Jawa Barat adalah salah satu tempat yang sering dijadikan tujuan destinasi wisata alam oleh para wisatawan, baik domestik hingga mancanegara. Tempat wisata alam yang sangat direkomendasikan adalah Gunung Puntang.

Destinasi yang berada di Bandung Selatan ini pasti akan membuat Anda kagum dengan keindahannya. Para wisatawan juga bisa menikmati kecantikan Kota Bandung dari atas puncak gunung ini.

Anda juga boleh mendirikan tenda dan bermalam di camping ground Gunung Puntang saat berkunjung ke sana. Kawasan ini menyuguhkan udara sejuk khas pegunungan serta pemandangan sunrise yang mempesona, berikut informasi terkait destinasi wisata ini.

Harga Tiket Masuk Gunung Puntang

harga tiket masuk gunung puntang
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/103688436971458891875

Harga tiket masuk Gunung Puntang hanya sebesar Rp25.000/orang bagi wisatawan lokal. Sedangkan untuk wisatawan mancanegara dikenakan biaya masuk sebesar Rp55.000/orang.

Harga tiket ini belum termasuk dengan aktivitas lain yang akan dikenakan biaya tersendiri. Selain bisa menikmati panorama alam, Gunung ini juga bisa digunakan sebagai tempat berkemah dan mendaki.

Bagi para pengunjung yang ingin berkemah akan dikenakan biaya sebesar Rp35.000/orang. Apabila ingin melakukan pendakian ke Puncak Mega, Anda harus membayar sebesar Rp30.000/orang.

Para wisatawan diwajibkan untuk membayar biaya tambahan saat menikmati beberapa properti yang tersedia dengan harga cukup terjangkau, sebagai berikut:

  • Tiket Masuk Sepeda – Rp25.000
  • Bloking Lahan Camping – Rp300.000/grup
  • Tiket Masuk Susur Goa – Rp7.500
  • Saung Talabah – Rp25.000/2 jam
  • Pre Wedding – Rp500.000

Selain tiket masuk, bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi harus membayar biaya parkir. Harga tersebut dibedakan menjadi beberapa bagian mulai dari Rp7.000-Rp35.000. Dengan rincian sebagai berikut:

  • Roda 2 – Rp7.000/unit
  • Roda 4 – Rp12.000/unit
  • Roda 6 – Rp30.000/unit
  • Roda 2 Camping – Rp8.000/unit
  • Roda 4 Camping – Rp17.000/unit
  • Roda 6 Camping – Rp35.000/unit

Bagaimana sangat murah bukan? Namun, harga tiket masuk dan kawan-kawannya bisa berubah sewaktu-waktu. Jadi, pastikan untuk selalu update informasi terbaru serta menyiapkan anggaran lebih jika harga mengalami kenaikan.

Alamat dan Rute Lokasi

alamat dan rute lokasi gunung puntang
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/106522869100506102929

Tempat wisata Gunung Puntang ini memiliki lokasi yang cukup strategis. Sehingga Anda tidak akan kesulitan saat mencari wisata satu ini. Selain strategis, kondisi jalannya pun sudah beraspal halus namun cukup sempit.

Anda juga akan dimudahkan dengan adanya plang petunjuk arah yang membantu sampai ke tujuan. Wisata alam Gunung Puntang terletak di Kampung Gamblok, Desa Cimaung, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Jika dari pusat Kota Bandung, Anda bisa melakukan perjalanan via Tol Buah Batu atau Tol Soreang. Jalur tersebut merupakan akses termudah untuk bisa sampai ke lokasi dengan cepat.

Selain itu, kawasan ini juga bisa ditempuh menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan sewa lengkap dengan supirnya. Jika membawa kendaraan pribadi, Anda hanya perlu menggunakan aplikasi Google Maps sebagai alat petunjuk arah yang akurat.

Fasilitas

fasilitas gunung puntang
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/103262180691676114979

Setiap destinasi wisata pasti memiliki fasilitas sebagai penunjang kebutuhan para pengunjung, tak terkecuali dengan Gunung Puntang. Di sini Anda bisa mengakses berbagai macam fasilitas dengan mudah dan terbilang cukup lengkap.

Adapun fasilitas-fasilitas umum yang tersedia antara lain:

  • Area parkir luas
  • Mushola
  • Toilet
  • Kamar mandi
  • Warung makan
  • Tempat sewa perlengkapan camping

Penginapan di Gunung Puntang berupa villa bisa Anda manfaatkan apabila ingin menginap bersama dengan keluarga. Wisata ini menyediakan jasa guide yang wajib digunakan bagi wisatawan ketika ingin pergi ke spot-spot tertentu namun akses jalannya sulit.

