Tempat wisata di Jakarta saat ini sudah berkembang kian pesat. Bukan hanya jadi, kawasan industri saja. Ibu kota sudah layak dikunjungi dan mendapatkan julukan sebagai kota wisata. Apalagi, beberapa tempatnya sudah mulai terintegrasi dengan layanan transportasi publik.

Ada pantai, kebun binatang, museum, dan kebudayaan yang bisa anda nikmati saat berkunjung ke Jakarta. Penasaran bukan, mana saja yang kamu rekomendasikan untuk anda kunjungi? Mari, kita lanjutkan perjalanan menyusuri keindahan Jakarta dari kacamata wisatanya.

1. Tempat Wisata Alam Mangrove

wisata jakarta
foto: https://www.instagram.com/iw8219/

Sebagai kawasan pesisir, tidak heran bila Jakarta mempunyai pantai yang menawan. Abrasi laut yang semakin mengancam, menjadi inspirasi untuk membangun kawasan mangrove, Kawasan yang sedang hits terletak di jalan Garden House RT.08, RW.01, Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara.

Untuk harga tiket masuk wisata Jakarta ini, anda akan dikenakan biaya mulai dari Rp10.000 sampai Rp170.000. Bagi pengunjung yang membawa peralatan kamera baik gopro atau DSLR akan dikenakan biaya tambahan mulai dari Rp150.000 hingga Rp1.600.000. Sesuai dengan keperluan membawa peralatan tersebut.

Ada banyak aktivitas yang bisa anda lakukan di tempat ini. Mulai dari berkeliling kawasan Taman wisata mangrove. Dengan jembatan kayu dan pemandangan luar biasa. Bila anda beruntung, anda juga bisa mengamati beberapa burung yang terbang kesana kemari. Bahkan, diantaranya ada Elang Jawa yang menjadi ikon dari Kota Jakarta sendiri.

Disini, juga sudah disediakan berbagai macam permainan anak. Anda juga bisa berkeliling hutan menggunakan perahu mesin dengan kapasitas mulai dari 2 orang sampai 8 orang. Terakhir ada sebuah villa yang bisa anda sewa dan ada kamera gratis yang bisa anda bawa.

Fasilitas lain yang bisa anda nikmati adalah adanya toilet, warung-warung dengan konsep saung serta area khusus pesepeda. Waktu terbaik untuk datang ke tempat ini adalah sore hari. Dengan suasananya yang syahdu, jangan sampai terlewatkan ya.

2. Kebun Binatang Ragunan

wisata di jakarta
foto: https://www.instagram.com/rikookhorii/

Objek wisata Jakarta mempunyai luas kurang lebih 147 hektar dengan jumlah satwa yang mencapai 2009 ekor. Didirikan pada tahun 1864 yang awalnya bertempat di Jakarta Pusat. Selanjutnya, pada tahun 1966 baru dipindah ke Jakarta Selatan.

Anda juga bisa menikmati beberapa petugas membeli makan untuk hewan-hewan. Seperti Gajah Sumatera, Gorilla, Komodo dan masih banyak lagi. Ada juga beberapa jenis burung, mamalia, beserta reptil yang menarik untuk dilihat.

Selain banyak fauna mulai dari yang lucu hingga menakutkan. Kawasan ini memiliki Flora yang tak kalah menakjubkan.

Mulai dari sawo, Pala,Nam nam, Menteng, Pinus, Puspa, Saputangan, Kenanga, Kemenyan, Kayu manis dan masih banyak lagi. Untuk harga tiket masuknya mulai dari Rp3.000 saja lho. Tetapi, untuk fasilitas lain yang disediakan anda harus membayar biaya tambahan.

Seperti naik kuda atau gajah tunggang, mengunjungi pusat primata. Hingga melihat film dokumenternya. Objek wisata ini terletak di Jl. Harsono RM. No.1, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

3. Museum Macan

Jangan disangka kalau museum itu adalah tempat yang kurang menyenangkan. Anda bisa mengunjungi tempat ini dan saksikan pesona berbedanya. Harga tiketnya sendiri mulai dari 80 ribu rupiah hingga 100 ribu rupiah. Terletak di Jl. Perjuangan No.5, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Objek wisata di Jakarta ini menyajikan berbagai karya seni yang memanjakan mata dan spot-spot instagramablenya. Mulai dari Obliteration Room, The Letter Writing Project, Infinity Mirrored Room.

