Makanan khas Palembang memiliki keunikan yang luar biasa. Dimana, hampir semua menu yang disajikan mempunyai berbagai macam pilihan rasa, mulai dari asin, pedas, asam, dan manis.

Menariknya, saat ini hampir semua menunya mulai dijual ke seluruh pelosok di Indonesia. Sehingga, kamu bisa menikmatinya tanpa perlu jauh-jauh ke Palembang. Walaupun, rasa yang dihasilkan tidaklah otentik.

Kalau kamu tidak mau ribet, bisa juga lho dibuat dari rumah. Karena, tidak memerlukan skill yang tinggi. Penasaran dengan berbagai menu yang disajikan di tempat ini? Mari kita simak hasil penjelajahan rasa di bawah ini.

1. Telok Ukan

makanan khas palembang
foto: https://www.instagram.com/chefopek/

Makanan khas Palembang pertama yang bisa kamu cicipi adalah Telok Ukan. Sebuah telur bebek yang disajikan untuk perayaan pernikahan adat Palembang. Nama menu ini diambil dari sebuah tradisi yang berhubungan dengan pingitan.

Jadi, sebelum seorang gadis menikah. Ia harus menjalankan tradisi pingitan. Gadis tersebut diwajibkan belajar memasak salah satunya adalah Telok Ukan. Cara membuatnya gampang-gampang susah.

Telur bebek yang sudah dipilih dilubangi kemudian, isinya di campur dengan santan dan bumbu rempah lainnya, Sehingga, menghasilkan cita rasa gurih dan asin.

Sayangnya, saat ini beberapa masyarakat Palembang sudah mulai jarang membuat makanan ini. Biasanya, kamu bisa mendapatkan saat event-event besar seperti bazar atau juga acara pameran.

2. Tekwan

makanan khas palembang paling enak
foto: https://www.instagram.com/cynthiahali/

Makanan ringan Khas Palembang selanjutnya yang membuatmu ketagihan untuk berlama-lama di palembang adalah Tekwan. Pembuatannya sendiri terdiri dari campuran daging, ikan dan tepung tapioka.

Bentuknya kecil-kecil berbentuk bulat. Disajikan dengan kuah udang yang memiliki cita rasa yang khas. Untuk melengkapi menu satu ini, biasanya akan ditambah dengan soon, irisan bengkoang, jamur, daun bawang dan seledri.

Nah, dalam bahasa palembang sendiri Tekwan punya kepanjangan lho yaitu, Berkotek samo kawan. Artinya dalam bahasa Indonesia adalah Duduk mengobrol bersama teman.
Maklum saja, menu Tekwan ini memang disajikan khusus bagi kamu yang sedang nongkrong bersama dengan teman-teman. Kamu bisa membelinya di berbagai warung dengan harga mulai dari 15 ribuan saja.

3. Celimpungan

foto: https://www.instagram.com/jenny_zhang1/

Bahan dasar dari makanan ini adalah sagu yang bentuknya bulat. Kalau diukur mungkin, diameternya kurang lebih 10 cm.

Rasanya tidak pedas dan cenderung gurih. Kamu bisa tambah cabe rawit bila ingin menciptakan rasa pedas.

4. Laksan

maknan khas palembnag yang murah
foto: https://www.instagram.com/eva_wahyu/

Sajian satu ini menggunakan bahan utama adalah pempek lenjer. Menu satu ini pun lebih sering dijadikan hidangan saat berbuka puasa lho.

Menggunakan kuah santan yang bila dilihat lebih mirip dengan gulai. Kamu bisa menikmatinya di pinggir jalan saat bulan ramadhan dengan harga per porsi mulai dari 10 ribuan.

5. Ikan Salai

makanan tradisional khas palembang
foto: https://www.instagram.com/tipsbikinkue/

Palembang memang mempunyai berbagai macam sajian oleh-oleh yang nikmat.

