Gamat Bay adalah pantai kecil berpasir di Nusa Penida yang cocok dipakai untuk snorkeling dan tur menyelam. Gamat Bay seringkali disebut sebagai adik Marina Bay dalam versi yang lebih terpencil dengan akses lokasinya sangat mudah.

Wisata Gamat Bay Bali terletak di Teluk Gamat yang areanya masih sangat asri. Dan juga dijadikan sebagai tempat pelestarian hewan margasatwa. Jika Anda ingin berkunjung ke objek wisata Klungkung ini, berikut adalah beberapa informasi penting yang harus diketahui.

Harga Tiket Masuk Gamat Bay

harga tiket masuk gamat bay
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/112466998477511590554

Selain lokasinya yang masih asri, kelebihan dari objek wisata ini salah satunya yaitu harga tiket cukup terjangkau. Harga snorkeling di Gamat Bay dan beberapa wahana lainnya bisa Anda cek di uraian berikut.

  • Tiket snorkeling Based on Sharing di banderol mulai Rp125.000.
  • Tiket Private Domestic dimulai dari Rp295.000 – Rp775.000.
  • Tiket Private Overseas dimulai dari Rp345.000 – Rp825.000.

Harga tersebut bisa berubah-ubah setiap waktu, sesuai kondisi dan kebijakan pengelola wisata. Jadi pastikan untuk selalu membawa uang lebih buat berjaga-jaga ya!

Alamat dan Rute Lokasi

alamat dan rute lokasi gamat bay
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/104915689030379817082

Tempat wisata ini buka 24 jam sehingga dapat dikunjungi kapan saja, namun sebaiknya berkunjunglah saat pagi atau siang hari. Lokasi wisata Gamat Bay ini terletak di Desa Bunga Mekar di Kecamatan Klungkung, Nusa Penida, Bali.

Berikut durasi atau lamanya waktu yang harus Anda tempuh saat berkunjung ke objek wisata di Bali ini. Jika berangkat melalui Pelabuhan Sampalan membutuhkan waktu sekitar 36 menit agar sampai di teluk Gamat.

Jika berangkat melalui Dermaga Toya Pakeh, Anda membutuhkan waktu sekitar 15 menit atau sekitar 6 kilometer. Apabila berangkat melalui Pelabuhan Roro, Anda membutuhkan waktu sekitar 35 menit untuk sampai ke lokasi karena jaraknya sekitar 14,7 kilometer.

Namun jika berangkat melalui Pelabuhan Buyuk, Anda membutuhkan waktu sekitar 32 menit karena jaraknya sekitar14 kilometer.

Fasilitas

fasilitas Gamat Bay
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/110482475704542736785

Karena tempatnya yang sedikit terpencil, tempat wisata Gamat Bay ini memang dikatakan cukup privat. Meski begitu tetap tersedia berbagai fasilitas dapat Anda nikmati selain beberapa wahana yang ditawarkan.

Penginapan

Tidak hanya hotel, di tempat wisata ini Anda juga dapat menemukan homestay untuk lebih merasakan suasana homey saat berlibur. Dengan tarif mulai Rp300.000 saja, Anda sudah bisa beristirahat sambil menikmati keindahan alamnya.

Restoran

Salah satu restoran yang dapat Anda kunjungi saat berlibur ke tempat wisata ini adalah Jungutbatu bernama Beach Club Sunday. Di restoran ini juga menyediakan banyak menu kuliner yang dapat Anda nikmati sambil bersantai menikmati pemandangan laut indah.

Toko Souvenir

Tak lengkap rasanya jika pergi berlibur tapi tidak membeli buah tangan khas tempat yang dikunjungi. Jangan khawatir, karena di sekitaran tempat wisata ini banyak sekali penjual souvenir. Yang dapat Anda beli untuk keluarga dan teman dekat.

Datang juga ke –> Tembeling Beach sebagai tujuan anda berlibur.

Jam Buka

jam buka gamat bay
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/112300371568383824415

Tempat wisata ini buka selama 24 jam selama weekday (Senin- Jumat) dan juga weekend (Sabtu-Minggu). Sedangkan untuk wisata snorkeling atau scuba diving biasanya dimulai sekitar pukul 09.00 – 12.00 WIT.

Kunjungi juga –> Peguyangan Waterfall yang eksotis.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

aktivitas yang bisa dilakukan gamat bay
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/107922450601203855557

Berikut adalah beberapa aktivitas yang dapat Anda lakukan jika berkunjung ke tempat wisata ini.

