Tempat wisata di Tabanan banyak sekali dicari oleh wisatawan ketika datang ke Bali. Tabanan sendiri merupakan salah satu dari sedikit kabupaten di Provinsi Bali yang terletak di sebelah barat Kota Denpasar.

Kawasan Tabanan biasanya digunakan sebagai lahan pertanian dan menghasilkan produk pertanian. Yang berguna untuk memenuhi kebutuhan pangan Bali yang dipasarkan sebagai bahan baku.

Namun kabupaten ini cukup terkenal dengan industri kerajinannya dan juga destinasinya yang menarik. Berikut daftar tempat wisata di Tabanan yang hits dan layak sekali untuk dikunjungi ketika liburan telah tiba :

1. Bedugul

tempat wisata di tabanan
Foto : https://www.instagram.com/smlbdksm/

Bedugul merupakan kawasan di Tabanan Bali yang terkenal dengan sebuah puranya yang unik, yakni di atas danau. Namanya Ulun Danau Beratan, Bedugul juga terkenal dengan destinasi Kebun Raya Balinya.

Namun, yang paling membuat Bedugul ini populer adalah pura dan danaunya. Pura yang ada di Bedugul sendiri sudah lama dijadikan tempat melaksanakan ritual dari zaman Megalitikum.

Seluruh wilayah Bedugul adalah dataran tinggi sejuk yang paling disukai. Dan menjadi tempat pelarian bagi penduduk lokal dan wisatawan dari luar kota bahkan luar negeri.

Pegunungan di daerah Bedugul mengelilingi danau Baratan dan melengkapi pemandangan Pura Ulun Danau sehingga memberikan sebuah background pemandangan yang megah
Kalau Anda sedang mencari wisata Tabanan kota, Bedugul adalah kawasan yang jangan sampai Anda lewatkan, ya!

2. Pantai Kelating

Pantai Kelating
Foto : https://www.kintamani.id/

Pantai Kelating merupakan obyek wisata di Tabanan dengan hamparan pasir hitam yang eksotis. Kawasan pantai ini mempunyai ombak yang lumayan besar sehinga cocok sekali untuk aktivitas surfing.

Ya, kelebihan dari pantai ini adalah sering menjadi tujuan penggemar surfing. Apalagi kawasan pantai Kelanting juga sepi suasananya, berbeda dengan pantai-pantai dengan ombak besar lainnya di Bali.

Berkunjung di pantai Kelating bisa menjadi destinasi wisata eksklusif untuk surfing atau sekedar bersantai karena suasananya yang masih sepi. Pantai Kelating juga terkenal dengan pemandangan sunsetnya yang sangat mempesona.

3. Pura Ulun Danu Beratan

wisata tabanan
Foto : https://www.instagram.com/waltergraph/

Terletak di tepi Danau Bratan di wilayah Bedugul Bali, Pura Ulun Danu Beratan termasuk dalam pura Bali yang populer. Jalan menuju pura bisa dibilang bergelombang naik turun, namun perjalanan akan ditemani dengan pemandangan dataran tinggi Bedugul yang megah.

Wisata satu ini berada pada ketinggian 1500 meter dan dibangun pada abad ke-17. Pura Ulun Danu Beratan adalah kompleks cagar alam yang terletak di sisi barat Danau Beratan Bedugul, Bali tengah.

Pura Ulun Danu Beratan, sebenarnya adalah sumber cagar alam yang memang lebih dikenal sebagai surganya Bali. Kawasan wisata ini menawarkan karakteristik bangunan megah khas pesisir Uluwatu dan Tanah Lot.

4. Kebun Raya Bali

wisata tabanan bali
Foto : https://www.instagram.com/christinaeva123/

Wisata alam Tabanan satu ini jangan sampai deh Anda lewatkan ketika di Bali, namanya Kebun Raya Bali. Kebun Raya Bedugul ini adalah sebuah hutan lindung yang berfungsi menjadi sumber oksigen di kawasan Tabanan.