Biasanya menggunakan berbagai macam seperti gabus, lais, dan juga patin. Untuk harganya pun tidak terlalu mahal hanya 180 ribu hingga 300 ribu per kilonya.

6. Model

foto: https://www.instagram.com/lilik_indrayani_81/

Sajian selanjutnya adalah Model yang mempunyai dua sajian yang berbeda. Ada yang menggunakan ikan atau juga gandum. semuanya memiliki cita rasa yang tidak akan pernah kamu lupa.

Sebagai menu pendampingnya, akan ditambah dengan Bawang goreng, bihun jamur kuping campuran timun dan udang. Sajiannya akan tambah istimewa dengan menambah sedikit cuka yang warnanya sedikit coklat kehitaman dan lebih ke kuah.

7. Munggahan

Bagi kamu yang ingin menikmati menu satu ini kelihatannya, harus bersabar. Karena makanan yang sejenis pempek ini hanya ada pada saat akad pernikahan saja.

Sajian yang akan disajikan adalah Nasi Minyak, ada juga kari kambing, opor ayam, ayam kecap, tumis buncis, kemang dan juga acar.

8. Kue Lumpang

kue khas palembang
foto: https://www.instagram.com/xanderskitchen/

Keunikan dari menu satu ini adalah warna hijaunya yang biasanya disantap dengan menggunakan parutan kelapa. Nama lumpang ini sendiri karena kalau kamu lihat ada sebuah lubang di tengahnya.

Cita rasanya manis, empuk dan lembut bila digigit. Warna hijau ini akibat pewarna alami dari daun pandan dan daun suji, Biasanya dijual di berbagai tempat di pasar tradisional. Harganya pun cukup murah lho, hanya 2 ribuan saja.

Baca juga –> 31 Makanan Khas Jakarta Terbaru

9. Lakso

makanan murah khas palembang
foto: https://www.instagram.com/eddriantjhia/

Makanan ini terbuat dari tepung beras yang disiram dengan kuah yang beraroma rempah-rempah. Kuahnya berwarna kuning, gurih dengan aroma wangi yang membuat nafsu makan kamu terus bertambah.

Untuk bumbunya sendiri menggunakan kemiri, ketumbar, bawang merah, bawang putih, ada juga ikan tenggiri. Makanan ini sangat nikmat bila disantap saat masih hangat.

Biasanya, makanan ini sangat nikmat bila disantap saat siang hari ditemani dengan segelas es teh manis.

10. Kemplang

makanan ringan khas palembang
foto: https://www.instagram.com/synthiatjipto/

Cemilan ini tidak hanya sekedar sebagai oleh-oleh wajib yang kamu beli. Perlu diketahui bahwa proses yang digunakan untuk membuatnya masih menggunakan cara tradisional dan juga mauanka ikan.

Sementara untuk bahan bakunya untuk membuatnya menggunakan beberapa bahan dari pempek tepung sagu serta ikan., Tekstur bahan ikan biasanya lebih padat daripada yang menggunakan sagu. Untuk cara makannya, biasanya menggunakan cocolan saus pedas.

11. Lenggang

foto: https://www.instagram.com/palembangup.co/

Kalau kamu lihat, tidak salah bila ada yang menyebutnya sebagai pempek. Hanya saja, menu satu ini bukanlah pempek. Bahan utamanya adalah tepung sagu dan juga ikan.

Kemudian, dimasukkan dengan daun pisang yang diberi dengan telur ayam atau juga telur bebek.

12. Mie Celor

mie khas palembang
foto: https://www.instagram.com/sefiiin/

Menu satu ini menjadi salah satu yang harus kamu beli juga. Dimana, bahan utamanya menggunakan mie telur yang ditambah dengan kaldu. Untuk membuat kaldunya, biasanya menggunakan air dari rebusan udang.

Selain itu, ditambah dengan beberapa bumbu rempah-rempah seperti, susu santan, merica, gula, serta garam. Biasanya juga ditambah dengan tauge yang sudah direndam terlebih dahulu.

