Siapa yang pernah berkunjung ke Pantai Baron? Satu diantara empat pantai klasik di Yogyakarta ini memang terlihat sangat mengesankan. Bahkan pesonanya seakan tidak akan pernah habis untuk selalu dikunjungi terus-menerus.

Oleh karena itu, tidak salah bila objek wisata ini sering menjadi tujuan utama wisatawan terutama untuk siswa-siswi dari berbagai daerah datang kesini saat musim liburan. Perpaduan warnanya yang sangat mengesankan menjadi daya tarik utama dari tempat ini.

Sebelum pergi melihat pantainya, lihatlah dulu di bibir pantai yang sudah terlihat mengesankan. Dari Air lautnya yang jernih, sungainya yang berwarna biru kehijauan, pasir kecoklatan, serta tumbuhnya pepohonan hijau di kanan dan kiri. Sungguh, keindahan yang tidak dapat di dustakan.

Bagi anda yang memang sudah lama tidak pergi ke tempat ini pasti heran dengan perubahan yang terjadi disini. Karena, sungai yang sekarang anda lihat tingginya sudah hampir 2 meter lho. Padahal dahulu sungai ini tidak lebih air sungai biasa yang masih bisa di tembus.

Oleh karena itu, saat ini untuk menyeberang kita diwajibkan menggunakan perahu nelayan yang sudah tersedia disini. Sehingga, anda tidak perlu khawatir karena tarif menyeberangnya juga cukup murah yaitu 10 ribu rupiah saja untuk pergi dan pulang.

Menariknya lagi adalah air yang membentuk sebuah teluk ini ternyata air tawar lho. Dan kalau dilihat lebih dalam lagi, ternyata air yang keluar berasal dari bawah tanah yang kian hari kian deras saja. Sehingga membentuk seperti apa yang anda lihat sekarang ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Baron

Harga Tiket Masuk
foto : https://www.instagram.com/destinasiwisataalam/

Harga tiket masuk pantai Baron tidak terlalu mahal. Kita hanya akan dikenakan biaya 10 ribu rupiah saja. Menariknya lagi, tiket yang anda bayarkan itu juga menjadi tiket masuk untuk beberapa pantai seperti drini, krakal, kukup, indrayanti.

Selain itu, anda juga akan dikenakan tarif parkir yang sangat bersahabat di kantong anda. Bagi yang menggunakan kendaraan bermotor akan dikenakan sebesar 5 ribu rupiah. Bagi yang menggunakan mobil akan dikenakan tarif 10 ribu rupiah.

Kunjungi juga daftar 50 wisata Pantai Gunung Kidul yang mempunyai pemandangan alam indah.

Rute Menuju Lokasi

Rute Menuju Lokasi
foto : https://www.instagram.com/fathurrohman0216/

Alamat pantai Baron ini terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Menuju ke lokasi ini menempuh jarak kurang lebih 60 km atau membutuhkan waktu 1 jam 45 menit. Ada dua cara menuju ke Lokasi wisata pantai Baron.

1. Menggunakan Kendaraan Pribadi

Rute Menuju Lokasi
foto : https://www.instagram.com/das_mu/

Jalan menuju pantai Baron bisa di mulai dari kota Yogyakarta menuju kearah piyungan, pathuk, jalan lingkar selatan. Kemudian, Jalan saptosari kearah tepus hingga anda akan tiba di Objek wisata kebanggaan Masyarakat Gunung Kidul ini.

Rute menuju pantai Baron juga bisa anda lalu dari Jalan Imogiri. Melalui panggang, Jalan saptosari hingga ke Tepus. Ikuti saja lajur jalan yang aka mengantar anda menuju ke tempat wisata ini.

Datang juga ke Pantai Indrayanti yang paling terkenal di gunung kidul.

2. Menggunakan Transportasi Umum

rute menuju lokasi
foto : https://www.instagram.com/inmi_ns/

Selain menggunakan kendaraan pribadi, anda juga bisa menggunakan transportasi umum lho. Mulailah dari terminal Giwangan, naik bus menuju ke terminal wonosari. Kemudian, dari terminal wonosari naik bus kembali menuju ke Pantai Baron.

Sejarah Pantai Baron Gunung Kidul

Sejarah Pantai Baron
foto : https://www.instagram.com/rizaljulius/

Pesona pantai yang mengesankan ini pun ternyata mempunyai kisah sejarah yang cukup mengesankan. Dimana, konon katanya pemberian nama Baron ini berawal dari bangsawan Belanda yang bernama Baron Skeber.

Beliau tanpa sengaja berlabuh ke tempat ini. Baron Skeber pun jatuh cinta dan menjadikan kawasan ini sebagai tempat persembunyiannya. Oleh karena itu, nama dari objek wisata ini di beri nama Pantai Baron.

Kunjungi juga Pantai Seruni yang menjadi favorit wisatawan untuk berlibur.

