Makanan Khas Tangerang menjadi sesuatu yang tidak kalah menarik untuk dicoba selama menjelajah menu satu ini. Paling menarik karena ada banyak aneka macam menu yang membuat kamu semakin tergiur untuk mencicipinya. Hal lain yang tidak boleh kamu lewatkan adalah harganya yang tidak terlalu mahal lho.

Bagi kamu yang penasaran dengan berbagai makanan yang ada di Tangerang, berikut ini akan kami bawa kamu menjelajah ke seluruh tempat. Mencoba satu per satu. Barangkali ada satu sajian yang membuat kamu tertarik untuk menyantapnya.

1. Kue Jojorong

makanan khas tangerang paling enak
foto: https://www.instagram.com/tina_farida_hrp/

Menu makanan pertama yang bisa kamu nikmati saat singgah ke Tangerang adalah Kue Jojorong. Cita rasanya manis dan legit, Konon sampai saat ini masih menggunakan cara tradisional untuk membuatnya lho. Bahan dasarnya terbuat dari tepung beras dan juga Kanji, lalu ditambah dengan gula merah lalu dibungkus dengan daun pisang.

Bila kamu penasaran dengan makanan ini, kamu bisa membelinya di berbagai macam pasar-pasar tradisional yang ada di Tangerang. Hampir semua penjual menjualnya terutama pagi hari. Karena, menu satu ini sangat nikmat dijadikan sebagai menu sarapan pagi bersama dengan segelas teh panas.

untuk harganya sendiri bervariasi tetapi, paling murah dijual dengan harga 5 ribu rupiah. Ada juga yang menjualnya dengan harga 20 ribuan. Hanya saja, untuk ukuran dan cita rasanya juga berbeda.

2. Dodol Ny. Law

makanan murah khas tangerang
foto: https://www.instagram.com/paula_catcher/

Tangerang memang terkenal dengan beberapa menu legendarisnya. Salah satunya adalah Dodol Ny. law yang selalu diburu wisatawan dan dijadikan sebagai daftar oleh-oleh wajib yang harus dibawa. Produk ini konon sudah ada sejak tahun 1969. Pencetus pertamanya adalah Lauw Nyim Keng yang melihat beberapa tetangganya membuat sendiri dodol.

Kemudian, pada saat perayaan Imlek tiba, mereka memberikan kepada tetangganya, sebagai salah satu menyambut perayaan imlek. Menariknya, cita rasa makanan ini tidak pernah berubah sejak pertama kali diproduksi hingga saat ini. Hal inilah yang membuat penganan ini masih tetap eksis.

Cara pembuatannya sendiri masih sangat tradisional. Dimana, masih menggunakan kayu bakar. Menggunakan beras ketan dengan cara ditumbuk bukan digiling. Dengan cara-cara ini, hasil menu satu ini tidak pernah berubah, legit, kenyal dan benar-benar mendulang rasa.

Seiring berkembangnya zaman, Dodol Ny. Law juga ikut berkembang dengan menghadirkan berbagai macam varian menu seperti lapis, wijen, Duren. Harga per kilo nya mulai dari 75 ribu rupiah saja. tergantung rasa yang kamu pilih.

3. Bebek sate

makanan enak khas tangerang
foto: https://www.instagram.com/dentist.chef/

Makanan Khas Kota Tangerang yang Terkenal ini memang pantang untuk kamu lewatkan. daging bebek yang digunakan sangat empuk dan paling cocok disajikan dengan sate. Bahan-bahan yang digunakan pun tidak terlalu sulit lho, menggunakan santan, merica dan beberapa bumbu rempah yang membuat cita rasanya semakin mantap.

bebek sate ada dimana-mana, paling sering dijual pada malam hari. Ada yang menikmatinya dengan menggunakan lontong, nasi, atau tidak menggunakan keduanya. Harga per porsinya mulai dari 45 ribu rupiah saja.

4. Kecap SH

foto: https://www.instagram.com/temunemu/

Tidak hanya soal menu makanannya saja yang bisa kamu beli di Tangerang. Tetapi ada bahan lain yang sudah cukup terkenal. Seperti, Cirebon yang ternama dengan terasinya. Kalau di kota Benteng ini, kamu bisa membeli kecap SH. Salah satu bumbu manis yang konon usianya sudah ratusan tahun.

SH sendiri merupakan singkatan dari nama Siong Hin yang konon menjadi pendirinya sejak tahun 1920. Menariknya, produksi kecap ini memang tidak dibuat secara massal. Melainkan hanya beberapa saja, takut resep rahasianya bocor.