Biasanya, menu mie celor ini digunakan warga sekitar untuk sarapan pagi. di sepanjang kota kamu bisa mendapatkannya. Untuk harga satu porsinya mulai dari 10 ribuan.

13. Adaan

makanan khas palembang
foto: https://www.instagram.com/pempek.awan/

Sajian ini memang paling istimewa. bila di jawa dan kamu membeli sajian pempek, biasanya Adaan ada dalam salah satu menunya.

Terbuat dari ikan gabus dan juga sagu. Ditambah dengan ebi, gula merah, asam jawa serta garam, dan juga cuka.

14. Kue Bolu Suri

Kue menjadi salah satu sajian nikmat yang tidak boleh kamu lewatkan. Bentuknya unik dengan tekstur yang hampir mirip dengan kue bika ambon. Cita rasanya manis dan legit.

Kamu bisa membelinya di berbagai toko oleh-oleh, untuk harga satu box nya sendiri mulai dari 30 ribuan lho. Biasanya, makanan ini tersaji di rumah-rumah saat hari raya datang.

15. Mentu

foto: https://www.instagram.com/cake_plg/

Jajanan pasar satu ini harus kamu coba saat menjelah Palembang.

Dibungkus dengan daun pisang dan juga berbahan dasar tepung terigu serta beberapa daging untuk isinya. Harga satuannya mulai dari 5 ribuan saja lho.

16. Es Kacang Merah

minuman khas palembang
foto: https://www.instagram.com/fridajoincoffee/

Inilah salah satu rekomendasi minuman dingin yang mempunyai kenikmatan. Apalagi, bila kamu santap saat siang hari Bahan dasarnya adalah kacang merah yang disantap menggunakan sirup dan juga es serut.

Konon, minuman ini sering disajikan sebagai salah satu hidangan buka puasa lho. Manfaat kacang merahnya memang membuat kamu sulit untuk tidak mencicipinya. Harga satu porsinya hanya 10 ribuan saja lho.

Baca juga –> 27 Makanan Khas Tasikmalaya Terbaru

17. Pindang Patin dan Pindang Tulang

foto: https://www.instagram.com/susie.agung/

Pindang menjadi salah satu sajian yang hampir semua tempat menyajikannya. Termasuk juga di palembang yang biasanya akan ditambah dengan lalapan seperti, terong bulat, kacang panjang, timun, kemangi, wortel dan juga labu.

Salah satu hal yang unik disini adalah adanya irisan nanas yang membuat rasa menu satu ini menjadi segar dengan warnanya yang merah segar. Sudah menggugah selera bila disantap dengan. Harga per porsinya hanya 15 ribuan saja lho.

18. Martabak HAR

Menu martabak saat ini sudah mampu menjangkau hampir ke seluruh penjuru Indonesia. Salah satunya Palembang yang mempunyai sejarah panjang akan Martabak HAR.

Ciri khas dari makanan ini menggunakan dua buah telur, ditambah dengan irisan daging. Nah, salah satu keunikan dari martabak yang ada disini adalah hadirnya kuah kental seperti kari, yang membuat cita rasa makanan ini semakin meningkat.

Kuahnya sendiri terbuat dari bahan kentang dan juga irisan kentang. Cita rasanya Pedas asin karena, biasanya ditambah dengan cabai dan kecap asin. Nama HAR sendiri diambil dari pemilik martabak ini.

Katanya, pertama kali berdiri tahun 7 agustus 1947. Salah satu kuliner legendaris yang ada di Kota Palembang. Untuk satu porsinya kamu harus membayar uang sebesar 17 ribu rupiah.

19. Engkak Ketan

kue khas palembang
foto: https://www.instagram.com/lv_cake_cookies/

Perayaan Idul Fitri menjadi salah satu perayaan spesial yang ada di Indonesia. Biasanya, banyak orang yang menyajikan berbagai macam menu makanan pilihan termasuk Engkak Ketan.

