Makanan Khas Cirebon memang memiliki keunikan yang menarik untuk disantap. Cita rasa yang pas dan diolah menggunakan teknik yang tepat, buat semua sajian dari kota wali ini begitu pas disantap di setiap waktu. Tidak hanya pagi, siang, dan malam hari saja.

Satu hal yang harus diketahui, kota ini juga terkenal dengan udangnya. Jadi, jangan heran jika ada banyak menu yang disarankan dari ikan laut ini.

Menu apa saja yang bisa kamu nikmati saat menjelajah Cirebon? Berikut, beberapa rekomendasi pilihannya.

1. Tahu Kuningan

makanan khas cirebon terbaru
foto: https://www.instagram.com/mambokuliner/

Tidak hanya dengan Sumedang atau juga lembang yang punya makanan khas Tahu yang nikmat dan lezat untuk disantap. Penganan ini memiliki tekstur yang padat, kenyal, dengan cita rasa yang gurih. Tidak heran jika banyak yang terkejut.

Menariknya, diolah dalam bentuk apa saja, Tahu kuningan memang juara. Digoreng pakai tepung enak, diolah dengan tumis mantap, atau dikukus dan dipadukan dengan menu lain juga tidak kalah menggodanya. Memiliki warna coklat, dan bagian lebih padat dan lembut.

Bagi kamu yang ingin dibeli, Kamu bisa pergi ke Jl. Veteran atau yang biasa diundang dengan Tahu Kopeci. Banyak wisatawan yang membeli tahu di sini dan membuat salah satu oleh-oleh wajib.

2. Docang

makanan enak khas cirebon
foto: https://www.instagram.com/kulinersamaagam/

Nama makanan khas Cirebon ini mungkin terdengar khusus di telinga kamu. Maklum saja, makanan ini memang sedikit sulit dan tergolong langka. Padahal, menurut sejarahnya, Docang adalah menu favorit Wali Songo. Secara tidak langsung sajian ini sudah ada sejak lama.

Arti kata Docang sendiri adalah Do dari kata Bodo yang artinya adalah oncom. Semetara Cang diambil dari kata Kacang Hijau. Hanya saja, saat ini penyajiannya sudah berubah jadi toge.

Sejarah panjang dari sajian ini pun cukup unik. Dimana, dulu ada seseorang yang tidak menerbitkan agama islam yang dipimpin Wali Songo. Kemudian, dia membuat makanan yang berbahan sisa dan konon mengandung Racun.

Saat dihidangkan untuk jamuan di Masjid.Wali Songo begitu menikmati. Ditunggu beberapa jam kemudian, tidak menimbulkan efek apa pun.

Sejak saat itu, makanan ini mulai dibawa oleh banyak warga Cirebon. Untuk isinya, kamu bisa menikmati irisan lontong, ditambah dengan parutan kelapa muda, Daun singkong yang sudah dicampur dengan tauge yang direbus.

Selanjutnya disiram dengan kuah yang diambil dari rebusan oncom hingga, oncom itu sendiri mengapung ke atas, Cita rasa gurih akan terasa, untuk harganya sendiri mulai dari 8 ribu rupiah. Tergantung dari lauk yang digunakan.

3. Tahu Gejrot

tahu gejrot
foto: https://www.instagram.com/kulinerbandung/

Salah satu kuliner yang wajib diburu saat berkunjung ke Cirebon. Makanan ini berbahan dasar tahu gembos yang dipotong-potong kecil-kecil, kemudian, disiram menggunakan kuah yang berwarna cokelat dan gula merah. Dapat ditambahkan dengan irisan cabe rawit untuk menciptakan efek pedas.

Sejarah pulih, memulai kuliner ini memang tidak lepas dari pabrik tahu pengusaha asal Tionghoa kala itu. Setelah keluar negeri sudah cukup baik, mereka memberanikan diri keluar dan mencoba produksi sendiri. Nah, sebagai varian menu mereka menambahkan air gula merah yang biasa ditaruh di dalam botol.

Sebelumnya, tahu ini diberi bumbu bawang merah, bawang putih, garam yang diulek diatas gerabah, kemudian dituangkan dengan cara digejrotkan.Makanan ini paling tepat disantap saat siang hari tidak dengan nasi atau ketupat.

Selain nikmat, ternyata makanan ini banyak Manfaat lho. Karena tidak menggunakan bahan pengawet, bisa tahan hingga 3 hari selain itu, limbahnya bisa digunakan untuk pakan ternak. Harga yang dijual pun sangat murah, biasanya 5 ribu rupiah untuk satu porsinya.

