Tidak mau kalah dengan tempat wisata lainnya, pasar Bandung adalah destinasi wisata yang harus dikunjungi saat ke Kota Kembang. Sebagai tujuan utama untuk belanja mulai dari sayur sampai pakaian, pasar ini memberikan harga yang lebih ramah di kantong.

Nah, jika kebetulan Anda sedang berada di Bandung dan ingin belanja kebutuhan yang harganya terjangkau pastikan langsung ke sana. Untuk informasi selengkapnya tentang lokasi maupun aktivitas menarik yang bisa dilakukan di sini, bisa dilihat di ulasan ini.

Harga Tiket Masuk Pasar Bandung

harga tiket masuk pasar bandung
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/103490589616131351097

Sebagai fasilitas umum, pasar Baru Bandung tidak mematok harga tiket masuk alias Anda bisa masuk dengan gratis. Nah, yang wajib untuk dibayar hanya parkir kendaraan saja yaitu sekitar Rp2.000 dan Rp5.000.

Meskipun sudah disebutkan tarif parkirnya, jangan jadikan harga tersebut sebagai patokan pasti karena harganya bisa berubah kapan saja.

Alamat dan Rute Lokasi Pasar Bandung

alamat dan rute lokasi pasasr bandung
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/103490589616131351097

Lokasi pasar Bandung ini ada di Jl. Otto Iskandar Dinata, Kebun Jeruk, Bandung Barat. Mudahnya, lokasi pasar ini dekat dengan Alun-alun Kota Kembang, Masjid Raya Bandung, dan juga Museum Pos.

Untuk bisa sampai ke pasar Baru Bandung, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi, umum atau rental mobil. Nah, di bawah ini ada beberapa rekomendasi rute yang biasanya dilewati bus DAMRI atau angkutan kota ke pasar Baru.

Dari Bandara Husein Sastranegara

Jika Anda datang dari luar kota menggunakan pesawat, sebaiknya pilih taksi atau ojek untuk menuju pasar Bandung. Untuk taksi, sebaiknya jangan gunakan argo dan langsung negosiasi tentang ongkos ke pasar Baru.

Dari Stasiun Hall Bandung

Dari stasiun Hall keluar melalui pintu utara kemudian naik angkutan warna hijau muda yang menuju Gede Bage – St Hall. Setelah itu, Anda nantinya akan turun di depan pasar Baru Bandung.

Fasilitas Pasar Bandung

fasilitas pasar bandung
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/114393913209263074153

Pasar tradisional Bandung yang sudah terkenal di kalangan masyarakat ini juga didukung beragam fasilitas untuk menunjang kenyamanan pengunjung, seperti:

  • Lantai 6 dengan beragam jajanan dan minumannya
  • Playground
  • Salon dan body spa
  • Toilet di tiap lantai
  • Petugas cleaning service di tiap lantai
  • ATM center
  • Money charger
  • Jasa kirim barang
  • Kantor pos
  • Beberapa cabang bank (Bank BJB, Bank Nagari, Bank Danamon, Bank Mandiri, Bank of India atau Swadeshi)
  • AC central
  • Lift
  • Escalator

Jam Buka Pasar Bandung

jam buka pasar bandung
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/104495964418585311096

Jam buka pasar Baru Bandung untuk hari Senin sampai Sabtu mulai pukul 08:00 sampai 16:00 WIB. Sementara untuk hari Minggu, jam bukanya mulai pukul 07:00 sampai 16:00 WIB.

Datang juga ke –> Pesona Nirwana Waterpark yang menyenangkan.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Pasar Bandung

aktivitas yang bisa dilakukan pasar bandung
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/101026594153298943822

Saat berkunjung ke pasar Bandung ternyata ada beberapa kegiatan menarik yang bisa dilakukan selama di sini, seperti:

Menikmati Pemandangan dari Lantai Delapan

Destinasi wisata ini punya nama lain yaitu Pasar Baru Trade Center Bandung. Sebagai salah satu tujuan wisata, pasar yang memiliki total delapan lantai ini tidak pernah sepi pengunjung.

Untuk urusan lahan parkir, lantai delapan ini termasuk yang dihindari karena memang tempatnya paling atas. Akan tetapi, sebenarnya hal ini tidak terlalu jadi masalah karena lantai delapan menawarkan pemandangan Bandung dari segala arah.

Di lantai atas ini juga sudah dilengkapi dengan masjid sehingga memudahkan Anda saat akan sholat. Selain untuk sholat, Anda juga bisa sekadar istirahat setelah lelah berkeliling di pasar Baru ini.

