Makanan Khas Klaten rupanya beragam. Ada masakan berbahan ayam, bebek, ikan, bahkan katak. Kuliner yang sangat jarang ditemukan di kota-kota lain ini wajib anda coba. Sayang, jika sudah ke Klaten namun melewatkan satu makanan.

Meski sajian makanan di Klaten cukup beragam, anda tak perlu bingung harus memilih yang mana. Di sini akan dijelaskan mengenai detail kuliner itu. Tentunya dengan beberapa penjelasaan mengenai cita rasanya.

Nah, tak perlu berlama-lama lagi, mari dibaca dengan baik tentang penjelasan tiap kulinernya:

1. Sop Ayam Pecok

Makanan Khas Klaten jawa tengah
foto: https://www.instagram.com/ika.rizal/

Tidak hanya Sop Ayam Pak Min Klaten yang terkenal dan sudah ada di berbagai daerah. Jika ke Klaten ada Sop Ayam Pecok yang perlu anda coba.

Menu ini sedikit berbeda dengan kebanyakan sop lainnya. Isinya ada daging ayam, wortel, kentang, bawang goreng dan kuah kaldu ayam. Bedanya, anda bisa milih dagingnya.

Penjual dari Sop Ayam ini lah yang akan memotongkan untuk anda langsung.

Nah, bagian daging ayam yang mana yang menjadi pilihan anda langsung dipotong atau orang Klaten menyebutnya dengan dipecok.

Orang Jawa kebanyakan menyukai bagian kepala, brutu, paha, sayap dan jeroan. Anda pun bebas untuk memilih. Tentu saja, ayamnya sudah dalam keadaan matang dalam rebusan. Karena bisa memilih sendiri, tentu anda akan merasa lebih puas.

2. Bakmi Miroso

Makanan Khas Klaten paling enak
foto: https://www.instagram.com/bramadiyaksa/

Siapa penggemar mie? Ada kabar baik buat anda pecinta mie yang sedang berada di Klaten. Karena kota ini punya Bakmi Miroso.

Makanan khas Klaten paling enak itu berada di Restoran Chinese Food, terkenal dengan kelezatannya. Berlokasi tak jauh dari Alun-alun Klaten.

Mienya kenyal dan cita rasa chinese yang begitu kental. Selain itu, di sini anda juga bisa memesan makanan lainnya. Ada Koloke Ayam, Mie Ayam, Nasi Goreng, dan Cap Cay. Nah, untuk bisa mendapatkan ini anda bisa datang sekitar pk 08.00-21.00. Jadi anda tak perlu takut kehabisan.

3. Geplak

Makanan Khas Klaten yang murah
foto: https://www.instagram.com/arrania_handmade/

Selanjutnya ada, makanan Klaten Jawa Tengah  yaitu Geplak. Makanan ini berwarna-warni dan rasanya manis. Geplak ini merukapan kudapan yang terbuat dari parutan kelapa. Kemudian parutan kelapa itu dimasak menggunakan gula.

Setelah matang, lalu dibentuk bulat-bulat. Uniknya, Geplak ini diberi pewarna buatan seperti merah, putih, coklat, dan hijau. Jadi, jika dari kejauhan anda melihat bola-bola berwarna-warni sudah pasti itu adalah Geplak.

Makanan ini pun bisa dijadikan sebagai oleh-oleh kepada keluarga. Sudah pasti anak-anak suka karena rasanya manis seperti makan permen. Untuk memperoleh Geplak anda hanya perlu datang ke pusat oleh-oleh saja.

4. Bebek Bacem

bebek bacem
foto: https://www.instagram.com/azzahra_frozenfoodjogja/

Kalau makan bebek goreng, bebek panggang itu rasanya sudah biasa bukan? Di kota-kota lain juga banyak yang menjajakan bebek seperti itu. Nah, anda beruntung jika sedang ke Klaten akan menemukan masakan bebek dengan cara yang berbeda. Yaitu dibuat bacem.

Bebek bacem ini dimasak dengan cara direbus menggunakan gula jawa hingga airnya hilang. Rasanya pun jadi agak manis dan daging bebek jadi makin coklat. Nah, tidak berhenti di situ, Bebek Bacem tadi lantas digoreng hingga kering.

Jangan ditanya rasanya, sudah pasti lezat. Makanan khas Magelang paling enak ini dihargai 30 ribu rupiah. Sedikit mahal namun sepadan dengan rasanya.

5. Ayam Bakar Khas Klaten

Ayam Bakar Khas Klaten
foto: https://www.instagram.com/novitadewi_wulandari/

Ayam selalu menjadi makanan yang tidak bisa dihindari. Hampir setiap saat banyak orang mengonsumsi ayam. Nah, jika di Klaten anda bisa mencoba Ayam Bakar khas Klaten.

