Makanan khas Semarang tidak ada habisnya. Di Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah ini memiliki segudang ragam kuliner yang harus anda coba dan anda jelajahi.

Ada makanan ringan dan makanan berat di kota metropolitan terbesar ke lima ini. Oleh karenanya, menyempatkan waktu untuk jelajah kuliner pun tidak ada salahnya. Nah, mari simak ulasannya:

1. Ayam Goreng Bangkong

ayam goreng bangkong
foto: https://www.instagram.com/camerakuliner/

Meski menyematkan nama bangkong dalam judul menu makanan, tapi sesungguhnya tidak ada daging katak di atas sajian piring Ayam Goreng Bangkong. Nama ini berasal dari nama rumah makan yang berdiri di daerah ‘bangkong’ Semarang, maka jadilah ayam goreng bangkong.

Awalnya seorang pengusaha bernama Soleh Soekarno merintis rumah makan soto di daerah bangkong, ia menjual varian menu ayam goreng.

Meski mengusung soto sebagai menu andalan, tapi sesungguhnya ayam goreng Bangkong juga tak kalah lezat. Perpaduan kunyit dan ketumbarnya begitu terasa meresap hingga ke sela-sela dagingnya.

Saat ayam digoreng dan ditiriskan wanginya begitu harum, apalagi jika meja tempat Anda duduk tidak jauh dari lorong dapur. Rasa lapar bercampur penasaran tentunya akan menambah selera Anda.

Rumah makan soto bangkong tidak pernah sepi pengunjung. Ayam goreng bangkong juga selalu dinanti oleh para pelanggan, terutama jika mereka merasa belum kenyang dengan ayam suwir yang tersaji di mangkuk soto.

Video Kuliner Semarang

2. Mangut Belut Semarang

Mangut Belut Semarang
foto: https://www.instagram.com/mintilihir_food/

Katanya makanan khas Semarang paling enak adalah mangut belut Semarang.

Bumbu Mangut Belut Semarang rempah yang pedas, hal itu terlihat dari tekstur kuahnya yang cenderung kemerahan. Tentu berbeda dengan mangut lele khas Magelang yang berwarna kuning dan sarat akan kunyit.

Rasa pedas dan gurih membuat selera makan kian bertambah. Aroma batang sereh yang berpadu dengan laos dan kunyit juga kuat terasa. Tekstur belutnya lembut dan matang hingga ke dalam.

Mangut belut yang lumayan terkenal di Semarang adalah Mangut Belut Hj Nasimah yang terletak di Jl Kyai Saleh, Semarang Selatan. Warung ini sudah buka sejak tahun 1978 dan tergolong rumah makan yang legendaris di kota ini.

3. Sate Kalak

Sate Kalak
foto: https://www.instagram.com/annisaaiv/

Sate kalak adalah sajian modern yang dibuat khusus oleh Grill On Restaurant. Daging ayam yang dipotong dadu kemudian dicampur dengan bumbu santan yang khas, menjadikan sate kalak terasa sangat sedap.

Rasa sate kalak sangat jauh berbeda dengan sate yang sudah ada. Cita rasanya mirip dengan masakan jawa, manis gurih beraroma ketumbar dan bawang tercium sejak sate ini disajikan.

Rasa satenya gurih dan sedikit manis dan  juga dagingnya sangat empuk. Seporsi sate kalak berjumlah 5 tusuk per piring dan daging ayamnya tergolong tebal dan besar-besar, jadi satu porsi saja sudah cukup.

Grill On Restaurant berada di Jl. Seroja Tim. No.2, Karangkidul. Restoran ini dibuka setiap hari dan mulai beroperasi pukul 11.00 WIB.

4. Wedang Tahu

Wedang Tahu
foto: https://www.instagram.com/gendut_kulineran/

Wedang tahu adalah minuman hangat dan sering disajikan di atas mangkuk dengan air jahe.

Sebenarnya wedang tahu tidak murni terbuat dari tahu yang biasa dijual di pasaran, lebih tepatnya wedang ini menggunakan kembang tahu atau tahu sutera di setiap mangkuknya.

