Makanan Khas Jakarta mempunyai cita rasa yang begitu nikmat. Ada beberapa menu yang saat ini mulai langka dan hanya ada di berbagai macam pameran seperti di Jakarta Fair. Sayangnya, menu-menu yang langka ini sebenarnya mempunyai cita rasa yang super nikmat.

Penasaran dengan berbagai macam sajian yang ada di Jakarta. Mari kita lanjutkan penjelajahan rasa di bawah ini. Ingat, hampir semua menu makanan yang ada disini bisa membuat program dietmu yang sedang berjalan berantakan atau bahkan sampai rusak lho.

1. Soto Betawi

makanan khas jakarta yang paling enak
foto: https://www.instagram.com/yscooking/

Makanan khas Kota Jakarta yang terkenal yang bisa kamu santap pertama kali adalah soto betawi. Makanan ini memang memiliki cita rasa yang menyegarkan apalagi, kalau dinikmati saat pagi hari. menurut sejarahnya menu makanan ini pertama kali diperkenalkan oleh orang tionghoa bernama Lie Boen Po yang memperkenalkannya sejak tahun 1971.

Salah satu ciri khas yang tidak terbantahkan dari menu ini adalah penggunaan kuah santannya. untuk isinya menggunakan daging sapi, tomat dan taburan emping. Biasanya untuk nasi cara penyajiannya dipisah. daging yang digunakan juga sangat lembut. beberapa ada yang menggunakan jeroan.

Di jakarta, kamu bisa menemukan penjual soto ini di berbagai tempat. Bahkan ada yang sudah melegenda sejak tahun 1940 lho. Harganya sendiri tidaklah mahal hanya 30 ribuan saja untuk satu porsinya.

2. Soto Tangkar

makanan khas jakarta murah
foto: https://www.instagram.com/karawangfoodnotes/

Satu lagi menu makanan yang bisa kamu nikmati bila di jakarta yaitu Soto Tangkar. Hampir mirip dengan soto betawi menggunakan daging, tomat dan irisan daun bawang.

Kamu bisa menikmatinya dengan di berbagai tempat di Jakarta dengan kuah kentalnya. Harga per porsinya mulai dari 20 ribuan.

3. Kue Cente Manis

kue khas jakarta
foto: https://www.instagram.com/dillabites/

Kue Tradisional dari Jakarta ini memang cukup unik. Dengan penampilannya yang cantik sesuai dengan namanya. Teksturnya lembut dengan cita rasa manis yang dihadirkan. Paling tepat untuk dinikmati saat pagi hari. Jajanan pasar ini biasanya juga disajikan saat ada yang sedang hajatan.

Bahan dasar yang digunakan untuk membuat menu satu ini adalah tepung hunkwe. daun suji, parutan kelapa gula pasir, serta pewarna makanan. kemudian, ada juga gula serta garam. Untuk bisa menikmatinya kamu bisa beli di beberapa pasar tradisional saat pagi hari saja ya. Harganya mulai dari 5 ribuan saja.

disarankan untuk langsung dimakan habis atau masuk kulkas dalam waktu satu hari saja. bahannya yang menggunakan santan dan tanpa bahan pengawet membuat makanan ini tidak bisa tahan lama.

4. Sayur Godog Pepaya Muda

makanan tradisional khas jakarta
foto: https://www.instagram.com/withadebakes/

Menu satu ini menggunakan bahan utamanya adalah daun pepaya muda. Kalau dilihat kamu pasti akan mengira makanan ini adalah lodeh.

Hanya saja, memakannya bukan menggunakan nais melainkan menggunakan ketupat. Biasanya, sayuran ini ada saat musim lebaran tiba.

5. Asinan betawi

asinan betawi
foto: https://www.instagram.com/fridajoincoffee/

Kenikmatan lain yang bisa kamu nikmati di Jakarta adalah asinannya yang menggunakan sayur-sayuran. Serta kuahnya yang mempunyai cita rasa asam dan pedas. Ada juga yang menyuguhkannya dengan aneka buah-buahan segar.

