Makanan Khas Bandung menjadi sajian yang istimewa untuk melengkapi liburan kamu sekeluarga. Kota yang disebut dengan Bandung Lautan Api ini mempunyai cita rasa yang pedas dan gurih. Seperti, diketahui bahwa kenikmatan makanan pedas dengan nasi hangat bisa membuat nafsu makan kamu meningkat.

Bagi kamu yang sedang diet, sepertinya kurang cocok bila mengunjungi Bandung. Karena, semua makanan disini enak-enak. Rugi kalau tidak mencoba satu per satu. Penasaran bukan dengan berbagai macam hidangannya, mari kita simak kelanjutan jelajah kuliner di Ibukota Jawa Barat ini.

1. Nasi Tutug oncom

makanan khas bandung terbaru
foto: https://www.instagram.com/henjiwong/

Menu pertama yang bisa kamu santap adalah Nasi Tutug Oncom yang mempunyai rasa nan nikmat. Makanan khas Sunda ini memang menjadi favorit bagi wisatawan.

Bahkan, sajian utama yang menggunakan bahan nasi yang dicampur dengan oncom yang dibakar atau digoreng ini sudah masuk ke berbagai macam restoran bintang lima.

Nama Tutug oncom sendiri diambil dari proses pembuatan nasi yang ditumbuk bersama dengan oncom. Dalam bahasa sunda namanya adalah tutug.

Isiannya pun bermacam-macam, ada yang menggunakan sambal, tahu, tempe, ayam, daun kemangi, timun dan tomat, ada juga yang mengganti tahu dan tempe dengan sayuran atau terong goreng.

2. Mie Kocok

makanan enak di bandung
foto: https://www.instagram.com/novamardiana07/

Makanan Khas Bandung yang berkuah ini menjadi sajian yang paling tepat disantap saat malam hari. Udara dingin yang menyerang membuat semua orang sulit menolak menu satu ini.

Isiannya ada mie, sayur tauge, kikil, sambal, dan irisan jeruk nipis, ditambah dengan irisan seledri dan diguyur dengan kuah yang memiliki cita rasa gurih.

Disebut mie kocok karena cara pembuatannya dengan cara dikocok-kocok dan tauge, dicelupkan kedalam air yang panas hingga layu. Konon katanya makanan ini sudah ada sejak tahun 1958 lho.

3. Empal Gepuk

empal gepuk
foto: https://www.instagram.com/makgadiis/

Makanan khas sunda selanjutnya yang bisa kamu santap adalah Empal Gepuk. Bahan utamanya adalah daging sapi yang diiris searah dengan serat-seratnya.

Selanjutnya, digepuk-gepuk hingga empuk untuk dimakan. Rebus hingga setengah matang dan diberi bumbu gula jawa dan air asam jawa, bawang merah dan bawang putih.

4. Bandros

kue khas bandung
foto: https://www.instagram.com/teh_haniyah/

Jangan salah sangka dulu ya, nama diatas bukanlah sebuah bus yang biasa digunakan untuk mengelilingi Kota Bandung, Tetapi, inilah makanan khas sunda yang mempunyai cita rasa yang tinggi. Dibuat dengan menggunakan tepung beras, daun suji, kelapa parut dan santan.

Ada dua jenis Bandros yang bisa kamu nikmati asin dan manis. Bentuknya hampir mirip kue pukis, Maklum saja, alat cetakannya memang sengaja disamakan. Kamu bisa mendapatkannya dengan harga 2 ribu hingga 5 ribu rupiah di pasar-pasar terdekat di Kota Bandung.

5. Siomay

siomay khas bandung
foto: https://www.instagram.com/magdahlena_brian/

Makanan satu ini memang paling nikmat dan tidak ada duanya. Dimana, bahan yang digunakan untuk membuat siomay adalah ikan. Salah satu jenis dimsum yang berbentuk bulat dan cara makannya dengan dicocol saus kacang yang punya cita rasa pedas gurih.