Terbuat dari tepung beras dan juga santan dengan cita rasanya yang manis dan gurih. Jadi, bagi kamu yang ingin menikmatinya, sabar saja ya tunggu saat hari raya tiba.

20. Pempek

foto: https://www.instagram.com/jktdelicacy/

Makanan Khas Palembang yang terkenal ini menjadi sajian khas yang tidak boleh kamu lewatkan. Di berbagai daerah sebenarnya sudah ada. Hanya saja, rasa otentik bisa kamu dapatkan disini.

Pembuatannya sendiri terdiri dari daging ikan, tepung kanji, serta sagu. Kemudian, ditambah dengan tahu, telur, udang, ada juga yang menggunakan kulit telur. Kemudian, ditambah dengan saus cuka yang membuat makanan ini unik.

Saus cuka ini menggunakan beberapa bumbu dan bahan seperti, bawang merah, ebi, bawang putih, udang, garam, gula merah dan cabai rawit. Cita rasa pedas dan gurihnya membuat menu otentik ini begitu disukai.

Di Palembang sendiri ada banyak yang sudah menjual menu satu ini. Kamu bisa membayarnya dengan harga mulai dari 20 ribuan saja. jadi, jangan sampai kamu lewatkan ya.

21. Kue Srikaya

kue srikaya palembang
foto: https://www.instagram.com/ginalarasati_bundaradithya/

Jajanan pasar selanjutnya yang bisa kamu nikmati adalah Kue Srikaya. Warnanya hijau muda, bila kamu cium aromanya mirip seperti daun Pandan. Teksturnya lembut dan juga legit.

Kalau orang Palembang sendiri biasanya menikmatinya bersama dengan ketan dengan cara di cocol. Bahan yang digunakan adalah gula, telur, santan, serta tepung. Harga satuannya mulai dari 3 ribu hingga 5 ribu rupiah.

22. Sambal Tempoyak

foto: https://www.instagram.com/makcikmanggis/

Sambal sudah menjadi salah satu sajian yang wajib dan tidak boleh lupa saat berada di meja makan. Sajian ini menjadi salah satu sajian yang mungkin, bisa kamu nikmati.

Hal yang menarik di menu satu ini adalah bahannya yang menggunakan buah durian. Biasanya dipadukan dengan menggunakan pindang. Untuk bisa menikmatinya, kamu harus membuatnya sendiri. Karena, tidak banyak yang membuatnya untuk dijual.

23. Pangsit Ikan

pangsit ikan palembang
foto: https://www.instagram.com/yantiliaw/

Menu satu ini memang menjadi sajian yang tidak boleh kamu lewatkan. Dimana, makanan ini menggunakan olahan daging ikan.

Dibungkus, dengan menggunakan kulit pangsit, rasanya nikmat gurih, kamu bisa menikmati menu makanan ini dengan mudah. Karena, biasanya akan disajikan menggunakan kuah tekwan sehingga, rasanya begitu lengkap dan pas.

24. Godo-Godo

Makanan enak khas Palembang ini sebenarnya adalah empek-empek yang lebih sederhana. Atau bisa dikatakan sebagai turunannya. Bahannya bukan menggunakan ikan melainkan udang.

Biasanya kamu bisa menikmati makan ini menggunakan dengan kuah cuka yang mempunyai cita rasa tinggi. Di pinggir jalan kota Palembang, kamu bisa membelinya dengan harga mulai dari 5 ribu rupiah.

Baca juga –> 29 Makanan Khas Bogor Paling Enak

25. Kerupuk Retak Seribu

makanan ringan khas palembang
foto: https://www.instagram.com/pempek.yenyen/

Makanan ini menjadi oleh-oleh wajib yang harus kamu beli selama menjelajah Palembang, Teksturnya sesuai dengan namanya retak dan pecah bila di gigit. Biasanya, kerupuk ini sebagai pelengkap untuk makan tekwan, atau model.