Ayam Bakar Klaten ini khas karena menggunakan bumbu rempah yang beda dari yang lain. Jika ayam bakar kebanyakan hanya berbumbu kecap saja, tidak dengan Ayam Bakar khas Klaten ini. Menu makanan ini dibuat dengan bumbu santan dan gula merah.

Jadi, sebelum dibakar, ayam tersebut direbus menggunakan santan dan rempah tadi. Istimewanya lagi kuliner ini menggunakan ayam kampung muda.

Tentu saja rasanya gurih sedikit manis dan empuk. Kemudian dicocol dengan sambel trasi yang bikin jadi tambah maknyus.

Ayam Bakar Klaten pun bisa dijadikan oleh-oleh, karena daya tahan ayam ini bisa 3 hari jika masuk kulkas. Anda juga bisa memesan ayam utuh, sehingga bisa dinikmati bersama keluarga besar.

Baca juga –> Makanan Khas Semarang Terbaru

6. Wajik Klaten

Wajik Klaten
foto: https://www.instagram.com/yuniarsih546/

Masih dengan makanan yang memiliki cita rasa manis. Tapi kali ini tidak terlalu mengenyangkan. Dia adalah Wajik Klaten. Panganan ini merupakan kudapan yang bisa menemani anda di pagi hari. Karena Wajik Klaten biasa dijual di pasar tradisional yang buka pagi.

Wajik dibuat dari ketan yang diberi gula jawa atau gula tebu. Kemudian dibentuk menyerupai kerucut. Cara membuatnya ialah dengan merebus ketan dengan santan lalu diberi gula. Lalu dibentuk sesuka hati. Biasanya bentuknya kerucut atau hanya persegi.

Orang Klaten biasa menggunakan ketan wajik. Itulah asal dari nama wajik ini. Nah, harganya pun murah dibandrol 2 ribuan saja. Makanan  khas Klaten yang murah ini tidak tahan lama, jika dibiarkan lama wajik menjadi keras dan sulit dimakan.

7. Sego Wiwit

Sego Wiwit
foto: https://www.instagram.com/primahapsari83/

Kali ini ada makanan di Klaten yang memiliki filososi cukup unik. Yaitu Sego Wiwit. Sego ini muncul karena tradisi sedekah pada bumi atas hasil panen yang melimpah. Biasanya para petani merayakan ini dengan selamatan sambil makan Sego Wiwit.

Namun sekarang tak perlu tunggu hasil panen, karena Sego Wiwit bisa anda jumpai di depot makan di Klaten. Isi panganan ini berlimpah ada sayuran, lauk dan lalapan. Satu porsi Sego Wiwit ini akan mengenyangkan anda karena lumayan besar.

Nah, selain di depot makan anda juga bisa mencari Sego Wiwit di pasar. Di sana ada banyak penjual yang menjajakan panganan unik ini. Harganya pun murah, yaitu 10 ribu rupiah saja. Sudah pasti kenyang dan bahagia.

8. Sego Gudangan

Sego Gudangan
foto: https://www.instagram.com/ganindari_/

Berikutnya masih dengan makanan yang mengenyangkan. Namun makanan ini sangat menyehatkan, karena semua isinya adalah sayur. Yak, Sego Gudangan namanya. Makanan khas Klaten Jawa Tengah seperti sejenis salad ala orang Jawa.

Isi dari Gudangan ini adalah bayam, kacang panjang, wortel, tauge, bunga turi yang direbus. Kemudian diberi Parutan kelapa yang sudah dimasak sebelumnya. Lalu ditaburi bumbu kacang pedas. Untuk lauk anda bisa pilih tahu atau tempe rebus.

Sangat menyehatkan bukan? Tanpa minyak dan penuh serat. Harga dari Sego Gudangan ini pun sangat murah yaitu 5 ribu rupiah saja. Bagi anda yang vegetarian, pasti sangat cocok dengan menu ini.

9. Slondok

slondok
foto: https://www.instagram.com/canolasnack/

Selanjutnya ada makanan ringan yang selalu diburu pelacong. Namanya adalah Slondok. Panganan ini namanya memang unik.

Slondok merupakan semacam kerupuk asli Klaten. Slondok terbuat dari Singkong yang digiling serta diberi tambahan bumbu. Camilan ini rasanya gurih dan renyah. Tidak heran jika banyak orang yang memburu makanan.

Di balik kelezatan itu, ternyata proses pembuatan Slondok cukup panjang. Yaitu dengan cara singkong yang sudah hancur tadi lalu dijemur hingga kering. Setelah itu baru digoreng hingga kering. Tak ayal makanan ini jadi sangat renyah.

