gigitannya. Tempat ini juga dikenal sebagai salah satu sumber kilang minyak yang terletak di Kecamatan Balongan.

Berikut ini, ada beberapa kawasan wisata di Indramayu yang bisa Anda jelajahi. Mulai dari taman, pantai, water park, hingga waduk. Mari kita lanjutkan perjalanan mengelilingi Kota Mangga.

1. Pantai Tirtamaya

tempat wisata di indramayu
foto: https://www.instagram.com/auroraolaa/

Wisata di Indramayu ini terletak di pusat kota dan jadi salah satu destinasi andalan. Tidak heran bila sabtu dan minggu, tempat ini akan dipenuhi oleh wisatawan. Ada sebuah cerita yang membuat tempat ini begitu terkenal di tahun 90 an. Karena, terjadi abrasi laut yang cukup hebat.

Dari sisi sejarah dan legenda, tempat ini juga mempunyai cerita yang tidak kalah seru. Di mana, kawasan ini menjadi tempat berlabuhnya Ki Buyut Tuban. Beliau adalah salah satu murid dari Sunan Bonang. Mendapatkan tugas untuk menyebarkan ajaran islam di pantai utara Jawa.

Beliau menggunakan perahu tradisional yang dibuktikan dengan adanya sebuah perahu kuno. Letaknya tidak jauh dari kawasan pantai. Saat ini perahu kuno ini sudah ditempatkan di sebuah museum. Sementara, tidak jauh dari pantai, anda bisa datang untuk berziarah.

Ada banyak aktivitas menarik yang bisa anda nikmati selama berkunjung ke sini. Anda bisa berenang, menikmati keindahan pasir pantai dengan semilir angin yang berhembus lirih. Menariknya lagi, bagi anda yang menyukai olahraga diving dan snorkeling, tempat ini juga sudah menyediakan fasilitasnya lengkap. sesuai dengan keamanan tingkat Internasional.

Jangan lupakan sisi fotografinya. Begitu instagramable, dengan kapal boat, sunset, pasir cokelat dan air laut. Dijamin, anda akan betah berlama-lama disini. Untuk fasilitas lainnya, sudah tersedia area kuliner, mushola, kamar mandi dan tikar untuk sewa.
Pantai Tirtamaya terletak di Desa Juntinyuat, Kabupaten Indramayu. Harga tiket untuk masuk kawasan ini Rp10.000. Sementara untuk harga beberapa fasilitas lainnya mulai dari Rp5.000 saja.

2. Masjid Indramayu

masjid indramayu
foto: https://www.instagram.com/indrasutantoo/

Tempat ini dijuluki sebagai masjid Nabawinya Indonesia. Kawasan paling favorit untuk wisatawan terutama saat bulan Ramadhan. Karena, dijadikan sebagai tempat favorit untuk ngabuburit. Halaman depannya anda akan disuguhkan dengan rumput sintetis dan nuansa sejuk dari awal masuk sampai pulang.

Wisata Indramayu ini punya bangunan yang sangat megah. Sehingga, tidak heran bila masuk ke tempat ini, anda serasa berada di Timur Tengah. Tidak hanya digunakan sebagai islamic center saja. Anda juga bisa berziarah ke Makam Syekh Abdul Manan.

Makam beliau memang tidak jauh dari masjid ini. Bahkan, di samping makam, ada sebuah rumah yang merupakan peninggalan beliau yang sampai saat ini masih tetap terjaga keasliannya. Di depan rumah, ada mushola yang dulu digunakan untuk beribadah.

Luas dari masjid ini sendiri kurang lebih 12 hektar. Diresmikan tahun 2018, mampu menampung kurang lebih 2500 jamaah. Kalau berbicara soal arsitektur, hal ini cukup unik. Karena, inspirasinya berasal dari beberapa studi banding yang pernah dilakukan dengan melakukan kunjungan ke berbagai masjid di Indonesia, Malaysia dan Singapura.

3. Taman Cimanuk

wisata di indramayu
foto: https://www.instagram.com/ghifarmr/

Nama taman ini diambil dari tempatnya yang terletak di bantaran sungai cimanuk. Konon dahulu, kawasan ini pernah menjadi sejarah yang sulit dilupakan bagi warga Indramayu. Karena, pernah menjadi pelabuhan terbesar di Jawa. Salah satu bukti peninggalannya adalah tiang bendera yang menjadi sudut spot terbaik.

