Pantai Baron Salah satu diantara beberapa pantai klasik di Indonesia yang sampai saat ini masih dikunjungi. Di tengah gempuran banyaknya pantai di kawasan Yogyakarta.

Objek wisata di Gunung kidul ini tetap berdiri dan menghadirkan beberapa fasilitas pantai baron baru. Fasilitas ini menambah daya tarik tersendiri yang menarik untuki dikunjungi.

Perlu diakui, pantai baron yang dahulu memang berbeda dengan pantai baron yang sekarang. Banyak yang terpukau melihat apa yang ada di sini. Seakan-akan tempat ini bertransformasi dan lahir kembali menjadi kawasan nan esoktis. Mau tahu, bagaimana keindahan kawasan ini? Mari kita simak deskripsi pantai baron di bawah ini,

Sejarah Pantai Baron

sejarah pantai baron
foto: https://www.instagram.com/odiiajalah/

Dahulu, ada seorang warga belanda yang datang ke tempat ini. Namanya Baron Skeber, dimana Baron memilih kawasan ini untuk berlabuh, karena tempat ini mempunyai teluk yang cukup esoktis. Selain itu, bibir pantai yang menjorok membuat kawasan ini sangat tepat digunakan untuk melabuhkan kapal.

Baron pun menggunakan pantai ini sebagai gudang senjata. Walaupun, warga negara asing, baron skeber juga dipercaya sebagai bangsawan yang memiliki kesaktian yang diakui banyak orang. Oleh karena itu, penduduk sekitar pun memberikan nama pantai ini dengan nama Pantai Baron. Seperti itulah sejarah pantai baron.

Dahulu, Pantai Baron dikenal dengan sebauh teluk, dimana air yang membelah kedua daratan tidak terlalu luas. Sehingga, wisatawan yang berkunjung ke tempat ini bisa berjalan dan menikmati kawasan ini di titik-titik favorit, seperti dibawah karang besar yang berada di sisi kiri pantai.

Nah, saat ini daratan itu pun seakan terbelah dengan hadienya sungai baru yang cukup dalam. Satu-satunya jalan menempuh ke daratan sebelah dengan cara menyeberang melalui perahu nelayan.

Sebenarnya, wisatawan bisa tanpa harus menyewa kapal nelayan. Tetapi, barang bawaan akan basah karena, memiliki kedalaman hingga kepala orang dewasa.

Jadi, paling aman dengan menggunakan perahu nelayan. Hanya membayar 10 ribu rupiah saja. Wisatawan bisa mengamankan barang bawaan dengan selamat.

Eloknya lagi, sungai yang mengalir cukup deras ini adalah air tawar. Selain itu, warnanya kehijauan cukup menarik untuk dijadikan sebagai landmark foto. Baca juga: wisata Pantai Derawan Surga Dari Kalimantan Selatan.

Dikembangkannya Mercusuar

mercusuar di pantai baron
foto: https://www.instagram.com/taniakhoiraaa/

Selain pantai, wisatawan bisa menikmati keindahan objek wisata ini dengan cara lain. Dengan menyusuri kawasan mecusuar yang berada di atas bukit sebelah kiri dari kawasan ini. Cara menujunkawasan ini, wisatawan bisa naik dari jalan setapak yang berada di area parkiran. Memang, menujun ke bukit ini sedikit susah dan menguras keringat.

Tetapi, saat berada di atas, wisatawan akan melihat mercusuar yang mempesona. Disini pula, sobat pelancong bisa melihat keindah pantai baron dari atas.kapal-kapal nelayan ini akan menambah daya tarik tersendiri. Nah, bagi wisatawan yang ingin memacu adrenalin, wisatawan bisa naik ke mercusuar ini.

Lihatlah, pesona sesungguhnya dari kawasan ini. Nah, ada yang menarik saat wisatawan memutuskan untuk melihatnya dari mercusuar. Hadirnya sebuah pulau kecil. Hanya saja, wisatawan harus jeli melihatnya. Karena, pulau ini cukup kecil letaknya di sisi timur dari pantai. Beginilah keindahan mercusuar pantai baron.

Saat mendaki keatas dan masuk ke mercusuaar wisatawan akan dikenakan biaya sebesar 2 ribu rupiah saja. Harga yang cukup murah bukan, untuk menikmati pesona alam yang tidak akan pernah terlupakan.

Ingin pergi ke tempat itu? Wisatawan bisa menyusuri ladang yang warga setempat. Jarak tempuhnya pun cukup menguras tenaga dengan track yang menggemaskan. Sehingga membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit. Baca juga: wisata Pantai Bandengan di jepara.

Jam Matahari

Sudah cukup puas dengan kedua spot tersebut? Tunggu dulu, wisatawan tidak boleh menyerah terlebih dahulu. Karena, kawasan ini masih menyimpan keindahannya. Dengan hadirnya jam matahari yang berada di kawasan Baron Technopark.

