Sudah banyak diketahui bukan kalau daerah Bali mempunyai destinasi wisata yang bagus, dan salah satunya Lumangan Beach. Pantai Lumangan Klungkung Bali ini menawarkan gua juga pantai pasir putih nan indah serta menawan.

Lumangan Beach merupakan wisata pantai Bali yang tergolong masih sepi pengunjungnya, bahkan belum banyak turis mengetahui tempat ini. Namun meski disebut pantai tersembunyi di Bali destinasi wisata ini tidak kalah menarik untuk dikunjungi.

Nuansa pantai yang dimilikinya begitu eksotik dengan hamparan batu karang disisipi pasir putih sepanjang pantai. Lalu sebelum berlibur kesana lebih baik kalau Anda mengetahui dulu seputar Lumangan Beach, dan berikut pembahasannya.

Harga Tiket Masuk Lumangan Beach

harga tiket masuk Lumangan Beach
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/108698906778117826635

Mengunjungi tempat wisata pasti memerlukan penyiapan budget, terlebih untuk biaya masuknya nanti. Jadi pastikan membuat anggaran terlebih dulu sebelum berkunjung ke wisata pantai terbaru di Bali, Lumangan Beach.

Harga tiket masuk Lamongan Beach sendiri kini belum ada kepastian, hanya perlu membayar transportasi menuju ke pantainya. Ini karena pemerintah Kabupaten Klungkung tempat Lumangan Beach masih baru membuka dan memulai penataan sejumlah destinasi wisata termasuk pantai ini.

Kini masih dilakukan peninjauan destinasi termasuk Lumangan Beach, agar nantinya penataan visual tempat wisata menjadi lebih indah juga bersih. Akan diberlakukan juga one gate one destination untuk destinasi-destinasi wisata indah daerah tersebut.

Untuk pembayaran yang berlaku saat ini, hanyalah pembayaran di pelabuhan sebelum menuju ke Nusa Penida, Klungkung Bali. Kurang lebih Rp25 ribu, Anda para wisatawan sudah bebas masuk ke berbagai destinasi wisata. Secara cuma-cuma yang salah satunya Lumangan Beach.

Tarif ini dinilai kurang pas untuk menikmati keindahan dari destinasi wisata yang ada disana. Jadi pemerintah lebih yakin untuk menerapkan one gate one destination untuk masuk ke tempat wisata.

Jadi tarif masuk ke Lumangan beach ini bisa saja berubah sewaktu-waktu. Apalagi diusahakan mulai tahun 2023 bisa diterapkan tarif tiket masuk dengan berpatok one gate one destination.

Alamat dan Rute Lokasi

alamat dan rute lokasi lumangan beach
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/116216920694651335915

Karena jika menuju Lumangan Beach sama dengan menuju pantai daerah Nusa Penida, maka punya rute yang beragam. Sebelumnya lokasi pantai Lumangan Bali atau Lumangan Beach sendiri tepat di 7F53+VWP, Sakti, Kec.Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali 80771.

Tepatnya pantai ini terletak di desa Bunga Mekar yang berada di bagian barat pulau Nusa Penida. Lumangan Beach memiliki jarak sekitar 3 km apabila dari pantai Kelingking.

Untuk akses jalan menuju Lumangan Beach sendiri cukup terbilang extreme. Yaitu masih memiliki jalan berbatu serta banyak semak belukarnya. Dan Anda bisa ke tempat tersebut dengan driver atau guide local untuk meminimalisir kejadian tidak diinginkan.

Sebelum menuju ke lokasi Lumangan Beach Anda perlu menyebrang menggunakan boat atau kapal feri dari Pelabuhan ke Nusa Penida. Baru bisa berjalan dengan panduan tour guide local menuju pantai.

Lalu saat Anda dari Pantai Kelingking kurang lebih selama 15 menit bisa sampai ke Lumangan Beach melalui jalan bergelombang.

Pesona Lumangan Beach

pesona lumangan beach
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/109978328443773515081

Lumangan Beach yang akan menjadi pantai hits di Bali ini memiliki keunikan tersendiri sebagai pesonanya. Dibilang unik karena letaknya ada dibalik bukit dan pasirnya bersih, hanya saja pantainya berukuran kecil serta memanjang sampai kisaran 20m.

Pesona lainnya Lumangan Beach memiliki goa berukuran sama dengan lebar dan Panjang pantai. Jadi unik bukan? Kalaupun hujan seakan-akan pantai ini memiliki atap yang keren dari goa tersebut.

