Makanan khas Tasikmalaya mempunyai banyak rasa dan pilihan yang pastinya membuat kamu sendiri bingung mau pilih yang mana. Hampir semuanya mempunyai cita rasa tinggi. Tidak hanya menu utamanya saja, ada banyak sekali oleh-oleh yang bisa kamu beli dengan harga yang bersahabat.

Tidak hanya seputar makanannya saja. Kamu juga bisa membeli aneka minuman tradisional yang menyegarkan. Bahkan, beberapa tempat di Tasikmalaya pun juga tidak kalah menariknya untuk dikunjungi lho. Berikut ini, beberapa rekomendasi pilihan makanan khas Tasikmalaya yang bisa kamu santap.

1. Kolontong

makanan khas tasikmalaya yang enak
foto: https://www.instagram.com/lurudinikasari/

Kudapan satu ini berasal dari wilayah Cisayong. Walaupun, saat ini sudah banyak makanan instan, dan jajanan yang lebih menarik. Kolontong masih menjadi penganan favorit lho. Terutama saat datang perayaan idul fitri dan tahun baru. Menu satu ini tidak pernah luput untuk disajikan.

Bahan dasar pembuatannya adalah ketan putih, gula merah dan putih. Sebelum tahap penggorengan, biasanya ketan ini akan di jemur terlebih dahulu hingga kering. Waktu penjemuran pun tidak menentu. Tergantung dari sinar mataharinya sendiri.

Bila cuaca mendung, bisa menjemurnya sampai 3 hari. Sebelum, dijemur kolontong yang belum jadi akan diberi bumbu terlebih dahulu. Semua teknik yang dilakukan masih bersifat tradisional. Agar cita rasa turun temurun masih tetap terjaga. Harga satu packnya kurang lebih 20 ribuan.

2. Godeblag

makanan tardisional khas tasikmalaya
foto: https://www.instagram.com/mamanivla/

Makanan Khas Kota Tasikmalaya yang terkenal ini menjadi sajian berikutnya yang bisa kamu beli dan jadikan sebagai oleh-oleh. Bentuknya tipis, terbuat dari singkong atau juga ketela pohon. Sayangnya, saat ini makanan ini memang bisa dikatakan langka.

Penggunaan singkong sebagai bahan utamanya memang tidak boleh sembarangan. Harus menggunakan bahan dengan kualitas tinggi. Serta harus benar-benar dalam keadaan masak. Artinya, tidak terlalu muda dan juga tidak terlalu tua.

Pembuatannya masih bersifat tradisional. Karena, pembuatannya sendiri harus berhati-hati agar mendapatkan hasil yang maksimal. Biasanya, Godeblag ini dimakan sebagai menu pendamping.

Rasa asinnya memang cocok di santap bersama dengan bakso atau mie ayam. Kamu bisa membelinya di berbagai pasar tradisional dengan harga 30 ribu rupiah per kilo.

3. Bubur Ayam Tasikmalaya

bubur ayam tasikmalaya
foto: https://www.instagram.com/yura_april/

Menyambut udara dingin kota Tasikmalaya di saat pagi hari. Menu sarapan bubur menjadi salah satu solusi yang tepat untuk menikmatinya. Di Tasik sendiri menu makanan ini dibuat tidak terlalu kental. Cita rasanya gurih dan lembut.

Untuk toppingnya sendiri begitu banyak dengan suwiran daging ayam, ati ampela, cakwe, serta beberapa irisan daun bawang. Ada beberapa penjual bubur ayam yang bisa kamu nikmati.

Beberapa diantaranya sudah menjualnya sejak tahun 1961 lho.
Untuk cita rasanya sendiri tidak pernah berubah sedikit pun. Sementara, harganya mulai dari 15 ribu rupiah saja. Kamu harus membelinya walau hanya sekali dalam seumur hidup.

4. Kupat Tahu

kuliner khas tasikmalaya
foto: https://www.instagram.com/jajanditasikyuk/

Di Indonesia ada begitu banyak menu-menu pilihan yang setiap kota juga punya. Perbedaannya ada di rasa dan mungkin isian yang digunakan. Seperti, Kupat Tahu ini yang di sekitaran jalanan kota banyak yang menjualnya. Bahkan ada juga yang sudah memiliki nama legendaris karena, sudah berjualan sejak tahun 1955.

Kalau dilihat dari isinya tidak jauh berbeda. Ada kupat, tahu, bala-bala, kerupuk, serta ada taburan bawang goreng. Lalu, yang menjadi pembeda adalah pembuatan bumbunya. Beberapa penjual masih menggunakan cara tradisional.

Dimana, mereka tidak menggunakan kompor gas, atau minyak melainkan, tungku dengan kayu bakar. Bumbu kacang yang tercipta menjadi otentik. Dengan cita rasa gurih dan pedas. Bagi kamu yang menyukai pedas, bisa ditambah sendiri menggunakan cabe rawit.