Destinasi ini sendiri mempunyai udara yang begitu sejuk, cocok sekali jika dijadikan sebagai alternatif tempat wisata keluarga di Tabanan. Kebun Raya Bali sendiri sangat luas, mencapai 157.5 hektar dan terletak di 1.240 mdpl.

5. Pantai Soka Tabanan

pantai soka
Foto : https://www.instagram.com/ddxxrnnn/

Pantai Soka adalah wisata di Tabanan yang memiliki suasana alam begitu indah, menenangkan dan membawa kedamaian. Pasir hitam yang terhampar di pantai ini sangat indah ketika berkilau diterpa sinar matahari.

Pantai ini juga memiliki batu karang indah yang menghiasi pemandangan sekitar pantai menjadi lebih mempesona. Belum lagi ada banyak pohon kelapa yang melambai, menambah kedamaian saat bersantai di pantai Soka.

Di pantai ini Anda nantinya bisa menyaksikan bentangan Samudera Hindia yang menakjubkan di bagian selatan. Laut biru di pantai ini benar-benar bisa menyembuhkan rasa penat dan mengobati kejenuhan yang Anda alami setelah seharian beraktivitas.

6. Air Panas Angseri

Air Panas Angseri
Foto : https://www.instagram.com/juliagoudswaard/

Wisata Tabanan Bali kali ini berada di sebuah desa bernama Angseri, Kecamatan Baturiti. Dikarenakakan letaknya ada di desa Angseri, maka wisata air panas ini dinamakan dengan Air Panas Angseri.

Destinasi wisata air panas satu ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, di hari biasa atau weekend dan tanggal merah. Tempat wisata di Tabanan, Bali ini sangat indah dan benar-benar bisa memberikan Anda sebuah sensasi berbeda ketika mandi ke sini.

7. Tanah Lot

wisata tabanan terbaru
Foto : https://www.instagram.com/mralanso.photography/

Tanah Lot merupakan sebuah tempat yang terkenal dengan bangunan pura ikoniknya. Jika umumnya sebuah pura dibangun di tanah yang datar, maka lain halnya dengan satu ini.

Pura Tanah Lot berdiri di sebuah batu besar dekat dengan tebing. Tebing ini bentuknya melengkung dan hampir menyerupai jembatan.

Nah, yang membuat pura Tanah Lot menjadi lebih estetik adalah ketika air laut sedang pasang. Pura menjadi semakin eksotis dan estetik karena seolah berdiri di tengah laut.

Jika Anda mengunjungi pura ini saat mendekati matahari tenggelam, yakinlah bahwa Anda akan menyaksikan sebuah pemandangan sunset terbaik di Bali. Tidak heran jika lokasi pura Tanah Lot ini selalu menjadi tempat untuk prewedding.

Datang juga ke –> Tempat Wisata di Jembrana memiliki spot memukau dan juga menawan yang wajib untuk anda telusuri pesonanya.

8. Air Panas Penatahan

wisata tabanan kota
Foto : https://www.instagram.com/balikami/

Destinasi bernama air panas Penatahan adalah wisata Tabanan yang layak sekali untuk Anda kunjungi bersama keluarga atau pasangan. Destinasi pemandian air panas ini cocok sekali dijadikan alternatif untuk mengisi waktu liburan Anda nantinya.

Apalagi kawasan air panas ini juga masih terbilang asri, ada berbagai pepohonan mengelilingi kolam. Air panas Penatahan merupakan salah satu destinasi yang rasanya sayang sekali untuk dilewatkan jika Anda sedang berada di Tabanan.

9. Danau Tamblingan

tempat wisata di tabanan bali
Foto : https://www.instagram.com/glamourphotobali/

Danau Tamblingan merupakan tempat wisata keren di Tabanan yang wajib ada di daftar itinerary Anda nantinya. Destinasi ini memiliki pemandangan Gunung Agung yang begitu memukau dan indah sekali.

