Makanan khas Sukabumi menjadi sajian lain untuk melengkapi kamu dalam berwisata dan berlibur ke kota ini. Dimana, hampir semua menu yang ditawarkan memiliki cita rasa tinggi. Selain itu, ada beberapa menu yang unik dan menjadi ciri khas tersendiri.

Bagi kamu yang ingin menjelajah Sukabumi, jangan lupa untuk menikmati berbagai macam sajiannya. Karena, liburanmu akan kurang bila tidak mencicipinya satu persatu. Berikut, beberapa makanan khas pilihan di Sukabumi yang mungkin bisa kamu santap.

1. Pisang Coklat Cakra

makanan khas sukabumi
foto: https://www.instagram.com/veronicayant/

Menu makanan pertama yang bisa kamu nikmati bila berkunjung ke Sukabumi adalah pisang coklat. Seperti diketahui, di berbagai daerah sudah banyak yang menjual sajian ini. Tetapi, tidak senikmat yang ada di Sukabumi lho. Apalagi, kalau kamu pergi ke tempatnya langsung.

Tempat ini menjadi sajian wajib wisatawan yang ingin makan tetapi, tidak mengenyangkan. Coklat begitu melimpah dan lumer dimulut. Dipotong kecil-kecil hingga kamu mudah untuk menyantapnya.

2. Pepes Ikan

makanan khas sukabumi yang enak
foto: https://www.instagram.com/cyber3kosong3/

Tidak hanya pisang coklatnya saja yang enak dan menggiurkan untuk dinikmati. Sukabumi, masih punya satu menu yang cocok untuk dijadikan menu makan siang. Atau oleh-oleh untuk keluarga dan tetangga di rumah. Namanya adalah pepes ikan yang sudah banyak terjual baik offline maupun online.

Ada banyak jenis ikan yang dijual disini mulai dari mas, nila, tenggiri hingga jambal. Ciri khasnya adalah dagingnya yang tebal dengan bumbu rempah yang meresap ke dalamnya. Satu gigitan saja kamu sudah ketagihan. Menariknya lagi, pengolahannya di vakum kurang lebih 7 jam hingga 9 jam. Jadi, tidak ada masalah bila durinya ikut dikonsumsi.

3. Ciuk

Bagi kamu yang bukan orang sunda mungkin bertanya-tanya mengenai makanan satu ini. Banyak yang menyebutnya ciwang atau aci bawang. Tetapi, masyarakat sukabumi sendiri menyebutnya dengan nama ciuk. Singkatan dari Aci dan Suuk atau kacang.

Sayangnya, kamu harus menanti saat bulan Ramadhan bila ingin menyantapnya. Maklum saja, makanan ini adalah hidangan khas buka puasa.

Cita rasanya gurih dan mirip dengan gorengan membuat semua pasti menyerbunya, Harganya sendiri pun tidak terlalu mahal hanya 2 ribu rupiah untuk 3 potongnya. Bagi yang suka pedas, biasanya dimakan bersama dengan cengek atau cabe.

4. Wedang Ronde

minuman khas sukabumi
foto: https://www.instagram.com/helly_tresnawati/

Menikmati malam di sukabumi yang dingin memang paling enak minum yang hangat-hangat. Salah satunya adalah wedang ronde yang dikenal menggunakan bahan dasar jahe yang berfungsi untuk menghangatkan tubuh. Di sekitaran sukabumi kamu bisa menemukannya sekitar pukul 8 malam.

Penyajiannya, menggunakan mangkok. Rondenya sendiri warna-warna. Menggunakan kacang, kolang-kaling, dan roti. Racikannya jahenya yang pas membuat minuman untuk sangat nikmat. Rondenya sendiri juga empuk dan legit. Harganya hanya 15 ribuan saja.

5. Mie Bakso Super

Makanan Khas Sukabumi yang Terkenal dan patut kamu coba. Mie yang digunakan adalah mie gepeng, kemudian baksonya jumbo besar. Dengan daging yang sangat lembut dan kenyal.

Memberikan cita rasa yang nikmat. Bila kamu berkunjung kesini, kamu harus rela antri apalagi, bila datang disaat jam makan siang. Maklum saja, harganya hanya 15 ribuan saja.

6. Sego Bakar

sego bakar
foto: https://www.instagram.com/segomakepati/

Kuliner ini memang menarik untuk disantap. Dimana, kamu akan disuguhkan dengan nasi yang dibungkus dengan daun pisang.

Kemudian, sebelum disajikan akan dibakar terlebih dahulu. Hal ini yang membuat kuliner satu ini begitu disukai oleh banyak orang.

Saat kamu buka satu persatu bungkusnya, kamu bisa mencium bau wangi yang dihasilkan. dari daun pisangnya. Di sukabumi sudah banyak penjual yang menjual menu ini yang menjadi pembeda hanyalah lauknya.