Anda juga bisa melihat beberapa hiasan sampan yang disandarkan di pinggiran sungai. Setiap sabtu dan minggu, Taman Cimanuk akan dipenuhi oleh wisatawan. Objek wisata Indramayu ini akan menghadirkan beberapa aktivitas seru dan menarik.

Seperti, adanya pagelaran wayang, pameran lukisan, serta beberapa acara adat, seni, dan budaya. Sebagai ikon Indramayu, tempat ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas permainan anak-anak. Serta, area selfie yang menarik dan hits, jadi sayang kalau dilewatkan begitu saja.

Disini, juga sudah disediakan area kuliner dengan berbagai jenis menu makanan yang pastinya enak dan membuat lidah anda bergoyang. Lokasi Taman Cimanuk terletak di Jalan Veteran Indramayu, atau di belakang Masjid Agung Indramayu. Atau berada di bawah jembatan tidak jauh dari pendopo Indramayu. Anda bisa bertanya pada warga sekitar bila masih bingung letak persisnya.

4. Pulau Biawak

wisata alam di indramayu
foto: https://www.instagram.com/ayodolan/

Bila anda menjelajah Indramayu, jangan lupa untuk mengunjungi Pulau Biawak yang menjadi ikon wisata lain Kota Mangga ini. Menuju ke tempat ini, ada dua cara yang bisa anda tempuh. Menggunakan perahu nelayan atau naik speed boat yang sudah disediakan oleh Dinas Pariwisata setempat.

Bagi anda yang tidak berniat untuk bermalam. Anda harus berangkat pagi, setidaknya pukul 5 atau 6 pagi. Lantaran, pukul 2 siang beberapa kapal sudah harus kembali. Menghindari ombak pasang yang akan membahayakan perjalanan kapal.

Objek wisata di Indramayu ini juga mempunyai sebuah mercusuar yang bisa dijadikan sebagai penanda, bila anda memilih untuk menyewa perahu nelayan.Tingginya mencapai 65 meter dan dibangun pada tahun 1872. Sebelum bisa sampai di puncak, anda harus naik 240 anak tangga.

Cukup melelahkan memang, tetapi setelah sampai di atas pemandangannya begitu elok dan sulit untuk diungkapkan dengan kata. Selain mercusuar, anda juga bisa menikmati aktivitas lain seperti snorkeling yang peralatannya sudah disediakan. Anda hanya perlu membayar sewanya saja. Harganya mulai dari Rp50.000.

Jangan lupa untuk melihat beberapa aktivitas biawak. Tetapi, tetap patuh dengan guide yang akan mengantarkan anda. Lebih baik untuk menyewa menu paket yang sudah disediakan. Karena, akan ada fasilitas makan siang yang disediakan.

Bagi anda yang ingin menginap. Di pulau biawak sudah disediakan homestay atau hotel yang bisa anda manfaatkan untuk beristirahat. Jangan lupa untuk bangun pagi ya. Karena, pemandangan pagi di kawasan ini sangat menawan.

5. Pantai Glayem

wisata pantai di indramayu
foto: https://www.instagram.com/adesamudi/

Selain Tirtamaya, anda juga bisa berkunjung ke Pantai Glayem. Kawasan dengan ombak yang tidak terlalu besar ini menjadi tempat favorit untuk berenang dan bermain air. Anda juga bisa menyewa perahu karet, ban, atau juga tikar untuk bersantai.

Tempat wisata di Indramayu Jawa Barat ini juga sudah tersedia rumah makan yang siap dengan berbagai macam menu makanan seperti, udang, ikan, ayam bakar atau goreng dengan kelezatan sambalnya dan sayuran yang pasti menggoda. Anda juga bisa menikmati air kelapa segar yang dipetik langsung dari pohonnya.

Kawasan ini terletak di Desa Juntinyuat, Blok Gayem, Kecamatan Juntinyuat. Untuk harga tiketnya Rp5.000. Ditambah dengan parkir untuk mobil Rp10.000, dan motor Rp5.000.

Kunjungi juga –> Rekomendasi 23 Tempat Wisata di Sukabumi Paling Indah

6. Science Center Mutiara Bangsa

obyek wisata di indramayu
foto: https://www.instagram.com/mutiarabangsa.imy/

Tempat wisata di Indramayu terbaru ini bisa jadi pilihan terbaik bagi anak-anak anda. Disinilah pusat edukasi di Indramayu yang mempunyai 48 wahana sekaligus. Mulai dari beberapa alat peraga di bidang teknologi dan pengetahuan, simulasi gempa,sepeda gantung dan wahana dinosaurus yang mengesankan.