Biasanya, menu ini dipadukan dengan segelas es teh manis. Untuk harganya sendiri beragam mulai dari 20 ribuan saja kamu sudah bisa menyantap menu khas berselera ini. Jadi, jangan sampai ketinggalan untuk mencicipinya ya.

5. Kalua Jeruk

makanan ringan khas tasikmalaya
foto: https://www.instagram.com/day_tea_indo/

Nama kuliner khas Tasikmalaya ini memang masih terdengar asing. Maklum saja, belum banyak yang membelinya atau juga menjualnya di berbagai toko besar di seluruh Indonesia. Menu satu ini adalah sebuah manisan yang berbahan dasar utama kulit jeruk ditambah dengan gula dan perisa buah lainnya, ada durian, strawberry dan masih banyak lagi.

Asinan ini mulai terkenal sejak tahun 1925. Keunikan dari rasa yang membuat banyak wisatawan dan membelinya. Kamu bisa membelinya di berbagai pusat oleh-oleh di Jogja. Harganya pun tidak terlalu mahal hanya 40 ribuan saja per kilogramnya.

6. Es Bojong

minuman khas tasikmalaya
foto: https://www.instagram.com/dadaha_junction/

Saat musim kemarau tiba, Tasikmalaya tidaklah jauh berbeda dengan Bandung atau juga Jakarta yang mempunyai suhu panas. Oleh karena itu, paling nikmat bila meminum segelas es yang menyegarkan. Salah satunya adalah Es Bojong. Ciri khas rasanya ada di santannya yang sangat pekat.

Ditambah dengan air sirup serta beberapa potongan Nangka, kelapa muda, nanas, alpukat, durian, tape ketan serta cincau hitam. Untuk cita rasa manisnya sendiri menggunakan gula asli dengan varian putih, ada juga putih dan ditambah dengan sirup merah, aren, serta asam. Untuk harga satu porsinya mulai dari 10 ribu rupiah saja.

7. Ladu

Bukan tasik namanya kalau tidak bisa menghadirkan ragam rasa yang membuat kamu betah tinggal dan ingin mencicipi semua menu masakannya. Terbuat dari beras ketan hitam dan putih Seringnya, makanan ini dihidangkan pada saat musim lebaran saja.

Di berbagai toko oleh-oleh juga sudah mulai menjual Ladu dengan harga kurang lebih 20 ribuan per pack. Kamu bisa jadikan Ladu sebagai oleh-oleh yang tepat,. untuk diberikan kepada tetangga dirumah.

Baca juga –> 29 Makanan Khas Bogor Paling Enak

8. Nasi Cikur

foto: https://www.instagram.com/ericekos/

Makanan Khas Daerah Tasikmalaya ini memang unik dan mempunyai cita rasa tinggi. Dimana arti cikur sendiri berasal dari bahasa Sunda yang memiliki arti kencur. Tetapi, tidak sembaran kencur yang dipilih. melainkan yang masih tampak muda dan bertunas dengan umbi yang tampak putih warnanya.

Nah, untuk cara membuatnya sendiri digoreng seperti nasi goreng. Menggunakan beberapa bumbu yang sudah dihaluskan terlebih dahulu Seperti, bawang merah, bawang putih, terasi dan gula dan garam Sebagai, menu pendamping makanan ini biasanya akan ditambah dengan telur dadar dan taburan bawang goreng, sambal kentang serta tahu goreng.

Cita rasanya seperti pedas rempah yang begitu kuat. Efek ke badan pun juga akan langsung terasa. Harganya mulai dari 15 ribuan saja, jadi jangan sampai kamu terlewat untuk menikmatinya ya.

9. Tahu Bulat

foto: https://www.instagram.com/resepmasakanrumah__/

Cemilan khas Tasikmalaya ini memang bisa menjadi salah satu hidangan wajib di kala sedang santai atau sedang berada di rumah. Cita rasanya memang nikmat Apalagi bila dipadukan dengan segelas teh hangat. Bentuknya seperti bola pingpong dengan cita rasa gurih.

Menurut sejarahnya, makanan ini terkenal sejak tahun 2000 dimana, tahu bulat merupakan produksi rumahan. Pertama kali dijual langsung mendapatkan hasil yang positif. Sehingga,banyak yang membelinya dalam jumlah yang cukup banyak. Bila kamu ingin cita rasa pedas, kamu bisa tambahkan rawit atau juga dicocol dengan saus bisa juga menggunakan mayo pedas.

