Pantai Ujung Sibolga atau biasa disingkat Pajus merupakan salah satu objek wisata yang berada di Sumatera Utara. Objek wisata ini menjadi salah satu tempat favorit untuk menikmati pemandangan matahari terbenam.

Perbedaan pantai ini dengan Pantai Pandan dan Pandai Indah Kalangan adalah pasirnya. Yang tidak berwarna putih tetapi berwarna coklat dengan pasir halus. Air laut pantai di Sibolga ini terlihat jernih dan sejauh mata memandang hanya terlihat hamparan lautan biru yang membentang.

Agar Anda lebih mengetahui informasi lengkap seputar Pantai Ujung Sibolga, Anda dapat menyimak penjelasan berikut:

Harga Tiket Masuk Pantai Ujung Sibolga

harga tiket masuk pantai ujung sibolga
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/114217665112550679858

Harga tiket masuk wisata ini dapat dikatakan tidak mirip seperti kebanyakan wisata. Dimana harga untuk kunjungan weekdays, weekend atau hari libur berbeda.

Untuk tiket masuk di hari biasa atau weekdays, harganya sebesar Rp10 ribu. Sedangkan untuk hari weekend dan hari libur juga sama sebesar Rp10 ribu.

Perlu Anda ketahui, harga dapat berubah sewaktu-waktu, tergantung kebijakan dari pihak pengelola objek wisata Pantai Ujung Sibolga.

Bagi wisatawan yang ingin mengetahui sejarah pantai Ujung Sibolga dengan detail, Anda dapat berkunjung langsung ke lokasi wisata ini. Informasi dari pengelola maupun masyarakat lokal akan membantu Anda dalam menggali informasi.

Alamat dan Rute Lokasi

alamat dan rute lokasi pantai ujung sibolga
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/116335597648811608503

Sibolga sebagai salah satu kawasan destinasi wisata Indonesia yang menawarkan berbagai objek wisata pantai yang mengagumkan.

Objek wisata Pantai Ujung Sibolga tepat berada di Desa Simare-Mare, Kecamatan Sibolga Utara, Kota Sibolga, Provinsi Sumatera Utara. Para pengunjung dapat mudah mengakses wisata ini karena lokasinya mudah untuk dijangkau menggunakan kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat.

Sama seperti pantai terkenal lainnya yaitu Pantai Pandan dan Pantai Indah Kalangan, pantai ini terletak di pusat kota Sibolga. Untuk tepatnya berada di bagian pesisirnya yang merupakan daerah perairan.

Fasilitas

fasilitas pantai ujung sibolga
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/117677126813659164187

Berbagai aktivitas yang dapat Anda nikmati di objek wisata ini di antaranya:

  • Area parkir kendaraan yang luas
  • Toilet dan kamar mandi
  • Wahana bermain anak-anak
  • Lapangan voli
  • Musholla
  • Pedagang makanan

Selain fasilitas di atas, tentunya wisata ini juga menyuguhkan berbagai kuliner yang dijual oleh para pedagang. Bagi para pengunjung yang tidak sempat membawa bekal makanan, Anda tidak perlu khawatir.

Di pantai ini terdapat pedagang makanan ringan yang dapat banyak Anda jumpai. Pedagang makanan ringan biasanya mulai berdatangan ketika siang menjelang sore hari. Anda dapat memesan mie rebus, bakso, jagung bakar atau makanan lainnya.

Jam Buka

jam buka pantai ujung sibolga
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/100679532073730234014

Setiap objek wisata menerapkan jam buka dan jam tutup yang berbeda. Untuk wisata Pantai Ujung Sibolga dibuka mulai pukul 08.00 hingga 00.00. Jam buka wisata sesuai dengan zona waktu setempat dalam hal ini waktu Asia-Jakarta.

Bagi Anda yang masih ingin mengetahui informasi terkini seputar wisata, Anda dapat menghubungi call center atau customer service tempat wisata.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

aktivitas yang bisa dilakukan pantai ujung sibolga
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/113135114594270462708

Ingin tahu aktifitas apa saja yang bisa dilakukan di di destinasi wisata ini? Berikut ini penjelasannya:

Melihat pemandangan sunset

Pemandangan sunset atau matahari terbenam memang menghadirkan keindahan orang yang melihatnya. Para penikmat senja akan melihat matahari yang memancarkan cahaya berwarna orange kemerahan hingga jingga.

Wisata pantai Ujung di Sibolga ini dapat Anda jadikan sebagai tempat untuk melihat cantiknya sunset. Anda dapat berjalan-jalan santai di tepian pantai ataupun berfoto bersama orang tersayang dengan background pemandangan laut dan matahari terbenam.