Rasanya seperti wedang ronde, karena air hangatnya adalah rebusan jahe yang diberi sedikit gula.

Banyak pedagang kaki lima yang menjajakan wedang tahu. Ada  juga penjual keliling yang sering mengitari perumahan. tapi yang paling laris adalah Wedang Tahu Pak Adi (Depan Swiss Setiabudi). Kedai ini selalu buka setiap pukul 07.00 pagi hingga maghrib.

5. Sate Buntel Semarang

sate buntel semarang
foto: https://www.instagram.com/wiskulsemarang/

Sate ini terbuat dari daging kambing dan pepes olor. Sebelumnya pepes olor, sate buntel dibumbui dengan bahan-bahan pilihan kemudian barulah dioles pepes olor atau lemak sumsum agar rasanya bertambah nikmat.

Biasanya sate buntel disajikan dengan sambal, jeruk nipis dan potongan bawang.

Menikmati lezatnya sate buntel Semarang hanya cukup berkunjung ke salah satu rumah makan di Jalan Letnan Jendral Suprapto No. 29.

Konon kedai makan ini sudah ada sejak tahun 1945 dan masih mempertahankan cita rasanya hingga sekarang.

Baca juga –> Makanan Khas Tegal Terbaru

6. Burung Belibis Goreng

burung belibis goreng
foto: https://www.instagram.com/isabelleossy/

Burung belibis atau burung puyuh ternyata menciptakan rasa yang berselera tinggi jika diolah dengan benar. Semarang adalah kota kelahiran burung belibis goreng yang saat ini sudah terkenal ke penjuru pulau Jawa.

Katanya, rasa  daging burung belibis jauh lebih enak daripada ayam goreng. Daginnya empuk dan tidak nyangkut di sela-sela gigi. Tekstur bumbunya gurih, dengan wangi rempah yang menghangatkan leher.

Memasak burung belibis tidak bisa disamakan dengan memasak ayam. Butuh kesabaran yang tinggi terutama saat merebus daging sebelum digoreng untuk menghilangkan bau amis.

Salah satu warung burung belibis goreng paling enak yang ada di Semarang adalah Rumah Makan Pak No yang berlokasi di Jalan Sawojajar I No. 44.

7. Nasi Pindang Semarang

nasi pindang smarang
foto: https://www.instagram.com/forgottenelf/

Ada yang mengejutkan dari makanan khas Semarang murah ini tidak terbuat dari ikan pindang, melainkan dari daging sapi.

Sebenarnya makanan ini berasal dari Kudus dan menggunakan daging kerbau. Tapi masyarakat Semarang tidak menyukai daging kerbau maka dibuatlah nasi pindang dari daging sapi.

Maka yang membedakan nasi pindang Semarang adalah daging sapi. Teksturnya berwarna cokelat tua dan terdapat potongan-potongan daging sapi di atasnya.

Nasi pindang Semarang ini berisi nasi, telur rebus, potongan daging sapi, dan daun melinjo. Rasanya segar karena disajikan saat kuahnya masih panas.

Rata-rata warung nasi pindang menyajikan menu tambahan seperti tempe goreng atau perkedel, supaya kelezatan nasi pindang makin terasa maknyus.

Warung nasi pindang paling populer dan legendaris di Semarang adalah Nasi Pindang Pak Ndut. Kabarnya, warung yang ada di Jl Stadion Manahan ini adalah warung tiga generasi, yang awal mula didirikan oleh kakek Pak Ndut sendiri.

Warung makan ini sudah berdiri sejak tahun 1950 dan sudah sering malang melintang ke berbagai festival kuliner di Indonesia.

8. Wingko Babat

Wingko Babat
foto: https://www.instagram.com/dhiahoddie/

Makanan ringan khas semarang salah satunya adalah  Wingko Babat. Camilan tradisional ini terbuat dari parutan kelapa, gula, telur, margarin dan tepung. Semua bahan itu kemudian dijadikan adonan dan dibuat lingkaran pipih.