Bila dalam chinese food, siomay isinya adalah ayam dan udang. tetapi, di jawa Barat dan beberapa kota lainnya. Makanan ini biasanya dipadukan dengan kentang, tahu, pare, dan kubis.

Baca juga –> 10 Oleh Oleh Khas Bandung Terbaru Yang Bisa Anda Beli

6. Bala-Bala

makanan murah khas bandung
foto: https://www.instagram.com/susie.agung/

Mungkin, bagi kamu yang tinggal di jawa tengah, jawa timur, dan yogyakarta. Nama Bala-Bala masih sedikit asing. Sebenarnya, menu satu ini adalah bakwan.

Makanan ini berasal dari China. Nama bala-bala sendiri diambil karena bahannya dipecah seperti wortel, kol, dan sayuran lainnya, yang terlihat rusak atau bala.

7. Colenak

makanan khas bandung jawa barat
foto: https://www.instagram.com/fridajoincoffee/

Seperti namanya, colenak makanan enak yang berbahan utama tape dan dibakar merupakan racikan pria asal Bandung.

Nah, sajian ini mulai mendunia sejak tahun 1955, saat Konferensi Asia-Afrika dilaksanakan di Bandung. Colenak yang sudah terkenal sejak tahun 1930 ini pun menjadi sajiannya. Takjubnya, banyak orang yang menyukainya.

Sedangkan nama colenak ini sendiri diberi oleh para pembeli. Karena, untuk makanan ini kamu harus mencocolnya di bumbu gula merah yang sudah diencerkan terlebih dahulu. Hingga disebut Colenak, dicocol enak.

8. Cimol

makanan ringan khas bandung
foto: https://www.instagram.com/bandungfoodsociety/

Makanan Murah Khas Bandung paling cocok dijadikan teman disaat kamu sedang ngobrol atau santai. Tidak mengenyangkan tetapi, bisa buat kamu ketagihan.

Terbuat dari tepung kanji dan dibentuk bulat-bulat. Biasanya digoreng menggunakan telur, atau ditabur dengan saus kacang, ada juga yang ditaburi dengan bumbu bubuk dengan berbagai macam rasa.

9. Peuyeum

makanan murah khas bandung
foto: https://www.instagram.com/fridajoincoffee/

Sajian berikutnya pasti tidak asing lagi bagi kamu. Ikon oleh-oleh khas Dari Bandung yang tidak boleh terlewatkan saat kamu menjelajah tempat ini.

Bentuknya lonjong, sejarah dari menu satu ini adalah zaman dahulu, masyarakat bandung banyak sekali yang menanam pohon singkong.

Kemudian, mereka berbondong-bondong membuat menu yang menghangatkan tubuh, Jadilah peuyeum. Saat ini ada dua bahan yang bisa membuat makanan ini beras ketan dan juga singkong.

10. Wajik

wajik bandung
foto: https://www.instagram.com/triiscooking/

Cemilan khas Bandung yang bisa kamu jadikan oleh-oleh juga adalah wajik. Biasanya menggunakan bahan beras ketan untuk membuatnya ditambah dengan kelapa parut dan gula.

Rasanya legit dan cenderung ke manis. Untuk membedakan makanan ini satu dengan yang lainnya, Kalau di bandung, wajiknya lebih terlihat parutan kelapanya.

Baca juga –> 11 Destinasi Wisata Kuliner Bogor Yang Wajib Dicoba

11. Cireng

cireng bandung
foto: https://www.instagram.com/itsmyganalie/

Nama Cireng sendiri berasal dari kata Aci Goreng. Aci adalah tepung kanji yang sering digunakan untuk berbagai bahan. Konon katanya, makanan ini sudah terkenal sejak tahun 1980 an lho. Untuk menambahkan cita rasa di makanan ini ditambah dengan bawang putih, kedelai, dan minyak goreng.

Saat ini Cireng sudah punya bentuknya masing-masing. Tidak hanya bulat saja, melainkan ada juga yang berbentuk jantung hati, atau kotak. Untuk isiannya juga sudah beragam ada yang menggunakan kornet, bakso, sosis, dan masih banyak lagi.