Anda juga disuguhkan dengan kawasan bioskop yang bisa menampung kurang lebih 80 orang. Untuk harga tiketnya mencapai Rp35.000. Bagi anda yang ingin mengunjungi tempat ini, datanglah pukul 8 pagi dan pulanglah sebelum pukul 5 sore.

Konsep yang ditawarkan memang menarik minat anak-anak untuk belajar dan bermain. Mereka bisa mempelajarinya di papan yang sudah disediakan sebagai deskripsi apa yang mereka peragakan. Tertarik ingin mengunjungi tempat ini? Anda bisa datang ke Komplek Waduk Bojongsari Sindang, Bojongsari, Kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu.

7. Waduk Cipancuh

wisata alam di indramayu terbaru
foto: https://www.instagram.com/nkosncoz/

Inilah kawasan selanjutnya yang juga tidak akan kalah menariknya untuk dikunjungi. Memiliki luas sekitar 70 hektar dengan jumlah debit airnya mencapai 8 juta kubik. Untuk bisa berkunjung ke tempat ini, anda tidak akan dipungut biaya apapun. Waktu terbaik untuk mengunjungi kawasan ini adalah sore hari.

Jangan lupa bawa makanan kecil dan minuman. Karena, di tempat ini tidak ada warung sama sekali. Tetapi, tetap jaga kebersihan dengan membawa pulang kembali sampah yang sudah anda bawa.

8. Tugu Perjuangan Indramayu

wisata terbaru di indramayu
foto: https://www.instagram.com/antoneothoshin/

Tempat rekomendasi selanjutnya adalah Tugu Perjuangan Indramayu. Suasananya tenang, sejuk, dan nyaman untuk dikunjungi. Selain itu, anda juga bisa menikmati spot-spot yang instagramable, yang bisa anda manfaatkan bagi yang hobi fotografi.

Banyak fasilitas yang sudah tersedia disini. Mulai dari jalan setapak, tempat duduk yang membuat kawasan ini ramah untuk dikunjungi terutama untuk keluarga. Menariknya lagi, kondisi kawasan ini, sangat bersih. Jarang sekali bisa melihat sampah berserakan dimana-mana. Waktu paling tepat mengunjungi Taman adalah sore hari. Karena, anda bisa juga olahraga disini.

9. Pantai Eretan Wetan

wisata di indramayu
foto: https://www.instagram.com/arisrusdiyan/

Berada di pantai utara jawa membuat Indramayu diselimuti oleh banyak pantai-pantai yang mengesankan. Walau tidak setenar dan seindah yang berada di kawasan selatan. Tetapi, bisa anda manfaatkan untuk beristirahat bila anda sedang melintas Kota Mangga ini.

Di kawasan ini, anda akan disuguhkan dengan hamparan pasir pantai. Anda bisa bermain-main atau hanya sekedar rebahan saja. Semilir angin berhembus membuat suasana di kawasan ini semakin syahdu.

Nama lain dari kawasan ini adalah pantai solikin. Nah, satu alasan mengapa anda harus berkunjung kesini karena, pemandangannya yang mengesankan. Biasanya banyak burung yang datang kesana kemari.

Ada Burung Bangau yang banyak berdatangan. Anda juga disuguhkan dengan pemandangan pohon waru yang bisa digunakan untuk berteduh. Tidak heran bila banyak wisatawan yang datang dan pergi/ Saat musim penghujan, anda akan menemui jalan yang berlumpur. Jadi, sangat sulit askesnya. Anda bisa memanfaatkan warga sekitar untuk mengantarkan anda atau gunakan google maps.

10. Taman Rusa Bumi Patra

wisata keluarga di indramayu
foto: https://www.instagram.com/galerizka/

Lokasi objek wisata ini terletak di Jl. Bumi Putra Raya, Pekandangan, Kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Seperti namanya, anda akan disuguhkan dengan hewan rusa yang dibiarkan berkeliaran. Anda bisa melihat dan mungkin memberikannya makan. Untuk koleksinya sendiri kurang lebih ada 10, yaitu 5 jantan dan betina.

Hutan Mangrove Pantai Lestari Karangsong
Ekowisata Mangrove di Indramayu, semakin hari semakin menarik untuk dikunjungi. Kawasan yang tidak mengenakan harga tiket masuk ini, hanya membebankan biaya parkir sebesar Rp 5.000 untuk motor dan Rp 10.000 untuk mobil. Selain melihat hijaunya mangrove, anda juga akan dimanjakan dengan pemandangan laut jawa. Dengan karakter ombaknya yang tidak terlalu berisik dan ganas.