Belum lagi danau ini dikelilingi dengan berbagai macam pepohonan di sekitarnya sehingga menjadikan kawasan wisata ini sangat sejuk. Kalau Anda sedang mencari wisata yang nyaman dan menyejukkan, datanglah ke Danau Tamblingan yang berada di Desa Munduk, Banjar.

10. Air Panas Belulang

Air Panas Belulang
Foto : https://www.instagram.com/dayuwidhiyani_/

Air Panas Belulang merupakan wisata Tabanan yang bagus sekali untuk dikunjungi. Destinasi wisata Belulang dikenal memiliki pesonanya yang begitu indah.

Masyarakat yang tinggal di sekitar wisata juga begitu ramah ketika bertemu dengan para wisatawan. Yang kebingungan menemukan wisata Air Panas Belulang mengingat letaknya yang terbilang pelosok.

Sumber dari air panas Belulang sendiri asalnya dari sebuah pura bernama Beji. Pura ini berlokasi di kawasan puncak Gunung Agung di mana sumber airnya ditampung dalam sebuah kolam besar.

Baru kemudian dialirkan dengan menggunakan pancuran yang ada di sana.

11. Pura Malen

pura malen
Foto : https://www.instagram.com/pothetgeraldine_lifecoach/

Kalau Anda sedang mencari destinasi religi di kawasan Tabanan, maka Pura Malen bisa menjadi salah alternatifnya. Berlokasi di Gunung Batukaru, Batungsel, Pupuan, pura satu ini dikenal dengan patung Siwanya yang besar.

Ya, yang membuat Pura Malen terkenal adalah patung dewa Siwanya yang sangat besar dan ikonik. Banyak wisatawan yang datang ke Pura Malen ini untuk menyaksikan megahnya patung Siwa di tempat ibadah masyarakat Tabanan ini.

12. Pantai Kedungu

tempat wisata di tabanan yang murah
Foto : https://www.instagram.com/ajuyrahmanhakim/

Mau mencari tempat wisata di Tabanan yang murah? Cobalah untuk pergi ke Pantai Kedungu! Untuk bisa masuk ke destinasi wisata ini, Anda tidak akan dikenakan biaya masuk, lho!

Pantai Kedungu adalah salah satu destinasi bahari yang menyajikan panorama paling indah di kawasan Bali tengah. Ada beragam kegiatan yang nantinya bisa Anda lakukan di Pantai Kedungu seperti menyaksikan sunset, berenang, surfing atau berjemur.

Di pantai ini juga, Anda bisa menyaksikan deburan ombak yang begitu mempesona. Apalagi kawasan pantai ini juga memiliki pasir yang terhampar dengan lembut dan landai.

13. Alas Kedaton

Alas Kedaton
Foto : https://www.instagram.com/balitruly/

Alas Kedaton merupakan sebuah destinasi religi dan menjadi salah satu daftar wisata terbaik untuk dikunjungi selama di Tabanan, Bali. Wisata ini sendiri sering disebut dengan istilah Pura Dalem Kahyangan.

Di pura ini, masyarakat Tabanan sering menggelar upacara adat bernama Piodalan setiap hari Selasa, tepatnya 20 hari setelah Hari Galungan. Biasanya, upacara berlangsung dari pagi hari hingga matahari tenggelam.

14. Pantai Pasut Tabanan

tempat wisata keren di tabanan
Foto : https://www.instagram.com/sashalimon/

Pantai Pasut merupakan objek wisata di Tabanan yang bagus sekali untuk Anda kunjungi bersama pasangan atau teman-teman dan keluarga. Di sebelah barat kawasan destinasi, ada Pura Segera yang menambah keestetikan pantai ini.

Di pantai ini, Anda bisa melakukan berbagai macam kegiatan menarik seperti berenang, bermain pasir. Atau hanya sekedar berjemur, bersantai menunggu matahari terbenam.

Pemerintah daerah Kabupaten Tabanan menjadikan Pasut ini ke dalam peta wisata resmi Tabanan. Di pantai, hampir semua masyarakatnya bekerja sebagai nelayan dan ada juga petani.