12. Tahu Susu Lembang

makanan ringan khas bandung
foto: https://www.instagram.com/yulindanunggalaa/

Kalau kamu pergi ke Lembang jangan lupa untuk membeli Tahu Susu yang menjadi oleh-oleh khas bandung lainnya. Mulai populer sejak tahun 2008, dimana kamu bisa mendapatkan permukaannya yang garing dan renyah. Hanya saja, hanya bisa tahan selama 2 hari dan maksimal 1 minggu bila masuk ke dalam kulkas.

Perbedaannya dengan tahu biasanya adalah penambahan susu sapi murni sapi saat pembuatannya. Sehingga, cita rasa susu sangat terasa di setiap gigitannya. Kelembutan tekstur yang disajikan menjadi salah satu alasan mengapa banyak yang memburunya.

13. Rujak Cuka

rujak cuka bandung
foto: https://www.instagram.com/omesh_bagus_oka/

Menu satu ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan asinan jakarta atau juga Bogor. Hanya saja, pembuatannya lebih sederhana.

Cita rasanya pedas, asam dan manis menjadi satu kesatuan di mulut. Kalau kamu ingin mencobanya jangan kaget ya, bila ada banyak varian lho. Mulai dari sayuran-sayuran atau juga buah-buahan.

14. Karedok

makanan khas bandung jawa barat
foto: https://www.instagram.com/becauselapar/

Makanan enak khas Bandung ini mungkin paling cocok bagi kamu yang sedang melakukan diet. Atau kamu yang vegetarian.

Karena, hana dasarnya adalah sayur-sayuran. Seperti, mentimun, terong, tauge, kol, kacang panjang, daun kemangi.

Sementara, untuk bumbu kacangnya sendiri dibuat dengan menggunakan cabai merah, bawang putih, kencur, Kacang tanah, air asam, gula jawa, terasi. Sebagai pelengkap akan ditambah dengan kerupuk.

15. Seblak

seblak khas bandung
foto: https://www.instagram.com/lucia.chrizma.official/

Makanan Pedas Khas Bandung ini menjadi viral dan primadona. Cita rasanya yang benar-benar nampol membuat para pecinta pedas memburunya. Makanan ini menggunakan bahan kerupuk basah yang dicampur dengan berbagai macam sayuran, serta telur sebagai sumber proteinnya.

Menurut sejarahnya, makanan ini hampir sama dengan menu dari sumpiuh yang namanya adalah krupuk godog yang terkenal sejak tahun 1940. Begitu pula dengan seblak yang sebenarnya sudah terkenal di cianjur sebagai alternatif makanan masyarakat menengah ke bawah, Tetapi, baru populer tahun 2000 an di Bandung.

Baca juga –> Wisata Barusen Hills Ciwidey Bandung Yang Hits Saat ini

16. Surabi

makanan khas bandung yang murah
foto: https://www.instagram.com/surabisukur/

Surabi adalah salah satu jajanan tradisional dari Bandung yang bisa kamu dapatkan di pasar-pasar Tradisional di Bandung, Bahan dasarnya adalah tepung beras, tepung terigu dan juga santan kelapa yang dimasak menggunakan tungku. Sehingga, menghasilkan cita rasa yang berbeda dan khas.

Ada pilihan Surabi yang bisa kamu pilih. Asin dengan menggunakan bahan oncom, dan manis dengan kinca. Cita rasanya sedikit pedas yang membuat makanan ini sangat cocok bila disantap saat pagi bersama dengan teh atau kopi.

17. Nasi Timbel

nasi timbel
foto: https://www.instagram.com/winarheza/

Menikmati makanan khas di Bandung memang tidak ada habisnya. Satu lagi, makanan yang sudah bisa kamu nikmati di berbagai restoran besar. Nasi timbel, yang mempunyai cita rasa yang nikmat. Cocok untuk menemani santap siang kamu.

