Makanan Khas Garut menjadi salah satu sajian yang tidak boleh kamu dapatkan di Jawa Barat. Banyak menu-menu yang memiliki cita rasa tinggi. Makanan ringan dan juga oleh-oleh yang bisa kamu bawa pulang. Dengan memadukan rasa gurih dan pedas, membuat berbagai hidangan di Garut terasa sangat istimewa.

Menariknya, menu yang ada di sini tidak hanya seputar hidangan utama saja. Namun, ada juga hidangan pembuka hingga hidangan penutup yang bisa kamu coba. Menarik, tidak ada yang tidak enak.

Penasaran dengan berbagai hidangan Garut? Mari kita mulai menjelajahannya di bawah ini.

1. Ladu

makanan khas garut jawa barat
foto: https://www.instagram.com/lindeukmilik/

Makanan khas ini berasal dari daerah Malangbong dengan tekstur dan cita rasa yang sah. Bahan utama pembuatannya adalah beras ketan. Cita rasanya unik, saat kamu gigit terasa kenyal mirip dodol tetapi, tidak termasuk dalam keluarga dodol. Untuk menambah cita rasa, menu satu ini akan ditambah dengan gula putih dan juga aren juga parutan kelapa.

Konon katanya, makanan ini sudah ada sejak tahun 1930 lho. Dibuat oleh seorang ibu rumah tangga. Pada zamannya, menu satu ini sangat digemari oleh para pejabat Malangbong.

Bila kamu ingin membeli, bisa langsung datang ke berbagai toko oleh-oleh yang ada di Garut. Harganya mulai dari 20 ribu saja. Khusus, makanan ini akan terasa nikmat saat disantap bersama dengan secangkir teh hangat.

2. Nasi Liwet

makanan enak khas garut
foto: https://www.instagram.com/dapurrizkygarut/

Tidak hanya hadir di Kota Solo saja, makanan ini juga bisa kamu dapatkan di Garut. Hanya saja, ada sedikit perbedaan yang cukup menarik yang pasti akan kamu temui. Terutama di lauk pendampingnya. Kalau disini, kamu bisa menikmati berbagai macam sajian ikan mulai dari gembung, jambal, asin, dipadukan dengan sambal.

Konon, sejarahnya pun juga berbeda lho. Kalau nasi liwet yang ada di tanah sunda biasanya bukan untuk dijual. Melainkan untuk dikonsumsi sendiri saat mereka berada di kebun atau ladang.
Sementara untuk bumbu nasinya sendiri menggunakan berbagai jenis seperti, cabai, bawang merah, bawang putih, minyak kelapa, ikan asin, lengkuas, sereh dan juga daun salam.

3. Moring Garutan

Kuliner Garut lainnya yang bisa kamu coba adalah Moring atau singkatan dari Cimol Kering. Masih satu keluarga dengan cilok yang membedakannya adalah makanan ini lebih kering. Namun, untuk proses pembuatannya tidak jauh berbeda menggunakan aci.

Rasa kenyal, gurih dan bisa kamu padukan dengan bumbu pedas, menjadi daya tarik yang dimiliki. Namun, ada yang perlu dipertimbangkan untuk menikmati santapan ini harus dalam keadaan panas, Teksturnya akan berbeda jika kamu menikmatinya dalam kondisi dingin.

4. Soto Ayam Garut

Soto memang menjadi kuliner danalan untuk setiap daerah. Makanan yang paling tepat dikonsumsi saat pagi hari ini juga bisa kamu temukan di wilayah Garut lho. Meskipun, ada beberapa perbedaan yang akan kamu temukan. Pertama adalah di kuahnya.

Kamu akan melihat makanan sedikit pekat ini. Dimana, menggunakan santan kuning, ditambah dengan bumbu macam rempah-rempah yang cukup kuat. Betapa pentingnya, saat kamu santap kuahnya kamu akan merasakan gurih, pedas yang membutuhkan selera.

Untuk isinya mungkin tidak jauh berbeda, ada daging sapi atau ayam ditambah dengan kacang kedelai goreng dan juga daun bawang. Harganya cukup 15 ribu saja, Kamu bisa mencarinya di berbagai warung makan di Garut.

5. Surabi

makanan khas garut yang murah
foto: https://www.instagram.com/auliahijriastuti/

Serabi dan Surabi, dua kuliner yang hampir mirip, tetapi yang berbeda. Konon katanya, Surabi ini sudah dihidangkan sejak 30 tahun yang lalu lho. Kamu bisa membeli berbagai macam pasar-pasar tradisional dengan harga 4 ribu untuk varian rasa.