Untuk Jam bukanya sendiri terbagi menjadi dua sesi. Pukul 10 pagi sampai 2 siang. Sementara untuk sesi kedua mulai pukul 2 siang sampai 7 malam. Jadi, jangan lupa membawa peralatan berupa kamera untuk mengabadikan semuanya. Kurang lebih ada 800 karya seni dari seniman ternama di seluruh dunia.

Untuk fasilitasnya sendiri sangat lengkap lho. Mulai dari coffee shop, toilet, kursi roda untuk difabel atau orang tua. Ruang perawatan bayi dan kereta bayi, mushola, ruang penitipan barang dan klinik. Ada juga toko penjual bunga, souvenir dan oleh-oleh untuk keluarga.

4. Museum Satria Mandala

tempat wisata di jakarta
foto: https://www.instagram.com/museumsatriamandala/

Kawasan ini terletak di Jl. Gatot Subroto No.14, RT.6/Rw.1, Kuningan Barat, Mampang, Jakarta Selatan. Buka pada pukul 8 pagi sampai 3 sore. Untuk harga tiket masuknya anda akan dikenakan Rp3.500 – Rp5.000. Sebelum menjadi museum, tempat ini adalah rumah milik istri presiden Soekarno yaitu Ratna Sari Dewi Soekarno.

Perlu diingat bahwa.tempat wisata di Jakarta ini akan tutup setiap hari senin dan hari besar lainnya. Dibuka pada tanggal 15 November 1971. Anda bisa melihat beberapa koleksi alutsista seperti Kapa K-64, Tank PT-67 serta masih banyak lagi. Menariknya, beberapa koleksi ini ada yang dibeli ada juga merupakan pemberian.

Koleksi lainnya ada juga Mortir dan juga meriam serta beberapa diorama yang cukup menarik. Serta koleksi kendaraan tempur militer yang bisa dijadikan untuk spot foto instagramable. Selain itu beberapa Fasilitas lain seperti mushola, serta beberapa warung yang menjual berbagai macam souvenir menarik.

5. Kalijodo Park

objek wisata di jakarta
foto: https://www.instagram.com/mahfudachyar/

Hiburan di Jakarta lainnya yang bisa anda nikmati adalah Kalijodo Park. yang dulunya dijadikan sebagai kawasan perjudian saat ini menjadi tempat ramah untuk anak-anak. Ada juga beberapa wahana seru seperti tempat skateboard dan sepeda BMX dengan desain internasional.

Disini, ada banyak mural yang bisa dijadikan sebagai kawasan spot foto. Ada wahana baru yang juga bisa anda nikmati seperti arena futsal yang digunakan tempat berolahraga. Dengan luasnya yang mencapai 1,4 hektar membuat tempat ini sering dikunjungi baik pagi hari atau sore hari.

Wisata di Jakarta terbaru ini juga memiliki fasilitas seperti jalur pejalan kaki, tempat duduk, lintasan sepeda, monumen, serta adanya amphitheater. Disini juga sudah tersedia beberapa warung yang menyediakan berbagai bahan makanan dan minuman yang nikmat untuk disantap.

Datang Juga ke –> 18 Tempat Wisata di Tangerang Terbaru

6. Taman Ayodya

obyek wisata di jakarta
foto: https://www.instagram.com/snap_buleun/

Bukan rahasia umum lagi bila Jakarta saat ini punya banyak kawasan wisata berupa taman. Hampir seperti Surabaya, sehingga banyak ruang terbuka hijau pilihan yang bisa dijadikan alternatif dalam berwisata. Tempat wisata di Jakarta ini terletak di Jl. Lamandau III, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Luasnya sendiri mencapai 7500 meter persegi. Dengan beberapa fasilitas sudah tersedia lengkap disini. Mulai dari gazebo, jogging track, arena bermain anak. Peralatan fitnes yang bisa digunakan gratis. Serta tersediannya fasilitas wifi yang membuat anda semakin nyaman berada di taman ini.