4. Mie Koclok

mie koclok
foto: https://www.instagram.com/seputarberitacirebon/

Sajian ini bisa kamu jadikan pilihan makan selama menjelajah di Cirebon. Isinya ada tauge, kol, suwiran ayam, telur, kemudian, kuahnya diguyur menggunakan kuah santan dan bubur beras. Melihat, kamu bisa melihat warna kuahnya putih. Nama koclok sendiri diambil dari mie yang terdengar saat dihidangkan.

Di Cirebon sendiri memiliki banyak tempat yang dapat Anda nikmati. Hampir semua tempat memiliki cita rasa yang nikmat. Hanya beberapa yang bisa mengulas tentang legendaris sejak tahun 1945. Menariknya lagi, penjual makanan ini mulai buka 3 sore sampai 11 malam.

5. Terasi Cirebon

Tidak hanya terdiri dari makanan saja yang bisa disajikan. Cirebon juga punya bumbu dapur yang bisa kamu buat oleh-oleh. Spesial Nya, dari terasi ini adalah penggunaan cita rasa udang yang membuat sajian ini sangat tepat dibuat bumbu masakan apa pun. Tentang sambal yang akan lebih sedap dengan rasa gurih pedas.

Tapi, ada hal yang harus kamu ketahui tentang Terasi jadi saksi bisu sejarah panjang kerajaan Cirebon lho. Jadi, dahulu pangeran cakrabuana sering mencari udang rebon yang konon bisa diolahnya menjadi sajian bumbu dapur ini. Dari situlah kota udang ini mendapatkan status ketumanggungan dari kerajaan Pajajaran.

Jadi bumbu dapur ini sudah ada sejak tahun 1415 lho. Hal itu membahas dengan Ceng Ho yang berlabuh ke Indonesia.Dimana, dahulu selalu ada perpindahan komoditi. Menariknya, saat kembali ke negaranya Terasi selalu dibawa.

Sayangnya, saat ini pengrajin bumbu sudah mulai ditinggalkan. Bagi kamu yang ingin menang, kamu bisa membeli di berbagai pasar tradisional dengan harga mulai dari 5 memenangkan saja.

Baca juga –> 24 Makanan Khas Karawang Paling Enak

6. Pita Ketan Daun Jambu

Pita Ketan Daun Jambu menjadi sajian yang selalu ada di hari raya idul fitri. Dihidangkan dengan daun pisang yang membuat makanan ini semakin nikmat.

Bahkan, saat daun pisang dibuka, bau wanginya sudah terasa. menu ini sendiri berasal dari bahan ketan putih yang coba difermentasi. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, buatlah makanan ini kurang dari 3 hingga 4 hari.

7. Sate Kentang

sate kentang
foto: https://www.instagram.com/fang3748/

Salah satu masakan yang tidak boleh kamu tonton saat berkunjung ke Cirebon adalah Sate Kentang. Masakan satu ini biasa menjadi bagian untuk nasi jamblang.

Kentang yang digunakan pundi bentuk bulat dan di tusuk layaknya sate. Untuk bumbunya sendiri menggunakan beberapa rempah-rempah. Terlihat, saat mencicipinya kamu bisa menikmati cita rasa pedas dan gurih,

8. Nasi Jamblang

makanan tardsional khas cirebon
foto: https://www.instagram.com/sibungbung/

Diantara semua makanan khas yang ada, Nasi jamblang bisa menjadi sajian utama yang menggoyang lidah. Dimana, kuliner ini konon katanya sudah ada sejak lama lho. Untuk lauknya, kamu dapat memilih sendiri, biasanya disediakan lengkap seperti udang, sate, telur, sayuran atau juga ayam.

Ciri khas yang tidak bisa ditukar dari makanan ini menggunakan daun jati yang memunculkan aroma berbeda. konon, penamaan jamblang sendiri berasal dari tempat menu diraciknya ini pertama kali di Desa Jamblang. Konon, nasi ini dahulunya dibagikan gratis kepada pegawai pabrik yang bekerja di sana.

Sampai saat ini para penjual nasi jamblang memang banyak, sedangkan kamu bisa menikmatinya dengan harga mulai dari 10 ribu saja.tergantung dari lauk yang kamu gunakan, semakin banyak dan semakin beragam pasti harga juga berbeda.

Sajian ini paling nikmat saat disantap saat siang hari, ditambah dengan segelas es teh manis. Membuat nafsu makanmu semakin bercita rasa.

9. Sate Kalong

makanan enak khas cirebon
foto: https://www.instagram.com/cirebonkuliner_/

Makanan khas Cirebon lainnya yang bisa kamu jumpai saat malam hari adalah Sate kalong. Menariknya, di berbagai daerah tidak ada yang memiliki makanan seperti ini lho. Jika dilihat dari segi, memang sedikit menyeramkan, karena kalong sendiri jika dalam bahasa jawa berarti kelelawar.

