Pantai Boom Tuban adalah sebuah pantai yang mungkin wajib untuk dikunjungi. Dimana, ada berbagai wisatawan berkumpul menjadi satu memenuhi kawasan ini. sebagian dari mereka penasaran tentang pesona yang dihadirkan disini. Banyak yang bilang keindahannya bagaikan dalam cerita di negeri dongeng.

Kawasan ini memang dikhususkan bagi wisatawan yang mungkin mencari tempat untuk melepas penat. Atau mungkin, mencari kawasan yang tepat untuk berlibur bersama dengan keluarga. Disinilah tempatnya. Penasaran dengan keindahannya, mari kita simak hasil penjelajahan di bawah ini,

Asal Usul Pantai

gambar pantai boom tuban
foto: https://www.instagram.com/tubantourism/

Ada pepatah yang mengatakan tidak kenal maka tidak sayang. Sebelum mengenal pantai ini lebih jauh. Mari kita mengenal terlebih dahulu asal-usul pantai boom tuban. Dimana, kisah ini sangat menarik untuk disimak.

Sebelum menjadi seperti saat ini pantai ini sempat tidak diperhatikan. Karena, masih adanya tarik-menarik kepemilikan antara Syahbandar Gresik dengan Pemerintah Kabupaten Tuban. Dahulu kawasan ini adalah sebuah pelabuhan penting, menjadi pelabuhan utama bagi perdagangan dan industry. Baca juga: Pantai Banyu Anjlok.

Sejarah Pantai Boom

Untuk menikmati sejarah pantai boom tuban. Wisatawan bisa memanfaatkan beberapa prasasti yang ada di kawasan ini. prasasti ini bercerita tentang kawasan ini. Pelabuhan yang menjadi jalur utama dalam sebuah perlintasan, perdagangan, dan pelayaran  kerajaan singasari dan kerajaan Majapahit.

Menurut jejak sejarah yang pernah tercacat, disinilah Adipati Ronggolawe bersama dengan pasukannya menyerbu tentara Mongol. Pada waktu itu, tentara ini mencoba untuk menyerang kerajaan singasari.

Oleh karena itu,tidak heran bahwa di kawasan ini ditemukan banyak sekali benda-benda bersejarah. Sebagai contoh yang bisa dilihat wisatawan disini adalah guci, senjata-senjata kuno, dan keramik-keramik menarik yang bisa dijadikan sebagai saksi bagaimana kejayaan pantai boom dahulu.

Sekitar tahun 1990an, sebuah perusahaan swasta melakukan pengangkatan harta karun yang berada di dalam samudra. Pada waktu itu banyak sekali warga yang melihat prosesi pengangkatan benada-benda tersebut. Berbagai macam jenis benda bersejarah ini akhirnya bisa di angkat ke atas permukaan.

Saat ini benda-benda ini di letakkan di sebuah museum kambah putih tuban yang terletak di selatan alun-alun tuban. Kawasan ini benar-benar dirawat dengan baik. Karena, dijadikan sebagai sebuah sejarah yang tidak akan pernah terulang kembali. Baca juga: Pantai Cemara Sewu.

Mengenal Pantai Boom

Kondisi kawasan ini cukup kecil. Hampir sama dengan beberapa pantai yang ada di pesisir jawa pada umumnya. Disini, banyak sekali perahu-perahu yang bersandar. Perahu-perahu inilah yang menambah esoktisnya tempat ini. Selain itu, bentuknya yang landai, membuat tempat ini bisa digunakan sebagai kawasan wisata yang ramah keluarga.

Bagi sebagian wisatawan, kawasan ini merupakan pantaigenic. Dimana, ada beberapa spot yang bisa dijadikan titik mengambil foto dan gambar yang menarik. Oleh karena itu, jangan lupa membawa kamera dengan kualitas mumpuni. Keindahannya akan sayang untuk dilewatkan tanpa mengabadikannya sama sekali. Baca juga: Pantai Baron jogja.

Keindahan Pantai

pemandangan pantai boom tuban
foto: https://www.instagram.com/ikanurlaily07/

Berbcara mengenai keindahan, ada banyak sekali yang bisa dikupas dan dibedah disini. salah satunya adalah tempat belajar yang baik. Seperti kita ketahui bersama. Ada jejak sejarah tercipta disini. jejak inilah yang akan dipelajari oleh sebagian wisatawan yang berkunjung ke kawasan ini.

Menikmati kawasan ini bisa dengan berbagai macam. Salah satunya adalah dengan duduk di gazebo-gazebo yang sudah disesdiakan. Berada disini, hati menjadi tenang, teduh dan juga damai. Apalagi, saat berkunjung kesini ditemani dengan orang-orang yang dicintai. Rasanya pasti berlipat-lipat.