10. Mie Bakso Laksana

makanan enak khas tasikmalaya
foto: https://www.instagram.com/bubueataway/

Bagi kamu yang menyukai makanan bakso, mungkin tempat ini bisa kamu jadikan sebagai salah satu pilihan. Terletak di Jalan pemuda, No. 5 Yudanegara, Kecamatan Cihideung. Banyak wisatawan selalu menyerbu tempat ini. Bahkan, saat jam makan siang saja, kamu harus rela antri.

Kurang lebih ada 24 menu pilihan yang bisa kamu pilih. Tetapi, bila boleh direkomendasikan pilihlah mie ayam baksonya yang benar-benar juara. Mienya kenyal, dengan kuah yang gurih, potongan ayam cukup banyak dan bakso yang sangat lembut. Satu porsinya kamu harus bayar mulai dari 15 ribuan saja.

11. Soto Ayam Pataruman

foto: https://www.instagram.com/degembulers/

Menu makanan ini bisa menjadi salah satu sajian khas dan tepat untuk sarapan pagi. Termasuk yang paling legendaris karena sudah ada sejak tahun 1960 an lho. Kuahnya sedikit encer dan berwarna bening, Untuk isiannya sendiri ada nasi, kacang goreng, suwiran daging ayam, ceker, irisan daun bawang, telur, serta ati ampela.

Cita rasa yang dihasilkan sangat gurih. Menariknya, gurih yang kamu rasakan bukanlah dari moto atau juga bumbu penyedap lainnya. Melainkan dari santan kelapa yang juga digunakan. harga satu porsinya hanya 30 ribu saja. Buka dari jam 6 pagi hingga jam 8 malam.

12. Citruk

makanan khas tasikmalaya yang murah
foto: https://www.instagram.com/warung.jeletot_/

Cemilan yang nikmat penggugah selera ini adalah citruk yang menggunakan beberapa bahan-bahan, seperti tepung tapioka, garam, terigu, penyedap rasa.

Biasanya menu satu ini bisa kamu beli di berbagai toko oleh-oleh yang ada di seluruh wilayah Tasikmalaya. Harganya pun tidak terlalu mahal lho hanya 20 ribuan saja.

13. Sate Maranggi

sate khas tasikmalaya
foto: https://www.instagram.com/eatoutbdg/

Di Tasikmalaya juga sudah banyak yang menjual menu sate maranggi lho, Makanan khasnya ini memang mempunyai rasa yang cukup unik. Biasanya menggunakan sate sapi dan juga kambing yang dibakar hingga daging terasa empuk. Bumbunya menggunakan rempah-rempah yang begitu lengkap.

Sebagai menu pelengkap, Sate maranggi akan disantap menggunakan nasi timbel yang nikmat. Serta sambal yang sudah disediakan, menariknya makanan ini tidak menggunakan ketupat lho. Kamu bisa membelinya di berbagai warung di Tasikmalaya. Harganya mulai dari 30 ribuan saja.

14. Pancake di Kedai Kake

Kedai kake sendiri adalah sebuah rumah makan yang cukup terkenal di Tasikmalaya yang menyuguhkan berbagai macam menu tradisional. Banyak wisatawan yang mengunjungi tempat ini lantaran mempunyai harga yang tidak terlalu mahal. Cita rasanya sangat menarik dan cocok untuk nongkrong.

Salah satu sajian yang harus kamu nikmati adalah pancakenya. Karena, banyak yang mengatakan bahwa tempat ini adalah surganya pancake. Kamu bisa memilihnya dengan berbagai macam topping yang pasti membuat kamu meleleh. Rasanya sangat lembut dengan harga mulai dari 15 ribuan saja.

Baca juga –> 24 Makanan Khas Sukabumi Terbaru

15. Noga Kacang

noga kacang
foto: https://www.instagram.com/toko_kembangbanjar/

Kalau kamu perhatikan lebih dalam, maka kamu pasti akan setuju bila makanan ini lebih mirip dengan ampyang. Konon sudah ada sejak tahun 1982. Semua bahannya menggunakan bahan alami yang terbebas dari pengawet.

Kamu bisa membelinya di kecamatan Indihiang yang memproduksi menu satu ini dengan harga 20 ribuan untuk satu packnya.

16. Warunk Upnormal

Tempat makan ini menjadi viral dengan tempat nongkrongnya dan beberapa menu makanan yang bisa kamu pesan.

Terletak di Jl. Tentara pelajar, No.73, empangsari, Kecamatan Tawang, Tasikmalaya.

Ada banyak menu makanan dan juga minuman termasuk kopi yang sangat nikmat dengan harga mulai dari 10 ribuan saja.

17. Pecel Oranye

foto: Pecel Oranye

Tempat ini adalah warung makan yang konon sudah ada sejak tahun 1923. Sejak saat tentara jepang menjajah pun warung ini masih tetap buka.

Dengan nama Pecel Asia. Diubah menjadi nama oranye setelah pendudukan jepang hengkang. Bumbu kacangnya memang luar biasa nikmat dengan menu lainnya seperti gado-gado atau juga lotek.