6. Bandeng Pesmol

bandeng pesmol
foto: https://www.instagram.com/hobimasak.id/

Sajian ini menggunakan kuah kuning dengan rasa pedas gurih untuk bisa menikmati satu potong ikan bandeng yang segar.

Kuahnya menggunakan olahan bumbu acar kuning yang menggunakan ketumbar dan kencur sebagai ciri khas dari masakan betawi. Biasanya makanan ini digunakan sebagai acara jamuan dan hajatan.

7. Dodol Betawi

dodol betawi
foto: https://www.instagram.com/warungpadesuka/

Tidak hanya Garut saja yang mempunyai makanan dodol. Tetapi, jakarta pun juga punya dengan cita rasa yang tidak kalah enaknya. Sayangnya, untuk bisa menikmatinya kamu harus sabar menunggu saat datang pesta hajatan atau lebaran saja.

Baca juga –> 27 Makanan Khas Tasikmalaya Terbaru

8. Sengkulun

makanan ringan khas jakarta
foto: https://www.instagram.com/birgittawang_/

Satu lagi, kue khas betawi yang sebenarnya mempunyai cita rasa yang unik tetapi harus langka. Kalau kamu pernah lihat, menu satu ini terlihat seperti kue keranjang. Saat ini, sengkulun hanya bisa kamu temukan di upacara-upacara adat atau hajatan saja, Padahal, teksturnya lembut dan juga kenyal dengan cita rasa manis.

9. Kerak Telor

makanan khas jakarta yang terkenal
foto: https://www.instagram.com/wikijkt/

Makanan ringan khas Jakarta ini sering disebut dengan nama kerennya adalah omelette. dari segi bentuknya memang mirip sih. Bahan yang digunakan adalah dua buah telur dan juga beras ketan yang sudah diberi ketan terlebih dahulu. Menggunakan wajan yang tidak terlalu besar.

Menariknya, saat setengah matang. makanan ini akan di balik dan dibiarkan begitu saja terkena arang. Disajikan dengan menggunakan serundeng menggunakan kelapa parut dan bawang goreng. Konon katanya, menu satu ini sudah ada sejak tahun 1970.

Sayangnya, untuk bisa menikmati kerak telor kamu harus bersabar. Makanan ini hanya ada di event-event besar jakarta. dengan harga mulai dari 10 ribu rupiah saja. Maklum, makanan kekinian yang lebih nikmat, lebih disukai daripada jajanan ini.

10. Kue Lapis

kue lapis jakarta
foto: https://www.instagram.com/guiltdesserts/

Kue ini menggunakan bahan dasar tepung beras dengan warna-warni seperti pelangi. Di beberapa negara, makanan ini juga ditemukan lho. Semisal di malaysia, singapura, Belanda, serta Brunei.

11. Nasi Kebuli

nasi kebuli jakarta
foto: https://www.instagram.com/pawon.ind/

Nasi kebuli, salah satu makanan khas timur tengah yang saat ini hadir di Jakarta. Rasanya yang pedas dan gurih dirasa tepat bagi kamu yang menyukai cita rasa pedas.

Harga satu porsinya mulai dari 30 ribuan saja. kamu bisa pilih beberapa tempat di Jakarta yang menjual menu satu ini.

12. Soto Mie

Makanan ini memang bisa jadi salah satu menu makanan yang paling tepat untuk makan siang. Isi dari makanan ini ada mie, dengan kuahnya yang sedikit gurih dan pedas.

Ada juga dengkul sapi, irisan kol, serta irisan jeruk limau. ditambah dengan sambal, kecap manis, serta emping.

13. Roti Buaya

roti buaya
foto: https://www.instagram.com/wilmasbakerycake/

Sajian khas Betawi lainnya adalah roti buaya. Dimana, kamu wajib menggunakan menu satu ini dalam setiap acara pernikahan adat betawi. Menurut adat yang ada, roti ini sebenarnya tidak untuk dimakan, melainkan untuk disimpan oleh sang pengantin.

