Bledug Kuwu menjadi salah satu tujuan untuk berwisata yang anti mainstream dan mungkin tak akan anda temukan di tempat lain. Bledug Kuwu Grobogan menyajikan sebuah hamparan luas telaga dengan letupan-letupan lumpur yang berlangsung terus-menerus secara berkala.

Bisa dibilang bahwa Bledug Kuwu Purwodadi merupakan sebuah gunung api lumpur yang selalu menjadi tujuan berwisata saat di Grobogan. Kawah ini secara berkala melepaskan lumpur mineral dalam bentuk letupan besar setinggi kurang lebih 2 meter.

Pemandangan semacam ini kemudian dimanfaatkan oleh para pengunjung untuk berswafoto ketika berkunjung disini. Maka dari itu, wisata Grobogan satu ini tak boleh anda lewatkan sebagai alternatif mengisi hari libur bersama orang tercinta.

Harga Tiket Masuk Bledug Kuwu

harga tiket masuk Bledug Kuwu
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/107882109524676531233

Secara geologi, kawah lumpur Kuwu yang meletup-letup ini adalah sebuah aktivitas pelepasan gas dari dalam teras bumi. Letupan-letupan lumpur ini mengandung gas metana dan biasanya membawa pula larutan kaya mineral dari bagian bawah lumpur ke atas.

Lumpur dari Bledug Kuwu mengandung garam pada airnya, dan kemudian oleh masyarakat setempat dimanfaatkan dengan baik. Yakni dipakai untuk bahan pembuatan garam bleng yang diolah secara tradisional.

Disamping itu, karena keunikan lain yang ditawarkan turut membuat banyak orang penasaran hingga akhirnya ingin berkunjung kesini. Pada akhirnya dimanfaatkan juga lah sebagai salah satu daya tarik di sektor pariwisata yang menarik minat pengunjung dari berbagai daerah.

Bagi anda yang hendak explore wisata Bleduk Kuwu maka tidak diperlukan biaya yang banyak. Sebab harga tiket masuk Bleduk Kuwu di Grobogan hanya Rp5.000 saja untuk per orangnya, sangat terjangkau sekali bukan?

Anda sebaiknya membawa uang lebih untuk mencicipi kerupuk kerak yang menjadi salah satu oleh-oleh khas di Bledug Kuwu. Dimana salah satu bahan pembuatan kerupuk karak ini adalah garam bleng yang bersumber dari lumpur Bledug Kuwu.

Adapun untuk jam operasional wisata Bledug Kuwu yakni pada pukul 06.00 – 18.00 WIB pada hari Senin s/d Minggu. Wisatawan yang hendak berkunjung pun sebaiknya datang kesini pada saat pagi atau sore hari untuk suasana yang lebih teduh.

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat bledug kuwu
Foto : https://www.instagram.com/atang_triastama/

Nama Bledug Kuwu sendiri berasal dari nama sebuah Desa dimana telaga lumpur ini berada. Untuk alamat Bledug Kuwu sendiri berada di jl wirosari-kuwu, Desa Kuwu, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Grobogan, Provinsi Jawa Tengah.

Lokasi Bledug Kuwu menutupi lahan seluas 45 hektar di Desa Kuwu dengan telaga lumpur yang mendominasi kawasannya. Letak wisata di Grobogan satu ini juga tak jauh dari jalan raya, sehingga mudah ditemukan.

Akses jalan sudah cukup baik dan mudah untuk dilalui oleh berbagai jenis kendaraan yang akan melintas. Jika anda tidak tahu jalan menuju Bledug Kuwu, sebaiknya gunakan saja maps dibawah ini untuk memudahkan perjalanan.

Dengan petunjuk akuratnya akan membuat laju kendaraan anda ke Bledug Kuwu semakin lancar dan bebas hambatan.

Datang juge ke –> Waduk Nglangon

Fasilitas

fasilitas bledug kuwu
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/112683464695999591875

Telah didukung oleh sarana prasarana yang cukup memadai untuk menunjang berbagai kegiatan serta aktivitas wisatawan saat berada di Bledug Kuwu. Dan berikut fasilitas Bledug Kuwu yang dapat anda temukan antara lain adalah :

  • Tempat parkir luas
  • Pusat infromasi wisata
  • Toilet umum
  • Fasilitas air bersih
  • Mushola
  • Gardu pandang
  • Warung makan
  • Gazebo
  • Kios aneka jajanan
  • Kios souvenir & oleh-oleh
  • Spot foto menarik

Nikmati liburan yang menyenangkan dengan jalan-jalan, melihat fenomena alam, berburu kuliner dan berfoto-foto ria agar semakin bahagia. Dapatkan penglaman liburan yang tak terlupakan dengan menelusuri ragam sejarah unik Bledug Kuwu bersama orang tercinta.

Kunjungi juga –> Jati Pohon Indah

Spot Terbaik di Bledug Kuwu

spot terbaik di bldeug kuwu
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/116031454193214624538

Mengabadikan momen melalui foto ataupun video merupakan aktivitas wajib ketika menghabiskan waktu libur di Bledug Kuwu Grobogan. Setiap sudut di Bledug Kuwu perlu anda manfaatkan untuk menghasilkan foto yang ciamik dan instagenic pastinya.

Jadikan spot terbaik di Bledug Kuwu sebagai latar belakangnya, seperti misalnya letupan-letupan lumpur yang eksotis. Tentu letupan-letupan lumpur ini menjadi salah satu spot yang paling diburu oleh wisatawan saat berada di Bledug Kuwu.

Fenomena alam berupa letupan lumpur dan gas dari perut bumi sepertinya hanya akan anda jumpai di Kabupaten Grobogan. Maka dari itu ketika anda berada di daerah dengan julukan Kota Swike ini, Bledug Kuwu jangan sampai terlewatkan ya.

Panorama alam menakjubkan yang di suguhkan akan membuat siapapun berdecak kagum dan tak henti-henti untuk melihatnya. Agar momen rekreasi kali ini sulit terlupa, perlu merangkumnya ke dalam foto dan video sebanyak-banyaknya.

Melalui selfie, foto bersama dan juga merekam video-video pendek ketika berwisata bahagia di Bledug Kuwu yang anti mainstream.

Review sevebelumnya –> Bendung Klambu

Tips Berkunjung

tips berkunjung bledug kuwu
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/108232603874761599620

Berikut tips berkunjung sebagai tambahan referensi wisata anda ketika akan explore Bledug Kuwu di Grobogan Jawa Tengah.

  • Karena berada di dalam terbuka maka akan sangat baik jika datang pada saat cuaca cerah dan tidak turun hujan.
  • Sebaiknya berkunjunglah pada saat pagi atau sore hari. Mengingat ketika siang hari suasana di Bledug Kuwu cukup terik dan nampak gersang.
  • Tetap berhati-hati dan selalu tingkatkan kewaspadaan anda agar semua berjalan lancar, aman dan sesuai rencana.
  • Patuhi aturan yang telah di tetapkan untuk para wisatawan ketika liburan di Bledug Kuwu demi kebaikan bersama.

Demikian tadi ulasan singkat seputar wisata alam Bledug Kuwu yang rekomended untuk anda pecinta petualangan. Dengan semua keunikan dan daya tarik yang dimiliki, Bledug Kuwu harus ada dalam daftar tujuan rekreasi anda selanjutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

nineteen − ten =