18. Rengginang Oyek

foto: https://www.instagram.com/amare_palomino/

Makanan Ringan Khas Tasikmalaya ini berasal dari Tenjowaringin. Untuk bisa mengolahnya, perlu waktu yang cukup panjang lho. Cita rasanya sangat gurih.

Harga per kilonya hanya 20 ribuan saja. Kamu bisa membelinya di berbagai toko oleh-oleh yang ada di Tasikmalaya. Jadi, jangan sampai kamu tidak membelinya ya.

19. Mie Ayam Pelangi

Seperti namanya, mie ini mempunyai beberapa warna seperti warna pelangi lho. Hijau, kuning, putih, dan merah, Jangan takut karena, semua warna ini menggunakan beberapa pewarna dari sayuran lho.

Harga yang bisa kamu bayar mulai dari 15 ribuan saja. Ada banyak varian yang bisa kamu pilih termasuk perpaduannya dengan bakso.

20. Opak

foto: https://www.instagram.com/dapur_nengnay/

Makanan khas Tasikmalaya Jawa Barat ini bisa kamu jadikan sebagai salah satu oleh-oleh wajib untuk keluarga dan tetanggamu.

Bagi kamu yang penasaran dengan rasa gurihnya, kamu wajib membayar 200 rupiah untuk satu kepingnya. Rasanya gurih lho, jangan lupa coba ya.

21. Wajit

foto: https://www.instagram.com/makananringan1995/

Makanan ringan khas tasikmalaya ini bahan utamanya adalah menggunakan ketan. Kemudian, dicampur dengan menggunakan kelapa.

Lalu, dihaluskan dengan menggunakan gula merah. Sebelum disajikan, makanan ini akan dibungkus menggunakan daun jagung. Cita rasanya manis membuat kamu harus mencobanya.

Baca juga –> 24 Makanan Khas Garut Terbaru

22. Sale Pisang

Olahan ini terbuat dari pisang yang bisa kamu beli di berbagai toko oleh-oleh di Tasikmalaya. Harganya hanya 15 ribuan saja lho. Dengan cita rasa manis yang sulit kamu tolak.

Cara pembuatannya dijemur terlebih dahulu agar kadar air di dalam buahnya hilang, baru digoreng menggunakan tepung.

23. Nasi TO Tasik

foto: https://www.instagram.com/erik.rachmat/

Inilah makanan khas Tasikmalaya lainnya yang harus kamu coba, Nasi dibuat dengan menggunakan oncom yang sudah diberi bumbu rempah-rempah seperti jahe, kencur, bawang putih, dan garam.

Sajian lainnya akan ditambahkan dengan lalapan, tahu goreng, tempe goreng, serta sambal terasi yang nikmat.

24. Cilok Goang

foto: https://www.instagram.com/agen_bolotot/

Makanan ini memang bisa kamu santap saat bersantai. Dimana, cilok ini digunakan dengan kuah-kuah yang menyajikan rasa gurih.

Sebagai menu pelengkap biasanya akan ditambahkan dengan tahu, ceker, sayap dan ditambah tulang ayam.

25. Keripik Sukun

foto: https://www.instagram.com/dapurciklani/

Oleh-oleh yang bisa kamu seli selanjutnya adalah keripik sukun yang mempunyai cita rasa gurih. Hanya saja, pembuatannya tidak boleh sembarangan.

Gunakan buahnya yang sudah matang dan memiliki kualitas terbaik. Warna kuning keemasannya membuat makanan ini begitu diminati.

26. Kue Aci

Seperti namanya, pembuatan menu satu ini menggunakan bahan dari aci.

Kamu bisa membelinya di berbagai toko oleh-oleh dengan harga mulai dari 15 ribuan. rasa gurihnya membuat banyak orang jatuh cinta.

27. Martabak Ramayana

Tempat terakhir yang bisa kamu nikmati adalah Martabak Ramayana yang terletak di Jl. Tentara Pelajar No.68, Empangsari, Kec. Tawang, Tasikmalaya. Konon katanya, tempat ini sudah berdiri sejak tahun 1993. Setiap malam kamu harus rela mengantri dengan harganya yang cukup murah mulai dari 11 ribuan saja lho.

Review Sebelumnya –> 22 Makanan Khas Tangerang Terbaru

Makanan khas Tasikmalaya memang beragam dengan cita rasa yang khas. Beberapa memang ada yang menyerupai makanan khas kota lain. Tetapi, sejatinya menu yang disajikan di kota ini semuanya mempunyai cita rasa yang nikmat. Jadi, sudah siap belum mencicipi semua makanan yang dipersembahkan kota ini?

Kuliner Vlog Ke Waroeng Holiday yang Lagi Hits

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here