Konon katanya, makanan ini merupakan lambang dari kesetiaan.
Filosofi lainnya yang tergambar dari sajian ini adalah, dalam siklus buaya hanya kawin satu kali seumur hidupnya. Oleh karena itu, diharapkan para pengantin bisa langgeng sampai nanti maut yang memisahkan.

Selain itu, hewan buaya sendiri konon dilambangkan sebagai perilaku yang sabar. Maklum saja, saat akan menerkam mangsanya, ia pasti diam dan sabar menunggu waktu yang sangat tepat.

14. Ayam Sampyok

makanan enak khas jakarta
foto: https://www.instagram.com/branislavakitchen/

Makanan ini khas betawi yang berasal dari Tionghoa. Menu satu ini menjadi sajian wajib saat ada hajatan. rasanya sangat gurih dengan ayamnya yang sangat empuk.

Bumbu rempahnya pun juga sangat terasa di setiap gigitan. Cara memasaknya pun cukup rumit, karena ayam ini harus diungkep terlebih dahulu hingga kecoklatan.

Baca juga –> 29 Makanan Khas Bogor Paling Enak

15. Kembang Goyang

makanan ringan khas jakarta
foto: https://www.instagram.com/maxblackbrownsugar/

Kue Kering Khas Jakarta ini bisa kamu jadikan sebagai salah satu oleh-oleh khas dari Jakarta. Bentuknya mirip dengan bunga. Oleh karena itu dinamakan kembang.

Sementara nama goyangnya sendiri karena, saat penggorengan makanan ini akan digoyang-goyang.

16. Tauge Goreng

foto: https://www.instagram.com/charelina/

Salah satu menu yang bisa kamu jadikan pilihan adalah Tauge Goreng. dimana, isinya ada mie, dan tahu dengan bumbu kacang yang ditabur di atasnya. Cita rasanya pun sangat nikmat dan gurih pedas. kamu bisa menikmatinya dengan harga mulai dari 5 ribuan saja.

17. Ketoprak

ketoprak jakarta
foto: https://www.instagram.com/sasmitaedo/

Makanan ini memang berasal dari Jakarta, khususnya adalah betawi. Konon pemberian nama ini merupakan singkatan dari ketupat toge digeprek.

Biasanya akan ditambah dengan kerupuk. Nah, penjualnya memiliki ciri khas menggunakan gerobak.

18. Kue Putu Mayang

kue khas jakarta
foto: https://www.instagram.com/yunitaanwar/

Cemilan unik ini wajib kamu nikmati bila berada di Jakarta. Terbuat dari tepung beras. dibentuk seperti gulungan mie. yang dibalut dengan kuah gula santan.

Ditambah dengan daun pandan. Kemudian, ditambah dengan menggunakan pewarna makanan sesuai dengan keinginan.

19. Nasi Uduk

nasi uduk jakarta
foto: https://www.instagram.com/jktfoodbang/

Makanan ini kalau di Solo sama saja dengan nasi liwet atau gurih. Dimana, cara pembuatannya menggunakan air santan, daun salam, daun jeruk, laos dan juga serai.

Makanan ini sangat nikmat dengan berbagai macam lauk. Baik ayam atau juga tahu dan ditambah dengan sambal.

20. Nasi Ulam

makanan khas jakarta
foto: https://www.instagram.com/cnlulaby/

Kalau kamu pesan makanan ini, jangan kaget bila tampilannya hampir mirip dengan nasi rames. Hanya saja, menggunakan nasi gurih yang dicampur menggunakan serundeng kelapa serta kacang tanah tumbuk. Kamu bisa menikmati sajian ini dengan dua varian, yaitu basah yang sering kamu jumpai di kawasan perkotaan dan juga kering yang ada di bagian pinggiran.