Namun, jika kamu mencicipinya langsung maka, nikmatilah kelelawar gratis sapi atau kerbau. Bumbu yang disajikan untuk melengkapi sajian ini juga diolah dengan rempah-rempah. Menjadikan, menghadirkan cita rasa yang benar-benar khas.

Arti sebenarnya, dari penamaan Kalong sendiri adalah jajanan malam. Dimana, orang yang keluar hanya pada saat malam hari. Sudah ada sejak tahun 1900 lho.Usianya cukup tua dengan bumbu dan cita rasa yang tidak pernah berubah dari tahun ke tahun.

Jika dulu, lebih sering menggunakan daging kerbau, karena, masih banyak pemeluk agama hindu yang singgah di Cirebon. Maklum saja, untuk pemeluk agama ini sendiri memang mengharamkan menggunakan hewan sapi. Namun, saat ini penggunaan daging sapi sudah banyak mengular.

Jika, kamu berani menyusun tekstur dagingnya sendiri sangat empuk, lembut, ditambah dengan bumbu yang terbuat dari Bawang putih, bawang merah, ketumbar, garam, serta oncom air asam. Teknik pembuatan dagingnya sendiri dengan cara dicelupkan ke dalam gula merah kemudian, di bakar. Untuk bisa menikmatinya kamu hanya perlu membayar 10 ribu rupiah per porsi.

10. Bubur Sop Ayam

bubur sop ayam khas cirebon
foto: https://www.instagram.com/infokulinercirebon/

Saat di cirebon, mungkin kamu bingung mau sarapan pagi dengan apa. Bubur bisa menjadi salah satu solusi yang paling tepat. Bubur ini menggunakan kaldu ayam dengan rasa yang sangat gurih. Untuk isinya sendiri ada kol, soun, daun seledri, kacang, bawang, serta suwiran ayam dan kerupuk.

Sementara, untuk buburnya sendiri dibuat dengan sedikit padat dan kental. Bukan encer dan berair. Kamu bisa pergi ke Alun-alun untuk bisa menikmati sajian khas ini. Namun, kamu harus datang pagi-pagi ya. Sekitar pukul 6 pagi hingga 9 pagi.

Baca juga –> 27 Makanan Khas Bandung Paling Enak

11. Gepu

foto: https://www.instagram.com/aboutcirebonid/

Makanan selanjutnya yang harus kamu nikmati adalah Gepu. dibuat dari singkong. Bentuknya bulat dengan isiannya adalah oncom. Bila di jawa tengah, isinya adalah gula jawa.

Digoreng dengan teksturnya yang sangat lembut. Kamu bisa membeli di pasar tradisional dengan harga 2 ribu rupiah saja.

12. Gado-Gado Ayam

gado gado ayam cirebon
foto: https://www.instagram.com/cirebonkuliner_/

Di Cirebon, ada banyak penjual menu makanan satu ini. Namun, ada beberapa yang merupakan legendaris. Maklum saja, Gado-Gado ini sudah ada sejak tahun 1971. Untuk isinya ada tauge, telur, tahu, kentang, telur, suwiran ayam, emping.

Kalau di kota lain kamu bisa mendapatkan bumbu kacang. Namun, untuk menu yang satu ini menggunakan kuah berwarna kuning. Harganya sendiri 20 ribu untuk satu porsi.

13. Rujak Kangkung

makanan murah khas cirebon
foto: https://www.instagram.com/dapur_nn/

Menu makanan ini menggunakan bahan pendukung adalah kangkung. Kemudian disiram menggunakan bumbu rujak yang dibuat dengan bahan, Bawang merah, bawang putih, rawit, gula merah dan terasi. Bila ingin menambahkan pedas, kamu bisa menambahkan rawit lagi.

14. Pedesan Entog

pedesan entog
foto: https://www.instagram.com/seputarberitacirebon/

Bagi kamu yang mencari menu pedas, mungkin sajian ini yang bisa kamu pilih. Menggunakan bahan bebek atau bahasa sunda adalah entog.

Dimana daging bebek akan lebih matang hingga empuk. lalu, ditambahkan dengan kuah pedas dengan berbagai macam rempah yang ada.

15. Empal Gentong

empal gentog
foto: https://www.instagram.com/niladriana/

Kuliner khas Cirebon selanjutnya adalah Empal Gentong yang memiliki cita rasa gurih dan menggunakan daging sapi sebagai isinya. Konon katanya, menu satu ini merupakan adaptasi dari beberapa makanan yang datang yang dihadirkan oleh sultan atau raja-raja arab.