15. Air Terjun Blahmantung

wisata alam Tabanan
Foto : https://blog.airpaz.com/id/

Air Terjun Blahmantung adalah tempat wisata di Tabanan, Bali yang masih alami. Destinasi menakjubkan dan mempesona ini tepatnya berlokasi di kawasan Pupuan.

Kawasan wisata ini memiliki tebing-tebing yang begitu tinggi. Jadi jangan heran jika nantinya Anda akan kesulitan untuk menemukan destinasi air terjun ini.

Meski sulit untuk bisa menemukan Air Terjun Blahmantung, perjalanan Anda dijamin akan terbayarkan secara langsung. Karena destinasi Tabanan satu ini sangatlah menakjubkan dengan panorama dan suasananya begitu mempesona.

16. Yeh Leh Beach

tempat wisata di Tabanan, Bali
Foto : https://www.instagram.com/happyisbiantoro/

Pantai Yeh Leh merupakan tempat wisata di Tabanan dengan karang lumut yang mempesona. Pantai satu ini memiliki karang batu indah di tepi-tepi pantai yang memisahkan bagian daratan dengan laut.

Dikarenakan bebatuannya berlumut, maka warnanya hijau dan menambahkan pemandangan di tepi pantai semakin estetik. Anda bisa berjalan-jalan di atas bebatuan ini, ya namun tetap waaspada mengingat lokasinya terbilang licin.

Di setiap bebatuan memiliki lubang berisi air laut. Lubang-lubang di bagian batu inilah yang memisahkan antara batu satu dengan lainnya.

17. Museum Subak

tempat wisata anak di Tabanan
Foto : https://www.instagram.com/rahmawati95_/

Museum Subak sepertinya cocok menjadi tempat wisata anak di Tabanan yang mengedukasi. Di museum ini, Anda bisa melihat berbagai macam benda yang berhubungan dengan sistem irigasi yang ada di Bali.

Ada juga data-data yang berkaitan dengan irigasi tradisional pulau Bali yang bisa Anda amati. Kalau Anda menyukai sejarah dan edukasi, maka destinasi museum di Tabanan ini layak sekali lho untuk Anda kunjungi.

Karena bisa mengeksplor lebih jauh lagi pengetahuan mengenai sistem irigasi zaman dahulu.

Kunjungi juga –> Tempat Wisata di Karangasem terbaru dengan destinasi kekinian yang instagramable.

18. Pantai Melasti

tempat wisata keluarga di Tabanan
Foto : https://www.instagram.com/ffff_yyeah/

Kawasan pantai Melasti adalah wisata terbaru di Tabanan yang belakangan trending di kalangan wisatawan. Hal ini dikarenakan Melasti menawarkan sebuah pantai dengan pasir putih halus yang terhampar indah.

Sebenarnya pantai Melasti masih sangat baru, bahkan baru di tahap konstruksi. Fasilitas yang ada di pantai ini bahkan baru dibangun oleh pengelola.

Meski masih dalam tahap pembangunan dan belum sempurna, pantai Melasti sudah banyak dikunjungi oleh wisatawan. Tidak mengherankan karena Pantai Melasti memang nyaman sekali dikunjungi dan suasananya juga begitu menyejukkan.

19. Puri Anyar Kerambitan

Puri Anyar Kerambitan
Foto : https://www.instagram.com/wayan_darmaja/

Kalau Anda ingin menyaksikan sebuah bangunan dengan nuansa khas kerajaan, cobalah untuk pergi ke Puri Anyar Kerambitan. Bangunan satu ini dibangun pada abad 17 dan masih kokoh berdiri hingga hari ini.

Nah, uniknya adalah Puri Anyar Kerambitan ini menjadi tempat tinggal para keturunan raja. Saat ini, bangunan ditinggali oleh generasi kesembilan keturunan raja.

Selain menjadi tempat tinggal, Puri Anyar Kerambitan juga menjadi tempat untuk menyimpan benda-benda purbakala.