Lucunya adalah bentuk dari makanan ini seperti sebuah mangkok. Dimana, digoreng dalam minyak yang sangat panas. Kamu bisa menemukan oleh-oleh ini di setiap sudut kota. Harganya pun tidak terlalu mahal hanya 10 ribu

26. Kue Dadar Jiwo

kue khas palembang
foto: https://www.instagram.com/sipecintalauk/

Tidak bisa dipungkiri memang bila Palembang mempunyai banyak kue yang menggugah selera dan juga mempunyai cita rasa tinggi. salah satunya adalah Kue Dadar Jiwo yang konon terinspirasi dari pistel.

Untuk isiannya kamu bisa merasakan pepaya muda, yang ditumis dengan santan terlebih dahulu. Kemudian, dibungkus menggunakan telur dadar dan tepung. Untuk menambah cita rasanya, diberi topping cabe hijau.

Kamu bisa membeli kue ini di berbagai pasar tradisional yang ada di palembang. hampir setiap pagi makanan ini akan memenuhi jualan mereka. Harganya mulai dari 3 ribu rupiah hingga 5 ribu rupiah saja.

28. Kue Gandus

makanan khas palembang yang enak
foto: https://www.instagram.com/yusna8223/

Salah satu kenikmatan makanan di Palembang ini menjadi sajian yang harus kamu nikmati. Terbuat dari tepung beras dan juga tepung kanji. Untuk penyajiannya biasanya ditambah dengan ebi.

Tetapi, ada juga beberapa yang menambahkan abon dan daun seledri sehingga, menghadirkan cita rasa manis. Untuk menghadirkan cita rasa pedas dan gurih kamu bisa menambahkan cabai rawit dan taburan bawang goreng.

Untuk bisa menemukan menu ini, kamu bisa beli di berbagai pasar tradisional. Tetapi, kamu harus datang saat pagi hari ya. Biasanya Kue Gandus ini hanya tersedia di pagi dan menjadi salah satu menu sarapan paling favorit dipadukan dengan teh manis hangat.

29. Burgo

makanan enak khas palembang
foto: https://www.instagram.com/foodishpedia/

Sajian makanan selanjutnya yang bisa kamu nikmati adalah Burgo, yang disajikan dengan tepung beras dan guyuran kuah kental serta mempunyai cita rasa yang sangat gurih.

Untuk kuahnya sendiri menggunakan beberapa bumbu rempah-rempah seperti, lengkuas, kencur, kemiri, kunyit dan juga bawang putih. Kemudian, sebagai menu pelengkapnya akan ditambah dengan telur rebus dan juga suwiran ikan.

Kenikmatannya akan bertambah nikmat dengan ditambah dengan siraman jeruk nipis, Jika, ingin menambah cita rasa pedas, kamu bisa menambahkannya dengan sambal.

30. Lempok Durian

makanan tradsional khas palembang
foto: https://www.instagram.com/maulagi_bakeryandcoffee/

Inilah menu oleh-oleh yang harus kamu nikmati. Lempok durian atau yang sebenarnya adalah dodol ini mempunyai cita rasa yang nikmat dan juga unik. Saat menikmati makanan ini jangan sekali-kali minum soda ya.

Makanan ini terbuat dari durian asli dan juga gula merah yang membuat lambungmu cukup berbahaya. Kamu bisa membelinya di berbagai kawasan pasar tradisional dengan harga 5 ribuan saja.

Baca juga –> 24 Makanan Khas Sukabumi Terbaru

Makanan khas Palembang menjadi satu sajian yang tidak bisa kamu lewatkan begitu saja. Cita rasanya memang tidak kalah dengan kota lain. Jadi, jangan hanya fokus pada pempek saja ya.

Vlog ke Kuliner Legendaris di Jogja

REVIEW OVERVIEW
Rasa Masakan
Bagikan Yuk !
Previous article31 Makanan Khas Jakarta Terbaru
Next articlePantai Goa Cemara

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here