Bagi yang polos, kamu bisa membeli dengan harga 3 ribu saja.
Dibuat dari tepung beras yang ditambah dengan parutan kelapa. Memasaknya Masih menggunakan arang.

Dengan cetakan khusus. Biasanya, makanan ini akan dihidangkan saat pagi hari atau sore hari bersama dengan secangkir teh.

6. Datang Banjarwangi

Makanan ini memang belum terlalu terkenal seperti cemilan lainnya. Namun, menu yang dibuat dari bahan Singkong. Diberi bumbu khusus kemudian digoreng. Rasanya sangat renyah dan sedikit pedas.

Sangat cocok disantap saat santai bersama keluarga. Kamu juga bisa membeli untuk oleh-oleh lho. Pusat penjualan dan pembuatannya berada di kecamatan Banjarwangi. Harganya kurang lebih 10 ribu.

Baca juga –> 22 Makanan Khas Tangerang Terbaru

7. Awug

makanan khas garut yang enak
foto: https://www.instagram.com/gracekristiani2/

Makanan ini memang menjadi salah satu sajian khas yang tidak boleh kamu lawan. dibuat dari tepung beras, gula aren, dan juga parutan kelapa. Jika kamu melihat dari tekstur dan isinya. Makanan ini akan tampak seperti kue putu. hanya saja, bentuknya yang seperti kerucut.

Cita rasa gurih dan manis menjadi daya tarik yang sulit untuk dilewatkan. Kamu bisa mendapatkan menu satu di pasar tradisional dengan harga mulai dari 5 ribu rupiah. Harga yang tidak mahal bukan untuk menu spesial yang bisa kamu makan di pagi hari.

8. Sambal Cibiuk

makanan tradisional khas garut
foto: https://www.instagram.com/anitajoyo/

Tidak enak rasanya kalau makan tidak menggunakan sambal atau menu yang mengandung cita rasa pedas. Oleh karena itu, beberapa warga penduduk Garut membuat sambal yang tidak kalah menggiurkan. Namanya adalah Cibiuk yang tidak hanya pedas saja tersedia asam dan segar.

Untuk membuat menu sambal ini kamu harus memperhatikan beberapa bahannya, cabe rawit yang sudah cukup tua kemudian tomat hijau yang cepat dan cacat atau berlubang. Bahan ini akan menentukan cita rasa dari sambal ini sendiri.

9. Burayot

burayot khas garut
foto: https://www.instagram.com/burayotkhasgarut/

Penganan satu ini terbuat dari tepung beras, gula merah dan juga santan, bentuknya bulat lonjong dengan warna sedikit kecoklatan. Nama Burayot ini sendiri diambil karena proses pembuatannya. Dimana, menggunakan teknik tepung beras yang digoreng terlebih dahulu.

Kemudian, diangkat menggunakan batang bambu jadi, kulit kuenya bisa tertarik ke atas. Dengan tepung gulanya yang masih menempel. Nah, orang sunda mengatakan teknik ini dengan ngaburayot. Ada banyak pilihan rasa yang bisa kamu nikmati dengan harga 15 ribu rupiah untuk satu wadah besar yang isinya ada 20 buah.

10. Bakso Mang Ano

Bakso Mang Ano menjadi salah satu sajian yang harus kamu coba. Dimana, tempat ini menjadi salah satu dari 5 warung makan bakso yang cukup terkenal di Garut. Rasa baksonya yang super lembut dan dengan daging.

Ada berbagai macam menu variasi yang dapat Anda nikmati dengan harga mulai dari 20 ribu.

Kamu bisa pergi ke jalan Raya Cipanas No. 23, Langensari, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44151. Buka dari jam 10 pagi hingga 4 sore.

11. Jeruk Garut

jeruk garut
foto: https://www.instagram.com/bundadeasy/

Mungkin, kamu tidak tahu apa yang membuat buah ini menjadi ciri khas yang harus kamu dapatkan. Tanaman endemik sekarang sudah mulai ditemukan karena letusan Gunung Galunggung.

Kamu bisa membeli di kecamatan Karangpawitan yang menjadi sentra budidaya. Harga perkilonya mulai dari 15 ribu.

Bagi kamu yang pernah makannya, pasti kamu tahu cita rasa jeruk garut sangat manis dan alami. Berbeda dengan jeruk lainnya. Oleh karena itu, kelangkaan ini membuat beberapa wisatawan senang dan berharap ada lagi.

12. Angleng

angleng garut
foto: https://www.instagram.com/kemenkopukm/

Makanan ini mirip sekali dengan dodol garut, dibuat beras ketan, dan gula merah.

