Makanan khas Jombang memang tiada duanya. Di kota ini Anda bisa mendapatkan banyak makanan unik dan tidak biasa. Kota yang disebut kota santri menyajikan makanan yang diolah dengan hidangan lezat. Bagi para pengunjung, jangan bingung memilih makan apa. Makanan di sini tersedia dengan ragam masakannya.

Memang Kota Jombang jarang dijadikan destinasi wisata. Namun, kota ini sangat strategis. Berada di jalur lintas utara, dan selatan Pulau Jawa (Surabaya-Madiun-Solo-Yogyakarta), dan jalur Surabaya-Tulungagung, serta jalur Malang-Tuban.

Maka, tak jarang banyak wisatawan yang hanya ‘mampir menyenangkan’ ke kota ini sebelum melalukan perjalanan jauh lagi. Namun, jangan hanya mampir icip makanan di sini pun sah-sah saja. Nah, dari pada panjang lebar, berikut makanan yang wajib di sertai kompilasi singgah ke Jombang.

1. Sop Buntut Bakar

Makanan enak di Jombang
foto dari https://www.instagram.com/batamdine/

Penggemar sop buntut, wajib coba sop buntut bakar asli Jombang. Buntut sapi yang dibakar sebelum dituang kuah sop demi nikmat. Cara pembuatannya rumit, ini lah yang membuat cita rasa sop makin aduhai.

Sop Buntut Bakar menjadi Legenda di Jombang. Makanan khas Jombang Jatim ini selalu diserbu pengunjung. Karena buntutnya empuk dan lembut. Buntut dari kuliner ini dibuat dengan cara direbus dahulu kemudian dibakar. Namun tidak dibakar di tungku, ditempatkan di atas wajan anti lengket.

Bumbunya pun meresap hingga ketulang buntut. Sebab, direbus lama dan diberi bumbu saat direbus. Saat dibakar atau diberi bumbu rempah-rempah kecap. Kaya rasanya makin kaya.

Karena dibakar menggunakan kecap dan rempah-rempah lainnya, membuat penyajian sop buntut ini dipisah dari kuahnya. Takut kecampur dan kuah jadi kecoklata serta bumbu di sop buntut jadi hilang. Kuah sop ini pun berisi irisan kentang dan wortel. Rasa kuahnya gurih asin.

Harga perporsi sup buntut ini hanya 15 ribu rupiah saja. Karena legendaris dan menjadi primadona, sop buntut ini menjadi kegemaran keluarga cendana di cikeas. Wow! Makin penasaran seenak apa sop buntut bakar Jombang ini bukan?

2. Kue Jenang Kupas

makanan khas jombang yang enak
foto dari https://www.wisatakuliner.com/

Lagi pengen makan yang manis-manis saat ke Jombang. Jangan khawatir, sebab di Jombang ada kuliner kue Jeneng Kupas. Makanan ringan khas Jombang ini tampak seperti dodol. Rasanya pun manis manis.

Warna dari jenang ini kecoklatan, sepintas tidak menarik. Namun, setelah diikutkan bikin ketagihan. Tidak cukup hanya makan satu saja. Jenang kupas ini bisa didapat di pusat belanja dan di pasar-pasar tradisional Jombang. Karena makanan ini merupakan jajan pasar yang disediakan.

Bentuk dari kue jenang kupas ini bermacam-macam. Ada yang bulat seperti onde-onde, dan persegi. Nama dari jenang kupas sendiri diambil dari cara makannya. Yakni, jenang ini sudah dikupas, jadi kamu tak perlu susah-susah mengupas kulitnya.

Namun, jika ingin dibawa oleh, tentu saja jenang kupas dibungkus menggunakan plastik. Kemudian dipak dalam kardus. Untuk mendapatkan jenang ini cukup membayar 15 ribu rupiah saja. Anda dapat membawa pulang jenang untuk anggota keluarga di rumah.

3. Kikil Jombrangan

makanan enak khas jombang jawa timur
foto dari https://www.IDNTImes.com/

Wisata kuliner di Jombang agak sulit karena kota ini sulit digunakan tempat wisata. Namun, kompilasi kunjungan ke sini, coba menu kikil jombrangan. Kuliner ini sangat diminati warga karena rasanya yang nikmat.

Kikil sendiri merupakan kulit sapi atau kerbau. Kenyal saat dimakan dan teksurnya halus di bagian bawah kikil dan kasar di atas. Kikil Jombrangan merupakan nasi dengan potongan kikil serta sayur labu dan beberapa lauk lainnya.