Anda juga akan dapat melihat beberapa perahu milik nelayan yang bergerak menuju daratan setelah selesai melakukan aktivitas di lautan.

Berlomba-lomba mencari kerang

Objek wisata ini hampir setiap hari ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Tidak hanya wisatawan lokal, tetapi wisatawan mancanegara juga mengunjungi wisata ini. Dengan air laut yang jernih, para pengunjung dapat menikmati kesegaran Pantai.

Saat air laut dalam keadaan surut, anak-anak dapat mencari kerang kecil. Kerang kecil tersebut terlihat menempel di tembok serta bebatuan yang terdapat di sekitar pantai.

Hunting foto instagramable

Pantai yang terkenal dengan keeksotisannya ini menawarkan berbagai spot foto menarik. Para pecinta fotografi yang ingin melakukan hunting foto instagramable dapat mengunjungi wisata ini.

Spot foto yang terkenal dapat Anda lakukan di icon tulisan Pantai Ujung Sibolga. Yang dibuat dengan bentuk melengkung di tepian pantai.

Tips Berkunjung

tips berkunjung pantai ujung sibolgs
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/106290175827352994569

Agar liburan Anda di Pantai Ujung Sibolga lebih menyenangkan dan terkesan, Anda perlu mengetahui berbagai tips berkunjung di bawah ini:

  • Untuk melindungi tubuh dari sengatan sinar matahari secara langsung, Anda dapat memakai sunscreen.
  • Para pengunjung yang membawa anak-anak, diharapkan untuk selalu mengawasi kegiatan yang dilakukan.
  • Sebaiknya memakai pakaian santai yang menyerap keringat dan jangan lupa untuk membawa baju ganti.
  • Selalu patuhi aturan yang berlaku.
  • Biasakan untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

Review sebelumnya –> Pulau Kalimantung yang eksotis.

Wisata Terdekat Lainnya

wisata terdekat
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/108501139829637708216

Bagi Anda yang masih berada di kawasan Sibolga, Anda juga dapat mengunjungi beberapa wisata terdekat lainnya, seperti:

Pulau Pasir Putih Sibolga

Salah satu pulau di Sibolga ini masih sangat alami. Hal tersebut terlihat dari sebagian besar daratan yang belum begitu tersentuh oleh pembangunan-pembangunan maupun pencemaran lingkungan.

Bagi Anda yang menyukai suasana alam, wisata ini cocok Anda kunjungi. Pulau ini hanya memiliki luas daratan 2,5 hektar saja. Meskipun begitu, potensi alam yang dimiliki tidaklah sedikit.

Anda dapat menikmati hamparan pasir putih yang membentang mengelilingi pulau serta pengalaman berenang, diving dan snorkeling yang mengesankan. Dengan jernihnya air laut, membuat Anda dapat melihat biota laut secara jelas saat berada di tepi pantai.

Pantai Hollywood Sibolga

Objek wisata pantai ini menjadi salah satu wisata yang banyak dikunjungi wisatawan. Karena letaknya yang berada dekat dengan Kota Pandan, Tapanuli Tengah, membuat para wisatawan mudah mengakses serta menemukan penginapan murah.

Beragam daya tarik dari pantai ini akan membuat Anda betah berlama-lama di dalamnya.
Di kawasan wisata ini terdapat barisan patung yang berdiri kokoh. Ada yang berbentuk menyerupai tokoh kartun dan lainnya meniru hewan yang berada di dalam perairan laut.

Tidak ketinggalan, juga terdapat seperti markah kapal dan perahu nelayan tradisional.
Untuk informasi, bagi pengunjung yang ingin melakukan berbagai wahana di dalamnya, harga tiket masuk wisata belum termasuk harga tiket wahana. Tetapi jangan khawatir, harga tiket masuk wahana masih sangat terjangkau.

Sembari menikmati pemandangan senja hingga malam tiba, Anda dapat berjalan-jalan santai di tepi pantai. Atau Anda juga dapat duduk santai sambil menikmati minuman kelapa muda.

Nah seperti itulah informasi yang dapat disajikan terkait Pantai Ujung Sibolga. Bagi Anda yang berada di Sumatera dan ingin melakukan wisata, pantai ini dapat Anda jadikan sebagai pilihan destinasi wisata.

Anda dapat menikmati sejuknya udara dan ombak pantai yang menenangkan. Pulihkan tubuh dengan semangat baru setelah pulang dari wisata ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

three + five =