Kampung Teletubbies sejatinya merupakan sebuah pemukiman warga yang terdiri dari 80 bangunan rumah. Sebanyak 71 rumah menjadi hunian warga, 6 bangunan berfungsi sebagai MCK, dan lainnya adalah Masjid, Aula serta klinik kesehatan.

Namun perkampungan Jogja satu ini menyimpan segudang keunikan yang tidak akan anda temukan di tempat lain, dijamih deh. Rumah-rumah disini memiliki bentuk setengah lingkaran, persis dengan rumah dalam serial TV “Teletubbies”.

Jadi itulah salah satu alasan mengapa Desa Wisata New Nglepen ini diberi nama Kampung Teletubbies. Berkat keunikannya tersebut, menjadikan Kampung Nglepen ini sebagai destinasi wisata anti mainstream Jogja yang wajib anda telusuri.

Harga Tiket Masuk Kampung Teletubbies

harga tiket masuk Kampung Teletubbies
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/108618878262044461911

Bukan tanpa alasan mengapa rumah-rumah disini memiliki bentuk demikian, berawal dari sebuah gempa besar di tahun 2006. Gempa besar yang melanda Jogja kala itu menghancurkan semua rumah, tak terkecuali di kampung ini, Dusun Nglepen.

Semua rumah di Dusun Nglepen rata dengan tanah dan tidak bisa ditempati lagi, hingga pada akhirnya datanglah sebuah bantuan. Lembaga Masyarakat Non-Pemerintahan bersama Domes for The World Foundation memberikan bantuan rumah yang dirancang tahan gempa.

Rumah-rumah berbentuk setengah lingkaran dengan diameter 8 meter ini juga didesain agar tahan kebakaran dan juga terjangan angin topan. Namun siapa sangka, rumah-rumah di Desa Wisata New Nglepen malah justru menyimpan daya tarik yang menarik minat banyak orang.

Hingga pada akhirnya kampung ini menjadi salah satu tujuan wisata berkat keunikannya, yang kini dilengkapi oleh berbagai wahana menyenangkan. Harga tiket masuk Kampung Teletubbies di Jogja ini sangat terjangkau, hanya Rp5.000 saja per orangnya.

Sedangkan jika anda ingin mencoba keseruan pada wahana bermainnya, maka tarifnya mulai dari 10.000 sampai dengan 50.000 rupiah. Desa Wisata New Nglepen Rumah Teletubbies terbuka untuk umum disetiap harinya, pada pukul 07.00 – 17.00 WIB.

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat kampung teletubbies
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/111559627736480238022

Seperti telah disebutkan sebelumnya, bahwa lokasi Kampung Teletubbies ini berada di sebuah perkampungan pada dusun Nglepen. Untuk lebih lengkapnya, alamat Kampung Teletubbies ini terletak di Kelurahan Sumberharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jika dari pusat kota Sleman atau Alun-Alun maka jarak yang harus anda lalui untuk menuju Kampung teletubbies sekitar 26 km. Keberadaan Kampung Teletubbies ini dekat dengan salah satu wisata Jogja yang tengah naik daun, yakni Obelix Hiils.

Jaraknya hanya 2,8 km dengan waktu tempuh kurang lebih 11 menit dari Obelix Hill Jogja menuju Kampung Teletubbies. Akses jalan sudah cukup baik dan mampu dilintasi oleh berbagai kendaraan, mulai roda dua sampai empat.

Apabila anda masih bingung atau sama sekali tidak tahu jalannya, sebaiknya gunakan saja maps dibawah ini. Petunjuk akuratnya akan memudahkan laju kendaraan anda ketika akan berlibur dan bersenang-senang di Kampung Teletubbies New Nglepen Yogyakarta.

Datang juga ke –> Tlogo Putri berkeliling naik perahu untuk menikmati danau secara lebih leluasa.

Fasilitas

fasilitas kampung teletubbies
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/112931816310365753374

Meski hanya berbasis sebuah perkampungan, namun wisata Jogja unik satu ini sudah didukung dengan sarana prasana penunjang. Fasilitas Kampung Teletubbies antara lain :

  • Area parkir kendaraan pengunjung
  • Pusat informasi wisata New Nglepen
  • Toilet umum / kamar mandi
  • Fasilitas air bersih
  • Mushola
  • Klinik kesehatan
  • Wahana bermain
  • Area berkemah
  • Spot foto melimpah

Nikmati beragam sajian menarik yang wisata Kampung Teletubbies tawarkan untuk mengisi waktu libur anda bersama dengan keluarga. Jalan-jalan sembari menyaksikan secara lebih dekat rumah-rumah berbentuk setengah lingkaran dan menjadi kampung Teletubbies satu-satunya di Asia Tenggara.

Anda juga bisa melihat kampung New Nglepen dari atas bukit yang justru terlihat seperti kumpulan puluhan telur angsa. Selain menyaksikan pemandangan, pengunjung juga bisa mencoba serunya naik motor ATV dan bermain odong-odong untuk anak-anak.

Kunjungi juga –> Citra Grand Mutiara Waterpark taman wisata air dengan aneka wahana seru yang menyenangkan.

Spot Terbaik di Kampung Teletubbies

spot terbaik di kampung teletubbies
Foto : https://www.instagram.com/dodiefdi/

New Nglepen atau yang sering disebut dengan Desa Wisata Rumah Domes tak pernah sepi dari kunjungan wisatawan. Bahkan tidak hanya pengunjung domestik saja, melainkan banyak juga turis-turis Mancanegara yang sengaja datang untuk melihat secara langsung keunikan disini.

Rumah berbentuk setengah lingkaran dengan luas bangunan sekitar 38 meter persegi berjumlah sekitar 80an. Tinggi rumah-rumahnya sekitar 5 meter, dengan bentuk yang hampir seragam pada setiap bangunannya.

Kampung tersebut sangat mirip dengan rumah-rumah dalam serial TV bernama “Teletubbies”. Teletubbies sendiri merupakan sebuah acara televisi asal Inggris yang penontonnya dikhususkan untuk anak-anak.

Semua keunikan yang anda temukan di Desa Wisata Rumah Domes Jogja wajib direkam ke dalam aktivitas swafoto. Abadikan setiap sudut menarik melalui selfie, foto bersama dan merekam video pada spot terbaik di Kampung Teletubbies yang memikat.

Serba warna-warni dan dibuat semirip mungkin dengan suasana yang ada di serial televisi Teletubbies untuk menambah kesan ceria.

Review sebelumnya –> Kali Kuning wisata alam perbukitan di lereng Merapi yang eksotis.

Tips Berkunjung

tips berkunjung kampung teletubbies
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/105624078120793541528
  • Pastikan anda datang ke Kampung Teletubbies pada saat cuaca mendukung, hari cerah dan tidak turun hujan.
  • Jika cuaca ternyata kurang bersahabat maka ada baiknya tunda dulu rencana berlibur anda ke New Nglepen.
  • Ada banyak sekali spot-spot keren di Desa Wisata Rumah Domes untuk dijadkan background saat berfoto-foto ria.
  • Dilarang untuk mengganggu aktivitas para warga Dusun Nglepen ketika anda tengah berkunjung ke Kampung Teletubbies.
  • Pahami tata tertib dan juga aturan yang sudah di tetapkan dan berlaku untuk semua pengunjung.

Telah anda simak informasi seputar kampung Teletubbies satu-satunya di Asia Tenggara yang berada di Dusun Nglepen Jogja. Jadi sekian dulu ulasan singkat mengenai Kampung Teletubbies yang rekomended untuk berwisata bahagia bersama orang tercinta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

nineteen + seven =