Karena, saat kamu mencobanya ada perbedaan rasa yang cukup mencolok dibandingkan kamu menggunakan produk lainnya. Untuk harga satu botolnya mulai dari 5 ribuan saja. Tidak dijual secara online, jadi kamu harus membelinya langsung di Tangerang.

5. Emping Menes

foto: https://www.instagram.com/lianofianti/

Makanan Ringan Khas Tangerang ini memang cocok dikonsumsi di berbagai waktu. Bahan utama dari cemilan ini adalah melinjo. Nama cemilan ini sendiri diambil dari wilayah pembuatannya yaitu kecamatan menes.

Maklum saja, di sekitar sini banyak sekali pohon melinjo yang bisa dimanfaatkan untuk membuat emping.

Cara pembuatannya pun tidak terlalu sulit, Melinjonya disangrai sampai matang. Ditumbuk-tumbuk terlebih dahulu, hal ini bertujuan agar kadar air yang ada di melinjo menghilang. Lalu, baru dikeringkan dan digoreng. Kamu bisa membeli cemilan ini di berbagai toko oleh-oleh di seluruh Tangerang. Harganya hanya 20 ribuan per kilo lho.

6. Bolu tape benteng

kue khas tangerang
foto: https://www.instagram.com/im_as_cool/

Bolu ini menjadi oleh-oleh wajib yang harus kamu beli bila ingin meninggalkan Tangerang. Namanya sebenarnya adalah Mama Bolu yang menjadi makanan khas. Terletak di Jl. Omega No.5 No.167, Cimone Permai, Kota tangerang. Teksturnya lembut, dengan citarasa tradisional yang tidak akan pernah kamu temui di kawasan lain.

Menu utamanya adalah Bolu Tape Benteng. Nama ini diambil karena tangerang sendiri mempunyai sebutan sebagai kota Benteng. Menariknya, menu satu ini tidak menggunakan bahan pengawet sekalipun lho. Tetapi, mempunyai kemampuan ketahanan kurang lebih 4 hari. Untuk harganya kurang lebih 25 ribu rupiah hingga 100 ribu rupiah.

Baca juga –> 21 Makanan Khas Cirebon Terbaru

7. Kue Apem

makanan khas tangerang yang murah
foto: https://www.instagram.com/asahid_tehyung/

Makanan Khas Tangerang untuk Oleh-Oleh yang konon disukai oleh sultan dan raja-raja kerajaan Banten Lho. Terbuat dari olahan tepung beras yang difermentasi sehingga, menimbulkan cita rasa yang begitu nikmat. Dingin dan sangat lembut.

Kue apem ini sendiri biasanya digunakan sebagai hidangan utama dalam berbuka puasa. Biasanya sudah dibungkus yang berisi 10 sampai 20 biji. Harganya mulai dari 15 ribuan saja.

8. Kue Gipang

makanan khas tangerang
foto: https://www.instagram.com/geraiwulan/

Salah satu cemilan yang bisa kamu jadikan oleh-oleh untuk keluarga dirumah dan juga tetangga. terbuat dari campuran ketan, serta air gula. Kalau kamu gigit, rasanya manis dan sedikit lengket.

Kue tradisional Tangerang ini saat ini sudah mempunyai berbagai macam rasa, selain original ada juga pandan yang membuat kamu pasti ketagihan lho. Harga satuannya mulai dari 5 ribuan rupiah saja.

9. Nasi Sumsum

nasi khas tangerang
foto: https://www.instagram.com/infoserang/

Makanan ini konon sudah ada sejak tahun 9141. Dimana, dahulu banyak tukang potong hewan yang menyisakan bagian tulang yang pada awalnya dibuang. Seiring berjalannya waktu, tulang-tulang tersebut dipecah untuk memudahkan penjualan. Ternyata ada bagian sumsum yang pada awalnya selalu dibuang.

Beberapa orang iseng menggunakan sumsum tersebut dipadukan dengan nasi yang dibakar. Sebelum di bakar, nasi ini di beri bumbu-bumbu semacam rempah, ditumis sebentar kemudian, dibungkus daun pisang agar memunculkan bau harum dan aroma wanginya bisa tercium saat mereka membukanya.

Biasanya, menu satu ini disajikan pada saat santap siang. Ada beberapa warga yang menjualnya dengan menambahkan lauk seperti ayam, jeroan sapi, atau juga tempe dan tahu. Bila kurang pedas, biasanya ditambah dengan sambal. Harga per porsinya mulai dari 5 ribu rupiah saja.

10. Ceplis

Cemilan lainnya yang tidak boleh lewatkan adalah Ceplis. Dimana, dilihat dari tekstur dan rasanya hampir sama dengan emping. Terbuat dari bahan melinjo juga. Perbedaannya penganan ini lebih tipis dan lebih gurih bila disantap.