Kuliner ini dipincuk dengan daun pisang agar mudah dikumpulkannya. Wadahnya yang praktis serta menunya yang lezat ini selalu jadi kesukaan warga untuk makan siang. Kikilnya pun empuk, sebab berjam-macet agar tidak keras. Serta diberi bumbu-bumbu, sehingga kikilnya pun bercitarasa.

Nasi kikil jombrangan ini pun bisa ditambah lauk lain seperti babat, tahu goreng, dan daging suwir. Harga dari makanan ini pun relatif murah. Hanya 15 ribu rupiah saja sudah bisa mendapatkan kenikmatan kikil jombrangan ini.

4. Sate Ringin Contong

Makanan enak khas jombang jawa timur
foto dari https://www.wisatakuliner.com/

Mengunjungi ke kampung halaman Gus Dur, Jombang. Jangan sampai melewatkan kuliner sate ringin contong. Makanan khas daerah Jombang ini memiliki citarasa yang lezat. Bagi penikmat daging kambing, tentu saja harus mencoba menu yang satu ini.

Sate ringin contong lokasinya agak sedikit memusingkan. Lebih bagi para wisatawan yang baru datang ke Jombang. Pasti pusing mencari lokasi. Namun, ini bisa dijadikan tantangan mencari makanan yang lezat.

Sate Ringin terletak di Bundaran Ringin Contong. Nah, sate ringin contong ini berada di belakang mini market. Anda juga harus melewati gang kecil untuk menikmati sate ini. Namun, tak perlu khawatir kini sate ringin contong kini juga buka di kawasan Jl. KH. Wahid Hasyim. Lokasi ini tentu saja lebih mudah diakses.

Nama ringin contong ini berasal dari lokasi berjualannya yaitu Bundaran Ringan Contong. Biasa dikenal juga dengan Sate BRC. Nah, di sini tidak hanya sate kambing saja. Namun warung ini juga menyediakan gulai kambing. Nah, sudah siap berpesta kambing di warung sate ringin contong bukan?

Coba juga –> 12 Makanan Khas Sidoarjo Terbaru

5. Pecel Rengkek

makanan enak di jombang
foto dari https://www.viva.com/

Dari deretan kuliner Jawa Timur yang selalu ada menu pecelnya. Jombang pun tidak mau ketinggalan. Nah, kompilasi ke Jombang, pecelnya berbeda dari pecel terbesar di Jawa Timur. Namanya pecel rengkek.

Pecel Rengkek tidak dijual sembarang waktu. Makanan ini hadir kompilasi pagi saja. Oleh karenanya siap-siap bangun pagi jika ingin icip kuliner ini. Meski harus bangun pagi, untuk mendapatkan pecel ini pun sulit. Alasan banyak penjual yang menjajakan keliling di jalan protokol.

Para pembeli pecel ini beragam, ada orang kantoran yang menyajikan hidangan di jalan. Atau ibu-ibu. Sementara para olahragawan yang mencari sarapan selepas olahraga pagi. Banyak pembeli yang senang menikmati sarapan pecel karena menyehatkan.

Bedanya dari pecel kebanyakan, pecel rengkek punya sayur yang beragam. Seperti kangkung, bayam, irisan selada, mentimun, daun pepaya, tauge, dan wortel. Sangat sehat bukan untuk dikonsumsi di pagi hari? Nah, untuk lauk pun tersedia variasi seperti rempeyek ebi, rempeyek kacang, telur ceplok, dan serundeng. Soal harga tak perlu khawatir, untuk mendapatkan sarapan sehat ini hanya butuh 5 ribu rupiah saja.

Untuk penyajian pun masih tradisional yaitu menggunakan pincuk daun pisang. Anda pun bisa makan di sembarang tempat, seperti di taman kota, tempat duduk di dekat terminal, di dalam mobil pribadi atau di mana saja. Asal jangan lupa untuk membuang sampah.

6. Ketan Merdeka

makanan enak khas jombang
foto dari https://www.wisatakuliner.com/

Masih dengan makan pagi. Jika menikmati makanan ringan di pagi hari di Jombang. Maka jawabannya adalah ketan merdeka. Wah, dari namanya saja sudah bikin penasaran. Apa sih ketan merdeka ini?