Menuju ke kawasan mangrove anda harus masuk ke pantai karangsong terlebih dahulu. Selanjutnya, bisa menyewa perahu nelayan, menyusuri hutan, mengelilingi seluruh area. Satu perahu kecil muat sampai 20 orang. Sementara harga sewanya Rp 15.000.

Selain menggunakan perahu, anda juga bisa masuk melalui jembatan yang sudah disediakan. Sayangnya, anda tidak bisa melihat seluk beluk kawasan ini. Karena, hanya tempat tertentu yang sudah dibangun jalan dan bisa dikunjungi.

Banyak spot-spot menarik yang bisa anda dapatkan disini. Waktu terbaik mengunjungi tempat wisata di Indramayu ini adalah sore hari. Saat matahari tidak terlalu terik dan udara sangat sejuk dengan angin yang berhembus.Jadi, jangan lupa bawa peralatan foto ya.

Datang juga ke –> 24 Tempat Wisata di Tasikmalaya Jawa Barat Paling Menarik

11. Tiga Bintang Firdaus Park

tempat wisata di indramayu
foto: https://www.instagram.com/dayanti_26/

Tempat wisata di Indramayu ini memiliki berbagai keindahan dan pesona luar biasa di kalangan masyarakat. Ada banyak fasilitas yang bisa anda nikmati disini. Di jamin, anda akan betah untuk berlama-lama disini. Ada dua buah kolam renang yang bisa anda nikmati. Pertama dewasa dan kedua anak-anak yang sudah berstandar internasional.

Untuk menambah tingkat kesenangan selama disini. Anda akan disuguhkan fasilitas lain yaitu, taman satwa, water splash, gazebo, terapi ikan, dan ember tumpah. Ada lagi gazebo yang bisa anda manfaat untuk beristirahat dan berteduh.

Anda juga bisa menyewa ban pelampung atau perahu karet. Untuk tingkat keamanan jangan ragu, hampir setiap menit ada beberapa petugas yang mondar-mandir kesana-kemari. Jadi, bila terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan, anda bisa menghubungi mereka.

Fasilitas sudah, saatnya anda menikmati berbagai wahana yang bisa dinikmati. Ada Bungee Trampoline, yang dikhususkan untuk anak-anak meloncat-loncat sepuasnya tanpa takut terjatuh ke tanah. Mau bermalas-malasan dan berputar mengelilingi seluruh kawasan, jangan lupa mengunjungi Kolam Arus.

Untuk para keluarga, anda juga sudah disiapkan karaoke yang bisa digunakan. Ada banyak lagu dari berbagai negara dan beberapa penyanyi. Terakhir adalah spot foto yang tidak boleh kamu lewatkan.

Ada banyak spot yang bisa buat anda semakin eksis di media sosial. Seperti, sepeda bunga, Taman Love You, Taman Payung, dan jembatan cinta.

Bagi anda yang berkeinginan pergi ke tempat ini. Tiga Bintang Firdaus park terletak di Jl. Raya Subang-Cikamurang, Jatimulya, Terisi Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Untuk harga tiket masuknya sendiri dipatok Rp10.000. Sedangkan, untuk anak-anak akan dikenakan Rp8.000 untuk setiap pengunjung yang datang. Buka setiap hari dari pukul 9 pagi sampai 4 sore

12. Waterboom Bojongsari

wisata indramayu
foto: https://www.instagram.com/lightroomindramayu/

Tidak hanya pesona alamnya saja yang menarik untuk dikunjungi. Indramayu punya wisata buatan yang juga tak kalah seru. Setidaknya, ada beberapa water park yang siap memberikan adrenalin, tawa dan keceriaan bagi anda sekeluarga. Termasuk, Waterboom Bojongsari.

Selain kolam renang, ada banyak wahana yang sudah disiapkan. Seperti, ember tumpah yang selalu berhasil memberikan keceriaan terutama, bagi anak-anak. Selanjutnya, ada kolam arus yang siap mengantar anda mengelilingi kawasan tanpa harus bergerak. Tinggal ikuti arus yang ada saja.

Selanjutnya, ada slider bagi anda yang menyukai adrenalin tinggi. Meluncur dari ketinggian dengan kecepatan tertentu memang menyenangkan bukan? Terakhir, anda akan dimanjakan dengan wahana ATV..

Agar wisatawan betah berlama-lama disini, pihak pengelola sudah menyediakan berbagai macam fasilitas lain. Seperti, Bungee Trampoline, karaoke, toilet, mushola, mini car, gazebo, dan masih banyak lagi.

