Sumur Jalatunda adalah salah satu dari sekian banyak destinasi wisata alam di dataran Tinggi Dieng yang tak boleh dilewatkan. Wisata Dieng Jawa Tengah ini menyajikan sebuah sumur raksasa berdiameter sepanjang 90 meter yang menjadi suguhan utamanya.

Kedalaman Sumur Jalatunda Dieng diperkirakan lebih dari 100 meter yang merupakan celah akibat terjadinya letusan dahsyat Gunung Prahu Tua. Wisata Sumur Jalatunda menyimpan banyak sekali legenda dan juga mitos-mitos menarik untuk ditelusuri.

Salah satunya adalah, apabila ada yang bisa melempar batu hingga ke sisi seberang, melintasi permukaan sumur, maka permintaannya akan terkabul. Dan masih banyak lagi keunikan yang menjadi daya tarik Sumur Jalatunda Banjarnegara untuk anda telusuri lebih dalam ketika berkunjung.

Harga Tiket Masuk Sumur Jalatunda

harga tiket masuk Sumur Jalatunda
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/107882109524676531233

Mitos mengenai melempar batu tersebut yang membuat nama Sumur Jalatunda digandrungi oleh para wisatawan dari berbagai daerah. Pengunjung yang datang kesini pasti akan mencoba kegiatan melempar batu dengan harapan bisa mencapai sisi sebrang.

Namun nyatanya sampai hari ini masih belum ada yang mampu melakukan hal tersebut agar semua permintaan bisa terkabul. Dari mitos tersebut pula yang menjadikan sumur rakasasa di Dieng ini memiliki nama Jalatunda.

“Jala” yang berarti jaring, sedangkan “tunda” artinya belum terlaksana. Jika diambil kesimpulan, maka Sumur Jalatunda ini bisa menampung semua permintaan yang selama ini tertunda.

Dan untuk bisa eksplorasi berbagai daya tarik di Sumur populer Dieng ini maka anda tak harus mengeluarkan banyak biaya. Sebab harga tiket masuk Sumur Jalatunda cukup ekonomis, yakni hanya Rp5.000 saja per orangnya.

Wisata Sumur Jalatunda terbuka untuk umum disetiap harinya, mulai dari Senin sampai dengan Minggu. Bisa anda kunjungi kapan saja sesuai keinginan mulai dari pagi hingga sore hari.

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat sumur jalatunda
Foto : https://www.instagram.com/dhimasjhn/

Lokasi Sumur Jalatunda berada di kawasan yang cukup mudah dijangkau meski bukan teletak di poros Dieng. Alamat Sumur Jalatunda terletak di Dusun Sidomulyo, Desa Pekasiran, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah.

Keberadaan sumur raksasa ini masih berada di sebuah desa yang sama dengan salah satu destinasi Dieng populer yakni Kawah Candradimuka. Dari Kawah Candradimuka Dieng untuk mencapai Sumur Jalatunda jaraknya hanya 1,8 km dengan waktu tempuh 5 menit perjalanan.

Sedankan jika dari poros Dieng maka jarak yang harus ditempuh untuk sampai di Sumur Jalatunda maka kurang lebih 7,5 km. Dengan harus melakukan perjalanan selama kurang lebih 20 menit untuk berkendara.

Akses jalan menuju letak persis Sumur Jalatunda cukup menantang adrenalin bagi anda yang tak terbiasa oleh jalanan menanjak. Dan setibanya di lokasi wisata, pengunjung musti berjalan kaki menaiki tangga menuju sebuah gazebo yang menjadi spot utamanya.

Agar laju kendaraan ketika akan liburan ke Sumur Jalatunda bebas hambatan, anda bisa menggunakan maps dibawah ini. Petunjuk akuratnya akan memudahkan perjalanan anda ketika akan berwisata bahagia ke Sumur Jalatunda di Dieng Banjarnegara.

Datang juga ke –> Gardu Pandang Tieng sangat cocok untuk anda menyaksikan banyak pemandangan menakjubkan.

Fasilitas

fasilitas sumur jalatunda
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/111227881123041471371

Beragam sarana prasarana yang tersedia di area wisata Sumur Jalatunda masih sangat terbatas dan apa adanya. Meski begitu, minimnya fasilitas Sumur Jalatunda tidak akan akan mengurangi keseruan ketika ingin bersenang-senang disini.

Ketika anda ingin BAK / BAB, maka sudah tersedia kamar mandi dengan fasilitas air bersihnya. Begitu pula dengan lahan parkir yang tersedia, cukup memadai dan bisa menampung banyak kendaraan dari wisatawan.

Ada pula sebuah gazebo yang menjadi spot utama untuk menyaksikan indahnya Sumur Jalatunda Dieng dari ketinggian. Di gazebo ini pula yang menjadi tempat favorit pengunjung untuk melempar batu sekencang-kencangnya agar sampai ke sisi sebrang.

Perlu diperhatikan juga bahwa anda sebaiknya membawa bekal sendiri ketika akan datang kesini. Karena warung di sekitar Sumur Jalatunda sangat terbatas dan tidak selalu beroperasi pada setiap harinya.

Kunjungi juga –> Kawah Sikidang hadirnya sebuah jembatan kayu yang sangat instagenic.

Spot Terbaik di Sumur Jalatunda

spot terbaik sumur jalatunda
Foto : https://www.instagram.com/riefa.ks/

Apabila anda tengah berada di kawasan dataran tinggi Dieng untuk menghabiskan waktu libur maka Sumur hits ini bisa menjadi pilihan. Meski tidak sepopuler Kawah Sikidang ataupun Telaga Warna, namun daya tarik yang dimiliki tak akan anda temui di tempat lain.

Kawasan wisata Sumur Jalatunda sangatlah asri, berkat hadirnya banyak pepohonan rimbun dan tumbuhan hijau yang mendominasi. Ditambah dengan sejuknya udara khas dataran tinggi Dieng yang membuat anda akan merasa nyaman sekaligus betah untuk berlama-lama.

Dalam lawatan anda ke Sumur Jalatunda, satu hal yang tak boleh terlewatkan tentu saja berfoto-foto ria pada spot menariknya. Spot terbaik di Sumur Jalatunda tentu saja adalah landscape sebuah celah yang terbentuk saat terjadinya letusan dahsyat Gunung Prahu Tua.

Yang menjadi sebuah sumur raksasa dengan panorama disekitarnya begitu luar biasa dan tiada duanya. Abadikan momen sebanyak-banyaknya melalui swafoto agar kegiatan berlibur kali ini terasa istimewa dan menjadi pengalaman yang berkesan.

Review sebelumnya –> Kawah Candradimuka memiliki sumber mata air yang konon bikin awet muda.

Tips Berkunjung

tips berkunjung sumur jalatunda
Foto : https://www.instagram.com/iday_adinta/
  • Datang ke Sumur Jalatunda pada saat hari cerah tentu sangat direkomendasikan agar semuanya lebih maksimal.
  • Jika akan turun hujan maka tahan dulu niat anda untuk berlibur disini, mengingat potensi bahaya yang bisa terjadi.
  • Dilarang keras membuang sampah sembarangan karena berpotensi merusak alam dan bisa membuatnya tak indah lagi.
  • Selalu mengutamakan keselamatan pada saat jalan-jalan maupun liburan agar berlangsung aman tanpa adanya hambatan.

Aktivitas melempar batu dengan memanjatkan keinginan apabila bisa mencapai sisi seberangnya musti anda coba keseruannya. Demikian ulasan singkat seputar Sumur Jalatunda di Dieng yang rekomended untuk di jelajahi ketika rekreasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

5 − two =