Aktifitas yang Bisa Dilakukan

sejarah pantai baron
foto : https://www.instagram.com/yosaphotos/

Ada beberapa aktifitas yang ditawarkan saat anda mengunjungi objek wisata ini. Diantaranya adalah

1. Upacara Tradisional

sejarah pantai baron
foto : https://www.instagram.com/rajacireng/

Cobalah datang pada tanggal 1 syuro ditanggalan jawa atau 1 muharram. Dimana, kita bisa menyaksikan bagaimana keindahan dan pesona budaya kota Yogyakarta yang dahulu sempat viral karena di tentang oleh sejumlah pihak.

Acara larung sesaji atau juga di sebut dengan sedekah laut ini merupakan wujud rasa terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa karena, panen ikan yang sangat melimpah. Upacara sakral ini hampir setiap tahun dilaksanakan.

Kunjungi juga Pantai Banyunibo yang mempunyai spot destinasi sangat menarik.

2. Baron Techno Park

sejarah pantai baron
foto : https://www.instagram.com/m_fatkhun/

wisata pantai Baron ini tidak hanya menyajikan air laut saja melainkan. Pesona lainnya yang tidak kalah mengesankan yaitu jam matahari yang sangat instagramable.

Selain itu, anda juga akan disuguhkan dengan panel surya sehingga merubah matahari menjadi tenaga listrik. Sajian pemandangan dari sini pun tak kalah esoktisnya lho. Jadi, jangan sampai terlewatkan.

3. Mercusuar

sejarah pantai baron
foto : https://www.instagram.com/muhammadfajar1922/

Mau yang sedikit menantang? Di sini, kita akan disuguhkan dengan mercusuar yang menghadirkan pesona Pantai Baron dari atas ketinggian. Menuju ke sana anda akan di tarik biaya sebesar 5 ribu rupiah.

Menuju ke mercusuar ini anda harus bersusah payah naik dengan jalan yang terjal dan tangga yang selalu ditemani oleh hembusan angin sepoi-sepoi. Nah, dari sini pula, anda bisa melihat sebuah pantai kecil yang memang tersembunyi konon katanya, keindahannya tak kalah dari Pantai Baron lho.

Lihat juga daftar Pantai Gunung Kidul yang paling rekomended untuk dikunjungi.

Daya Tarik Lain

daya tarik lain
foto : https://www.instagram.com/condrowibowo/

Tidak hanya sampai disitu saja. Kita juga akan disuguhkan dengan daya tarik lainnya.

1. Menikmati Sajian Kuliner

sejarah pantai baron
foto : https://www.instagram.com/sihwidhidimas/

Banyak kapal nelayan bersandar berarti banyak ikan melimpah disini. Ya, berkunjung ke tempat ini berarti anda juga harus menikmati berbagai macam olahan ikan yang disajikan dengan berbagai macam bumbu. Ada asam manis, rica, bisa di goreng dan di bakar dengan pilihan ikan yang super lengkap mulai dari udang, cumi, kakap.

2. Membeli Souvenir Khas Laut

sejarah pantai baron
foto : https://www.instagram.com/rindumaen/

Ada yang kurang rasanya, bila sudah sampai disini tetapi tidak membeli apa pun. Cobalah untuk mampir ke warung-warung yang sudah menjual berbagai souvenir cantik dan menarik seperti gantungan kunci yang semuanya terbuat dari biota laut.

3. Duduk Di bawah Pohon yang Rindang

sejarah pantai baron
foto : https://www.instagram.com/pembuang.waktu/

Saat anda menginjakkan kaki disini, suasana teduh dan menyenangkan akan langsung menghampiri kita semua dengan pepohonan yang rindah. Angin semilir berhembus menyentuh kulit tiada henti.

Kalau sudah begini, duduk dibawahnya dengan menggelar tikar adalah momen kebersamaan yang pas untuk dilakukan. Di bawah pohon ini sudah ada beberapa tempat penyewaan tikar dengan harganya 20 ribu rupiah untuk waktu yang tidak di tentukan.

Kunjungi juga daftar Pantai terindah di Gunung yang sayang jika dilewatkan.

4. Foto Bersama

sejarah pantai baron
foto : https://www.instagram.com/annuraska/

Bagi anda yang datang bersama dengan keluarga dan ingin foto bersama dengan latar belakang pantai yang sangat menggemaskan. Tetapi, bingung karena tidak membawa kamera yang mempunyai kualitas tinggi. Sekarang tidak perlu khawatir.

Disini sudah tersedia jasa tukang foto langsung jadi dengan kualitas gambar yang lebih tajam dan membuat kenangan kita disini semakin lengkap. Harganya juga tidak terlalu mahal 20 ribu rupiah saja untuk satu kal pose.

Ketajaman warnanya, serta pencahayaan yang pas menjadikan foto tersebut layak untuk untuk dijadikan sebuah kenangan yang tidak akan terlupakan sedikit pun.

Pantai Baron adalah surga yang tidak akan pernah ada habisnya. Pesona Gunung Kidul yang mengesankan dan membuat kita takjub akan coretan illahi untuk Kota Yogyakarta. jadi, kapan anda akan mengunjungi objek wisata ini lagi?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here