Tidak jauh dari Nasi Tutug Oncom untuk lauknya, ada ayam atau ikan, tahu dan tempe, sambal serta beberapa sayuran, sambal. Perbedaannya ada di cara membuat nasinya. kalau menu satu ini menggunakan daun pisang dan dibakar. Jangan sampai kamu lupa untuk mencobanya.

18. Cilok

cilok khas bandung
foto: https://www.instagram.com/nyilook.idbdg/

Cemilan khas Bandung ini tersedia di berbagai tempat. Teksturnya kenyal menggunakan bahan dasar tepung tapioka dan juga aci.

Arti dari cilok sendiri adalah aci dicolok. Harganya pun juga cukup murah lho mulai dari 2 ribu rupiah saja. Biasanya dimakan dengan menggunakan sambal.

19. Soto Bandung

soto khas bandung
foto: https://www.instagram.com/susie.agung/

Salah satu menu yang paling terkenal di Indonesia adalah Soto. Dari Sabang sampai Merauke memang menghadirkan masakan ini.

Nah, kalau di Bandung sendiri bumbu yang digunakan adalah sereh, jahe, lengkuas, bawang merah, bawang putih, garam, gula, merica ditambah dengan daun seledri, kedelai goreng, kacang, bawang goreng.

20. Nasi Kalong

nasi kalong
foto: https://www.instagram.com/michaell_arvand/

Menu makanan selanjutnya adalah Nasi kalong. Dimana, kuliner satu ini terkenal pada tahun 2007. Nama Kalung diambil karena, tempat ini hanya buka saat malam hari hingga pagi hari. Banyak yang memanfaatkan kawasan ini untuk mencari asupan saat malam.

Salah satu keunikan dari makanan ini adalah nasinya yang konon berwarna sedikit hitam. Dimasak dengan menggunakan bumbu kluwek. Sementara beras yang digunakan adalah beras merah. Ditambah dengan bumbu rempah. Untuk lauknya ada banyak sekali yang bisa kamu pilih.

21. Gehu

cemlian khas bandung
foto: https://www.instagram.com/dewirosmayanti/

Nama makanan ini memang unik, berasal dari singkatan toge dan tahu. Menggunakan racikan bumbu pedas yang nikmat menggoda. Bahan utama adalah tepung kanji, tepung terigu dan juga beras. Ada yang menamakan gehu super pedas dengan nama Gehu Jeletot

Isi dari tahu ini tidak hanya tauge saja, melainkan masih ada kol, wortel, bihun dengan ukuran yang berbeda-beda, Harganya pun cukup murah lho, hanya 1 ribu rupiah saja.

Lihat juga –> Wisata Kebun Teh Rancabali Ciwidey Bandung Yang Mempesona

22. Misro

camilan khas bandung
foto: https://www.instagram.com/michellemawar/

Makanan Khas Bandung dari Singkong ini bisa kamu jadikan cemilan yang nikmat saat malam hari atau juga pagi hari.

Bentuknya bulat dengan isinya yang menggunakan gula jawa. Cita rasa yang dihasilkan adalah gurih manis, saat kamu gigit lelehan gula merah akan terasa dan inilah alasan mengapa banyak orang membelinya.

23. Cilung

cilung
foto: https://www.instagram.com/eddi.wibowo/

Ada lagi makanan yang menggunakan bahan aci yaitu Cilung atau singkatan dari Aci Gunung. Bahan utamanya adalah tepung tapioka yang digulung kemudian di goreng. Cita rasanya sebenarnya hanya gurih saja. Tetapi, ada yang menggunakan sambal sehingga, menimbulkan efek pedas.

Kamu bisa mendapatkan makanan ini di beberapa tempat di Bandung. Harganya pun beragam mulai dari 2 ribu rupiah hingga yang paling mahal mencapai 6 ribu rupiah.