Bagi kamu yang ingin membelinya, disarankan untuk membeli dalam bentuk mentah, nanti tinggal digoreng sendiri di rumah. Karena, dalam bentuk matang lebih sering basi.

11. Sayur Besan

makanan tradisional khas tangerang
foto: https://www.instagram.com/citrapolii/

Menu makanan ini konon menjadi sajian khas di Tangerang yang sudah ada sejak abad ke 17. Sayangnya, menu satu ini hanya bisa kamu nikmati di perhelatan pernikahan saja. Dalam satu porsi sayur besan kamu bisa menikmati kacang panjang,petai, kentang santan dan juga terubuk.

Kali ini, menu makanan ini sudah begitu langka. Karena, beberapa bahannya memang agak sulit untuk dicari. Terutama terubuk yang kali ini harganya sudah sangat mahal dan bisa dikatakan langka. Karena bahan ini yang menjadi ciri khas mengapa sayur besan menjadi sajian yang nikmat.

12. Cecuer

foto: https://www.instagram.com/fi_tari/

Makanan ringan ini juga disebut dengan nama Kue Cucur, Jajanan pasar ini mempunyai cita rasa manis. Dimana, kamu bisa membelinya di berbagai pasar tradisional yang ada di Tangerang.

Harganya mulai dari 1 ribu rupiah. Bahan untuk membuatnya dari tepung beras, gula merah, gula putih, mentega diaduk dan dihaluskan.

Biasanya, para pembeli membeli makanan ini untuk acara hajatan dirumah seperti syukuran, pengajian, atau juga acara nikahan. Sajian yang sederhana ini dinilai tepat sebagai suguhan. Bagi kamu yang ada di kota ini jangan lupa untuk mencobanya ya. Bagi yang tidak menyukai manis, lebih baik beli satu untuk berdua.

13. Sate Bandeng

makanan khas tangerang
foto: https://www.instagram.com/infoserang/

Sajian kuliner ini menunjukkan bahwa, tidak hanya daging sapi atau ayam saja yang bisa dijadikan menjadi sajian Bandeng yang mempunyai rasa yang cukup nikmat.

Tetapi, ikan Bandeng pun juga bisa dijadikan sajian sedap seperti ini. Pembuatannya pun cukup rumit, karena kamu harus menghilangkan bagian duri dan tulangnya. Sehingga, cita rasanya sangat empuk dan cocok dipadukan dengan sambal kecap yang pedas, serta nasi hangat.

Baca juga –> 24 Makanan Khas Karawang Paling Enak

14. Ketan Bintul

foto: https://www.instagram.com/infoserang/

Oleh-oleh khas Tangerang ini biasanya selalu diburu oleh wisatawan. Biasanya mereka manfaatkan makanan yang berasal dari ketan ini sebagai bekal.

Kemudian, di atasnya akan ditabur dengan abon, sehingga, saat kamu memakannya kamu bisa menikmati kekayaan rasa yang luar biasa.

15. Laksa Tangerang

makanan khas tangerang yang enak
foto: https://www.instagram.com/ichasavitry/

Makanan Khas Tangerang yang enak ini memang harus kamu nikmati. Paling cocok disantap saat siang hari sebagai menu pengganti nasi. Laksa ini sendiri merupakan menu yang berasal dari Tionghoa dan Melayu. Penamaannya diambil dari bahasa sansekerta yang artinya adalah banyak.

Bahan yang digunakan pun cukup unik, Menggunakan mie tepung beras putih yang sudah direbus terlebih dahulu. lalu dikasih daun seledri dan kuah kuning yang cukup kental. Lalu, parutan kelapa yang disangrai menggunakan kacang hijau ditambah dengan opor ayam atau juga tahu. Sehingga, memiliki cita rasa gurih, manis yang nikmat dan lezat.

Di berbagai penjuru kota kamu bisa melihat makanan ini. kamu bisa membelinya dengan harga yang tidak terlalu mahal lho. Mulai dari 15 ribu hingga 25 ribuan saja. Jangan sampai tidak mencoba menu yang sudah ada sejak tahun 1970 an ini ya.

16. Nasi Ulam

foto: https://www.instagram.com/zazathevogue/

Sajian ini kamu bisa cari di daerah pasar lama Tangerang. Dengan harganya mulai dari 15 ribu rupiah. Harga ini tergantung dari lauk yang kamu gunakan.

17. Gecom

Menu satu ini memang sangat unik dimana dari namanya saja, kamu sudah bisa mengetahui yaitu toge dan oncom yang dicampur dengan mie. Serta diatasnya kamu bisa menambahkan bumbu kacang yang super pedas.

