Kupang, salah satu daerah di Indonesia yang tidak boleh Anda lewatkan untuk dikunjungi saat musim liburan. Tempat wisata di Kupang ada banyak macamnya mulai dari pantai, taman, air terjun dan lainnya. Beragamnya pilihan tempat wisata di Kupang ini pastinya tidak akan membuat Anda cepat bosan saat liburan di sini.

Jika Anda sudah tidak sabar untuk segera liburan di Kupang. Di bawah ini sudah ada beberapa rekomendasi tempat wisata yang bisa dikunjungi. Jangan lupa, siapkan note atau buku untuk mencatat daftar tempat wisata yang akan Anda kunjungi.

Berikut daftar tempat wisata di Kupang yang tidak boleh dilewatkan agar liburan di Kupang makin menyenangkan dan tidak terlupakan:

1. Pantai Manikin

tempat wisata di kupang
Foto : https://www.instagram.com/adr.portraiture_/

Wisata Kupang NTT yang berada di Tarus, Kupang Tengah, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur ini adalah pantai yang banyak diminati. Pantai ini buka mulai jam 08.00 sampai 18.00 dan tiketnya di banderol Rp15.000 per orang.

Ada beberapa hal menarik di pantai ini yang membuat banyak pengunjung tertarik. Seperti adanya buaya air asin yang hidup di kawasan pantai. Selain itu, terdapat juga paus yang hidup di perairan sekitar laut Manikin ini.

Saat musim liburan, di tepi pantai juga banyak yang menjual makanan seperti jagung bakar, ubi rebus, dan lainnya. Fasilitas yang tersedia di wisata Kupang ini seperti tempat parkir, wisata kuliner. Dan spot foto yang instagrammable, toilet, dan masih banyak lagi.

Bagi Anda yang gemar fotografi pastikan untuk mengunjungi tempat wisata ini. Ada banyak spot foto menarik di sini seperti pasir putih, batu koral, pohon-pohon yang rimbun, batu akik langka, dan lainnya.

2. Batu Nona Beach

wisata kupang dekat bandara
Foto : https://www.instagram.com/rwibi5/

Destinasi wisata di Kupang yang terletak di Jalan Timor Raya km 10, Kelapa Lima, Kupang memiliki cerita mistis dibalik namanya. Ternyata nama Batu Nona ini diambil dari kisah seorang perempuan yang baru saja putus dari kekasihnya. Dan akhirnya setelah itu ia melompat dari salah satu batu karang di pantai ini.

Saat wanita tersebut melompat ke pantai konon katanya ia berubah menjadi batu. Kata “Nona” sendiri diambil dari kebiasaan warga yang memanggil wanita muda dengan sebutan nona.

Namun dibalik cerita mistis tersebut tempat wisata di Kabupaten Kupang ini menawarkan pemandangan pantai yang indah dengan ombak kecil. Ditambah dengan hembusan angin yang sepoi-sepoi membuat suasana menjadi lebih syahdu.

Fasilitas yang tersedia di pantai ini adalah warung makan, toilet, penginapan, dan kolam renang yang terbagi menjadi 3 tempat. Untuk masuk ke pantai ini Anda harus mempersiapkan uang Rp15.000/orang dan untuk uang parkir Rp2.000/sepeda motor dan Rp5.000/mobil.

3. Taman Nostalgia Kupang

wisata kupang ntt
Foto : https://www.instagram.com/selares.shop/

Sebelum menjadi Taman Nostalgia, objek wisata di Kupang ini dulunya digunakan untuk meletakkan Monumen Gong Perdamaian Nusantara. Atau biasa di sebut dengan GPN Kota Kupang.

Keberadaan GPN ini juga menjadi salah satu ikon yang mampu menarik banyak wisatawan untuk berkunjung ke sini.

Selain terdapat monumen GPN, di wisata di Kupang ini juga terdapat Paguyuban Pedagang Kuliner Taman Nostalgia. Sehingga ada belasan pedagang makanan yang berjualan di sini dari sore sampai malam hari.

Untuk lokasinya sendiri berada di Jalan Frans Seda, Kecamatan Kelapa Lima, Kupang. Untuk masuk ke lokasi obyek wisata di Kupang ini Anda tidak akan dipungut biaya apapun alias gratis ya!