Disini pula anda bisa melihat taman buatan dengan luas 1500 meter persegi. Waktu terbaik untuk datang ke tempat ini adalah sore hari. Tidak begitu panas dan nuansanya sangat syahdu. Saat malam hari kawasan ini pun tetap ramai oleh wisatawan yang ingin melepas lelah menikmati malam.

7. Pulau Tidung

wisata alam jakarta
foto: https://www.instagram.com/mau_kemana_si/

Kawasan Pulau Seribu menjadi wisata unggulan Jakarta, pesonanya tidak akan pernah habis walau sudah di explore berkali-kali. Salah satu tempat terindahnya adalah Pulau Tidung, Tempat ini memiliki dua kawasan besar, dilengkapi dengan berbagai fasilitas penginapan.

Permain air yang seru dan menyenangkan. Ada pula kawasan kecil tanpa penghuni dengan pasir pantainya yang mengesankan. Aktivitas yang bisa dilakukan disini adalah menikmati keindahan bawah lautnya yang selalu menggoda dengan pemandangan ikan-ikan kecil nan menawan.

Ada lagi banana boat yang bisa anda temui disini. Berkapasitas 3 orang sampai 6 orang. Anda akan dibawa meliuk-liuk dan kebut-kebutan di atas air. Pesona terakhir ada Jembatan membentang yang bisa digunakan untuk melihat sunset dan sunrise. Di jembatan ini pula banyak wisatawan yang mencoba memacu adrenalin dengan cliff jumping.

8. Kawasan Pecinan

Chinatown atau kawasan pecinan adalah destinasi lain di Jakarta yang bisa anda kunjungi. Tempat wisata di Jakarta ini memadukan antara kebudayaan Tiongkok dan Indonesia yang bisa anda nikmati sepanjang tur. Spot pertama yang bisa dikunjungi adalah sebuah rumah milik walikota Tionghoa Batavia yang menjadi cagar alam.

Bangunannya terletak diantara dua gedung mewah berupa apartemen dan hotel. Tidak heran bila di kawasan ini dibangun cafe dengan nuansa kuno. Bagi anda yang menyukai aroma teh. Tidak ada salahnya mencicipi cita rasa teh di aphoteek chung hwa.

Ada enam teko yang sudah disiapkan disana untuk anda nikmati. Anda juga bisa berbelanja di pasar petak sembilan. Membeli berbagai macam kebutuhan seperti oleh-oleh. Jangan lupa, kunjungi vihara tertua di Jakarta yang dulu pernah terbakar tetapi, bangunannya tetap kokoh berdiri sampai saat ini.

9. Kota Tua

wisata sejarah di jakarta
foto: https://www.instagram.com/vyanzzzzzz/

Kawasan bersejarah lainnya adalah Kota Tua. Sebuah kawasan dengan pelataran sangat luas. Dimana, di sampingnya anda bisa melihat beberapa bangunan tua dengan arsitektur sejak zaman hindia belanda. Nuansanya benar-benar seperti zaman dahulu.

Kawasan ini tidak akan pernah sepi, selalu ada saja wisatawan yang datang menikmati segala sajiannya. Ada yang naik sepeda tua klasik, menikmati berbagai macam kuliner tradisional. Atau hanya sekedar nongkrong dan menikmati suasana. Sore hari adalah waktu paling tepat untuk datang ke sini.

Jangan lupa untuk membawa kamera, karena ada banyak spot instagramable yang bisa anda jelajahi disini. Tidak ada salahnya juga untuk membeli beberapa souvenir dari kerajinan tangan masyarakat setempat. Bila berkunjung ke tempat ini, disarankan naik transportasi umum. Karena, kondisi macet terutama hari minggu, membuat suasana semakin tidak menyenangkan.