Nah, Makanan ringan khas Jombang ini sudah pasti bisa ditebak bahan dasarnya. Iya, betul dari ketan. Ketannya pun beragam ada ketan putih kemudian hitam ditaburi bubuk parutan kelapa.

Nama merdeka ini diambil dari lokasi berjualan. Yakni di Jalan Merdeka no. 29. Namun, jalan ini sudah berganti nama menjadi Jalan Gus Dur. Tapi nama ketan merdeka tidak berubah. Penjualnya pun masih menggunakan ejaan lama, yaitu ‘Khetan Merdeka’.

Dari sejarahnya saja, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa panagan ini sudah tua. Alias ​​sudah beroperasi lama. Tepatnya ketan ini sudah ada sejak tahun 1960. Oleh karena itu, sudah ada makanan ini dan disebut sebagai kuliner legendaris.

Nah, saking legendarisnya beli ketan ini harus antri dan berebut. Biasanya jam 06.00-07.00 ketan merdeka sudah habis. Para pembeli biasa antri sebelum matahari terbit alias pagi-pagi buta, mereka sudah siap antri. Harganya pun murah yaitu 5 ribu rupiah saja. MAKANAN khas Jombang Murah Penyanyi Selalu Habis SETIAP dikumpulkan.

7. Tahu Pong Gloria

oleh-oleh enak khas jombang
foto dari https://www.jombangcityguide.com/

Kota tahu memang identik dengan Kediri. Namun, Jombang pun tidak mau ketinggalan dengan tahunya. Di kota ini Anda dapat menemukan tahu pong gloria. Tahu pong gloria ini bisa didapat di sawahan, Jogoroto, Jombang.

Lokasi ini sangat mudah dicapai. Siapa saja yang melewati jalan utama Jombang, pasti akan bertemu rumah industri ini. Tahu Pong Gloria pun tidak kalah dengan tahu yang ada di Kediri.Tahu ini garing di luar lembut di dalam. Isinya pun tidak padat saat dimasak ada cairan yang keluar. Bentuknya yang bulat ini membuat tahu mudah dimakan.

Di pusat tahu pong gloria ini Anda juga bisa memilih berbagai jenis olahan tahu. Dari yang mentah hingga matang. Ada keripik tahu siap santap, ada pula tahu yang mentah untuk dibawa pulang. Harga dari tahu ini lumayan, satu kotak tahu $ 40 ribu.

Harga yang mahal sebanding dengan rasanya. Lagi pula, tahu gloria ini dibuat dengan tangan sendiri alias produksi sendiri. Jika Anda ke penjual tahu gloria ini, Anda akan segera melihat hasil dari produksi tahu gloria.

Jadi, tidak masalah bukan merogoh kocek agak dalam karena tahu ini berkualitas tinggi.

8. Es Degan

Kuliner enak khas Jombang
foto dari https://www.instagram.com/kalukulolo_coffee/

Es degan tampak biasa saja. Karena di banyak wilayah tentu menyediakan es degan sebagai minuman pelepas dahaga. Namun apa yang menjadi lebih penting di Jombang dengan es pada umumnya? Mari disimak.

Es degan atau es kelapa muda di Jombang ini istimewa, es degannya kaya hijau. Minuman ini tidak hanya mengandung potongan kelapa muda dan air degan saja. Tapi ada potongan alpukat dan leci. Terdengar berhasil bukan?

Ini lah yang membuat es degan Jombang istimewa. Karena segarnya air degan dipadu dengan alpukat dan tentu saja menambah kesegaran ini. Lebih diminum di siang yang terik. Es ini bisa didapat di sepanjang Jalan KH. Abdurrahman Wahid.

Para penjualnya pun khas dengan gerobak merah dan hijau. Warna yang melambangkan kota Jombang. Harganya pun terjangaku. Untuk mendapatkan segelas es ini, Anda hanya perlu mengeluarkan 5 hingga 10 ribu rupiah saja. Tergantung dari jumlah isian buah yang Anda pilih.

Baca juga –> 20 Makanan Khas Bali Terbaru

9. Donat Kampung Utami

makanan khas Jombang yang terkenal
foto dari https://www.wisatakuliner.com/

Siapa saja yang suka enak hanya bisa membeli di waralaba besar saja? Saat Anda utama ke Jombang wajib mencoba donat di kampung utami. Donat ini pun sudah sampai manca negara dan penjualnya diterima omzet disetujui juta setiap pertemuan.