10. Keripik Cakar

Keripik Cakar
foto: https://www.instagram.com/yuknyamilsby/

Masih dengan yang renyah-renyah. Berikutnya ada Keripik Cakar. Kudapan ini pun tak kalah populernya dibanding keripik lain. Karena kerupik ini terbuat dari kulit ceker ayam. Sensasi rasanya pun kress saat dimakan.

Nah, prosesnya pun sama panjanganya. Pertama pisahkan kulit ceker dengan tulangnya. Lalu kulit ceker digelar di atas wadah lalu dikeringkan di bawah sinar matahari. Proses ini tergantung cuaca tentunya. Kalau hujan biasanya dioven.

Setelah itu ceker diberi bumbu lanjut digoreng. Nah, ini yang menentukan rasa sebab bila gosong sedikit Keripik Ceker jadi pahit rasanya.

Lihat juga –> Makanan Khas Tegal Terbaru

11. Soto Bebek

Soto Bebek
foto: https://www.instagram.com/agape.food/

Anda pasti sudah sering makan soto sapi atau soto ayam bukan? Menu ini sangat populer di setiap daerah. Nah, buat anda pecinta makanan berkuah terutama soto. Ada soto unik di Klaten. Yaitu Soto Bebek.

Tentu kaldu dari kuah soto ini terbuat dari rebusan bebek. Serta rempah-rempah lainnya untuk menunjang cita rasa soto. Isi dari soto bebek ini ada kubis, taauge, dan irisan tomat.

Makanan khas Klaten Jawa Tengah  ini cocok dijadikan menu makan siang anda. Kuah kaldu bebek yang segar dan gurih ini membuat siang anda lebih segar.

Tak perlu khawatir soal harga menu unik ini. Karena di Klaten anda bisa membeli soto bebek mulai dari 10 ribu rupiah saja

12. Sego Tumpang Lethok

Sego Tumpang Lethok
foto: https://www.instagram.com/siwiajeng/

Ada pilihan makanan yang mengenyangkan lagi. Kali ini tidak berkuah, yakni Sego Tumpang Lenthok. Nasi ini terdiri sayuran rebus, telur rebus, yang diberi bumbu tumpang atau lenthok.

Panganan ini hampir mirip dengan pecel. Namun bedanya hanya pada bumbunya, yaitu tadi dari lenthok. Di mana Lenthok merupakan campuran tempe, santan yang diberi cabai lalu diuleg halus. Rasanya tentu jadi unik.

Harga dari Nasi Tumpang Lenthok ini pun murah, yakni sekitar 7 ribu rupiah saja. Makanan khas Klaten yang murah ini bisa anda dapat di depot makanan di sepanjang pinggir jalan.

13. Kepelan Khas Klaten

Kepelan Khas Klaten
foto: https://www.instagram.com/kepelanku/

Ingin makan yang gurih-gurih namun tidak ingin kenyang? Nah, di Klaten ada panganan bernama Kepelan. Panganan ini sejatinya sangat sederhana karena hanya berbahan tepung terigu saja sebagai bahan utamanya.

Nah, tepung terigu tadi lantas diberi bumbu seperti bawang merah, bawang putih, merica dan garam. Kemudian dibentuk kepalan-kepalan kecil sebesar yang dimau.

Setelah itu digoreng di minyak panas. Setelah matang, makanan ini bisa dicocol dengan saus cabai atau tomat dan bumbu kacang.

Meski terdengar sangat sederhana, namun camilan ini disukai oleh seluruh lapisan masyarakat. Yang tua dan yang muda pun menyukainya. Harganya juga sangat murah hanya seribu hingga 5 ribu rupiah saja.

14. Swike

Swike
foto: https://www.instagram.com/lily.lobilobi/

Makan ayam, sapi, dan bebek sepertinya terdengar umum. Pernah membayangkan tidak jika makan katak? Hewan amfibi yang biasa keluar saat musim hujan itu diolah menjadi masakan lezat di Klaten. Orang menyebutnya dengan Swike.

Masyarakat Klaten biasanya memasak Swike ini dengan cara yang beragam. Ada yang ditumis kecap, dibumbu tongseng, asam manis, dibuat sup, sampai digoreng krispi. Jadi anda tinggal pilih ingin makan menu yang mana.

Tenang, anda tak perlu khawatir dengan bentuknya, karena kepala kodok sudah dihilangkan. Sekaligus dengan kulitnya, jadi semua aman dimakan. Soal rasa jangan diragukan karena daging kodok ini lembut dan tidak amis. Selain itu, rasanya hampir mirip seperti ayam.