10. Kampung Rawa Belong

Bukan menjadi rahasia umum lagi bila Jakarta dengan suku betawinya terkenal dengan berbagai pertunjukkan silat nan menggoda. Pertunjukan ini bisa anda saksikan di Kampung Rawa Belong. Maklum saja, disini ada 70 perguruan silat yang bisa anda kunjungi.

Lebih menarik bila anda menikmati pertunjukan festival yang rutin diadakan setiap tahun. Ada kurang lebih 1000 pesilat akan menunjukkan kekuatannya dan jurus yang menarik untuk dilihat. Selain itu, berbagai sajian kuliner juga ada disini. Menu tradisional maupun internasional bisa anda nikmati.

Kampung Rawa Belong memang terkenal dengan tokoh legendarisnya bernama si pitung. Selain pencak silat, dalam festival ini anda juga bisa menikmati berbagai pertunjukan kesenian daerah lainnya.

Kunjungi juga –> 20 Tempat Wisata di Kuningan

11. Taman Mini Indonesia Indah

tmii jakarata
foto: https://www.instagram.com/bagasfeka/

Tempat wisata di Jakarta yang harus anda kunjungi adalah Taman Mini Indonesia Indah. Disini, anda bisa berkeliling Indonesia dan menikmati berbagai kebudayaan serta pertunjukan menarik. Ada anjungan, deretan bangunan yang mencerminkan Indonesia. Terdiri dari 33 provinsi dengan rumah adatnya.

Menariknya setiap rumah adatnya dibangun sangat detail lho. Bahkan sampai hal terkecilnya seperti bentuk atap, jendela, sampai suasana di dalamnya. Ada kurang lebih 19 museum yang bisa anda nikmati disini. Museum ini menghadirkan pengetahuan seputar ilmu teknologi,, peradaban, dan budaya masyarakat.

Selanjutnya, anda akan dibawa untuk melihat flora dan fauna sesuai dengan habitatnya, Serta berbagai tempat ibadah yang mencerminkan keberagaman dan toleransi antar umat beragama. Untuk fasilitas yang bisa wisatawan nikmati pun cukup banyak mulai dari sepeda listrik, sepeda wisata, dan mobil keliling.

12. Museum Wayang

wisata keluarga di jakarta
foto: https://www.instagram.com/bryanmartinjakarta/

Tempat wisata di Jakarta selanjutnya adalah museum wayang. Terletak di Jl. Pintu Besar Utara no.27. Masih satu wilayah di kawasan kota tua. Untuk koleksinya sendiri cukup banyak.

Anda bisa melihat Wayang Golek, Kulit, Kaca, Seng, jumlahnya kurang lebih ada 5000 koleksi wayang. selain itu, ada juga beberapa koleksi boneka dari berbagai negara seperti china, india, Belanda, Thailand, Suriname, Kamboja, Vietnam.

Tidak cukup sampai disitu, tempat ini juga menghadirkan pesona alat-alat musik tradisional dari berbagai daerah. Termasuk jenis wayang kulit koleksi mereka. Seperti di Betawi, Surakarta, Palembang. Jam operasionalnya akan buka pada pukul 9 pagi hingga 3 sore. Untuk harga tiket masuknya Rp5.000,-.

13. Monumen Nasional

wisata di jakarta yang terkenal
foto: https://www.instagram.com/kreshna/

Rasanya ada yang kurang bila datang ke Jakarta tidak mengunjungi Monas. Kawasannya yang dekat dengan stasiun Gambir membuat sarana transportasi menuju ke tempat wisata di Jakarta itu sangat mudah. Monumen perjuangan yang dibangun pada 17 Agustus 1961 ini mempunyai tinggi 132 meter.

Terdapat banyak diorama di dalamnya dan teks proklamasi yang dibacakan langsung oleh presiden Soekarno waktu itu. Tugu ini dimahkotai emas di atasnya, anda bisa berkunjung hingga ke atas dan menikmati pemandangan menarik Kota Jakarta.