Fasilitas yang tersedia disini seperti jajaran tempat duduk di tiap sudut, area bermain anak, dan tempat untuk wisata kuliner. Selain itu, tersedia jogging track, dan juga lapangan basket yang sudah berstandar internasional.

4. Pantai Lasiana

wisata kupang terbaru
Foto : https://www.instagram.com/dimul75/

Pantai Lasiana ini juga menjadi salah satu pantai yang tidak boleh Anda lewatkan saat berada di Kupang. Hal tersebut karena pantai ini menawarkan ombak yang tenang dengan birunya air laut ditambah dengan hamparan pasir putih.

Pantai ini rencananya akan dibuat menjadi Taman Budaya Flobamora dimana akan mempersatukan seluruh budaya dan suku di kawasan pantai. Di tempat wisata di Kupang NTT ini Anda bisa bermain volly, jogging, memancing, berenang, dan snorkeling.

Untuk menunjang kenyamanan pengunjung, pantai Lasiana ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Seperti MCK, kios, warung makan, homestay, kafe, panggung hiburan rakyat, dan arena bermain anak.

Bagi yang tertarik untuk berkunjung ke tempat wisata ini, lokasinya berada di Kelurahan Lasiana, Kupang Tengah, Kupang. Anda bisa berkunjung mulai pukul 08.00 hingga 17.00 dan tetap buka saat hari libur.

Untuk masuk ke kawasan pantai ini Anda hanya membutuhkan uang Rp2.000/orang untuk tiket masuknya. Dan tarif parkir Rp2.000/sepeda motor serta Rp3.000/mobil.

5. Pulau Kera

Tempat wisata tersembunyi di Kupang
Foto : https://www.instagram.com/devisonya/

Pulau Kera ini letaknya berada di pinggir Kota Kupang tepatnya berada di Desa Uiasa, Kecamatan Semau, Kabupaten Kupang, NTT. Wista apik ini adalah rekomendasi yang tepat untuk menenangkan diri karena tempat ini asri dan nyaman.

Tempat wisata di Kupang NTT ini juga dilengkapi dengan pohon kelapa dan pohon cemara yang rimbun sehingga udaranya terasa sejuk. Beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di sana seperti berjalan menyusuri pantai, snorkeling, memancing, diving, dan juga berburu foto saat sunset.

Pulau Kera ini bisa dikunjungi setiap hari selama 24 jam dan untuk tiket masuknya tidak dipungut biaya sepeser pun. Akan tetapi mungkin saat ada penduduk sekitar yang berjaga Anda bisa dikenai biaya masuk dengan nominal secukupnya.

6. Pantai Nunsui

wisata di kupang
Foto : https://www.instagram.com/soflinrobo/

Untuk para pemburu sunset pastikan jangan sampai lupa untuk berkunjung ke pantai Nunsui. Pantai ini menawarkan pemandangan sunset yang indah yang sekaligus menjadi salah satu daya tarik dari tempat wisata alam di Kupang.

Untuk lokasinya, tempat wisata ini berada di Kelurahan Oesapa, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang, NTT. Pantai ini juga jadi tempat yang cocok untuk yang ingin nongkrong bersama teman. Karena sudah dilengkapi dengan warung-warung yang menjual makanan.

Bagi Anda yang ingin ke pantai yang buka selama 24 jam ini cukup siapkan uang Rp. 5.000 per orang saja untuk membayar tiket masuk. Walaupun di pantai ini masih belum ada fasilitas umum yang dibangun akan tetapi hal ini tidak menyurutkan keseruan pengunjung.

Datang juga ke –> Tempat Wisata di Pangkalpinang yang hits dengan banyak pilihan destinasi kekinian dan juga instagramable.

7. Air Terjun Oenesu

wisata di kupang ntt
Foto : https://www.instagram.com/__danielsimamora__/

Jika Anda ingin berwisata di tempat yang berbeda di kawasan Kupang, air terjun Oenesu adalah tempat yang cocok untuk Anda. Wisata alam Kupang ini menawarkan tempat yang rindang dan sejuk. Lokasinya berada di Desa Oenesu, Kecamatan Kupang, Kabupaten Kupang, NTT.

Air terjun Oenesu ini juga unik karena terdiri dari empat lapisan dimana tiap lapisannya memiliki kolam alami. Biasanya kolam tersebut digunakan wisatawan untuk berendam maupun berenang.