Dalam membuat Empal Gentong sendiri beberapa daging akan dipotong oleh pipih. dibumbui terlebih dahulu lalu digoreng.Kemudian, masukkan ke dalam gentong yang berisikan kuah dengan berbagai bumbu yang ada. Dimasak kembali dengan menggunakan kayu bakar.

Ada yang percaya itu, salah satu kesenangan yang ada di gentongnya. Bagaimana para penjual membeli peralatan masaknya sendiri. Karena, sisa-sisa makanan yang ada dan melekat membuat cita rasa empal gentong menjadi memudar.Kamu bisa membeli berbagai tempat di Cirebon dengan harga mulai dari 20 ribu saja.

Baca juga –> Makanan Khas Semarang

16. Kerupuk Melarat

kuliner cirebon
foto: https://www.instagram.com/kulinercirebon/

Mungkin, kamu saat ini heran dan seakan tidak percaya dengan makanan satu ini. Kuliner yang bisa dibuat oleh-oleh ini memang sangat cocok disantap menggunakan berbagai macam menu lainnya. Menariknya, kerupuk ini sudah ada sejak tahun 1926.

Diperoleh dari nama sajian ini adalah mares, konon menurut populernya adalah tanah dan ngeres. maklum saja, konon menu satu ini cara pembuatannya menggunakan pasir yang kasar. Selanjutnya, pada tahun 1980, orang-orang di pinggiran kota pindah ke nama melarat. Karena dianggap sebagai makanan orang miskin.

Maklum saja, pada masa itu, saat penjelajahan belanda apa-apa yang masih sulit untuk digoreng dengan minyak pun mereka tidak bisa.Oleh karena itu, masyarakat mencoba menggoreng kerupuk ini dengan pasir.

17. Empal Asam

makanan enak kha cirebon
foto: https://www.instagram.com/inakoesoema/

Sebenarnya, menu satu ini tidak jauh dari Empal gentong hanya saja tidak menggunakan Gentong.

Rasa asam yang diberikan adalah Belimbing wuluh Sementara daging yang digunakan adalah babat.

18. Growolan

makanan khas cirebon yang murah
foto: https://www.instagram.com/hesti.ns.putri_apt/

Cemilan khas Cirebon ini dibuat dari Gaplek. Selain itu, bahan dukungan juga menggunakan kelapa parut.

Bagi kamu yang menyukai cita rasa ini, kamu bisa membeli berbagai pasar tradisional. Harganya mulai dari 2 ribu rupiah.

19. Nasi Lengko

makanan khas cirebon jawa barat
foto: https://www.instagram.com/myhealthyfebee/

Kenikmatan di Cirebon masih terus berlanjut dengan adanya Nasi Lengko yang berarti sendiri langka. Maksudnya adalah menu satu ini memang menggunakan lauk yang langka mana ada tahu, tempe, kucai, tauge, dan mentimun. kemudian ditambah dengan sambal kacang.

Dahulu, makanan ini memang sering dijadikan menu wajib. Maklum saja, banyak warga yang memang kurang mampu membuat mereka menikmati berbagai macam makanan sederhana.Di cirebon kamu bisa menikmatinya di beberapa warung. Harganya mulai dari 10 ribu saja.

20. Gadungan

oleh oleh khas cirebon
foto: https://www.instagram.com/kulinercirebon/

Menu ini dibuat dari bahan singkong yang dicampur dengan parutan kelapa. Rasanya memang gurih.Kamu bisa membeli berbagai pasar tradisional di Cirebon. Harganya mulai dari 3 ribu rupiah saja.

21. Kue Tapel

kue tapel
foto: https://www.instagram.com/bandungfoodsociety/

Inilah dia sajian terakhir yang bisa kamu nikmati saat menjelajah cirebon. Kue ini dibuat dari tepung beras, kelapa, ketan, pisang, gula merah. Makanan ini memang sudah ada sejak lama. Dahulu, banyak warga cirebon memanfaatkannya untuk pendamping sarapan pagi bersama segelas teh.

Saat ini sudah sedikit yang masih menjual kue ini. Namun, kamu masih bisa mencoba membeli di berbagai pasar tradisional yang ada di Cirebon.Untuk harga satuannya mulai dari 6 ribu saja.

Review Sebelumnya –> 5 Wisata Kuliner Cirebon Yang Wajib Anda Coba

Makanan khas Cirebon memang banyak dan beragam. Dimana, kepentingannya menggunakan bahan tahu, karena negeri ini memiliki banyak pabrik tahu. Sementara, penggunaan udang karena memang penghasil udang yang melimpah. Jadi, kapan saja kamu pergi ke Cirebon dan nikmati semua cita rasa.

Vlog ke Kuliner Legendaris di Jogja

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here