Pantai Cemara Sewu inilah kawasan baru di Bantul. Pantai yang sedang menanjak ini seakan menjadi ancaman bagi kedua kawasan yang sudah tenar terlebih dahulu. Karena, pesonanya yang luar biasa membuat banyak wisatawan melirik kawasan ini. Apalagi, lokasi pantai cemara sewu. Tidak jauh dari parangtritis dan depok.

Bila di lihat lebih dalam lagi, kawasan ini mirip dengan pantai goa cemara yang juga berada di Bantul. Tetapi, tempat ini lebih diatasnya lantaran memiliki pesona yang lebih menggoda. Sama-sama memiliki pesona cemara. Tetapi dari segi keteduhan dan ketenangan kawasan ini memang juara.

Pohon Cemara

spot foto pantai cemara sewu
foto: https://www.instagram.com/rieta_adis/

Saat pertama kali masuk ke kawasan ini, wisatawan akan di sambut dengan pohon cemara. Salah satu ciri khas utama dari pantai ini. suasannya sejuk, teduh, dan damai langsung meresap ke hati. Inilah yang menjadi pesona utama saat wisatawan berkunjung ke kawasan ini.

Rimbunnya pepohonan ini membuat sengatan sinar matahari tidak menembus kawasan ini. Gazebo-gazebo yang berdiri diantara cemara ini menjadi penggoda agar wisatawan mau berlama-lama. Kesejukan akan semakin terasa saat semilir angin berhembus lirih, menerpa kulit yang basah akan keringat.

Pohon cemara ini cukup luas, dimana setiap titiknya adalah kawasan spot genic. Saking spot genicnya, kawasan pantai cemara ini juga digunakan sebagai tempat prewedding. Maka. Tak heran bila banyak komunitas fotgrafi berkunjung ke tempat ini mengambil kenangan yang tidak akan terlupakan.

Berada disini, membuat wisatawan lupa, bila tempat ini adalah kawasan pantai. Karena, bagi wisatawan pecinta selfie. Maka, wisatawan membutuhkan waktu yang cukup banyak menghabiskan setiap titik di sini.

Keunggulan tempat ini terletak di kebersihannya. Tidak ada sedikit pun sampah atau dedaunan kering yang berserakan. Selain, sudah ramah akan sampah. Petugas kebersihan dengan sigap membersihkan kawasan ini tanpa kenal lelah.

Apabila lapar, wisatawan bisa membeli beberapa aneka kuliner yang telah tersedia di kawasan ini. menikmati makan diluar memang paling menyenangkan. Di tempat ini tersedia bakso, mie ayam, dan berbagai macam kuliner dengan cita rasa boleh diadu. Dari segi harga, tempat ini menawarkan harga makanan yang cukup bersahabat. Baca juga: Pantai Baron yang berlokasi gunungkidul jogja.

Kawasan yang Ramah

tempat foto di pantai cemara sewu
foto: https://www.instagram.com/msyaniii_/

Bagi wisatawan yang takut anak-anak akan bermain ke tengah laut. Disini, ada tempat bermain yang ramah untuk anak. Seperti arena prosotan yang mampu menghadrikan keseruan. Selain itu, ada yang jual balon-balon sabun udara dan kincir angin. Masih ingat permainan kuda-kudaan di taman kanak-kanak? Disini hadir dengan warna-warni yang akan menarik perhatian.

Dengan banyaknya permainan ini. Anak-anak akan lupa dengan kawasan pantai yang sebenarnya menjadi daya tarik utama. Luasnya kawasan cemara juga bisa dijadikan salah satu faktor mengalihkan perhatian.apalagi, disini ada juga yang menyewakan hammock yang bisa dijadikan seru-seruan.

Tidak hanya ramah untuk anak saja. tetapi, bagi wisatawan yang ingin mengadakan outbond. Tempat ini pun juga sangat ramah. Bahkan, tak jarang bila pada hari minggu, banyak gazebo-gazebo yang digunakan untuk kegiatan kantor, atau juga mahasiswa. Lihat juga: wisata Pantai Derawan, surga dari kalimantan selatan.

Area Pantai

lokasi pantai cemara sewu
foto: https://www.instagram.com/randisukmana4/

Setelah puas menikmati area pohon cemara, saatnya kita berkeliling menikmati pesona pantainya. Saat memasuki kawasan ini ada sebuah jembatan yang seakan menjadi pintu gerbang tempat ini. Jembatan ini lah yang biasa digunakan sebagai tempat selfi pantai cemara sewu Yogyakarta.