Anda juga bisa berburu foto di sini karena ada banyak spot foto menarik yang bisa diabadikan. Setelah lelah berburu foto Anda bisa beristirahat di gazebo di kawasan air terjun ini. Selain gazebo masih ada beberapa fasilitas menarik lainnya yang bisa anda manfaatkan.

Anda bisa berkunjung ke tempat wisata ini mulai pukul 08.00 sampai 18.00 WIB. Dan untuk tiket masuknya Anda hanya perlu menyiapkan uang Rp2.000/orang dan uang parkir Rp1.000/motor dan Rp2.000/mobil.

8. Pantai Tablolong

destinasi wisata di kupang
Foto : https://www.instagram.com/mypictday/

Bagi yang suka memancing pastinya pantai Tablolong ini harus masuk dalam daftar tempat wisata yang akan dikunjungi saat di Kupang. Wisata Kupang dekat bandara ini memiliki daya tarik berupa hamparan pasir pantai berwarna putih.

Lokasinya sendiri terhimpit pulau Rote dan Timor atau tepatnya berada di Tablolong, Kupang Barat, Kupang, NTT. Perairan tersebut menjadi jalur migrasi ikan menuju Laut Sawu. Wisata di Kupang NTT dijadikan arena pemancingan baik oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Daya tarik lain dari pantai ini adalah kebersihannya yang selalu terjaga. Untuk menunjang kenyamanan pengunjung, tersedia beberapa fasilitas di sini seperti kamar ganti, tempat bermain anak, toilet, villa, dan juga gazebo.

Pantai ini buka setiap hari selama 24 jam dengan tarif masuk Rp2.000/ orang dan untuk parkir Rp5.000/motor serta Rp10.000/mobil.

9. Air Terjun Tesbatan

wisata alam kupang
Foto : https://www.instagram.com/madara_geo/

Jika Anda ingin mengunjungi air terjun untuk melepas hawa panas selama di Kupang, pastinya Air Terjun Tesbatan tidak boleh dilewatkan. Air terjun satu ini adalah tempat wisata tersembunyi di Kupang jadi sebaiknya gunakan sepeda motor untuk pergi ke sini.

Selain air terjunnya yang menawan daya tarik lain yang ditawarkan adalah pemandangan rimbunnya pepohonan yang ada di sepanjang jalan. Ada pula jalan setapak yang bisa menjadi objek fotografi.

Aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan di sini adalah menyusuri tingkatan air terjun yang terdiri dari tiga tingkatan. Bagi Anda yang berencana pergi ke tempat wisata ini lokasinya berada di Desa Tesbatan, Kecamatan Amarasi, Kota Kupang, NTT.

Tempat wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08.00-18.00 WIB dan untuk masuk kesini tidak akan dipungut biaya alias gratis. Menariknya, di sana sudah tersedia beberapa fasilitas seperti tempat parkir, spot foto, dan ruang ganti.

10. Pantai Pasir Panjang Kupang

tempat wisata di kupang ntt
Foto : https://www.instagram.com/andrikilua/

Masih seputar pantai di Kupang, kali ini ada Pantai Pasir Panjang Kupang yang lokasinya di Kecamatan Kota Lama, Kota Kupang. Jika Anda berkunjung ke sini saat cuaca sedang cerah ada pemandangan unik berupa pantulan cahaya gemerlap birunya laut.

Kebersihan pantai dan kejernihan air laut yang ditawarkan adalah dua hal yang menjadi daya tarik dari tempat wisata ini. Wisata di Kupang ini Anda bisa melakukan kegiatan seperti menyelam, voli pantai, sepak bola pantai, selancar, dan juga memancing.

Fasilitas yang ada disini cukup lengkap seperti sepeda air, diskotik, persewaan perahu motor, pondok wisata, toko souvenir, dan restoran. Selain itu, tersedia arena bermain anak sehingga bisa jadi tempat wisata anak di Kupang, dan masih banyak lainnya.

Pantai ini buka selama 24 jam dan untuk masuk ke sini Anda hanya membutuhkan tiket masuk seharga Rp5.000 saja. Bagaimana, sangat terjangkau bukan?

11. Kupang Waterpark

Tempat wisata di Kabupaten Kupang
Foto : https://www.instagram.com/kupangwaterpark/

Dikenal sebagai kota dengan cuaca yang panas. Kupang Waterpark menjadi salah satu tempat wisata keluarga di Kupang yang siap membuat segar kembali. Waterpark yang menyediakan 22 wahana untuk semua usia ini lokasinya berada di Oebufu, Oebobo, Kota Kupang.