20. Pantai Yeh Gangga

wisata terbaru di Tabanan
Foto : https://www.instagram.com/wayan_darmaja/

Pantai Yeh Gangga menjadi salah satu destinasi wisata di Tabanan yang wajib ada dalam destinasi Anda ketika mengunjungi Bali. Hal menarik dari pantai ini adalah hadirnya Patung Leak yang menyeramkan namun cukup unik untuk disaksikan.

Patung Leak yang berada di kawasan pantai Yeh Gangga terdiri dari berbagai macam karya seni pahat yang unik dan menyeramkan. Meski seram, namun itulah yang membuat pantai Yeh Gangga banyak dikunjungi.

Selain patungnya, kawasan pantai ini juga memiliki sebuah batu besar eksotis yang menjadikannya terlihat bagus. Lalu di bagian timur pantai ada juga bukit berwarna hijau yang masih alami.

Dengan sebuah air terjun mini yang menambah keindahan pantai ini.

21. Vihara Dharma Giri

Vihara Dharma Giri
Foto : https://www.instagram.com/sevenstonesindonesia_listing/

Vihara merupakan tempat ibadahnya masyarakat Bali yang beragama Budha. Ada salah satu vihara menarik di kawasan Tabanan, namanya Dharma Giri.
Nah, yang menarik dari vihara Dharma Giri sendiri adalah adanya sebuah patung Budha dengan posisi telentang dan tidur. Patung ini sangat besar dan panjang, terlihat megah dan unik.

Posisi tidur dari patung Budha ini adalah memangkukan kepalanya pada satu tangan. Banyak wisatawan yang sengaja datang ke vihara Dharma Giri untuk menyaksikan kemegahan patung Budha satu ini.

22. Pura Luhur Batukaru

tempat wisata alam di Tabanan
Foto : https://www.instagram.com/davide.baita/

Di kawasan Penebel, Tabanan ada Pura Luhur yang berada di sebuah lereng gunung Batukaru. Pura ini menjadi tempat bersembahyang masyarakat Tabanan yang memeluk agama Hindu.

Pura Luhur sendiri menjadi tempat yang disucikan penganut Hindu sekaligus menjadi destinasi wisata religi yang banyak dikunjungi. Tempat ini sangat menenangkan dan udaranya pun segar karena berada di kawasan lereng.

Itulah mengapa Pura Luhur ini dinamakan dengan Batukaru mengingat lokasinya ada di gunung Batukaru. Anda tidak hanya bisa menyaksikan kemegahan bangunan pura namun juga merasakan suasana asri dan sejuk di tempat ini.

23. Pantai Nyanyi

wisata Tabanan
Foto : https://www.instagram.com/adi_sugiarta/

Pantai Nyanyi merupakan wisata Tabanan terbaru yang cocok dikunjungi bersama keluarga. Kawasan pantai satu ini mempunyai pasir hitam eksotis yang unik karena bisa berkilau.

Nah, kilauan ini dikarenakan ada garam di hamparan pasir pantai sehingga menjadikan pemandangan pantai ini terlihat unik. Kerlap kerlip, mencolok, unik dan tentu eksotis.

Kawasan pantai ini tidak memiliki banyak bebatuan sehingga Anda bisa menyaksikan deburan ombak dengan lebih jelas. Seperti pemandangan ombak di Pantai Kuta yang menawan.

24. Bali Tree Top Adventure Park

Bali Tree Top Adventure Park
Foto : https://www.instagram.com/balitouronline/

Apakah Anda sedang mencari tempat wisata di Tabanan terbaru? Cobalah untuk pergi ke wisata bernama Bali Tree Top Adventure Park (BTTAP).

BTTAP berlokasi di Bedugul, Tabanan dan menawarkan beragam kegiatan petualangan yang mengasyikkan. Anda akan diajak menjelajahi destinasi dengan sangat menyenangkan.