Jadi bagaimana? Penasaran dengan kuliner daging katak yang ada di Klaten ini bukan? Ingin mencoba sensasi langsung makan katak bisa datang ke Klaten, karena banyak pedagang kaki lima yang menjajakan makanan ini.

15. Keripik Belut

keripik belut
foto: https://www.instagram.com/kripik_bu_hardi/

Hampir sama dengan Katak, kali ini ada makanan yang terbuat dari hewan yang hidup di lumpur. Yak, yaitu belut. Binatang melata yang terkenal akan tubuhnya yang licin itu diolah menjadi keripik yang krispi di Klaten.

Sesuai namanya, Keripik Belut ini dibuat dari Belut yang sudah dibersihkan sebelumnya. Terutama dari isi perutnya agar tidak pahit. Selanjutnya belut diberi bumbu seperti bawang putih, bawang merah, ketumbar dan lainya. Biasanya para penjual juga menambahkan jahe atau jeruk nipis untuk menghilangkan amis dari belut.

Selanjutnya Belut dilumuri tempung yang berlimpah lantas digoreng di api panas. Kemudian dimasukan dalam plastik. Camilan ini pun bentuknya panjang-panjang seperti stik.

Baca juga –> Makanan Khas Blitar Terbaru

16. Nasi Trancam

nasi trancam
foto: https://www.instagram.com/terascathering_blora/

Klaten tak henti-hentinya menyuguhkan makanan sehat. Berikutnya ada makanan yang sehat tinggi serat pula. Namanya Nasi Trancam.

Makanan khas Tegal Jawa Tengah ini terbuat dari kacang panjang, mentimun, kol, petai cina, dan kemangi. Kemudian diberi parutan kelapa pedas.

Nah, nasi ini pun biasanya berdampingan dengan ayam goreng atau jeroan. Jika anda ingin menikmatinya tanpa lauk pun sah-sah saja.

Nasi Trancam bahkan disebut-sebut sebagai salad ala Indonesia. Karena bahan-bahannya sehat dan membuat tubuh menjadi segar saat memakannya.

Untuk mencoba makanan ini anda bisa datang ke RM Bu Mayar Cawas, di sana terkenal dengan masakan trancam yang legendaris.

17. Keripik Paru

Keripik Paru
foto: https://www.instagram.com/farmerstore_mtf/

Ada keripik unik lagi di Klaten. Keripik ini tebuat dari jeroan. Alias bukan dari daging atau pun kulit. Keripik ini terbuat dari paru-paru sapi. Ya, belum pernah terpikir sebelumnya bukan jika paru-paru Sapi ternyata bisa dimasak?

Nah, di Klaten banyak yang mengolah paru Sapi menjadi keripik renyah dan lezat. Kunci kelezatan dari keripik paru adalah dari potongannya. Karena semakin tipis maka semakin lezat dan renyah. Jadi tidak terasa amis dan pahit.

Keripik Paru ini diolah sederhana hanya menggunakan tepung terigu. Tentunga tepung terigu ini telah diberi bumbu seperti merica, ketumbar, dan bawang-bawangan. Selanjutnya digoreng hingga kecolatan.

Untuk mendapatkan keripik ini anda bisa datang ke toko oleh-oleh. Keripik ini cocok untuk dijadikan camilan atau makanan pendamping. Seperti pecel, soto dan makanan lainnya.

18. Angkringan HIK

Angkringan HIK
foto: https://www.instagram.com/angkringanhik_/

Ternyata tidak hanya Jogja saja yang punya angkringan. Di Klaten juga ada Angkringan. HIK sendiri merupakan kepanjangan dari Hidangan Istimewa ala Kampung. Nah, angkringan HIK ini ada di Klaten tepatnya di daerah Cawas.

Angkringan ini menyajikan makanan-makanan kampung seperti tela rebus, kacang rebus, sate-satean, dan nasi. Tak ketinggalan berbagai macam wedhang, seperti wedhang jahe, susu hangat dan lainnya. Nah, ini cocok buat anda yang ingin menikmati malam di Klaten.

Sambil bersenda gurau bersama teman dan menikmati indahnya malam di Klaten.

Review Sebelumnya –> Makanan Khas Pemalang Terbaru

Makanan khas Klaten unik-unik dan jarang ada di kota lain bukan? Sebagai kota perbatasan, tentu Klaten banyak menghadirkan makanan yang kadang mirip namun ternyata berbeda. Nah, dari pada penasaran dengan apa saja yang ada di sana langsung saja menuju Klaten.

Explore Telaga Sunyi Baturraden Yang Masih Sepi Banget

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here