Kawah Candradimuka merupakan salah satu destinasi dengan pesona anti mainstream yang dimiliki oleh dataran tinggi Dieng di Banjarnegara. Menariknya, Kawah Candradimuka Dieng ini kerap berubah-ubah warna, terkadang abu-abu, putih bahkan pernah terlihat berwarna biru.

Itu baru sedikit saja keunikan di Kawah Candradimuka Banjarnegara yang dapat anda temukan ketika liburan disini. Explore Kawah Candradimuka Dieng Banjarnegara sebagai alternatif mengisi waktu akhir pekan agar lebih berwarna.

Wisata Dieng Banjarnegara satu ini cukup populer keberadaannya dan menjadi tujuan oleh banyak orang yang tengah berlibur. Saat anda tengan berada di Dieng, maka wisata Kawah Candradimuka wajib tuk dikunjungi dan temukan berbagai keseruannya.

Harga Tiket Masuk Kawah Candradimuka

harga tiket masuk kawah candradimuka
Foto : https://www.instagram.com/nofasugara/

Dieng merupakan salah satu kawasan dataran tinggi yang menyimpan banyak sekali daya tarik wisata berbasis alam melimpah. Dan salah satunya adalah Kawah Candradimuka, yang konon dahulunya menjadi tempat untuk memotong tali pusar Gatotkaca saat berumur 1 tahun.

Gatotkaca sendiri adalah salah satu tokoh pewayangan populer yang selalu di kaitkan dengan Kawah Dieng satu ini. Setelah Gatotkaca diceburkan ke dalam Kawah Candradimuka, konon ia berubah menjadi sakti mandraguna dan menjadi paling diagungkan sampai saat ini.

Di dalam Kawah Candradimuka Banjarnegara anda dapat menjumpai setidaknya kawah-kawah berjumlah tiga yang masih aktif. Kawah-kawah ini bukanlah berasal dari gunung berapi, melainkan dari retakan tanah dan menghasilkan gas belerang yang cukup pekat.

Untuk bisa menyaksikan berbagai keunikan yang ada di wisata Dieng satu ini maka anda tak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Harga tiket masuk Kawah Candradimuka sangat terjangku, sejauh ini hanya sekitar Rp5.000 saja per orangnya.

Terbuka untuk umum mulai pagi sampai dengan sore hari, dan bisa anda kunjungi kapanpun sesuai keinginan. Untuk mendapatkan suasana yang lebih teduh maka bisa datang pada saat sore hari.

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat kawah candradimuka
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/115328413384351733868

Lokasi Kawah Candaradimuka berada di kawasan sebuah lapangan perkawahan yang terbentuk secara alami. Aneka pepohonan yang mengelilingi kawah Dieng ini turut memberikan nuansa sejuk sehingga pengunjung akan merasa nyaman.

Alamat Kawah Candradimuka terletak di Dusun Sidomulyo, Desa Pekasiran, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah. Dari poros Dieng menuju Kawah Candradimuka ini jarak yang musti ditempuh kurang lebih sejauh 8,3 km.

Dan membutuhkan waktu perjalanan selama 21 menit, apabila jalanan lancar dan tidak macet. Akses jalan utama yang musti dilalui sudah terbilang cukup baik, meski harus melalui jalanan menanjak serta berkelok.

Karena berada di dataran tinggi Dieng tak heran jika jalur menuju wisata kawah ini didominasi oleh tanjakan. Maka perlu bagi anda untuk memakai kendaraan yang sehat dan siap tempur disemua medan agar bebas hambatan.

Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi agar lebih mudah, sebab sejauh ini belum ada angkutan umum jurusan langsung ke kawah. Jika bingung, sebaiknya gunakan saja maps dibawah ini sebagai petunjuk yang akan memudahkan laju kendaraan ke Kawah Candradimuka.

Datang juga ke –> Telaga Cebong latar belakang menarik disaksikan dari Bukit Sikunir.

Fasilitas

fasilitas kawah candradimuka
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/100414208723416681709

Berbagai sarana prasana telah tersedia di wisata Kawah Candradimuka Dieng sebagai penunjang setiap aktivitas para pengunjung. Dan berikut ini fasilitas Kawah Candradimuka yang meliputi :

  • Lahan parkir kendaraan
  • Toilet umum / mck
  • Fasilitas air bersih
  • Mushola
  • Warung kuliner
  • Spot foto menarik

Nikmati serunya berjalan-jalan menyaksikan kawah mengagumkan dengan letupan-letupan gas yang menjadi daya tariknya. Melihat secara lebih dekat kawah-kawah unik dengan aroma khas belerang yang cukup pekat.

Menariknya, di Kawah Candradimuka Dieng ini terdapat sumber mata air alami, yang dipercaya berkhasiat memberikan efek awet muda. Untuk itu banyak wisatawan yang kemudian membasuh wajahnya pada sumber mata air dengan harapan yang bermacam-macam.

Kunjungi juga –> Gardu Pandang Tieng spot menarik untuk menikmati Dieng dari ketinggian.

Spot Terbaik di Kawah Candradimuka

spot terbaik di Kawah Candradimuka
Foto : https://www.instagram.com/_sekarla/

Berswafoto wajib dilakukan ketika anda tengah mengunjungi Kawah Candradimuka dalam rangka bewisata bahagia bersama keluarga tercinta. Abadikan setiap momen menarik pada spot terbaik di Kawah Candradimuka melalui selfie hingga merekam video pendek.

Hamparan kawah-kawah tentu menjadi salah satu spot favorit yang biasa pengunjung jadikan latar belakang ketika berfoto-foto ria. Bentuk kawah yang unik dengan letupan gas dan asap mengepul di udara akan hasilkan foto mengagumkan.

Rekam setiap keseruan yang tercipta selama liburan berkualitas di Kawah Candradimuka Dieng agar menjadi pengalaman tak terlupakan. Maka penting untuk selalu sedia dan membawa kamera kemanapun anda akan berlibur agar bisa merangkum setiap momen yang terjadi.

Review sebelumnya –> Kawah Sikidang dengan segudang daya tarik mempesona.

Tips Berkunjung

tips berkunjung kawah candradimuka
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/108637390048086956936

Dapat anda simak dibawah ini tips berkunjung ke Kawah Candradimuka di Dieng Banjarnegara sebagai tambahan referensi.

  • Karena berada di alam terbuka tentu sangat kami sarankan datang ke kawah ini pada saat hari cerah dan cuaca mendukung.
  • Ketika berkunjung di siang hari maka tak perlu heran jika matahari disini cukup terik, maka pakailah topi atau payung.
  • Apabila indra penciuman anda cukup sensitif sebaiknya gunakan masker selama berada di area kawah mengingat aroma belerang yang sangat kuat.
  • Hati-hati dan tetap mengutamakan keselamatan ketika tengah liburan di akhir pekan agar semua berjalan sesuai harapan.
  • Dilarang keras melanggar aturan serta tata tertib pengunjung yang sudah ditetapkan untuk kebaikan bersama.

Jadi itu tadi informasi mengenai wisata alam Kawah Candradimuka Dieng yang populer dan selalu ramai akan wisatawan. Sekian dulu ulasan singkat mengenai Kawah Candradimuka dengan sejuta daya tarik memikat yang luar biasa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

one × 5 =