18. Sambal Godog

makanan tradisional khas tangerang
foto: https://www.instagram.com/dian.sulistyowati/

Tidak bisa dipungkiri memang, banyak warga Tionghoa yang datang dan singgah di Kota Benteng ini. Melahirkan berbagai macam menu-menu spesial yang mempunyai cita rasa tinggi. Salah satunya adalah Sambel Godog. Biasanya hanya disajikan saat perayaan keagamaan suku etnis Tionghoa, terutama saat perayaan Imlek.

Menikmati menu satu ini biasanya menggunakan ketupat, kemudian kamu akan disajikan dengan berbagai sajian seperti sayur pepaya muda, petai, buncis, tempe. Bagi yang tidak menyukai petai bisa menggantinya dengan tahu atau suwiran ayam. Untuk bisa menikmati menu makanan ini, kamu bisa berkunjung ke pasar lama tangerang. Harga satu porsinya mulai dari 15 ribuan.

19. Garang Asem

makanan khas tangerang

Cuaca panas kota Tangerang membuat kamu harus mencari beberapa menu makanan yang cocok disantap. salah satunya adalah Garang Asem. Dengan cita rasanya yang pedas dan asem membuat pecinta pedas selalu memilih menu ini di tengah panasnya kota Benteng saat siang hari.

Ditambah dengan nasi putih hangat menjadikan nafsu makan kamu semakin meningkat. daging yang digunakan untuk membuatnya adalah bebek atau ada beberapa penjual yang menggunakan ayam.

Biasanya sebelum dicampurkan ke dalam bumbunya, keduanya akan diungkep terlebih dahulu, agar empuk saat dimakan. Harga per porsinya mulai dari 10 ribuan tergantung dari daging yang kamu inginkan.

20. Ikan Ceng Cuan

foto: https://www.instagram.com/encim.gendut/

Satu lagi, menu makanan Tangerang yang beradaptasi dari sajian khas Tionghoa. Maklum saja, sejak abad ke 15 di sekitar Sungai Cisadane, warga tionghoa sudah banyak yang menetap di daerah sana. Pada perayaan-perayaan tertentu masyarakat sekitar selalu membuat menu spesial yang bernama ceng cuan.

Biasanya menggunakan ikan tenggiri atau jua Bandeng. Cara memasaknya pun cukup mudah, dimana ikan ini akan digoreng terlebih dahulu. Kemudian, siapkan kuah tauco yang berisi cabe merah, jahe bawang merah, bawang putih, dan ditambah dengan kecap manis.

Biasanya, menu satu ini disantap dengan menggunakan nasi putih. Cita rasa gurihnya membuat beberapa orang yang tidak menyukai pedas, begitu menikmati sajian ini. Kamu bisa mencobanya di lapak pasar lama tangerang dengan harga mulai dari 20 ribuan saja.

21. Pindang Bandeng

kuliner khas tangerang
foto: https://www.instagram.com/tissacake/

Hampir di seluruh Indonesia Ikan Bandeng masih menjadi salah satu sajian yang tidak boleh kamu lewatkan. termasuk sajian pindangnya. Makanan berkuah dengan cita rasanya pedas gurih.

Bumbu-bumbu yang biasa digunakan adalah jahe, bawang merah, bawang putih, Kunyit dan juga daun salam. Untuk menambah cita rasanya, akan ditambah dengan kecap manis, sehingga menciptakan rasa yang kaya.

22. Es Kuwut

minuman khas tangerang
foto: https://www.instagram.com/fridajoincoffee/

Seperti diketahui bahwa, udara panas kota Tangerang saat siang hari memang sangat menyengat. Oleh sebab itu menikmati es adalah hal yang paling wajib. Minuman Khas Tangerang mempunyai cita rasa yang menyegarkan. Konon, kuliner ini pun juga tersedia di Bali lho. Keduanya pun memiliki cita rasa yang tidak jauh berbeda.

Untuk isiannya adalah Serutan kelapa dan Melon,Ada biji selasih, Gula cair, air kelapa, es batu dan juga perasa jeruk nipis yang membuat minuman ini menjadi penghilang dahaga.

Kamu bisa membelinya, di berbagai tempat di Tangerang dengan harganya pun cukup murah hanya 8 ribu rupiah saja. Jangan sampai ketinggalan untuk menikmatinya. Kuliner ini menjadi sajian terakhir yang bisa kamu nikmati di Tangerang.

Review Sebelumnya –> 27 Makanan Khas Bandung Paling Enak

Selain banyak kawasan wisata yang menarik, makanan khas tangerang juga menyajikan berbagai macam menu yang tidak boleh kamu lewatkan untuk disantap. Bahkan, hampir semua menu yang dihidangkan mempunyai cita rasa yang sangat khas lho.

Vlog Ke Lokawisata Baturraden Terbaru 2020

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here