Selain Jam matahari yang mempesona. Wisatawan juga akan disuguhkan dengan kincir angin yang aduhai sekali. Titik ini biasanya digunakan sebagai spot untuk melihat matahari terbenam. Untuk mencapai kawasan ini. Sebelum gapura pantai baron, arahkan kendaraan ke kanan. Ikuti papan petunjuk yang sudah banyak tersedia sebagai pemandu.

Menuju ke tempat ini harus sedikit berhati-hati karena, jalanan yang harus di tempuh cukup menggemaskan. Tetapi, setelah tiba ditempatnya nanti, wisatawan pasti tidak akan berhemti untuk mengucap rasa syukur atas keindahan yang diberikan dari atas ini. Baca juga: objek wisata Pantai Banyu tibo di pacitan.

Kuliner Dan Liburan Keluarga

Cara terakhir menikmati kawasan ini adalah dengan duduk-duduk di bawah pohon yang rindah dengan menggelar tikar. Kemudian, membeli beberapa makanan yang tersaji Diana, atau membawa bekal makanan sendiri dari rumah. Kawasan ini, memang mampu menghadirkan suasana hangat diantara keluarga.

Karena, kawasan ini juga disiggahi oleh para nelayan jadi, wisatawan bisa membeli ikan-ikan yang masih segar disini. Harganya pun cukup bersahabat, hanya saja, wisatawan harus pandai menawar. Dengan menawar wisatawan akan mendapatkan hartga yang sesuai dengan jenis ikan yang diinginkan.

Selain itu, wisatawan pun bisa memanfaatkan kapal-kapal ini sebagai salah satu objek foto. Kapal-kapal yang bersandar ini jumlahnya cukup banyak, sehingga sangat instgenic bila dijadikan landmark foto. Wisatawan pun juga bisa berpose sebagai seorang nelayan yang pulang dari melaut.

Jangan lupa pula untuk membeli beberapa oleh-oleh berupa souvenir-spuvenir canti seperti gantungan kunci. Ada juga hiasan ruangan yang super keren. Harganya pun tidak mahal, mulai dari 5 ribu rupiah, wisatawan bisa membelinya sebagai oleh-oleh. Baca juga: Daftar 50 Tempat Wisata Pantai Gunung Kidul.

Larung Sesaji

Pada waktu tertentu, wisatawan bisa menyaksikan sebuah upacara adat yang seakan mengahdirkan misteri pantai baron. Nuansanya yang magis saat acara ini dimulai, membuat banyak orang yang hadir dan melihat secara langsung bagaiaman adat ini tumbuh.

Upacar ini ditujukan untuk mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan atas kelimpahan berkah dan rezeki yang diberikan. Berharap dengan larung sesaji ini, rezeki mereka akan lebih baik lagi. Sehingga, terus meningkat dari tahun ke tahun. Baca juga: Tempat Wisata di Jogja Terbaru.

Alamat Dan Rute Lokasi

rute menuju pantai baron
foto: https://www.instagram.com/hermawan_setiadi/

Alamat lokasi pantai baron berada di Rejosari, Kemadang, Tanjungsari, kabupaten Gunung kidul, Daerah istimewa Yogyakarta. Ada dua cara yang bisa ditempuh di kawasan ini. Pertama dengan menggunakan kendaraan pribadi dan kedua menggunakan transportasi umum.

Bila, menggunakan transportasi umum, wisatawan bisa memulainya dari terminal bus Giwangan Yogyakarta. Naik bus dengan tujuan Terminal Wonosari. Dari terminal wonosari lanjytkan perjalanan dengan menggunakan bus tujuan Pantai Baron. Baca juga: Pantai Baru di bantul.

Harga Tiket Masuk Pantai Baron

harga tiket masuk pantai baron
foto: https://www.instagram.com/jakafaturrohman/

Harga tiket masuk pantai Baron cukup murah. Hanya dengan 10 ribu ruoiah saja. Wisatawan bisa menikmati kawasan ini, ditambah dengan beberapa pantai yang ada di sepanjang pantai baron. Menarik bukan? Jadi, harga 10 ribu bisa dibilang sebagai harga yang paling murah.

Tetapi, untuk biaya oarkir tetap harus membayar di setiap pantai yang dipijaki. Harga parkir yang harus dibayar pun juga cukup murah. Hanya dengan 3 ribu rupiah bagi pengguna motor dan 5 ribu rupiah bagi yang menggunakan mobil. Baca juga: Tempat Nongkrong di Jogja Terbaru.

Bagaimana dengan penampilan Pantai Baron saat ini, menarik bukan? Ayo datang ke tempat ini. Rasakan keindahan baru dari sebuah kawasan pantai klasik di Gunung Kidul. Jangan lupa membawa kamera agar bisa jepret-jepret dan mengabadikan setiap momen yang ada di kawasan ini. Pantai baron sudah menunggumu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here