BTTAP menawarkan lingkungan alam terbuka dengan aneka macam pepohonan yang tumbuh asri. BTTAP banyak disukai wisatawan karena ada berbagai aktivitas outbound yang bisa dinikmati bersama keluarga, ada 72 wahana yang bisa dimainkan.

Tidak hanya menawarkan tempat untuk outbound saja, BTTAP juga bisa digunakan sebagai lokasi outing perusahaan. BTTAP kerap menjadi lokasi untuk mengasah team building banyak perusahaan di Bali.

25. Puri Agung Kerambitan

tempat wisata di Tabanan terbaru
Foto : https://www.instagram.com/puriagung_kerambitan/

Kalau Anda mencari destinasi wisata religi yang menarik untuk dijelajahi bersama keluarga, cobalah ke Puri Agung Kerambitan. Berlokasi di sebuah desa bernama Banjar Kukuh, kawasan puri ini banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Pura ini tidak hanya menjadi tempat ibadahnya para masyarakat Bali yang memeluk Hindu. Melainkan juga tempat wisata bagi beberapa orang yang memang tertarik untuk mengunjungi bangunan religi.

Puri Agung Kerambitan memiliki sebuah bangunan yang estetik dan bagus untuk dijadikan latar foto. Puri ini juga sering menjadi lokasi untuk menggelar acara adat.

26. Pantai Balian

tempat wisata di Tabanan
Foto : https://www.instagram.com/alexandr_solis/

Pantai Balian adalah tempat wisata alam di Tabanan yang memiliki pasir hitam keabu-abuan dengan ombaknya yang cukup besar. Wisata ini sendiri sangat populer untuk dijadikan tempat surfing.

Pantai Balian memiliki pemandangan berupa pohon kelapa yang saling berjejer rapi sehingga menjadikan tempat ini sangat indah dan asri. Ada hal unik dari penamaan pantai Balian ini.

Jadi, Balian jika diartikan ke dalam bahasa Bali adalah dukun. Eits, bukan berarti pantai Balian ini airnya bisa menyembuhkan berbagai penyakit, ya!

Dinamakan dengan Balian karena memang tempat wisata ini bisa menyembuhkan berbagai macam penat. Dan bisa menjadi obat bagi siapapun yang membutuhkan hiburan.

27. Pura Batu Bolong

tempat wisata di tabanan
Foto : https://www.instagram.com/shawneastmanphotography/

Ke Tabanan Bali sepertinya belum lengkap jika tidak mengunjungi sebuah pura yang berada di kawasan Tanah Lot. Dinamakan dengan Pura Batu Bolong karena lokasi tempat ibadah masyarakat Hindu Bali ini ada di atas sebuah batu karang.

Dan juga memiliki lubang besar di bagian tengah. Menariknya adalah batu karang yang menjadi tempat pura ini berdiri sangat dekat dengan laut karena posisinya menjorok.

Dengan posisi pura yang unik inilah, maka wisatawan banyak yang mengunjunginya karena ada pesona tersendiri. Pura Batu Bolong benar-benar memiliki keindahan yang tiada tara. Pura ini bisa Anda lihat di Pantai Canggu.

Kalau Anda takut dengan ketinggian dan tegang saat mendaki pura yang indah ini, maka tidak perlu dilanjutkan perjalanannya. Kecuali Anda sudah memiliki mental yang kuat.

Mengapa? Sebab lokasi pura satu ini memang sangat ekstrim dan diperlukan kewaspadaan tingkat tinggi saat menelusuri pulau. Apalagi saat angin di pantai bertiup cukup besar, tubuh Anda seolah sulit untuk diseimbangkan.

Review sebelumnya –> Tempat Wisata di Klungkung Bali yang hits dan sayang untuk anda lewatkan keindahannya.

27 tempat wisata di Tabanan yang sudah disebutkan di atas bisa menjadi rekomendasi Anda ketika berkunjung ke Bali. Sayang sekali jika Anda dan keluarga atau teman-teman sudah ke Bali namun melewatkan beberapa destinasi indah di kawasan Tabanan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

nine − five =