Pulau Satonda merupakan destinasi wisata menarik yang bisa jadi tujuan jalan-jalan anda selanjutnya pada saat akhir pekan. Tempat ini sangatlah cantik dan pesona alam indahnya begitu memanjakan mata siapa saja, keren deh!

Satonda Island adalah salah satu dari beberapa pulau di Indonesia yang terjadi akibat letusan gunung berapi. Pulau cantik di Kabupaten Dompu ini terbentuk akibat letusan Gunung Satonda ribuan tahun silam.

Dari hal tersebutlah yang menjadikan Pulau Satonda Manggarai Barat ini ada, dan kini menjadi salah satu tujuan berwisata. Namun sebelum anda datang untuk explore apa aja sih yang ada di Pulau Satonda Bima, yuk simak ulasan berikut.

Daya Tarik Pulau Satonda

daya tarik pulau satonda
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/106656131556310864039

Berkat sejumlah daya tarik alami yang dimiliki, menjadikan Pulau Satonda Dompu Nusa Tenggara Barat ini sangat direkomendasikan untuk anda explore. Disini pengunjung bisa melihat secara lebih dekat berbagai panorama alam menakjubkan yang mungkin belum pernah anda temui sebelumnya.

Wisata Pulau Satonda terdiri dari daratan dan juga perairan yang cukup luas. 453,70 hektare merupakan wilayah daratan Pulau Satonda.

Sedangkan untuk area perairan memiliki luas mencapai 2.146,30 hektare. Hal tersebut berdasarkan data dari BKSDA (Balai Konservasi Sumber Daya Alam) Nusa Tenggara Barat.

Pada tahun 1999, Pulau Satonda resmi ditetapkan sebagai Taman Wisata Alam Laut atau TWAL. Yang pada saat itu diresmikan langsung oleh kementrian Kehutanan Republik Indonesia.

Destinasi Satonda Island memiliki terumbu karang alami yang cukup luas di perairan sekitarnya. Lebih uniknya lagi, di tengah-tengah Pulau menawan ini terdapat sebuah danau mempesona.

Namanya pun sama, yakni Danau Satonda yang memiliki luas sekitar 33 hektar dengan kedalaman mencapai 86 meter. Air Danau Satonda NTB memiliki kadar keasinan yang sangat tinggi.

Itu disebabkan oleh air laut yang meluap dan dan akhirnya terperangkap di danau akibat letusan Gunung Tambora ratusan tahun lalu.

Harga Tiket Masuk Pulau Satonda

harga tiket masuk pulau satonda
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/103022195912253791173

Sebelum anda datang berlibur ke Pulau Satonda Dompu jangan lupa untuk mempersiapkan semuanya dengan baik. Seperti dengan kesiapan tubuh yang harus dalam keadaan sehat dan sedang tidak sakit.

Hal tersebut tentu saja bertujuan agar setiap aktivitas liburan di Satonda berjalan lancar tanpa adanya hambatan. Setelah fisik anda dirasa sudah siap untuk berpetualang, maka selajutnya jangan lupa membawa sejumlah uang.

Karena seperti pada umumnya, pada sebuah tempat wisata mematok tarif-tarif tertentu, sama halnya dengan Pulau ini. Namun menariknya, untuk harga tiket masuk Pulau Satonda itu tidak diberlakukan alias free.

Pengunjung hanya perlu mengeluarkan biaya untuk sewa perahu yang digunakan menuju Pulau Satonda. Karena untuk menuju Pulau ini, anda harus menyebrangi lautan terlebih dahulu, dengan start dari Pelabuhan Nangamiro.

Biaya untuk sewa perahunya hanya sebesar Rp300.000 dan sudah termasuk pulang pergi, sangat murah sekali bukan?

Jam Buka

jam buka pulau satonda
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/105802703151325849085

Umumnya wisata alam bahari berupa pantai ataupun pulau, bisa dikunjungi mulai dari pagi hingga menjelang malam. Tak terkecuali Pulau Satonda Dompu ini yang bisa anda jelajahi kapan saja, kecuali malam hari.

Saat hari masih cerah, tentu saja pemandangan disini akan terlihat lebih mempesona. Berbeda ketika hari sudah mulai gelap, yang cenderung tidak nampak dengan jelas.

Disamping itu, perahu penyebrangan pun hanya beroperasi pada jam-jam normal untuk berwisata. Kami sarankan untuk anda datang kesini ketika pagi atau sore, disaat hari tidak terlalu panas apalagi terik.

