Gardu Pandang Kaliurang menjadi salah satu destinasi wisata cantik berbasis alam yang bisa anda jadikan tujuan berlibur selanjutnya. Wisata Kaliurang Jogja satu ini bisa menjadi alternatif untuk melihat kemegahan Gunung Merapi secara lebih dekat.

Berada di lereng Merapi, memungkinkan siapapun untuk dapat menyaksikan secara lebih dekat salah satu gunung berapi aktif di Indonesia ini. Salah satu kegiatan menarik di Taman Gardu Pandang Kaliurang ini adalah menggunakan teropong untuk melihat ragam pemandangan indah disekitarnya.

Disamping itu udara sejuk menjadi sajian pelengkap yang akan membuat momen libur di Gardu Pandang Merapi semakin istimewa. Ketika tengah berada di sekitaran Sleman, maka wisata Gardu Pandang Kaliurang Jogja jangan sampai terlewatkan ya.

Harga Tiket Masuk Gardu Pandang Kaliurang

harga tiket masuk Gardu Pandang Kaliurang
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/108506842243527865997

Mengisi waktu hari libur ke Gardu Pandang Kaliurang dijamin akan terasa sangat menyenangkan, apabila dilakukan bersama yang tersayang. Berbagai suguhan menarik akan memanjakan setiap pengunjung yang ingin bersantai, berwisata dan jalan-jalan disini.

Taman Gardu Pandang Kaliurang Jogja sangat cocok bagi anda yang tengah mencari ketenangan atau sekedar rileksasi diri. Sajian pemandangan alam khas pegunungan menjadi tema utama di Gardu Pandang Kaliurang Jogja yang luar biasa.

Satu hal yang paling terkenal dari wisata Kaliurang ini adalah kehadiran Taman lampion sejak tahun 2014 silam. Di beberapa sudut taman terdapat ribuan lampu lampion yang begitu indah, terutama saat malam hari.

Setiap tahunnya, disini juga mengadakan Festival of Light (FOL) yang terdiri dari ribuan LED serta instalasi lampu lampion. Dengan berbagai tema yang menghiasi kawasan Gardu Pandang Kaliurang, dan biaya tiket masuk event ini sebesar Rp25.000-Rp30.000 per orangnya.

Sedangkan ketika hari biasa atau saat tidak ada festival cahaya, tiket masuk Gardu Pandang Kaliurang hanya Rp5.000-Rp10.000 saja. Taman Gardu Pandang Kaliurang Terbuka untuk umum sejak pagi hari pukul 05.00 sampai dengan 22.00 wib.

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat gardu pandang kaliurang
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/103167053644670186168

Lokasi Gardu Pandang Kaliurang ini berada di lereng Gunung Merapi dengan ketinggian areanya mencapai 900 meter diatas permukaan laut. Dikelilingi oleh perbukitan dan dipenuhi oleh banyak pepohonan rimbun yang memberikan nuansa sejuk sekaligus teduh.

Dijamin siapapun akan merasa nyaman, dan rasanya enggan pulang saat memilih untuk berlibur ke Taman Gardu Pandang Tieng. Sedangkan untuk alamat Gardu Pandang Kaliurang sendiri berada di Kaliurang, Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Apabila dari Alun-Alun Kota Sleman, maka jarak yang musti ditempuh untuk sampai kesini kurang lebih sejauh 20 km. Bisa dibilang bahwa Gardu Pandang Kaliurang ini menjadi yang paling ujung dari banyaknya tempat wisata di lereng Merapi sepanjang jalan.

Akses jalan menuju kesini sudah tergolong baik, meski begitu anda tetap perlu berhati-hati sebab tak jarang jalanan berlubang. Sebaiknya gunakan kendaraan pribadi agar bisa sampai di Gardu Pandang Merapi dengan mudah.

Jika anda tak tahu jalan, gunakan saja maps berikut dengan petunjuk akurat di dalamnya.

Datang juga ke –> Kali Kuning wisata alam yang menawan.

Fasilitas

fasilitas gardu pandang kaliurang
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/118142150102898651402

Menjadi salah satu wisata lereng Merapi yang favorit dan menjadi incaran banyak wisatawan. Disini sudah didukung dengan berbagai sarana prasarana memadai sebagai penunjang.

Dan berikut ini fasilitas Gardu Pandang Kaliurang, yang meliputi :

  • Lahan parkir memadai
  • Pusat informasi
  • Toilet / kamar mandi
  • Fasilitas air bersih
  • Mushola
  • Area bermain anak
  • Area bersantai
  • Taman lampion
  • Gazebo
  • Spot foto melimpah

Nikmati berbagai sajian menarik yang Gardu Pandang Merapi tawarkan untuk memberikan pengalaman liburan menyenangkan. Jalan-jalan, melihat banyak pemandangan, duduk santai, sampai berfoto-foto pada spot menariknya.

Kunjungi juga –> Kampung Teletubbies aneka spot menarik bisa anda manfaatkan untuk berfoto-foto.

Spot Terbaik di Gardu Pandang Kaliurang

spot terbaik di gardu pandang kaliurang
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/103182578427161378916

Menghabiskan waktu libur anda dengan berwisata bahagia ke Taman Gardu Pandang Kaliurang sepertinya akan sulit terlupa. Setiap sudut Gardu Pandang Merapi ini dipenuhi oleh banyak spot-spot cantik yang bisa dimanfaatkan untuk berswafoto.

Yang paling ikonik tentu saja lampu lampionnya, dengan bentuk bermacam-macam dan terlihat menakjubkan, khususnya malam hari. Tak heran, saat malam hari pun masih dipadati oleh banyak pengunjung yang tengah berselfie ria, foto bersama sampai rekam video.

Selain lampu lampion, Gardu Pandang Kaliurang juga menjadi salah satu tempat favorit untuk menyaksikan terbitnya matahari. Sunrise berbalut kabut tipis yang menyelimuti sekitar lembah Gunung Merapi terlihat begitu mengagumkan.

Sehingga bagi anda yang gemar berpose di depan kamera, maka wisata Gardu Pandang Jogja satu ini pasti sangat pas ya. Karena spot terbaik di Gardu Pandang Kaliurang yeng menarik perhatian bisa dijadikan sebagai background dan juga latar belakang fotonya.

Review sebelumnya –> Trans Studio Mini pasti menyenangkan untuk anak-anak dengan banyaknya wahana bermain seru.

Tips Berkunjung

tips berkunjung gardu pandang kaliurang
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/115652529002151543135

Dapat anda simak dibawah ini tips berkunjung ke wisata alam taman Gardu Pandang Kaliurang di Sleman Yogyakarta.

  • Perkirakan waktu berkunjung anda agar mendapat kesan yang lebih maksimal.
  • Datanglah menjelang pagi hari, saat akan melihat indahnya matahari terbit.
  • Jika lampu lampion menjadi tujuan anda, maka datanglah ketika malam hari.
  • Kapanpun waktu anda berkunjung, pastikan dalam keadaan cerah dan tidak hujan.
  • Sebaiknya tidak datang dulu disaat cuaca sedang kurang bersahabat.
  • Tetap mengutamakan keselamatan, agar semua aman dan berjalan sesuai harapan.

Jadi itu informasi mengenai salah satu wisata Merapi yakni taman Gardu Pandang Kaliurang dengan taman lampion sebagai ikonnya. Sekian dulu ulasan singkat seputar Gardu Pandang Kaliurang yang rekomended sebagai tujuan bersenang-senang selanjutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

18 − nine =