Bila tekstur nyemek, biasanya akan diguyur dengan kuas semur. Sementara, untuk pendampingnya kamu bisa menikmati irisan telur, bihun goreng, kacang tanah, serta serundeng.

Sedangkan untuk yang kering tidak diberi kuah semur. untuk isinya hampir sama. Kamu bisa menikmatinya dengan harga mulai dari 15 ribuan saja.

21. Roti Gambang

makanan khas jakarta yang murah
foto: https://www.instagram.com/justtryandtaste/

Makanan khas Jakarta untuk Oleh-oleh ini sudah tenar terlebih dahulu sejak tahun 1980 hingga tahun 1990.

Harganya hanya 5 ribuan dengan bentuknya balok. Termasuk salah satu cemilan yang mengenyangkan. Biasanya cara makannya dicocol dengan susu.

Baca juga –> 24 Makanan Khas Sukabumi Terbaru

22. Wajik

makanan tardisional khas jakarta
foto: https://www.instagram.com/masakanlokalindonesiaku/

Makanan ini kamu bisa temukan di berbagai pasar-pasar tradisional dengan harga mulai dari 2 ribu rupiah saja.

Bentuknya kotak dengan cita rasa yang manis dan nikmat untuk dijadikan menu pendamping saat pagi hari bersama dengan segelas teh.

23. Kue Pancong

kue pancong jakarta
foto: https://www.instagram.com/surabayafoodies/

Menu makanan ini paling baik dikonsumsi saat pagi hari, ditambah dengan segelas teh manis pasti tambah nikmat. Kalau kamu lihat, bentuknya seperti sebuah papan dengan warnanya yang sedikit kekuningan.

Bahan utamanya adalah adonan terigu yang dicampur dengan menggunakan kelapa kemudian, dipanggang diatasnya.

Sayangnya, makanan yang nikmat ini saat ini sudah sulit ditemukan. Untuk bisa menikmatinya kamu coba pergi ke pasar tradisional. atau kamu pergi ke kawasan kramat. Bisa jadi dia satu-satunya yang menjual kue khas ini dengan harga 3 ribuan.

24. Laksa Betawi

makanan khas jakarta enak
foto: https://www.instagram.com/deena_hp/

Inilah salah satu kuliner langka yang mempunyai cita rasa yang nikmat menggoda. Makanan dengan menggunakan mie berasal dari tiongkok ini memang paling pas disantap saat udara dingin menyerang.

Kuahnya sangat kental, menambah cita rasa dari makanan ini. Menggunakan udang rebon yang membedakannya dengan laksa bogor.

25. Kue Rangi

makanan murah khas jakarta
foto: https://www.instagram.com/the.lucky.belly/

jajanan ini menjadi sajian khas bila kamu berkunjung ke wilayah ragunan. Kue tradisional ni memiliki cita rasa yang gurih manis, Dengan bahan yang digunakan adalah tepung sagu, kelapa parut, dan garam yang dimasukan dalam cetakan kue. Waktunya kurang lebih 3 menit untuk mendapatkan ¾ matang.

Setelah itu, diolesi dengan selai gula merah. saat ditiriskan kamu akan melihat makanan ini lebih mirip ke putu. harga satu kotaknya hanya 8 ribu rupiah saja. Untuk dua kotak kurang lebih 15 ribuan. Kamu bisa menikmati makanan ini sepanjang pagi hingga sore hari.

26. Pucung Gabus

pucung gabus
foto: https://www.instagram.com/nurry_yahya/

Kalau dilihat-lihat, menu satu ini hampir mirip dengan rawon yang menggunakan kuah berwarna hitam pekat. Ikan yang digunakan untuk membuat makanan ini adalah ikan gabus dan juga pucung. tetapi, zaman dahulu menu sajian ini menggunakan mujair atau mas.

Konon katanya menu ini merupakan bagian dari sebuah tradisi yang ada di zamannya. Namanya adalah Nyorog. Dimana, seorang anak akan memasak makanan dan diantar ke orang tua dan mertuanya sebelum puasa atau lebaran.