Lokasi Waterboom Bojongsari terletak di Jl. Bojongsari, Desa Bojongsari, Kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Untuk harga tiket yang harus anda bayar mulai dari Rp10.000 – Rp15.000.

13. Agung Fantasi Park

kolam renang di indramayu
foto: https://www.instagram.com/pesona_indramayu_official/

Inilah tempat water park terakhir yang bisa anda kunjungi selama di Indramayu. Terletak di Jl. Bangkaloa ilir – Widasari No.58, Kecamatan Widasari, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Buka setiap hari pukul 9 pagi hingga 5 sore. Ada banyak wahana yang bisa anda nikmati disini.

Seperti slider yang tinggi dan meluncur dengan kecepatan tinggi. Bila anda berani, tidak ada salahnya untuk mencobanya satu per satu. Dijamin, seru dan pastinya nagih. Ada pula ember tumpah yang mampu menampung 500 liter air.

Serta masih banyak lagi yang bisa anda nikmati disini. Kolam renang disediakan untuk anak-anak dan juga dewasa dengan kedalam mulai dari 50 cm hingga 2 meter lho.

Sudah disediakan fasilitas lain seperti ban dan juga perahu karet. Untuk harga tiket masuknya mulai dari Rp15.000. Jangan ragu mengunjungi kawasan ini. Karena, ditengah pandemi seperti ini, pihak pengelola sudah melaksanakan protokol kesehatan sesuai arahan pemerintah.

14. Pantai Limbangan

pantai di indramayu
foto: https://www.instagram.com/adesamudi/

Daya tarik dari kawasan ini adalah deburan air laut yang tidak begitu besar. Cocok bagi anda yang ingin berenang atau bermain air bersama dengan keluarga. Pemandangan nelayan yang lalu-lalang, juga menjadi salah satu alasan mengapa banyak wisatawan berkunjung ke tempat ini.

Kebanyakan, mereka adalah komunitas fotografi yang berusaha mengambil beberapa momen menyenangkan. Seperti, saat kapal bersandar, saat senja, saat pelelangan ikan di mulia, dan masih banyak lagi.

Tempat Wisata di Indramayu ini menjadi kawasan yang tepat untuk membeli ikan. Di sini tersedia pelelangan ikan dengan harga bisa dinego. Tidak usah ragu akan kualitasnya, karena ikan-ikan di sini baru diambil dari laut. Sehingga, untuk mengolah berbagai menu makanan pasti sangat nikmat.

Pemandangan lain yang tidak kalah mengesankannya adalah kehidupan para nelayan yang tampak rukun. Mereka selalu gotong royong, seperti saat membenarkan kapal atau jaring yang rusak. Ada juga ibu-ibu yang sedang menjemur ikan dan bercengkrama bersama.

Nah, kalau sudah sampai sini, kurang afdol bila tidak menikmati sajian makanannya. Ada berbagai menu olahan seafood yang enak. Disajikan dengan cita rasa pedas dan nasi hangat. Dijamin, anda akan nagih. Harganya tidak terlalu mahal, dan kondisinya cukup bersih. Jadi, tidak ada salahnya untuk menikmatinya bukan?

15. Alun-Alun Indramayu

Alun-Alun Indramayu bisa dijadikan tujuan terakhir saat menjelajah Kota Mangga ini. Disini, anda akan disuguhkan dengan berbagai macam menu kuliner yang enak-enak. Terutama di sore hari hingga malam hari. Kawasan ini akan penuh dengan wisatawan.

Banyak dari mereka ada yang olahraga, nongkrong, dan menikmati makanan yang disajikan. Kalau hari minggu, kawasan ini akan dijadikan sebagai pusat olahraga. Ada yang sedang bersepeda, berlari, jalan santai, aerobik dan masih banyak lagi aktivitas yang bisa dilakukan.

Di tengah alun-alun anda bisa melihat sebuah tugu. Biasanya dimanfaatkan oleh wisatawan untuk foto-foto. Lokasi tempat ini terletak di Jl. Mayjen Sutoyo, Desa Margadadi, Kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Lihat juga –> Daftar Wisata Majalengka Jawa Barat Populer

Tempat wisata di Indramayu bisa dikatakan sangat lengkap. Semua yang anda butuhkan ada disini. Selain itu, menu kuliner yang dihadirkan juga nikmat-nikmat. Tidak salah bila kami merekomendasikan kawasan ini untuk anda. Terutama, bagi anda yang membutuhkan tempat untuk istirahat sebelum melanjutkan perjalanan.

Explore Wonosobo dan Dieng selama 3 Hari

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here