Ada teri, ati ampela, atau juga ayam suwir. Harga satunya biasanya mulai dari 3 ribu rupiah. Sesuai dengan lauk yang kamu inginkan.

Baca juga –> 24 Makanan Khas Garut Terbaru

7. Deblo

Makanan satu ini memang sampai saat ini cukup langka. Bahan utamanya Singkong yang langkah pertamanya direbus terlebih dahulu. Kemudian, ditumbuk dengan kunyit serta bawang putih yang sebelumnya sudah dihaluskan terlebih dahulu.

Kemudian ditambah dengan merica dan bumbu penyedap rasa. Lalu, di bentuk pipih dan digoreng. Rasanya pun cukup gurih, bila ingin bercita rasa pedas, akan ditambahkan dengan cabai.

8. Bandros

bandros
foto: https://www.instagram.com/jktfooddestination/

Makanan dari Sukabumi ini berbahan dasar tepung terigu, telur, mentega, gula dan juga kepala parut. Cita rasanya sangat lembut dan juga gurih, Di tempat ini ada banyak sekali yang menjualnya. Harganya pun juga tidak mahal hanya 15 ribuan saja.

Tidak hanya rasa original saja, tetapi kamu juga bisa menikmati berbagai macam rasa seperti vanilla, strawberry dan juga keju. Ada lagi dengan tambahan telur setengah matang yang membuat cita rasa Bandros ini sangat nikmat.

9. Coklat Unaichoco

makanan ringan khas sukabumi
foto: https://www.instagram.com/unaichoco/

Salah satu oleh-oleh yang terkenal dan harus kamu beli adalah Coklat Unaichoco. Konon katanya, menu satu ini menjadi sajian yang paling nikmat lho.

Olahannya menggunakan teknik khusus yang membuat kamu ketagihan. rasanya asli dan lumer di mulut.

Tidak hanya bentuk kue saja. Kamu juga bisa menemukannya dalam bentuk permen yang disukai anak-anak. Bentuknya pun juga tidak hanya bulat saja. Tetapi, ada varian-varian menarik seperti kotak, atau juga segitiga dengan hiasan lucu

10. Sate Aci

makanan khas sukabumi jawa barat
foto: https://www.instagram.com/dianfaizin17/

Makanan khas Sukabumi Jawa barat seperti namanya menggunakan bahan dari Aci. yang dibentuk bulat dan ditusuk seperti sate kemudian dibakar dan bisa disantap. Melihat sejarahnya, menu ini sebenarnya untuk jajanan anak SD lho.

Cara pembuatannya pun sebenarnya cukup mudah. Tepung singkong yang dilarutkan dengan air hingga encer. Selanjutnya, digoreng dengan menggunakan telur.

Setelah matang di potong-potong menjadi, 4 hingga 5 buah kemudian di bakar menggunakan bumbu-bumbu seperti kacang tanah yang diulek ditambah dengan kecap dan beberapa bumbu rempah.

11. Tutug Oncom

makanan khas sukabumi yang enak
foto: https://www.instagram.com/zona.makanan/

Nasi tutug oncom sukabumi menjadi sajian lain yang tidak boleh kamu lewatkan, Dimana, kamu bisa menikmati nasi yang teknik pembuatannya menggunakan oncom.

Cita rasanya memang berbeda dengan nasi uduk atau biasa lainnya. Perbedaannya dengan yang ada di Bandung adalah menu pendampingnya.

Bila di Bandung kamu akan menemukan ayam goreng, tahu dan tempe, serta sambal. kalau di Sukabumi kamu akan menemukan sayuran, irisan telur mentimun, daun selada dan sambal. Dari segi harga pun juga jauh lebih murah hanya 10 ribuan saja per porsinya.

12. Bubur Ayam Sukabumi

bubur ayam khas sukabumi
foto: https://www.instagram.com/dapurfoody/

Bubur ayam menjadi sajian yang paling nikmat disantap saat pagi hari. Dimana, menu ini tidak membuat perut kenyang tetapi, juga bisa digunakan sebagai tenaga untuk memulai aktivitas sehari-hari. Kenikmatannya ada di buburnya yang nikmat dan sangat lembut.

Biasanya menggunakan suwiran ayam dan sedikit sayuran. Kamu bisa membelinya di berbagai warung kaki lima di Sukabumi. Untuk harganya pun bervariasi.

Mulai dari 10 ribu rupiah hingga 15 ribu, Sebagai pendampingnya, kamu akan diberi kerupuk. Rasa kuahnya pun enak, gurih dan cocok bila disantap bersama. Jadi, jangan sampai ketinggalan untuk mencicipinya ya.