Snorkeling dan Scuba Diving

Salah satu daya tarik utama tempat wisata ini yaitu adanya wahana untuk melakukan snorkeling dan juga scuba diving. Salah satu tempat snorkeling yang paling terkenal di sini adalah Wall Point Nusa Penida.

Jernihnya air laut membuat mata Anda dapat melihat langsung ekosistem dan terumbu karangnya. Dengan mata telanjang tanpa harus menyelam terlebih dahulu.

Jika Anda suka berenang, snorkeling, atau scuba diving benar-benar akan dimanjakan oleh pemandangan hewan-hewan laut kecil.

Sedangkan perlengkapannya Anda tidak perlu khawatir, karena peralatan tersebut juga sudah disediakan untuk disewa.

Menikmati Panorama Pantai yang Indah

Pulau Gamat ini memang terkenal sebagai salah satu tempat snorkeling di Bali wajib dikunjungi bagi para wisatawan yang suka menyelam.

Pasir putih dan jernihnya air laut, Anda bisa menikmati mahakarya Tuhan yang benar-benar memanjakan mata dengan keindahannya.

Banyak terdapat pohon kelapa dan juga bukit dengan pohon-pohon rindah, menambah keasrian pulau ini. Selain itu Anda juga bisa menyaksikan sunset dan juga sunrise yang sangat cantik jika kondisi cuacanya sedang cerah.

Mengambil Foto Menarik

Selain tempat snorkeling di Nusa Penida, Gamat Bay juga merupakan salah satu tujuan berlibur yang menarik untuk berburu foto.

Anda dapat berkeliling sekitar pulau dan menjadikannya sebagai salah satu latar belakang yang menarik untuk foto. Salah satu spot favorit yang seringkali dikunjungi oleh para wisatawan adalah berfoto dengan latar belakang birunya pantai berpasir putih.

Review sebelumnya –> Raja Lima Nusa Penida yang mempesona.

Tips Berkunjung

tips berkunjung gamat bay
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/112725148240171180415

Sebelum pergi berlibur ke Gamat Bay, tentunya Anda harus memperhatikan beberapa tips berikut.

Memantau Keadaan Cuaca Terlebih Dahulu

Sebelum Anda pergi berwisata maka pastikan terlebih dahulu bahwa cuaca memang sedang tidak hujan, dan benar-benar cerah. Hal ini agar Anda dapat liburan secara lebih leluasa tanpa mengkhawatirkan cuaca yang tiba-tiba akan turun hujan.

Persiapkan Barang Bawaan Seperlunya

Saat pergi berwisata, tentunya penting untuk membawa barang seperlunya saja agar tidak merepotkan saat di perjalanan. Anda dapat memilih barang yang benar-benar penting dan harus dibawa saat pergi berlibur.

Melakukan Warming Up Sebelum Menyelam

Salah satu keharusan ketika Anda ingin melakukan snorkeling ataupun diving adalah harus melakukan warming up atau pemanasan terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk mencegah adanya kram dan cedera otot saat menyelam karena sangat berbahaya.

Tetap Mengkonsumsi Banyak Air Putih

Salah satu hal yang sering dilupakan saat berlibur adalah memastikan tubuh tetap terhidrasi meski sedang melakukan banyak aktivitas outdoor. Biasanya, beraktivitas diluar ruangan memang membuat tenggorokan menjadi haus, apalagi jika Anda di pantai. Untuk itu selalu penuhi kebutuhan dahaga anda dengan selalu minum air putih.

Membilas Diri Setelah Beraktivitas di Pantai

Setelah seharian beraktivitas di pantai, jangan lupa untuk segera mandi atau membilas diri dari kotoran yang menempel di tubuh. Hal ini karena air laut yang menempel di badan juga sering membuat tubuh Anda akan lengket dan tidak nyaman.

Wisata laut Gamat Bay merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat cocok bagi Anda menyukai suasana privat. Alasannya karena tempat ini masih cukup jarang dikunjungi oleh wisatawan.

Panorama lautnya yang indah, surga bawah lautnya memanjakan mata. Dan spot foto menarik di sana menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Demikian informasi mengenai ulasan singkat Wisata Gamat Bay yang ada di Nusa Penida, Bali. Semoga informasi ini bisa menjadi salah satu referensi bagi Anda yang ingin berlibur ke sana. Selamat berlibur dan berekreasi!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

nine − four =