27. Kue Ape

kue ape jakarta
foto: https://www.instagram.com/nessya_gioric/

Jajan khas ini memang termasuk yang paling unik. Konon nama ape sendiri diambil dari bahasa betawi yang artinya adalah apa. Banyak yang menyebutnya sebagai serabi. Maklum saja, untuk teknik dan juga bentuknya memang hampir sama.

Dahulu, makanan ini hanya mempunyai cita rasa original saja. Tetapi, sekarang sudah berkembang hingga mempunyai toping keju atau juga coklat diatasnya.

28. Sagon

Kue ini mempunyai cita rasa yang gurih terbuat dari kelapa dan juga tepung beras. Menu satu ini tidak pernah absen dalam salah satu makanan wajib lebaran.

29. Gado-Gado

gado gado jakarta
foto: https://www.instagram.com/limitedsky/

Makanan khas Jakarta ini menjadi sajian paling nikmat saat santap siang. Dimana, kamu akan disajikan dengan sayuran, telur rebus, dicampur dengan sambal kacang yang pedas.

30. Sayur Babanci

foto: https://www.instagram.com/historiakotatua/

Nama menu makanan ini memang sangat lucu tetapi, percayalah cita rasanya benar-benar enak untuk disantap. Sayangnya, untuk bisa membuat menu satu ini saat ini memang cukup sulit. bukan karena cara pengolahannya saja. Melainkan, bahan-bahan yang digunakan juga tidak mudah.

Dinamakan babanci karena, definisi makanan ini memang sangat membingungkan. Sebutannya adalah sayur yang seharusnya kamu bisa melihat wortel, atau kangkung, bayam, atau lainnya. Tetapi, disini tidak ada sama sekali. Kalau dilihat dari warna kuahnya cenderung ke Gulai.

Review Sebelumnya –> 24 Makanan Khas Garut Terbaru

Ada juga yang menyebutkan bahwa, menu satu ini berasal dari negara Tionghoa. Dimana menjadi singkatan dengan nama Baba dan Cici. Untuk membuat sajian yang enak ini menggunakan beberapa macam rempah seperti jahe, Sereh, bunga bintang, kapulaga, Cabe merah besar, kemiri, asam jawa, Lengkuas, serundeng, petai, terasi. kelapa muda.

Kamu bisa menikmati cita rasa langka dari 21 macam rempah. Tetapi, kamu harus bayar mahal ya. Karena, satu mangkoknya seharga mulai dari 47 ribu rupiah.

31. Es Selendang Mayang

minuman khas jakarta
foto: https://www.instagram.com/herlina.1975/

Minuman Khas Jakarta yang menjadi sajian terakhir selama di ibu kota adalah es Selendang mayang. Minuman tradisional yang menyegarkan yang mempunyai cita rasa cukup unik. Namanya sendiri berasal dari kue yang warna-warni dengan cita rasa manis dan juga kenyal.

Kue ini terbuat dari tepung kanji, ada 3 warna yang bisa kamu temui yaitu hijau, merah dan putih. ditambah dengan santan, gula dan juga aren. Minuman ini memang sangat menyegarkan karena ditambah dengan santan. Kalau dalam tradisi betawi. es selendang Mayang digunakan untuk suguhan sewaktu hajatan.

Saat ini, memang sudah jarang yang menjual minuman ini. Kamu bisa pergi ke daerah kota tua. Paling cocok disantap saat siang hari dengan harga 5 ribu rupiah saja.

Makanan Khas Jakarta menjadi salah satu menu yang cukup membanggakan dunia. Maklum saja, Jakarta memang jadi gerbang pintu masuk ke Indonesia dengan berbagai macam sajian kulinernya mampu menyedot banyak wisatawan. Jadi, kapan kamu pergi ke ke kota ini dan menikmati berbagai sajian spesialnya?

Kuliner Vlog Ke Waroeng Holiday yang Lagi Hits

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here