Sebenarnya lokasi dari Kupang Waterpark ini berada tepat sebelah pusat perbelanjaan bernama Flobamora. Wahana yang tersedia seperti kolam renang arus sepanjang 100 meter yang membuat Anda terasa seperti sedang berenang di laut.

Selain itu ada pula papan seluncur yang panjangnya 8 meter dengan bentuk melingkat seperti spiral. Di samping wahana tersebut masih ada wahana lain seperti istana balon, three racing slide dan masih banyak lagi lainnya.

Bagi Anda yang tidak ingin basah-basahan, tak perlu khawatir karena Anda bisa menikmati komedi putar, sewa sepeda tandem, juga ATV. Untuk harga tiket masuknya adalah Rp30.000/orang untuk hari biasa dan Rp40.000/orang saat hari libur.

Untuk fasilitas yang tersedia di sini adalah kolam pancing, restoran, gazebo, dan tempat penyewaan, toko oleh-oleh dan masih banyak lagi.

Kunjungi juga –> Tempat Wisata di Tanjung Pinang yang menarik untuk anda jadikan tujuan liburan dengan sajian destinasi terbaru anti mainstream.

12. Pantai Neam

wisata kupang
Foto : https://pariwisatantthits.wordpress.com/

Bagi yang suka petualangan pastikan untuk mencoba ke pantai Neam yang ada di Kupang ini. Pantai satu ini termasuk pantai yang masih perawan dan masih jarang dikunjungi orang-orang.

Lokasinya pun cukup tersembunyi karena berada dibalik hutan belantara sehingga untuk masalah keasrian sudah pasti masih terjaga dengan baik. Pergi ke pantai Neam yang berlokasi di Pasir Panjang, Kota Lama, Kota Kupang, NTT membutuhkan waktu 3 jam perjalanan.

Kupang sementara untuk tiket masuk ke sini Anda hanya membutuhkan uang Rp5.000 saja. Walaupun membutuhkan waktu yang cukup lama untuk sampai di sini, namun semua lelah Anda akan terbayar.

Nantinya Anda kan disuguhi dengan pemandangan pantai lengkap dengan pasir putih dan batu karang yang bertebaran. Selain pemandangan pantai yang indah, di kawasan pantai ini juga ada gua misterius. Yang dikelilingi pepohonan dan pasir mirip dengan pasir Sahara yang eksotis dan mempesona.

Pantai ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang ingin menguji adrenalin. Hal tersebut karena perjalanan ke tempat ini harus melewati pedesaan, jalan berliku, dan juga melewati hutan belantara.

13. Subasuka Waterpark Kupang

tempat wisata keluarga di kupang
Foto : https://www.instagram.com/subasukaparadise/

Subasuka Waterpark Kupang ini adalah wahana air lain di Kupang yang lokasinya berada di Pasir Panjang, Kota Lama, Kupang, NTT. Tempat satu ini menyediakan wahana air yang lengkap baik untuk wahana anak maupun orang dewasa.

Selain itu waterpark ini juga luas sehingga membuat para pengunjung nyaman saat berada di sini. Waterpark ini memiliki beragam wahana permainan air seperti perosotan, plaza air mancur, kolam renang, ember tumpah, dan family raising.

Kolam renang yang tersedia di sini juga ada dua yaitu kolam renang dewasa yang sudah mahir berenang. Dan kolam renang anak untuk Anda yang masih belajar berenang atau jika Anda membawa anak-anak untuk berenang.

Fasilitas yang tersedia di Subasuka Waterpark ini adalah tempat parkir, tempat makan, toilet, dan spot foto menarik. Selain itu, ada juga perosotan, gazebo, kolam renang, ember tumpah, family raising dan plaza air mancur.

Untuk jam bukanya mulai dari pukul 09.00 sampai 17.00 WIB. Harga tiket masuk Rp20.000/orang dan tarif parkir Rp2.000/motor dan Rp5.000/mobil.

14. Ketapang Satu Beach

objek wisata di kupang
Foto : https://www.instagram.com/dminttea/

Bagi yang tinggal di pusat Kota Kupang ingin melihat sunset yang indah dari pantai, Pantai Ketapang menjadi tempat yang tepat. Berlokasi di Jalan Sumatera, Kelurahan Tode Kisar, Kecamatan Kota Lama, Kupang tempat wisata di Kupang ini selalu ramai dikunjungi.

