Pantai Pok Tunggal sering disebut sebagai surga yang tersembunyi atau The Hidden Paradise dan menjadi wisata andalan di Gunung Kidul. Pok Tunggal menjadi salah satu dari sekian banyak wisata Gunung Kidul berbasis pantai yang menyajikan panorama alam menakjubkan.

Wisata Pantai Pok Tunggal Jogja dikelilingi oleh tebing perbukitan karst atau kawasan batu gamping yang eksotis. Yang dimana pada tebing-tebing nya ditumbuhi oleh pepohonan lebat dan didalamnya di huni oleh kera-kera jinak.

Aneka daya tarik Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul cukup melimpah, contohnya adalah adanya aliran sungai air tawar dibawah tanah. Aliran sungai air tawar dibawah tanah ini menjadi sumber kehidupan bagi beberapa masyarakat di sekitar Pantai Pok Tunggal Yogyakarta.

Harga Tiket Masuk Pantai Pok Tunggal

harga tiket masuk pantai pok tunggal
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/101754094843627646161

Seperti pantai selatan pada umumnya, Pok Tunggal memiliki pasir putih halus yang membentang sepanjang pantainya. Sampai hari ini, kealamian Pantai Pok Tunggal Jogja sangat terjaga, baik kebersihan maupun kondisi alamnya tak perlu diragukan lagi.

Nama Pok Tunggal sendiri diambil karena dipantai ini terdapat sebuah pohon duras tua yang masih berdiri dengan kokoh. Kawasan Pantai Gunung Kidul satu ini menarik minat banyak sekali wisatawan dari berbagai daerah.

Jadi tak heran jika di setiap harinya, pantai hits satu ini selalu dipadati oleh banyak pengunjung, terutama saat hari libur. Keindahan yang disuguhkan seolah tak pernah habis dan membuat banyak wisatawan merasa betah untuk berlama-lama liburan disini.

Dan untuk bisa merasakan serunya mengisi waktu santai disini, maka anda tak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Harga tiket masuk Pantai Pok Tunggal sangat ramah dikantong, yakni hanya Rp10.000 saja per orangnya.

Setiap pengunjung juga harus membayar retribusi parkir kendaraan, sesuai tarif yang sedang berlaku di kawasan wisata Pok Tunggal. Anda bisa kapan saja berwisata ke Pantai Pok Tunggal Jogja, karena terbuka untuk umum selama 24 jam penuh.

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat pantai pok tunggal
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/117456399223204521457

Lokasi Pantai Pok Tunggal cukup strategis dan mudah untuk ditemukan keberadaannya dari berbagai arah kedatangan. Alamat Pantai Pok Tunggal terletak di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jika dari pusat kota Gunung Kidul/Alun-Alun Wonosari, maka jarak yang musti ditempuh untuk ke Pok Tunggal sekitar 27,8 km. Sedangkan apabila dari pusat Yogyakarta atau titik 0 kilometer, maka diharuskan menempuh perjalanan sejauh kurang lebih 70 km.

Pok Tunggal berada di satu garis pantai yang sama dengan pantai-pantai lain di Gunung Kidul. Yaitu Pantai Watumalang, Daud, Kajar, Waturene, Seruni dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tak perlu bersusah payah untuk bisa sampai di kawasan wisata Pantai Pok Tunggal Jogja sebab akses jalan utamanya sudah bagus. Semua kendaraan akan dengan mudah melintasi, ditambah banyaknya plang petunjuk arah ke Pantai Pok Tunggal yang telah terpasang.

Apabila anda masih bingung dengan rute jalurnya, sebainknya gunakan petunjuk akurat pada maps dibawah ini.

Datang juga ke –> Kalisuci Cave Tubing siap menantang adrenalin anda.

Fasilitas

fasilitas pantai pok tunggal
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/109483283061860485978

Termasuk pantai Gunung Kidul yang favorit sebagai tujuan berlibur, dan seperti tak pernah sepi dari kunjungan para pelancong. Sudah di tunjang oleh berbagai sarana prasarana yang terbilang memadai.

Berikut ini fasilitas Pantai Pok Tunggal di Gunung Kidul Jogja yang antara lain meliputi :

  • Tempat parkir kendaraan luas
  • Pusat informasi wisata
  • Kamar mandi / toilet umum
  • Fasilitas air bersih
  • Mushola
  • Gazebo
  • Kios jajanan
  • Warung wisata
  • Rumah makan
  • Area berkemah
  • Area bersantai
  • Aktivitas seru
  • Spot foto melimpah

Nikmati beragam suguhan menarik di Pantai Pok Tunggal dalam rangkaian berwisata bahagia bersama dengan orang-orang tercinta. Salah satunya dengan menjajal aktivitas seru seperti, diving, snorkeling, berenang, berkemah hingga rock climbing.

Kunjungi juga –> Telaga Jonge yang menawan.

Spot Terbaik di Pantai Pok Tunggal

spot terbaik pantai pok tunggal
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/104597949810929124472

Mata anda akan dibuat terpana dengan banyak panorama alam mempesona khas wisata bahari yang luar biasa indahnya. Seperti pasir putih yang bersih dan halus, ciri khas dari pantai selatan seperti pada umumnya.

Pasir putih Pantai Pok Tunggal terlihat begitu memikat dan membuat nuansa selama rekreasi lebih seru serta asyik. Tak ketinggalan tebing karst yang mengelilingi area pantai dengan pohon-pohon hijaunya juga tak kalah menarik untuk dilihat secara lebih dekat.

Aneka landscape mengagumkan yang bisa anda temukan disini dapat dimanfaatkan sebagai backgrond untuk hasilkan foto instagenic. Abadikan momen sebanyak-banyaknya pada spot terbaik di Pantai Pok Tunggal yang menarik perhatian anda dengan segudang daya tariknya.

Maka perlu untuk sedia kamera saat akan berlibur agar mampu merekam semua hal-hal menyenangkan yang terjadi.

Review sebelumnya –> Goa Lowo yang penuh misteri.

Tips Berkunjung

tips berkunjung Pantai Pok Tunggal
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/113459022125651515362

Anda dapat menjadikan tips berkunjung dibawah ini sebagai tambahan referensi ketika akan rekreasi ke Pantai Pok Tunggal.

  • Berlibur ke pantai akan menjadi lebih maksimal jika dilakukan pada saat cuaca cerah dan sedang tidak hujan.
  • Pagi dan sore hari tentu menjadi waktu yang paling digemari oleh banyak orang untuk menghabiskan waktu disini.
  • Selalu buang sampah pada tempatnya dan ikut serta menjaga kebersihan area wisata Pantai Pok Tunggal.
  • Para pengunjung agar bisa memahami dengan baik tata tertib beserta aturan yang berlaku di Pok Tunggal Gunung Kidul.
  • Hati-hati dan selalu waspada selama beraktivitas dan melakukan kegiatan liburan di Pantai Pok Tunggal Jogja.

Jadi itu tadi, Pok Tunggal yang merupakan Pantai Gunung Kidul dengan pasir putih yang menawan. Pantai Pok Tunggal sangat rekomneded untuk dijadikan tujuan melepas penat, bersenang-senang, dan jalan-jalan seru selama waktu libur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

twelve + 11 =