Beberapa orang meyakini bahwa wingko babat adalah makanan dari Lamongan, Kecamatan Babat sehingga makanan ini disebut dengan wingko babat. Rasa wingko babat sangat lezat, manis dengan citarasa kelapa dan empuk.

Toko oleh-oleh di Semarang selalu menyediakan wingko babat dengan rasa yang berbeda-beda. Ada yang beraroma durian atau dengan rasa original. Mau beli satuan atau yang isi 20, semuanya bisa dipilih sesuai kebutuhan.

9. Nasi Goreng Babat

Makanan Khas Semarang kekinian
foto: https://www.instagram.com/semarangfoodmatters/

Makanan khas Semarang paling enak selanjutnya adalah nasi goreng babat. Nasi goreng ini tidak jauh berbeda dengan nasi goreng ayam, hanya saja rasa pedas manisnya lebih kuat dan berselera.

Orang-orang juga mengenal nasi goreng babat sebagai nasi gongso. Daging babatnya empuk, renyah dan menyatu dengan bumbu yang kental. Pola memasaknya tidak sembarangan, butuh proses lebih dari 40 menit untuk mendapatkan daging babat yang siap masak.

Nasi goreng babat yang ikonik di Semarang adalah milik pak Karmin yang sudah didirikan sejak tahun 1971. Lokasinya stratgis di daerah Mberok, Kota Lama, Semarang. Harganya relatif murah, hanya berkisar 10 ribu hingga 25 ribu rupiah Anda bisa menikmati nasi goreng Babat buatan Pak Karmin yang sangat lezat.

10. Tahu Gimbal

 Makanan Khas Semarang murah
foto: https://www.instagram.com/kokodemenkuliner/

Makanan khas Semarang paling enak yang lain adalah tahu gimbal. Makanan ini dibuat dari tahu goreng dan bakwan udang yang kemudian dicampur dengan sayur mayur dan sambal kacang.

Tahu gimbal sangat lezat jika dinikmati dengan telur rebus dan teh hangat. Kekhasan makanan ini adalah bumbu kencur dan pandan yang menjadi bumbu kacangnya, sehingga rasanya berbeda dengan gado-gado.

Tahu gimbal yang sudah terkenal enak adalah kedai tahu milik pak Edi yang berlokasi di Jalan Pandanaran 2, Mugassari, Semarang Selatan. Harganya tidak lebih dari 15 ribu dan selalu ramai oleh pembeli. Tempat duduknya lesehan dan sangat merakyat.

Sejak warung dibuka, pengunjung sudah mengantre untuk menikmati sarapan kaya protein ini.

Menikmati pagi sambil bersantai di kedai tahu gimbal Pak Edi membawa Anda pada suasana kota Semarang yang bersahabat, dan menyaksikan dinamika pagi Ibukota Jawa Tengah yang selalu ramah pada turis.

Coba juga –> Makanan Khas Blitar Terbaru

11. Soto Bangkong

Soto Bangkong
foto: https://www.instagram.com/dwiarifwicaksono/

Makanan ini dijual bersamaan dengan ayam goreng bangkong. Malahan soto bangkong sudah ada lebih dulu dibandingkan ayam gorengnya. Soto bangkong lahir dari tangan Pak Soleh Soekarno yang mendirikan rumah makan ini sejak tahun 1950.

Soto bangkong sudah melegenda di Semarang karena rasa kuah soto ini nyaris seperti sop, tidak ada lemak dan terasa segar. Rasa lada dan kunyitnya semerbak sehingga memberi kehangatan yang tahan lama hingga suapan terakhir. Soto yang berpusat di Jalan Brigjend Katamso ini  disajikan dengan ayam suwir, sate telur puyuh, sate usus, rempela ati, tempe atau perkedel.

Meski Anda tidak tinggal di Semarang, kenikmatan soto bangkong telah meluas ke berbagai daerah di pulau Jawa. Semua gerai soto bangkong dikelola oleh keluarga Pak Soleh dengan resep dan rasa yang sama lezatnya.