Baca juga –> 22 Makanan Khas Tangerang Terbaru

13. Kuliner Odeon

makanan khas sukabumi yang murah
foto: https://www.instagram.com/silvana.crysdian/

Odeon adalah menu khas Sukabumi sejenis bubur. Sangat cocok disajikan untuk sarapan. Hal yang menarik disini, makanan satu ini bukan menggunakan cakwe. Melainkan menggunakan kentang, kerupuk pangsit serta beberapa sayuran yang dijamin membuat kamu ingin tambah.

Kamu bisa menikmatinya di wilayah pecinan. Cir khasnya adalah asin. Walau, dijual di wilayah pecinan bubur yang kamu santap ini tetap halal lho. Jadi, jangan ragu untuk menikmatinya. Harga per porsinya tidak terlalu mahal hanya 20 ribu rupiah saja.

14. Geco

makanan khas di sukabumi
foto: https://www.instagram.com/danisaryo/

Makanan enak Khas Sukabumi ini merupakan singkatan dari Tauge Tauco. Konon katanya, menu satu ini sudah ada sejak lama lho. Dimana, satu piring kamu akan dihidangkan mie, toge, tahu, ketupat, serta bumbu tauco yang menjadi bahan utama penentu kenikmatan sajian ini.

Harganya pun tidak terlalu mahal lho, hanya 10 ribuan saja kamu sudah bisa menikmati santapan istimewa yang sudah ada sejak turun-temurun. Di sukabumi sendiri sudah banyak yang menjual menu satu ini. Bahkan, hampir semua kawasan kamu harus rela antri lho. Menu ini sangat cocok dijadikan sebagai santapan siang.

15. Bolu Pisang

kue khas sukabumi
foto: https://www.instagram.com/huseincake/

Tidak hanya pisang coklat saja. Tetapi, ada banyak olahan buah satu ini yang bisa kamu nikmati. Salah satunya adalah bentuk bolu. Ada banyak menu varian yang bisa kamu pilih. Cita rasanya memang nikmat sedikit manis dan gurih dan membuat kamu ingin makan lagi dan lagi.

Varian harganya ada banyak mulai dari 20 ribu rupiah saja. Selain itu, kamu bisa menikmatinya di berbagai macam toko oleh-oleh yang sudah menyediakan menu satu ini.

16. Roti Priangan

kuliner sukabumi
foto: https://www.instagram.com/sukabumikuliner/

Diantara semua makanan khas sukabumi, menu satu ini menjadi yang paling dikenal dan paling sering diburu oleh wisatawan yang berkunjung ke tempat ini.

Konon makanan satu ini sudah dijual sejak 77 tahun yang lalu lho. Dengan resep yang tidak pernah berubah dan rasa yang selalu sama disetiap gigitannya.

Sampai saat ini, membuat makanan khas satu ini masih menggunakan oven tradisional lho. Bahan utamanya menggunakan susu, terigu, dan juga mentega.

Selain itu, tidak menggunakan bahan pengawet sama sekali lho. Jadi, kamu bisa konsumsi sebanyak-banyak tanpa perlu takut ada efek samping dari pengawetnya

17. Nasi Uduk Ungu

makanan khas sukabumi
foto: https://www.instagram.com/jktinfo/

Semakin hari, menu makanan semakin berkembang saja. Seakan tidak mau kalah dengan teknologi yang selalu berinovasi. Seperti halnya, nasi uduk yang biasanya mempunyai warna putih, tetapi di sukabumi memberinya warna seperti, ungu dan juga hijau.

Walaupun, mempunyai berbagai macam warna, pembuatannya tidak sembarang lho. Menggunakan bahan yang alami biasanya menggunakan ubi ungu. untuk warna hijaunya biasanya menggunakan daun bayam dan sedikit cabe hijau. Keduanya, mempunyai cita rasa yang super nikmat.

Manis dan gurihnya atau pedas gurih menjadi sajian sulit untuk ditolak. kamu bisa membelinya di berbagai warung di sukabumi.

18. Mie Goreng Sukabumi

mie goreng sukabumi
foto: https://www.instagram.com/eriscafuji/

Mie goreng ini menjadi sajian legendaris di Sukabumi. Konon ada salah satu warung yang sudah buka sejak tahun 1978 lho. Resep yang digunakan turun temurun.

Rasa mienya sangat nikmat dan teksturnya sangat kenyal. Bahan pendukung lainnya ada sayuran, ayam dan juga telur.

Baca juga –> 21 Makanan Khas Cirebon Terbaru

19. Nasi Hijau

nasi hijau
foto: https://www.instagram.com/makanterusss/

Selain menikmati nasi uduk hijau, kamu juga bisa menikmati menu yang sama dengan warna hijau. Jangan takut untuk mencobanya, karena bahan pewarnanya menggunakan bahan-bahan alami. Seperti, bayam, brokoli, sawi, atau sayuran lain yang memiliki warna hijau.