Pantai satu ini sering menjadi tempat tujuan bagi mereka yang baru saja selesai beraktivitas. Bahkan pantai ini juga menjadi tempat untuk menyatakan cinta bagi para pasangan muda mudi.

Untuk penamaan Ketapang sendiri ternyata diambil dari pohon Ketapang yang ada di tengah karang di kawasan pantai ini. Pohon tersebut sering kali digunakan sebagai tempat berteduh bagi para pengunjung pantai ini.

Pantai Ketapang Satu ini juga menyediakan berbagai fasilitas seperti spot foto menarik, toilet, tempat makan, dan tempat parkir. Untuk jam bukanya, pantai Ketapang Satu buka setiap hari selama 24 jam.

Sedangkan untuk harga tiket masuk sebesar Rp5.000 dan biaya parkir sebesar Rp2.000/sepeda motor dan Rp5.000/mobil.

15. Pantai Oesapa

tempat wisata anak di kupang
Foto : https://www.instagram.com/denikoes/

Jika rencana Anda saat berkunjung ke Kupang adalah untuk berburu sunset. Pastikan untuk memasukkan Pantai Oesapa dalam daftar tempat yang akan dikunjungi. Tempat wisata satu ini memang sangat ramai khususnya mulai pukul 15.00 sampai petang.

Umumnya banyak dari pengunjung yang pergi ke sana karena ingin menikmati sunset. Jika belum tahu lokasinya, pantai ini berada di Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang, atau 10 kilometer dari pusat kota Kupang.

Fasilitas yang disediakan di sini seperti tempat parkir, toilet, tempat makan, penginapan, diving, dan snorkeling. Keunggulan yang dimiliki pantai ini adalah spot foto yang instagrammable, memiliki spot sunset, pusat kuliner, dan menawarkan suasana malam romantis.

Nah, bagi Anda yang ingin berkunjung ke pantai ini bisa langsung ke area pantai tanpa harus membayar alias gratis. Untuk yang belum tahu lokasinya bisa menggunakan Google Maps guna memudahkan perjalanan Anda.

16. Bukit Cinta Kupang

tempat wisata di kupang
Foto : https://www.instagram.com/robertusarian/

Saat pergi ke Kupang pasti kurang rasanya jika Anda tidak pergi ke Bukit Cinta Kupang ini. Bukit Cinta ini merupakan sebuah bukit dengan luas belasan hektare, lokasinya berada di Penfui Timur, Kupang Tengah, Kabupaten Kupang.

Beberapa hal menarik yang bisa ditemukan di tempat wisata Kupang terbaru ini seperti prasasti love untuk spot foto bersama pasangan. Selain itu, ada hamparan padang rumput kering yang mirip dengan hamparan padang rumput di Afrika.

Menariknya lagi, dari atas bukit ini pengunjung bisa menyaksikan pemandangan Laut Bour, Gunung Ile Boleng Gunung Koge. Dan juga Gunung Bour yang tak kalah mempesona.

Di bukit cinta ini tidak tersedia fasilitas penunjang. Namun di sini ada banyak pohon-pohon besar yang bisa Anda pakai untuk tempat berteduh.

Bagi Anda yang ingin berkunjung, terbuka selama 24 jam dan untuk masuk ke tempat wisata di Kupang terbaru alias gratis. Bagaimana, tertarik untuk segera mengunjunginya bersama keluarga ?

Review sebelumnya –> Tempat Wisata di Mataram dengan suguhan destinasi terbaru dan juga hits wajib untuk anda explore keindahannya.

Nah, dari tempat wisata di Kupang di atas pastinya Anda sudah bisa menentukan tempat wisata mana saja yang akan dikunjungi. Jika Anda ingin menikmati tempat yang segar Kupang memiliki waterpark dengn wahana menarik dan fasilitas lengkap untuk Anda.

Kupang juga memiliki tempat wisata yang letaknya di dalam hutan belantara. Jika Anda ingin berpetualang sebelum sampai di tempat wisata pastikan untuk mencoba tempat wisata di Kupang ini. Wisata terbaru di Kupang pastinya juga tidak boleh dilewatkan agar liburan Anda di sana semakin tak terlupakan. Selamat berlibur!

Travel Vlog Jeep Adventure Dieng

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here