Sayangnya, kamu bisa mendapatkan makanan di kecamatan Cihurip. Harganya untuk satu kotak kurang lebih 20 ribu saja.

Baca juga –> 21 Makanan Khas Cirebon Terbaru

13. Dorokdok

makanan ringan khas garut
foto: https://www.instagram.com/makroni_cikruhdr/

Indonesia memiliki berbagai macam makanan khas yang berbahan utama dari berbagai macam hewan. Salah satunya adalah Dorokdok yang berbahan dasar menggunakan kulit kerbau. Cara pembuatannya membutuhkan proses yang panjang dan berhari-hari lho.

Tidak hanya sampai disitu, faktor hasil juga mempengaruhi rasa yang dihasilkan. Pertama bersihkan dahulu bulu-bulu yang ada. Kemudian, dijemur hingga kering dan dipotong-potong. Direndam selama satu hari di bumbu yang sudah di beri ramuan rempah-rempah lalu digoreng sampai kering. Harganya mulai dari 20 ribu saja.

14. Keripik Kentang Cikajang

cemilan khas garut
foto: https://www.instagram.com/rasajuarasa/

Oleh-Oleh Garut lainnya yang bisa kamu beli adalah keripik Kentang yang diperoleh dari Cikajang. Bahan dasar kurang kentang, bawang putih, bawang merah, Cabe Merah, Cabe rawit dan juga garam ditambah dengan daun jeruk. Hingga, rasanya benar-benar gurih dan nikmat.

Paling cocok dinikmati saat pagi hari atau malam hari disaat santai atau menemani semua kegiatan kamu. Harga yang dijual pun tidak terlalu mahal. Mulai dari 20 ribuan saja.

15. Kerupuk Kulit

kerupuk kulit garut
foto: https://www.instagram.com/fannie599/

Kalau dilihat dari bentuknya, makanan ini memang hampir mirip dengan dorokdok. Hanya saja, makanan ini menggunakan kulit sapi dan bahan rempah-rempah seperti bawang putih, ketumbar, asam jawa, garam, gula merah, kunir.

Ada dua varian yang bisa kamu pilih, asli dan juga pedas. Harganya mulai dari 20 ribu saja.

16. Pindang Ikan

makanan enak khas garut
foto: https://www.instagram.com/numpangsaveresep.id/

Tidak bisa dipungkiri itu, ikan di Indonesia sangat melimpah. Banyak dari masyarakatnya yang mengatur kehidupan dari sektor ini. Oleh karena itu, banyak pula makanan khas yang bermunculan. Salah satunya adalah olahan Pindang.

Di seluruh Indonesia, olahan ini memang sangat banyak. Namun, untuk Garut sendiri memiliki cara pembuatan yang sedikit berbeda. Menjadi sangat khas karena, menu ini hanya disajikan saat ada hajatan besar. Pernikahan, upacara adat, atau juga upacara keagamaan.

Bahan yang dihasilkan adalah ikan mas yang digoreng terlebih dahulu. Kemudian, ditumis bersama dengan bumbu-bumbu rempah-rempah seperti, serai, daun salam, jahe, lengkuas, dimasak sampai tulangnya lunak dan airnya menyusut.

17. Opak

opak garut
foto: https://www.instagram.com/kezo_keriting12/

Makanan satu ini berasal dari daerah Bungbulang, Garut. Dimana bisa kamu jadikan oleh-oleh untuk keluarga dan juga tetangga. Terbuat dari bahan beras ketan yang dikeluarkan terlebih dahulu, kemudian, disiapkan lebih lama dari udara yang tidak terlalu banyak.

Agar, makanan ini tidak lembek berpartisipasi. Bahan ini, mengalami proses penumbukan. pada proses ini akan ditambah dengan sedikit garam. Sampai saat ini, menu ini masih menggunakan tradisional dan menggunakan tangan Menariknya, tanpa bahan pengawet, jadi aman untuk dikonsumsi.

18. Dodol Piknik

Sebenarnya, menu ini sama saja dengan dodol yang dipunya Garit.

Hanya saja, dari bentuk kemasan dan varian rasanya pun lebih banyak dan lebih bervariasi. Kamu harus memilih ketika pergi ke Garut.

Baca juga –> 24 Makanan Khas Karawang Paling Enak

19. Kue Balok Maranti

makanan khas garut paling enak
foto: https://www.instagram.com/kuebalokgarut_kangikhsanjogja/

Makanan Khas Garut selanjutnya adalah Kue Balok Maranti. Menu Diman satu ini sudah ada sejak tahun 1941 lho. Memiliki cita rasa yang gurih, dengan beberapa varian rasa yang ada.