12. Roti Ganjel Rel

Roti Ganjel Rel
foto: https://www.instagram.com/omiyago_official/

Roti ganjel rel atau roti gambang merupakan makanan ringan kahas Semarang yang sudah sulit ditemui.

Orang-orang tidak begitu menyukai roti ganjel rel karena teksturnya yang keras dan tidak tahan lama. Padahal menurut penelitian, tekstur roti yang keras justru menyehatkan pencernaan.

Seiring dengan berkembangnya teknologi dan tekad masyarakat untuk melestarikan roti ganjel rel, munculah beberapa inovasi agar roti ini menjadi lebih empuk dan lembut. Meski begitu, roti gambang masih tergolong langka dibanding jajan pasar lainnya.

Roti kotak ini berwarna coklat dengan aroma kayu manisnya yang kuat membuat kenangan nostalgia warga Semarang pada masa lalu.

Biji wijen yang bertabur di permukaan kue memberi kesan cantik pada kue peninggalan Belanda ini. Memasaknya harus menggunakan gula aren, agar kadar manisnya pas dan menyatu dengan tekstur tepung.

12. Tahu Pong

tahu pong
foto: https://www.instagram.com/sbykulinerinfo/

Makanan tahu pong yang paling terkenal di Semarang adalah Tahu Pong Karangsar, yang sudah berdiri sejak tahun 1949.

Tahu pong yang tidak terisi di bagian tengahnya kemudian disajikan dengan tahu emplek, telur, dan juga gimbal udang. Sederet makanan itu kemudian disiram dengan petis.

Tahu pong Karangsar berada di Jalan Pringgading Raya 11 D Semarang. Warung ini sudah menjadi favorit warga setempat maupun turis asing.

13. Lumpia

Lumpia
foto: https://www.instagram.com/oneloveeats/

Mau tahu makanan khas Semarang paling enak  yang ada di Semarang? Dia adalah lumpia. Snack khas Semarang ini adalah perparudan antara kultur Tiongkok dan cita rasa khas Indonesia.

Lumpia mulai dikenal sejak Presiden Soekarno menyelenggarakan kompetisi bergengsi tingkat Internasional dan memilih lumpia sebagai sajiannya.

Pencipta lumpia Semarang yang asli adalah Tjoa Thay Yoe, orang Tiongkok yang kemudian menikah dengan warga setempat. Tjoa Thay Yoe kemudian beranak cucu yang juga memiliki usaha dagang lumpia berbekal resep warisan darinya.

Rasa lumpia yang asli hasil buatan tangan keluarga Tjoa Thay Yoe memiliki karakteristik wangi bawang goreng yang sama kuatnya seperti rebung. Kulitnya terasa lebih crispy dan gurih karena racikan khusus daging ayamnya yang spesial.

Lumpia khas Semarang yang asli terletak di gang Lombok No.11 Purwodinatan, Semarang. Kemudian ada pula keturunan  Tjoa Thay Yoe yang menjual lumpia ini di Gang Grajen, Jl. Pemuda No.1. Terakhir, ada pula cucu Tjoa Thay Yoe yang menjual lumpia cita rasa khas keluarganya di Jalan Mataram.

14. Kue Moachi

makanan ringan khas semarang
foto: https://www.instagram.com/kukikumochi/

Kue moachi Semarang berbeda dengan yang di jual di Jawa Barat. Tekstur kue moachi Semarang berbalut wijen dan mirip onde-onde. Adonan tepung berasnya agak tipis, dan komposisi kacangnya lebih banyak sehingga rasanya cenderung gurih.

Makanan ringan kahas semarang ini sebenranya warisan budaya Jepang yang diwariskan saat penjajahan, maka ada dua versi kue moachi di pulau Jawa  yakni versi Sukabumi dan Semarang.

Kue moachi Semarang teksturnya lembut dan kacang tanahnya terasa di setiap gigitan. Produsen kue moachi pertama yang ada di semarang adalah Kue Moaci Gemini yang sudah puluhan tahun menjual kue yang berbahan dasar tepung beras ini.

Anda bisa menemukannya di toko oleh-oleh atau e-commerce yang siap mengantar langsung ke rumah.