Biasanya untuk lauk pendamping akan disajikan bersama dengan ayam goreng atau bakar yang diberi sambal pedas. Untuk menambah cita rasanya menu satu ini akan ditambah dengan minyak zaitun, bawang merah, bawang putih, dan bawang bombay.

20. Surabi Sukabumi

makanan khas sukabumi jawa barat
foto: https://www.instagram.com/surabi_cake/

Menu sarapan yang paling enak dan nyaman untuk disantap adalah surabi. Ada berbagai macam jenis yang bisa kamu beli. Biasanya dengan campuran oncom atau ada juga yang memilih durian sebagai salah satu sajiannya. Untuk cita rasa duriannya sendiri memang sangat khas.

Sangat lembut dan tidak terlalu kasar. Cara pembuatannya pun menggunakan arang sehingga, semua cita rasanya bisa menyatu dengan baik. bentuknya bulat dan kalau kamu mau membelinya, kamu harus rela mengantri lho. Untuk harganya sendiri tidak terlalu mahal hanya 5 ribu rupiah saja, kamu sudah bisa menyantapnya.

21. Sekoteng Singapore

sekoteng singapore
foto: https://www.instagram.com/lilykitc88/

Minuman Khas Sukabumi ini memang menjadi salah satu pilihan warga sukabumi untuk menghangatkan tubuh. terlebih lagi saat hujan deras datang. Menurut sejarahnya, menu satu ini ternyata terpengaruh dari tiongkok lho. Namanya shigouteng.

Memang menggunakan mangkuk kecil. kalau di Tiongkok, menu ini ditambahkan dengan kuah yang ditambah dengan gula. Tetapi, saat di Indonesia, kebanyakan di tambah dengan jahe. Dalam satu porsi sekoteng, kamu bisa menikmati kacang hijau, pacar cina, kolang-kaling, serta ada beberapa jenis kacang-kacangan yang juga digunakan.

Untuk menikmati minuman ini kamu harus rela antri lho. Karena, hampir setiap hari banyak wisatawan mencoba sajian khasnya. Harganya pun cukup murah mulai dari 15 ribuan saja.

22. Kue Jahe

cemilan khas sukabumi
foto: https://www.instagram.com/seblakmaow/

Tidak hanya minuman saja yang dijadikan sebagai minuman. Melainkan, makanan pun juga sama terbukti kamu bisa menemukan kue jahe yang rasanya sangat autentik. makanan ringan ini paling cocok disantap saat malam hari atau juga pagi hari dengan secangkir teh hangat.

Kamu bisa menemukannya di berbagai tempat pusat oleh-oleh yang ada di sukabumi dengan harga yang tidak mahal. Hanya 20 ribuan untuk satu plastiknya. Menu legendaris ini biasanya digunakan untuk oleh-oleh yang paling tepat bagi keluarga

23. Mochi

mochi khas sukabumi
foto: https://www.instagram.com/asahid_tehyung/

Inilah sajian paling khas yang dimiliki oleh sukabumi. Kue mochi yang tidak boleh kamu lewatkan. Hampir semua wisatawan mencari sajian yang nikmat ini. Bahannya terbuat dari tepung ketan, Kacang tanah, serta tapioka. Sehingga, menu ini mempunyai cita rasa yang sangat nikmat.

Biasanya dikasih ke dalam keranjang, setiap keranjang akan berisi tujuh kue mochi. Saat ini kamu bisa menikmati berbagai macam varian rasa yang sudah berkembang seperti jahe, mocca, durian, dan masih banyak lagi.

24. Leor daging

Leor Daging adalah makanan khas terakhir sukabumi yang bisa kamu jadikan sebagai pilihan. Hanya saja, bahan baku yang harus digunakan pun cukup sulit lho. Karena, menggunakan pipi sapi. Cita rasanya sangat enak dengan dagingnya yang kenyal dan berlemak.

Biasanya, akan ditambah dengan tomat sebagai penyedap lainnya. Paling cocok disantap saat malam hari dengan kuah yang sedikit pedas dan nasi hangat. Dijamin, nafsu makan kamu akan bertambah pesat. Di sukabumi memang sedikit susah mencari menu satu ini. Lebih baik kamu buat sendiri saja dari rumah.

Review Sebelumnya –> 24 Makanan Khas Karawang Paling Enak

Makanan Khas Sukabumi memang memiliki rasa yang nikmat. Dominasi gurih dan pedasnya membuat lidah kamu bergoyang. Kue-kuenya yang juga gurih manis bisa kamu jadikan sebagai buah tangan untuk keluarga atau tetangga dirumah. Jadi, kapan nih kamu mau pergi ke Sukabumi?

Vlog ke Kuliner Legendaris di Jogja

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here