Untuk harga tiket masuknya sendiri hanya Rp15.000. Kawasan monas sendiri sering dijadikan sebagai tempat untuk berolahraga. Disini, juga sudah tersedia warung makan, dan beberapa pedagang yang menjual souvenir-souvenir menarik.

14. Taman Situ Lembang

wisata terbaru di jakarta
foto: https://www.instagram.com/rahmatkuady/

Tempat wisata di Jakarta ini terletak di Lembang Terusan D-59, Rt,06/Rw.05, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat. Sebuah ruang terbuka hijau yang cukup menarik untuk dikunjungi selama di Jakarta.

Dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas mulai dari spot foto beberapa patung dinosaurus, serta permainan anak seperti ayunan, jungkat-jungkit, perosotan dan masih banyak lagi. Tidak hanya digunakan untuk wisata saja. Taman ini juga dimanfaatkan warga untuk olahraga.

Beberapa fasilitas yang sudah tersedia di antara adalah batu refleksi, jogging track, lapangan futsal, basket, voli. Waktu yang paling tepat mengunjungi taman ini adalah pagi hari dan sore hari. Fasilitas lainnya ada tempat duduk dan danau di tengahnya yang menarik dijadikan spot foto.

15. Museum Bahari

wisata di jakarta yang terbaru
foto: https://www.instagram.com/riasitompul/

Bila anda menyukai kapal dan semua yang berhubungan dengan laut Indonesia. Tidak ada salahnya bila berkunjung ke Museum Bahari. Anda akan disuguhkan dengan cerita menarik tentang bagaimana kejayaan Indonesia di bidang kemaritiman.

Sejarah mencatat bila kawasan ini adalah bekas gedung VOC yang menyimpan berbagai macam komoditi Indonesia seperti rempah-rempah. Koleksinya cukup banyak dan menjadi satu-satunya museum bahari yang menyimpan berbagai jenis kapal tradisional.

Koleksinya kapalnya pun sangat lengkap. Mulai dari zaman Sriwijaya sampai zaman penjajahan Belanda. Koleksi kapal dari berbagai negara pun bisa juga anda nikmati disini, mulai dari Yunani dan Swedia. Untuk harga tiket masuknya mulai dari Rp2.000 sampai Rp5.000.

Lihat juga –> 13 Tempat Wisata di Cirebon

16. Pulau Semak Daun

wisata pantai di jakarta
foto: https://www.instagram.com/yunita.motret/

Tempat wisata di Jakarta ini masih menjadi bagian dari Pulau Seribu yang harus anda kunjungi. Tidak berpenghuni dan cocok bagi anda yang ingin bermalam dengan cara camping disini.
Jangan lupa bawa perbekalan karena, tidak ada warung sama sekali di tempat ini. Untuk bisa mencapai tempat ini. Anda bisa mulai dari Pelabuhan Muara Angke terlebih dahulu. Selanjutnya, pergi menuju ke Pulau Pramuka terlebih dahulu, baru ke Pulau Semak Daun.

Salah satu alasan mengapa banyak wisatawan yang pergi ke tempat ini adalah pesona bawah lautnya yang menakjubkan. Untuk biaya menuju Pulau Semak Daun kurang lebih Rp500.000 sampai Rp1.000.000 sesuai dengan kapasitas tempat duduknya. ditambah dengan biaya simaksinya Rp20.000. Anda bisa sewa peralatan snorkeling di Pulau Pramuka sebesar Rp50.000,-

17. Jembatan Kota Intan

wisata anak di jakarta
foto: https://www.instagram.com/chris13jkt/

Inilah kawasan peninggalan Belanda lain yang bisa anda kunjungi. Sebuah jembatan yang dahulu dijadikan sebagai penghubung antara benteng Belanda dan Inggris. Dibuat oleh VOC pada tahun 1628. Kemudian, pada tahun 1938 fungsinya diubah menjadi jembatan gantung.

Agar perahu bisa melintas di bawahnya, serta sebagai salah satu pencegahan terhadap banjir. Panjang jembatan ini sendiri mencapai 30 meter. Dengan lebar 4,43 meter. Biasa kawasan ini digunakan sebagai spot foto prewedding terbaik dan tidak akan pernah sepi.