Mulai dari coklat yang super lumer hingga asli yang tidak kalah nikmatnya. Harganya mulai dari 5 ribu rupiah saja untuk satu rotinya.

20. Emplod

camilan khas garut
foto: https://www.instagram.com/oleholehgarut09/

Sajian ini menjadi salah satu cemilan wajib yang harus kamu beli saat berada di Garut. Dimana, penganan ini sangat cocok untuk teman saat ngobrol bersama teman atau santai bersama keluarga. Bebas bila dipadukan dengan teh hangat juga sangat nikmat lho.

Nama awalnya adalah endog karena bentuknya bulat seperti telur. Bahan perbandingan adalah singkong dengan bentuknya bulat.

Kemudian, ditambah dengan bahan lain yaitu tepung tapioka, kelapa parut, garam, daun bawang, dan bumbu penyedap.

Ada banyak rasa yang bisa kamu cicipi, mulai dari asin, pedas, asli, keju, balado, jagung manis, Harganya pun tidak terlalu mahal lho hanya 9 ribu rupiah saja untuk satu bungkusnya.

21. Es Goyobod

minuman khas garut
foto: https://www.instagram.com/mabela_cooking_club/

Garut memang jagonya menghadirkan berbagai menu-menu andalan yang pastinya bikin lidah kamu bergoyang. Salah satunya adalah Es Goyobod yang berbahan dasar tepung aren. Ditambah dengan potongan buah dan santan yang berasal dari kelapa putih.

Ada yang berbeda dari menu yang lain yaitu berdasarkan jeli kemudian, dilumuri dengan susu diatas esnya. Selain itu, ada juga potongan alpukat dan roti tawar. Untuk dapat menikmati satu porsinya kamu harus membayar uang sebesar 5 ribu rupiah.

22. Baso Aci

baso aci garut
foto: https://www.instagram.com/cabemicin/

Diantara semua makanan khas Garut, menu satu ini yang paling diminati oleh semua wisatawan yang berkunjung ke Garut.

Makanan yang dibuat dari Aci dan dibuat seperti bakso ini memang diubah. Ditambah dengan kacang pilus, ada juga yang dilengkapi dengan ceker dengan tingkat kepedasan yang berbeda-beda.

Selain itu, kamu juga akan disuguhkan dengan tambahan cuanki, siomay, bakso tahu dan masih banyak lagi. Harga satu porsinya mulai dari 30 ribu saja. tergantung dari isian yang kamu pilih. Untuk menambah kesedapannya, biasanya akan ditambah dengan perasan jeruk nipis.

Hanya saja, makanan ini kurang cocok dipadukan dengan nasi. Jadi, bagi kamu yang kurang puas dengan satu porsi bisa minta tambah satu mangkok lagi. Saat ini, makanan ini juga bisa kamu kirim lho dan dibuat oleh-oleh. Hanya saja, bumbu yang digunakan berbeda jika kamu membeli langsung.

Di garut sendiri sudah banyak yang jual menu satu ini. Hampir semua selalu penuh, jika kota ini diguyur hujan. Bakso Aci selalu menjadi serbuan pertama.

23. Chocodot

Namanya memang terlihat keren dan kekinian. Kuliner satu ini merupakan singkatan dari Chocolate dodol Garut. Dimana, varian dodol yang diisi dengan coklat. Pertama kali tercetus oleh sang pembuatnya sendiri.

Dimana, tidak sengaja adonan dodol jatuh ke coklat. Diperlukan, ia punya ide untuk membuat menu tersebut. Ada banyak pilihan yang bisa kamu dapatkan dengan harga mulai dari 10 ribu saja.

24. Rengginang

makanan khas garut
foto: https://www.instagram.com/pawon.siliwangi/

Makanan khas garut terakhir yang bisa kamu jadikan sebagai oleh-oleh adalah Rengginang. Dimana, makanan ini dibuat dari beras ketan yang dijemur terlebih dahulu, kemudian digoreng. Harganya mencapai 10 ribu saja. Kamu bisa membeli berbagai toko oleh-oleh.

Review Sebelumnya –> 27 Makanan Khas Bandung Paling Enak

Makanan Khas Garut memang banyak dan beragam. Beberapa ada yang sama dengan kawasan lain. Namun, memiliki cita rasa yang berbeda. Kuliner Begitulah menariknya Nusantara. Tekstur, cara pengolahan, hingga rasa pun bisa berbeda walau namanya sama. Sudah, sudah siap menjelajah rasa di Garut?

Vlog ke Kuliner Legendaris di Jogja

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here