15. Gandos

gandos
foto: https://www.instagram.com/solofoodgram/

Kue gandos adalah makanan ringan kahas semarang yang biasa dijual di pasar atau oleh penjaja keliling.

Gandos terbuat dari tepung beras yang diberi santan serta garam. Rasanya gurih seperti serabi kering dan terasa lezat ketika disajikan dalam keadaan panas.

Jajanan gandos adalah makanan yang lazim di jumpai di dekat gerbang sekolah atau pasar. Penjaja keliling juga masih bisa ditemui di setiap sudut kota Semarang, maka Anda tak perlu khawatir untuk mencari jajanan khas semarang ini.

Baca juga –> Makanan Khas Pemalang Terbaru

16. Mie Kopyok

Makanan Khas Semarang paling enak
foto: https://www.instagram.com/reniastutik_/

Makanan khas Semarang murah meriah ini bisa ditemukan di berbagai sudut Kota Semarang. Mie Kopyok sering ditemui di penjaja kaki lima, atau gerobak keliing.

Kenampakan mie kopyok sangat menggoda karena tahu iris, lontong dan daun kucai yang menjadi toppingnya. Mie kopyok disajikan dengan kuah dan kerupuk sebagai pelengkap.

Setiap lahapan mie kopyok seperti makan nanggung, karena tidak terlalu mengenyangkan. Porsinya pas untuk ganjel perut yang sedang lapar, tapi waktunya tak cukup untuk menyantap panganan berat.

Kuah beningnya beraroma bawang putih, sangat enak tapi harus hati-hati bagi penderita maag karena bawang putihnya tidak 100% matang.

Mie yang banyak dijual di Semarang ini disebut mie kopyok karena mie dan tauge ditempatkan pada alat masak yang berongga. Prosesnya dicelup lalu ditarik secara berulang-ulang, maka orang-orang menyebutnya sebagai mie koplyok.

19. Pisang Plenet

Pisang Plenet
foto: https://www.instagram.com/dietkok/

Makanan khas Semarang kekinian yang selalu digemari orang-orang adalah pisang plenet. Arti dari pisang plenet adalah buah pisang yang kemudian ditekan hingga hancur saat proses memasak.

Wisatawan dan warga setempat menyukai pisang plenet karena memasaknya diatas tungku arang. Rasa pisang plenet makin nikmat setelah diberi cokelat atau keju sebagai topping pelengkap. Untuk menikmati pisang plenet yang khas, Anda bisa datang ke kedai Pak Yuli yang berada di Jl. Gajahmada No.13, Kembangsari.

20. Garang Asem

Garang Asem
foto: https://www.instagram.com/sukamakansurabaya/

Garang asam dibuat dengan balutan daun pisang, maka jika turis yang kurang familiar dengan makanan ini tentu akan menduga pepes. Bahan baku pembuatan garang asem adalah daging ayam, cabe rawit, tomat, dan belimbing wuluh.

Begitu banyak gerai garang asam yang bisa Anda temui di Semarang, salah satunya adalah garang asam sari rasa, yang terletak di Jl Agil kusumadya. Kemudian garang asem juga tersedia di warung soto ayam dargo pak Wito, yang terletak di Jl Hasanudin Raya.

Proses meremas daging ayam membuat bumbu meresap ke dalam permukaan. Rasanya sangat lezat karena daging ayam yang lembut dan tanpa tulang, berpadu dengan wewangian kemangi dan kunyit. Garang asem sangat sedap jika disajikan dengan tempe goreng dan nasi yang masih hangat.

Review Sebelumnya –> Makanan Khas Pekalongan Terbaru

Bagaimana? Apakah masih bingung mau beli makanan khas Semarang? Di artikel atas sudah dibahas secara detail mengenai kulinernya. Tunggu apa lagi segera coba dan buktikan sendiri kelezatannya.

Vlog Ke Lokawisata Baturraden Terbaru 2020

REVIEW OVERVIEW
Rasa Masakan
Bagikan Yuk !
Previous articleMakanan Khas Tegal
Next articleMakanan Khas Klaten

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here