18. Museum Layang-Layang

tempat wisata di jakarta
foto: https://www.instagram.com/museumlayanglayangindonesia/

Tempat wisata di Jakarta selanjutnya adalah Museum Layang-layang yang terletak di Jl. H. Kamang No.38, Rt.08/Rw.10. Pd. Labu, Cilandak, Jakarta Selatan, DKI Jakarta. Untuk harga tiket masuknya Rp15.000. Museum ini dibuka pada 21 Maret 2003. Terdapat empat rumah yang mempunyai fungsi berbeda-beda.

Ada banyak koleksi yang bisa anda nikmati disini. Mulai dari koleksi dalam negeri maupun luar negeri. Jumlahnya kurang lebih 500 buah. Hanya saja, layang yang berasal dari papua tempat ini belum ada. Pemiliknya, bernama Endang Ernawati menyukainya kemudian, mulai tahun 1980 beliau mulai mengumpulkan satu per satu.

Disini, anda juga bisa praktek langsung bagaimana cara membuatnya. Atau belajar untuk membuat kerajinan dengan berbagai bahan mulai dari keramik hingga melukis topeng dengan harga mulai dari Rp50.000,-.

19. Pelabuhan Sunda Kelapa

wisata di jakarta
foto: https://www.instagram.com/enungsrioktaviani/

Bagi anda yang menyukai fotografi. Tidak ada salahnya bila berkunjung ke Pelabuhan Sunda Kelapa yang terkenal dengan berbagai spot foto yang menyenangkan.Banyak kapal-kapal bersandar di tempat ini. Inilah alasan tepat mengapa banyak komunitas Fotografi menjadikannya sebagai tempat hunting Favorit.

Dalam sejarahnya, Pelabuhan Sunda Kelapa sudah menjadi pelabuhan paling ramai sejak Kerajaan Sunda berdiri. Luas kawasan ini mencapai 760 hektar. Dengan jajaran kapal pinisi dan terkadang kapal pesiar tampak di tempat ini. Ada kurang lebih 70 kapal bisa anda lihat,

Waktu terbaik mengunjungi tempat ini adalah sore hari. Dimana, anda bisa memanfaatkan senja membentuk pesona siluet yang mengesankan. Jangan lupa membawa bekal karena, di tempat ini belum banyak warung berdiri.

20. Pulau Bidadari

wisata jakarta
foto: https://www.instagram.com/pulau_bidadari/

Tempat wisata di Jakarta terakhir adalah Pulau Bidadari yang seakan tidak akan pernah sepi oleh wisatawan dari berbagai penjuru. Menuju ke kawasan ini anda bisa menggunakan kapal ferry dengan harga Rp30.000,- dari Pelabuhan Kali adem. Tidak hanya pesona alamnya saja,

Anda juga akan disuguhkan dengan jejak sejarah. Peninggalan dari VOC berupa meriam dan menara martello yang berdiri kokoh. Menjadi sebuah spot untuk foto yang sayang untuk dilewatkan. Disini pula, anda bisa melihat beberapa pepohonan langka yang menarik untuk dikunjungi.

Salah satunya adalah pohon jodoh. Dimana, menurut mitos yang berkembang. Bila ada pasangan yang foto di tempat ini. Maka mereka akan langgeng untuk selamanya. Boleh percaya, boleh tidak. Ada juga beberapa satwa liar dan langka yang salah satunya adalah Biawak. Jumlahnya ada 100 ekor lho.

Review Sebelumnya –> 16 Tempat Wisata di Karawang terbaru

Tempat wisata di Jakarta tidak kalah dengan berbagai kawasan wisata seperti Bali atau juga Yogyakarta. Karena, kota ini adalah pusat Indonesia dan sebagai pusat bisnis. Membuat pesonanya di kacamata wisata sedikit meredup. jadi, sudah siap berkunjung ke Jakarta?

Vlog Ke 5 Wisata Dieng Paling Rekomended

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here