Gazebo-gazebo ini memang sudah lama berdiri. Hanya saja, tampak sekali cat baru dengan warna yang lebih terang. Alangkah baiknya, bila di gazebo ini membawa makanan dan minuman. Rasanya seperti dunia milik sendiri.

Selain itu, wisatawan juga bisa menggunakan perahu nelayan ini sebagai salah satu spot foto yang tidak boleh terlewat. Nah, selain bia digunakan untuk berpose, perahu ini juga bisa digunakan untuk mengantar wisatawan berkeliling di sekitar pantai. Merasakan bagaimana sejuknya angin pantai yang berhembus.

Asiknya disini, hampir semua warga sangat ramah dan bersahaja. Pada saat diantar wisataan bisa bercengkrama dengan nelayan. Rasanya, seperti bercengkrama dengan saudara sendiri yang lama tidak bertemu. Keadaan ini membuat wisatawan enggan untuk berhenti. Karena, kehangatan yang disajikann yang menjadi pembeda kawasan ini dengan yang lain. Baca juga: Pantai Derawan.

Aktifitas Lainnya

alamat pantai boom tuban
foto: https://www.instagram.com/thisiseastjava/

Hobi memancing? Nah, disinilah tempat yang paling tepat untuk menyalurkan hobi tersebut. Di kawasan ini memang dikenal sebagai surganya memancing.. ada berbagai macam jenis ikan yang bisa dipancing disini. Nah, biasanya pada hari sabtu dan minggu, banyak wisatawan yang mempunyainhobi memancing akan datang kesini.

Mereka akan membawa senjata lengkap dan membidik sasaran dengan sigap. Ada sebuah cerita Dimana, ada seorang pemancing yang mampu menarik ikan seberat hampir 1 kuintal. Hingga akhirnya, ikan ini pun dimasak dan disantap bersama. Hanya saja, itulah ikan-satu-satunya yang sangat besar.

Biasanya, wisatawan bisa menangkap ikan dengan ukuran 4- 5kg saja. Bagaimana, tertantang untuk memancing di kawasan ini? Olahraga lari adalah salah satu olahraga yang bisa dipilih oleh wisatawan. Letakya yang tidak jauh dari alun-alun membuat kawasan ini selalu dipenuhi oleh pengunjung,

Waktu yang tepat untuk datang ke kawasan ini adalah pagi dan juga sore hari. Jika, di pagi hari, wisatawan bisa menikmati segarnya udara segar. Kualitas udara di tuban memang masih baik. Sehingga, pagi adalah waktu yang tepat untuk mencari udara segar.

Kedua adalah sore hari, nah disini biasanya wisatawan akan sekaligus menikmati pesona matahari terbenam. Pesona ini memang selalu ditunggu, sembari beristirahat dari lelahnya keringat yang bercucuran. Banyak yang mengabadikan momen ini sebagai salah satu momen romantis.

Jam buka pantai boom tuban adalah 24 jam. Jadi, kapan pun wisatawan bisa berkunjung ke sini menikmati deburan ombak yang tanpa henti bergemuruh. Tetapi, deburan inilah yang membuat banyak sekali remaja datang pada saat malam minggu. Lihat juga: wisata Pantai Bandengan di Jepara.

Alamat Dan Rute Lokasi

rute menuju lokasi pantai boom tuban
foto: https://www.instagram.com/safiraiy/

Alamat kawasan ini berada di Kutorejo, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Berada kurang lebih 200 meter dari alun-alun Tuban. Sehingga, wisatawan yag ingin berkunjung kesini pun akan sangat mudah

Harga Tiket Masuk Pantai Boom

harga tiket masuk pantai boom tuban
foto: https://www.instagram.com/justoax/

Setelah wisatawan semua tahu tentang keindahan kawasan ini. saatnya wisatawan pun tahu berapa harga tiket masuk pantai boom tuban. Menariknya, harga tiket disini gratis. Sehingga, wisatawan bisa pergi ke tempat ini tanpa harus membayar.

Menikmati tempat ini memang adalah sebuah kewajiban. Semua fasilitas yang diberikan untuk wisatawan memang memanjakan. Apalagi, disini juga sudah tersedia berbagai macam menu kuliner yang siap menggoda lidah wisatawan. Soal harga pun juga sangat bersahabat jadi jangan khawatir. Baca juga: Pantai Banyu tibo Pacitan.

Menikmati kawasan ini memang tidak bisa hanya satu ataui dua kali saja, berkunjung ke sini berkali-kali pun juga tidak pernah bosan. Apalgi strukturnya yang mirip dengan sebuah pelabuhan besar. Ayo datang dan nikmati sebauh pemandangan yang sarat akan sejarah panjang tentang dua kerajaan besar di Nusantara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here