Donat Kampung Utami (DKU) ini dibuat oleh Rosidah Widya Utami. Saat ini dia mulai berjualan dengan peralatan sederhana yang dia punyai. Kualitas rasanya pun sama dengan donat-donat yang ada di mal. Dengan mempertimbangkan banyak yang melihat DKU ini sebagai donat kampung rasa mal.

DKU pun hadir dengan berbagai rasa dengan varian toping yang bermacam-macam. Serta hiasan yang lucu. Seperti keju, stroberi, coklat, kacang, dan lainnya. Untuk mendapatkan donat ini pun tak perlu membeli seharga donat mal. Per bijinya menghabiskan 500 hingga 5.000 rupiah saja.

Bagaimana? Donat murah mengingat ini rasanya seperti donat di franchise ternama. Nah, Anda juga bisa membawa donat ini oleh-oleh. Harganya murah dan rasanya pun lezat.

10. Onde-onde Kacang Merah

Oleh-Oleh Khas Jombang
foto dari https://www.instagram.com/cabemicin/

Onde-onde merupakan jajanan sejuta umat. Makanan bulat kecil itu banyak digemari masyarakat umum. Di Jombang ada onde-onde yang unik. Yaitu onde-onde kacang merah.

Makanan yang berbahan tepung beras ketan dan diselimuti biji wijen di luarnya ini punya berbagai macam isisan. Salah satunya adalah isian kacang merah. Onde-onde isi kacang merah ini menjadi kuliner asli Jombang.

Anda pun bisa mendapatkan makanan ini dengan mudah. Misalnya ada di sepanjang Jalan Mojowarno hingga pasar Cukir. Para pembelinya suka ibu-ibu pasar yang mau pulang. Sesekali Anda akan melihat antrian ibu-ibu membawa sayur untuk mendapatkan onde-onde ini.

Makanan ringan khas Jombang ini harganya sangat murah. Satu butir onde-onde berdiameter 5 cm saja ukuran 500 rupiah saja. Jika Anda membeli 5.000 rupiah sudah bisa bawa 10 butir onde-onde kacang merah. Sangat murah bukan?

11. Ayam Panggang Urap

makanan enak khas jombang
foto dari https://www.instagram.com/cabemicin//

Bosan dengan daging sapi dan kambing yang menjadi makanan khas di Jombang. Tenang di sini ada kuliner dari ayam. Yaitu ayam panggang urap.

Ayam Bakar urap ini bumbunya khas dan enak. Bumbunya juga merupakan resep turun temurun. Dan rasanya pun masuk ke tulang ayam. Selain itu, ayamnya mengguanakan ayam kampung jadi lebih gurih.

Makanan khas Jombang yang paling enak ini proses memasaknya panjang. Tak heran jika banyak orang tahu ini kaya rasa dan bumbunya dahsyat. Memanggang ayam ini dua kali, tentu saja agar bumbu meresap sempurna.

Alat memangganya pun menggunakan anglo dan arang. Aroma cita rasa dan aroma bakarannya pun khas. Ayam ini pun tahan sampai 24 jam. Tak heran banyak wisatawan yang mau pulang masakan ini.

12. Sego Sadukan

makanan enak khas jombang
foto dari https://www.instagram.com/cabemicin/

Terakhir makanan yang janga sampai dilewatkan adalah Sego Sadukan. Makanan ini mengandung sekepal nasi dengan mie, lauk tahu tempe yang diiris kecil dan ikan teri. Terdengar sederhana namun menyenangkan.

Sederhana ini menjadi primadona karena rasa sambalnya yang super pedas hingga bisa bikin melek. Nasi ini pun banyak diburu setuju yang menggemari rasa pedas. Cara bungkusnya pun juga sederhana, yaitu dengan pincukan daun pisang.

Untuk seporsi sego sadukan ini dibatalkan 15 ribu rupiah saja. Anda pun bisa mendapatkan nasi ini di warung-warung kopi pinggir jalan protokol Jombang.

Review Sebelumnya –> Makanan Khas Klaten

Makanan Khas Jombang beragam bukan? Ada yang mengenyangkan dan bisa dibawa pulang. Mengunjungi ke kota santri ini membuat asik jika icip-icip makanan khasnya. Tunggu apa lagi jangan ragu untuk coba makanannya.

Explore Telaga Sunyi Baturraden Yang Masih Sepi Banget

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here