Belanja Grosir dan Eceran

Sebagai pasar tradisional terlengkap, Anda bisa belanja grosir di pasar Bandung mulai blok A1, A2, sampai D1 dan D2. Nah, khusus untuk pembelian ecernya bisa dilakukan mulai dari lantai 1 sampai 6.

Meskipun bangunan Pasar Baru Bandung ini sudah didesain modern, namun untuk masalah jual beli masih menggunakan sistem tradisional. Maka dari itu, pastikan Anda tidak lupa untuk menawar barang yang akan dibeli.

Jika ingin belanja oleh-oleh tradisional khas Bandung, Anda bisa langsung pergi ke blok B1, D1, dan D2. Beberapa makanan tradisional yang dijual di sini seperti oncom, peuyeum, tempe garing, dodol, wajik dan ada juga benda-benda khas Bandung.

Untuk kebutuhan sembako, Anda bisa belanja di blok B1 dan B2. Sementara untuk baju dan aksesoris ada di lantai 1 sampai 5.

Eksplor Area Bermain dan Makanan

Bagi pengunjung yang mengajak anak ke pasar Baru Bandung bisa membawa mereka ke lantai 6 dan 7. Kedua lantai ini menyediakan area bermain serta beragam game center dan food court.

Di sini Anda bisa menemukan beragam makanan mulai dari yang tradisional khas Bandung dan juga Chinese sampai Indian food. Lantai ini juga tempat yang pas jika Anda tidak ingin membawa anak-anak saat belanja.

Jika ingin meninggalkan anak di wahana hiburan anak, tetap pastikan bahwa ada orang dewasa yang mengawasinya. Hal ini dikarenakan pasar Baru Bandung ini akan jadi ramai apalagi saat musim liburan.

Kunjungi juga –> D’Dieuland destinasi instagenic.

Tips Berkunjung ke Pasar Bandung

tips berkunjung pasar bandung
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/102760814040041685519

Banyaknya produk yang dijual di sini serta harganya terjangkau seringkali membuat orang kalap saat belanja. Supaya hal ini tidak terjadi pada Anda, jangan lupa untuk mengikuti tips-tips di bawah ini.

Buat daftar belanja supaya lebih fokus untuk membeli barang-barang yang dibutuhkan saja.

Dikarenakan pasar ini pengunjungnya ramai, maka lebih baik berkunjung lah saat pagi agar bisa lebih leluasa saat memilih barang. Selain itu, agar terhindar dari kerumunan wisatawan maka bisa berkunjung saat selain hari libur.

Pakai pakaian sederhana agar terhindar dari copet dan ditawari harga tinggi saat berbelanja.

Gunakan bahasa lokal saat menawar agar bisa mendapatkan harga yang lebih murah.
Jika ingin dapat harga murah, bisa dengan berbelanja barang dalam jumlah yang banyak.

Berkeliling lah terlebih dahulu agar bisa mendapatkan barang yang benar-benar diinginkan.

Pastikan untuk istirahat jika lelah karena pasar Kota Bandung ini juga menyediakan tempat istirahat yang nyaman.

Review sebelumnya –> Kampoeng Tulip memiliki panorama alam memikat.

Daya Tarik Pasar Bandung

daya tarik pasar bandung
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/105314680848310479551

Dinilai dari banyak pengunjungnya, pastinya pasar Baru Bandung ini memiliki daya tariknya sendiri. Nah, salah satu kelebihan yang jadi daya tariknya adalah pasar ini merupakan pusat perbelanjaan terbesar dan juga terlengkap.

Bahkan, pasar Baru ini juga disebut sebagai Paris Van Java yang jadi kiblat fashion dan mode di Indonesia. Selain itu, harganya yang terjangkau serta melayani pembelian grosir juga menjadikan pasar ini selalu ramai oleh wisatawan.

Produk yang dijual di sini pun beragam mulai dari pakaian, kaos, celana, sandal, tas dan masih banyak lagi lainnya. Selain itu, pasar ini juga dikunjungi banyak wisatawan karena di dalamnya menjual beragam kuliner mulai dari tradisional Sunda sampai modern.

Informasi di atas menunjukkan bahwa pasar Bandung bisa jadi referensi tempat wisata murah meriah di Kota Kembang. Selain destinasi yang sudah dijelaskan di atas, jangan lupa juga untuk singgah ke pasar Andir Bandung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

1 × 1 =