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat pulau satonda
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/108935405954319503652

Lokasi Pulau Satonda berada di lepas pantai utara Pulau Sumbawa. Berjarak sekitar 3 kilometer dari Selat Sanggar di Laut Flores yang secara administratif masuk Kabupaten Dompu.

Untuk lebih lengkapnya, alamat Pulau Satonda terletak di Desa Nangamiro di Kecamatan Pekat, Nusa Tenggara Barat. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, bahwa untuk menuju Satonda Island diharuskan start dari Pelabuhan Nangamiro.

Mengenai alamatnya sendiri, pelabuhan ini masih berada di area Desa Nangamiro. Sehingga anda tak perlu kesulitan menemukan pelabuhannya.

Dari Pelabuhan Nangamiro menuju Pulau Satonda nantinya anda harus melakukan perjalanan laut selama kurang lebih 45 menit.

Letak persis Pulau Satonda NTB bisa anda ketahui dengan mengikuti petunjuk dibawah ini.

Fasilitas

fasilitas pulau satonda
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/106946910937099738151

Jika berbicara mengenai sarana prasarana tentu saja di Pulau Satonda ini sangatlah terbatas. Sebab pulau satu ini memang tidak dihuni oleh manusia secara masif, jadi wajar rasanya.

Para wisatawan dapat menemukan beragam fasilitas Pulau Satonda saat masih berada di pelabuhannya ataupun di dalamnya. Jika di dalam area wisata pulaunya maka bisa anda jumpai toilet, pusat informasi dan beberapa pedagang.

Maka dari itu kami sarankan untuk anda agar sebaiknya sudah membawa bekal sendiri sebelum melakukan penyebrangan ke Satonda. Seperti bekal minum ataupun makanan harus sudah ada sedari rumah atau beli saat diperjalanan ke pelabuhan.

Meski fasilitas Pulau Satonda belum selengkap wisata bahari pada umumnya, itu tak akan mengurangi keseruan liburan anda disini. Karena beberapa aktivitas seru, bisa anda coba dan rasakan sendiri keseruannya.

Seperti berenang, bermain snorkeling dan diving, menjadi aktivitas-aktivitas seru yang kerap dilakukan oleh para wisatawan disini.

Spot Terbaik di Pulau Satonda

spot terbaik pulau satonda
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/108935405954319503652

Ketika diri anda tengah merasakan kepenatan, maka liburan adalah jawaban dari permasalahan tersebut. Dan destinasi Pulau Satonda bisa menjadi opsi menarik yang harus ada dalam list berlibur anda.

Di Pulau Satonda anda bisa menikmati keindahan alam sampai puas, melalui berenang, menyelami lautan atau sekedar jalan-jalan. Namun jika hanya ingin bersantai bisa juga dengan duduk-duduk manis pada Pantai di Pulau Satonda.

Selama melakukan banyak hal-hal menarik disini, jangan sampai luput dari jepretan kamera anda ya. Sebab dengan mengabadikan semua momennya melalui berswafoto, menjadikan pengalaman liburan kali ini lebih berkesan.

Memanfaatkan berbagai macam spot terbaik di Pulau Satonda berupa panorama alam menakjubkan. Perbukitan hijau, birunya air laut yang berpadu dengan putihnya pasir pantai nampak begitu ciamik.

Review sebelumnya –> Pantai Lakey dengan sejumlah suguhan view memikat.

Tips Berkunjung

tips berkunjung pulau satonda
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/107468963655921870524
  • Sebaiknya datang untuk liburan ke Satonda disaat musim panas, supaya tidak menemui turunnya hujan atau angin kencang.
  • Datanglah lebih awal agar anda bisa mencoba berbagai keseruan dan hal-hal menarik di Pulau Satonda.
  • Tak ada salahnya mengenakan penutup kepala seperti topi atau yang lainnya jika datang pada saat siang hari. Mengingat cukup teriknya matahari disini.
  • Jangan lupa bawa baju ganti, sebab liburan di Pulau Satonda kurang lengkap jika tak mencoba snorkeling, diving atau berenang.
  • Patuhi dan taati aturan-aturan serta tata tertib pengunjung yang telah ditetapkan oleh pengelola wisata Pulau Satonda.

Jadi itulah tadi wisata alam Dompu yang cukup fenomenal yaitu Pulau Satonda dengan view alam mempesona. Sekian ulasan singkat Pulau Satonda Dompu NTB yang wajib untuk di explore semua suguhan menariknya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

three + eleven =