24. Es Goyobod

minuman khas bandung
foto: https://www.instagram.com/equal_yoga_studio/

Tidak bisa dipungkiri bila suhu udara panas Kota Bandung memang paling nikmat bila menyantap es yang menyegarkan. Nah, disini kamu bisa mencari Es Goyobod. Bahannya menggunakan tepung hunkwe serta santan yang encer. Tambahan lainnya adalah Alpukat, kolang-kaling, pacar cina, kelapa muda, gula merah.

Konon katanya, es ini sudah ada sejak dulu lho kurang lebih pada tahun 1949. pertama kali dijual di area pasar utara Bandung. Harga satu gelasnya cukup murah mulai dari 10 ribu rupiah saja. Di Bandung sendiri kamu bisa menikmatinya di hampir sudutnya.

25. Batagor

batagor bandung
foto: https://www.instagram.com/the.lucky.belly/

Satu lagi makanan yang harus kamu nikmati bila berada di Bandung. Namanya adalah Batagor, menu satu ini menggunakan bahan bumbu kacang yang mempunyai level kepedasan berbeda-beda. Nama makanan ini sendiri merupakan sebuah singkatan dari Bakso Tahu Goreng.

Biasanya menggunakan tepung tapioka dan ikan tenggiri yang sebelumnya digoreng terlebih dahulu. Ada lagi tahu yang juga digoreng dengan rasa yang lebih krispi. Untuk cita rasanya yang lebih nikmat, biasanya akan ditambahkan dengan kecap, perasan jeruk dan juga sambal.

Menurut sejarahnya, Batagor ini sudah dijual sejak tahun 1980. Awal dari masakan ini pun cukup unik. Dimana, dahulu banyak pedagang bakso tahu yang tidak laku. Daripada sayang untuk dibuang, akhirnya digoreng kembali dan menjadi menu yang khas sampai sekarang.

26. Cilor

makanan khas bandung murah
foto: https://www.instagram.com/dhikanov/

Jajanan lainnya di Bandung yang tidak boleh kamu lewatkan adalah Cilor. Menu satu ini memang tidak kalah dengan Batagor, Cilok, Cireng, dan siomay.

Dinamakan cilor karena, cilok yang digunakan akan digoreng dengan telur di atas minyak yang panas. Cita rasanya memang gurih, bisa di cocol dengan menggunakan sambal.

Untuk menemukannya pun tidak terlalu sulit, ada banyak di beberapa pinggiran jalan dengan harga mulai dari seribu rupiah.

27. Perkedel Bondon

perkedel bondon
foto: https://www.instagram.com/the.lucky.belly/

Sajian terakhir yang harus kamu nikmati adalah Perkedel Bondon. Menu ini merupakan salah satu dari sekian banyak kuliner legendaris yang bisa kamu nikmati. Buka 24 Jam penuh dan hampir setiap jamnya selalu dipenuhi oleh pengunjung. Konon katanya, kuliner ini sudah ada sejak tahun 80 an lho.

Cara membuatnya adalah menggoreng dengan menggunakan tungku dan minyak yang panas. Biasanya, untuk menikmati menu satu ini kamu akan disuguhkan dengan sambal yang super pedas dan mantap. Harganya pun tidak terlalu mahal hanya 5 ribu rupiah saja.

Kamu bisa menemukan tempat ini di jalan Kebon Jati, No.42, Kebon Jeruk, Bandung, Tidak jauh dari stasiun hall. Jadi, jangan lupa untuk menikmati kuliner satu ini ya.

Review Sebelumnya –> Ciwidey Valley Resort Yang Sangat Indah

Makanan Khas Bandung memang tiada duanya. Mulai dari tutug oncom yang enak hingga makanan ringan sejenis cilok dan juga Batagor. Semuanya mempunyai ciri khas rasa masing-masing.

Tetapi, satu hal yang pasti, kamu harus mencicipinya satu persatu. Mungkin, di daerahmu Batagor banyak, tetapi dijamin rasanya akan berbeda bila kamu menyantapnya langsung di rumahnya.

Explore Tempat Wisata di Semarang Paling Indah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here