Jam Buka

jam buka gunung puntang
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/101923985994783931644

Sebelum berkunjung, alangkah baiknya memperhatikan jam buka wisata ini terlebih dahulu. Karena akan sangat disayangkan jika sudah datang jauh-jauh dari luar kota ternyata destinasi wisata belum dibuka.

Gunung Puntang Jawa Barat selalu terbuka untuk umum setiap hari 24 jam nonstop. Selain weekday dan weekend, gunung ini juga buka saat libur nasional.

Pada musim kemarau biasanya Gunung Puntang akan ramai dikunjungi untuk kegiatan berkemah atau sekedar mendaki.

Datang juga ke –> D’Dieuland taman wisata menyenangkan.

Daya Tarik Gunung Puntang

daya tarik gunung puntang
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/108355138658877509029

Untuk Anda yang mencari tempat wisata alami, destinasi ini wajib masuk ke dalam list liburan. Alasannya karena tempat wisata satu ini mempunyai daya tarik yang sangat menarik. Dimana daya tarik utama terletak pada cerita sejarahnya cukup terkenal.

Menurut cerita dari warga setempat, gunung ini dulunya adalah titik lokasi untuk siaran radio. Hal ini dikarenakan lokasinya yang sangat baik untuk menangkap sinyal radio.

Pada tahun 1923, kawasan ini menjadi jalur komunikasi penting karena memiliki stasiun radio terbesar di dunia pada saat itu. Sayangnya, stasiun radio tersebut sudah tidak ada jejaknya sama sekali dan itu menjadi misteri Gunung Puntang.

Daya tarik lainnya terletak pada pemandangan alamnya yang indah. Termasuk dalam rangkaian Pegunungan Malabar, membuat Gunung Puntang memiliki hawa udara yang masih sangat sejuk. Bentang alamnya juga terasa masih sangat asri dan asli.

Kunjungi juga –> Kampoeng Tulip dengan panorama alam asri.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

aktivitas yang bisa dilakukan gunung puntang
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/108023770199277344085

Sebagai spot wisata yang menarik minat para wisatawan. Disini Anda juga bisa melakukan berbagai macam kegiatan alam seru dan menyenangkan, diantaranya:

Mendaki

Puncak Mega menjadi sasaran utama bagi para pendaki dimana gunung ini memiliki sesuatu yang istimewa.

Jika dilihat dari titik yang lebih tinggi akan terlihat seperti punggung naga. Bentuk punggung naga ini sering dijadikan spot untuk menyaksikan sunrise dan sunset terbaik.

Camping

Area untuk camping disini terbagi menjadi beberapa blok yang menawarkan pemandangan dan suasana berbeda.

Setiap blok juga sudah memiliki jalur tersendiri untuk kendaraan dan fasilitas umum standar. Adanya dukungan tersebut, berkemah bersama keluarga pun bisa Anda realisasikan dengan aman dan nyaman.

Eksplorasi Curug

Kawasan wisata ini memiliki hidden gem yang akan membuat Anda berdecak kagum. Bagaimana tidak, di beberapa spot lereng gunung ada sejumlah curug yang bisa Anda kunjungi dengan bantuan pemandu.

Salah satunya ada curug tertinggi di Pulau Jawa yaitu Curug Siliwangi dengan ketinggian mencapai 150 meter.

Eduwisata Kopi

Gunung Puntang menyediakan tour wisata edukasi seputar budidaya dan pengolahan Kopi Puntang. Di sini para wisatawan akan berkenalan dengan proses pengolahan kopi mulai dari kebun sampai siap minum.

Wisata satu ini sangat sayang untuk dilewatkan, apalagi berkaitan dengan produk kopi level dunia secara langsung.

Review sebelumnya –> Pasar Bandung yang ikonik.

Tips Berkunjung

tips berkunjung gunung puntang
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/106774437202848139389

Agar liburan di Gunung Puntang menjadi lebih seru dan berkualitas, berikut beberapa tips berkunjung yang bisa Anda ikuti:

  • Pastikan perlengkapan pribadi seperti uang tunai, obat-obatan, masker, handphone sudah dipersiapkan dengan baik.
  • Berkunjunglah di waktu yang tepat dan cari tahu informasi mengenai harga tiket wisata serta retribusi tambahannya.
  • Jika Anda ingin berkemah, bawalah perlengkapan lengkap dan pakaian yang hangat.
  • Jagalah kebersihan tempat wisata Gunung Puntang dan jangan lupa patuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan.

Demikian informasi terkait wisata Gunung Puntang yang terletak di Kota Bandung, Jawa Barat.

Berwisata ke Gunung Puntang menjadi salah satu hal yang menarik untuk melepas penat dari padatnya aktivitas harian. Dengan menghabiskan waktu disini bersama keluarga dan pasangan akan menjadi liburan semakin berkesan dan menyenangkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

sixteen − 14 =