Saat mencari waktu terbaik, Anda bisa berkunjung kesana saat air lautnya surut, atau waktu siang dan sore hari. Anda juga bisa puas berenang di Lumangan Beach ketika airnya surut.

Fasilitas

fasilitas lumngan beach
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/114067130299586255825

Lumangan Beach merupakan salah satu destinasi wisata Nusa Penida yang masih sedang direncanakan perbaikannya, termasuk dari segi fasilitas. Jadi kini belum ada fasilitas memadai di sekitaran pantai.

Mulai perbaikan jalan, toilet ataupun fasilitas lain masih dalam proses pembuatan, dan itu sudah dikonfirmasi oleh Bupati daerah Klungkung sendiri. Semoga prosesnya cepat terlaksana dan selesai dengan baik.

Sehingga fasilitas lebih memadai dan keindahan pantai lebih terawat lagi. Lalu lebih banyak juga pengunjung yang betah berkunjung ke Lumangan Beach ini.

Jam Buka

jam buka lumangan beach
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/108698906778117826635

Belum banyak dikenal dan dikunjungi daripada pantai lain di Nusa Penida, Lumangan Beach belum memiliki jam operasional. Jadi bisa dikatakan buka setiap hari dan selama 24 jam Anda bebas berkunjung.

Hanya saja perlu sekali panduan dari tour guide local yang memang sudah tau menau akan jalan menuju Lumangan Beach. Jadi meski pagi atau siang atau juga sore tetap bisa sampai tujuan dengan lebih mudah.

Ditambah medan jalan yang kurang memadai saat ini lebih baik Anda pergi ke Lumangan Beach ketika matahari sedang menerangi bumi. Karena meski jam bukanya 24/7 nonstop kalau di malam hari akan lebih sulit untuk menuju lokasi dengan jalan bergelombang.

Perbaikan dari pemerintah pasti akan mempengaruhi jam buka untuk kedepannya. Jadi Lumangan Beach bisa berubah jam buka sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan pemerintah daerah setempat.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

aktivitas yang bisa dilakukan lumangan beach
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/109978328443773515081

Berada di Lumangan Beach Anda tidak akan kehabisan aktivitas yang bisa di lakukan disini. Keindahan alam alaminya dan keunikan dalam pantainya mampu melengkapi keseruan Anda di Lumangan Beach.

Aktivitas yang bisa Anda lakukan selama berkunjung berikut rinciannya:

Berenang

Berwisata di pantai sudah pasti Anda bisa seru-seruan dengan berenang, apalagi di Lumangan Beach air lautnya begitu cantik dan jernih. Saat air lautnya surut lebih baik lagi untuk berenang. Jadi Anda juga bisa mengexplore lebih banyak dengan berenang di sekitar pantai.

Menikmati Pemandangan yang Indah

Keunikan dengan goa sepanjang pantai akan mampu memanjakan mata Anda. Keindahan yang alami serta suasana menyegarkan akan Anda dapatkan di Lumangan Beach.

Jadi dijamin Anda tidak akan bosan melihat juga menikmati keindahan alam sekitaran pantai. Dan lebih baik Anda pergi berwisata di Lumangan Beach ini bersama keluarga atau teman dekat supaya lebih terasa bahagianya.

Berfoto

Seru-seruan tidak akan puas jika belum berfoto, aktivitas ini seperti wajib saat berlibur. Banyak sekali spot keren, unik, indah nan menawan bisa Anda foto di kawasan Lumangan Beach.

Review sebelumnya –> Green Kubu Nusa Penida yang mempesona.

Tips Berkunjung

tips berkunjung lumangan beach
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/115886700774307730865

Terdapat beberapa tips yang bisa Anda terapkan saat berlibur ke Lumangan Beach:

  • Hindari datang ketika ombak besar yaitu kisaran bulan Juni
  • Siapkan budget yang cukup, dan kesehatan Anda juga baik
  • Sewa pemandu wisata, dan tetapkan alat transportasi untuk penyeberangan
  • Pakai pakaian juga alas kaki yang nyaman juga praktis, sediakan juga pakaian ganti
  • Bawa juga sunscreen untuk melindungi kulit Anda dari terik matahari
  • Bawa keperluan yang Anda butuhkan secukupnya

Itulah beberapa informasi dari Lumangan Beach di daerah Nusa Penida, Bali. Keunikan dan pemandangan indah di pantai ini mampu menarik para wisatawan betah untuk berlama-lama di pantai.

Jangan abaikan dan patuhi semua peraturan yang ada di Lumangan Beach. Dan selamat berlibur serta menikmati Lumangan Beach bersama keluarga atau teman dekat Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

14 − 8 =