Selain itu, ada juga ayunan yang menghadap ke pantai. Disisi ini, wisatawan bisa romantis-romantisan dan kembali ke masa kanak-kanak yang penuh dengan keceriaan. tidak ketinggalan pula tempat penyewaan ATV untuk kebut-kebutan di sepanjang bibir pantai.

Apabila enggan untuk berjalan jauh dan ingin menikmati wahana yang berbeda. Wisatawan bisa menggunakan jasa jeep. Dimana, jeep ini hampir sama dengan jeep tour merapi. Wisatawan akan diantar ke berbagai tempat dengan berbagai macam pilihan jarak. Harga yang akan dibayar, akan disesuaikan dengan jarak yang ditempuh

Mungkin memang sedikit mahal. Tetapi, rasakan sensasi yang berbeda dengan menggunakan jeep ini. apalagi, saat melintas di gumuk pasir. Wisata jeeo ini bisa dijadikan sebagai alternatif dan cara lain dalam menikmati pantai cemara sewu.

Pantai Cemara Sewu Bantul juga menghadirkan delman untuk berkeliling pantai. Delman, yang saat ini memang sangat langka ini menjadi sebuah wahana yang menyenangkan. Dari ujung sampai ke ujung, wisatawan akan diantar melihat pepohonan cemara dari sisi yang berbeda. Simak juga: wisata Pantai Bandengan Jepara.

Sayangnya

Nasib pantai cemara sewu ini sekiranya hampir sama dengan nasib pantai goa cemara. Lantaran, area pantai yang kotor karena bawaan dari air laut. Pemandangan yang berbanding terbalik memang dengan kawasan di sekitar cemara.

Selain itu, di tempat ini para oengunjung pun kurang begitu memahami arti kebersihan. Perlu diakui, di area pantai memang tidak ada tempat sampah. Berbeda di area pinus yang sudah disediakan tempat sampah. Bila dilihat lebih dalam lagi, kawasan ini lebih mrip seperti pantai kuta yang sedikit tidak terawat engan baik.

Selain itu, kotoran hewan ada dimana-mana. Inilah yang harus diperhatikan oleh orang tua. Seperti kita ketahui, kotoran hewan bisa mengakibatkan infeksi. Hal yang fatal bila sampai terjadi. Oleh karena itu, jangan sampai lepas alas kaki saat bermain-main disini.

Alamat Dan Rute Lokasi

rute menuju lokasi pantai cemara sewu
foto: https://www.instagram.com/lensabutut/

Alamat pantai cemara sewu jalan pantai parangkusumo, Desa parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. menuju kawasan ini paling mudah dari pantai depok. Karena kawasan ini sebenarnya berada di sebelah pantai depok sekitar 1 km ke arah utara.

Setelah melewati pos retribusi. Arahkan kendaraan menuju ke pantai depok. Sebelum masuk ke gapura pantai belokkan kendaraan ke kiri. Ikuti jalan hingga sampai di kawasan pantai cemara sewu yang berada di kanan jalan. Bagimana, mudah sekali bukan rute pantai cemara sewu jogja ini. Baca juga: Pantai Banyu tibo di pacitan.

Harga Tiket Masuk Pantai

harga tiket masuk pantai cemara sewu
foto: https://www.instagram.com/mashitafandia/

Harga tiket masuk pantai cemara sewu adalah 10 ribu rupiah. Tetapi, penarikannya di pintu gerbang pantai parang tritis atau pantai depok. Sesampainya di kawasan ini, wisatawan hanya akan dikenakan biaya parkir saja. untuk motor akan dikenakan biaya sebesar 5 ribu rupiah. Untuk mobil akan dikenakan biaya sebesar 10 ribu rupiah.

Jangan lupa untuk pergi ke beberapa pantai yang ada disini. pantai-pantai yang masih sepi, yang belum terjamah oleh wisatawan. Terutama pantai pelangi. Pantai yang letaknya paling dekat dengan kawasan ini. atau berkunjung ke gumuk pasir dan melakukan snadbording yang super kece.

Selain itu, sepanjang jalan kenangan ini ada beberapa wahana spot selfie berupa taman-taman bunga kalosi yang menarik. Spot selfie ini memang di buat kekinian agar banyak wisatawan berkunjung ke sini. Baca juga: wisata pantai baru Bantul.

Keindahan itu memang harus dijaga dengan baik agar tetap tercipta sebuah keindahan. Mungkin, kita sudah sampai di akhir penjelajahan pantai cemara sewu. Berkunjung ke tempat ini tidaklah rugi. Karena, pesona cemaranya yang menawan mampu meluluhkan hati. Ayo datang dan nikmati keteduhannya di Pantai Cemara Sewu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here