Anda seorang Traveller? Atau menyukai wisata outdoor penuh tantangan ? Wisata Ulu Kasok dapat menjadi referensi yang sangat cocok untuk Anda. Wisata Kampar Ulu Kasok dikenal sebagai Raja Ampat-nya Sumatera.

Harga masuk ke Wisata Ulu Kasok cukup terjangkau tentunya rute menuju area wisata juga mudah. Berikut ini informasi lengkap terkait Wisata Ulu Kasok.

Harga Tiket Masuk Ulu Kasok

harga tiket masuk ulu kasok
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/116858127703933050987

Tiket masuk Ulu Kasok sangat ramah dikantong dengan tarif senilai Rp10.000/orang. Di wilayah wisata juga disediakan jasa ojek dengan tarif sebesar Rp5.000.

Untuk menikmati fasilitas speedboat atau perahu, Anda perlu merogoh dana sebesar Rp15.000. Rute yang ditawarkan menggunakan speedboat berupa pulau Fada England, Pulau Qeis serta Pulau Trend Camp.

Untuk menikmati keindahan di wisata Ulu Kasok, Anda juga dapat menggunakan fasilitas sewa payung dan tikar. Untuk penyewaan sewa tikar sebesar Rp10.000, sedangkan sewa payung hanya perlu uang Rp5.000.

Harga tiket tersebut hanya berlaku saat weekday saja ya, sedangkan pada saat weekend tarif masuk wisata Ulu Kasok akan berbeda. Tentunya tarif pada wisata Ulu Kasok dapat berubah sewaktu-waktu.

Alamat dan Rute Lokasi Ulu Kasok

alamat dan rute lokasi ulu kasok
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/108180757892978687517

Wisata Ulu Kasok terletak di Desa Pulau Gadang, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Provinsi Kepulauan Riau. Wisata Ulu Kasok terletak diantara rangkaian bendungan PLTA di Koto Panjang.

Untuk menuju Wisata Ulu Kasok Riau Anda bisa menempuh melalui perjalanan darat maupun udara. Untuk rute udara, Anda dapat mendarat di Pekanbaru dan dilanjutkan menggunakan angkutan menuju Bangkinang.

Jarak tempuh dari Bangkinang kurang lebih 90 Km dengan waktu sekitar 2 jam dengan kecepatan normal. Sedangkan untuk mencapai puncak Anda memerlukan sekitar 15 menit dengan jarak tempuh sejauh 500 Km.

Area wisata masih berupa dataran tinggi dengan ketinggian 103 m di atas permukaan laut. Sehingga para wisatawan dapat menempuh dengan berjalan kaki atau ojek yang telah disediakan di area wisata.

Fasilitas Wisata Ulu Kasok

fasilitas ulu kasok
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/108419149476110204712

Ketika mengunjungi wisata Ulu Kasok akan terlihat beberapa fasilitas yang ada. Fasilitas apa saja sih yang ditawarkan pada Wisata Ulu Kasok, berikut ini penjelasannya:

Area Parkir

Wisata Ulu Kasok memiliki area parkir yang cukup luas untuk para pengunjung, tentunya terdapat tarif tambahan untuk parkir. Tarif untuk kendaraan bermotor sebesar Rp5.000, sedangkan Mobil Rp10.000.

Wahana Outbound

Di tempat wisata ini, disediakan arena Outbound untuk Anda bersenang-senang bersama kawan maupun keluarga. Wahana Outbound memiliki beberapa macam permainan, sehingga Anda dapat menikmati keseruan dalam berwisata.

Wahana ini menjadi daya tarik tersendiri bagi anak-anak hingga dewasa.

Spot Foto

Terdapat beberapa spot foto di Wisata Ulu Kasok dengan nuansa alam yang begitu indah. Mulai dari air terjun Ulu Kasok, Pulau di sekitar Ulu Kasok, serta Puncak Ulu Kasok.

Tak hanya nuansa alam, di Ulu Kasok Riau juga menyediakan properti pendukung untuk Anda. Diantaranya beberapa ornament buatan berbentuk love sign, moon sign, dan pesawat bahkan terdapat sarang burung serta rumah pohon buatan.

Tak hanya itu, spot foto terbaik di Ulu Kasok ini berupa background keindahan alam yang tampak luas. Danau yang hijau disertai dengan birunya langit menambah daya tarik tersendiri di wisata Ulu Kasok ini.

Tempat Makan

Terdapat beberapa tempat makan yang disediakan di wisata Ulu Kasok mulai dari penjual snack sampai makanan berat. Biasanya makanan berat yang disajikan merupakan makanan khas dari Pekanbaru, seperti Lontong Paku, Mie Sagu, Mie Lendir, dan juga Mieso.

Fasilitas Pendukung

Beberapa pengunjung terkadang memanfaatkan jasa yang diberikan di wisata Ulu Kasok ini. Mulai dari penyewaan payung, tikar, bahkan perahu atau speedboat untuk menikmati pesona wisata Ulu Kasok.

Toilet

Di area wisata tentunya fasilitas penting yang harus ada yaitu toilet. Nah, di Ulu Kasok juga menyediakan toilet untuk Anda dan para pengunjung lainnya.

Untuk tarif toilet Anda hanya perlu membayar sebesar Rp2.500.

Jam Buka Wisata Ulu Kasok

jam buka ulu kasok
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/113567014127357670743

Anda dapat menyaksikan wisata Ulu Kasok Bangkinang setiap hari mulai pukul 07.00 WIT sampai pukul 18.00 WIT. Namun biasanya wisata Ulu Kasok hanya terlihat ramai ketika weekend ataupun hari besar lainnya.

Jadi, apabila Anda menghindari banyak kerumunan pengunjung Anda bisa datang ketika weekday.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Wisata Ulu Kasok

aktivitas yang bisa dilakukan ulu kasok
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/113587449170934863641

Bagian terpenting ketika berada di suatu tempat wisata yaitu aktivitas yangmana akan memberikan pengalaman dan kenangan yang berkesan. Apa saja sih aktivitas yang dapat dilakukan ketika Anda berada di Wisata Ulu Kasok ini ?

Nah, di area wisata Ulu Kasok telah disediakan berbagai macam fasilitas seperti outbound, tempat makan, dan lain sebagainya. Anda dapat menelusuri area wisata mulai dari air terjun, puncak Ulu Kasok, bahkan pulau di sekitarnya.

Anda juga dapat menikmati keindahan Ulu Kasok dengan menyewa tikar yang telah disediakan. Di Ulu Kasok juga disediakan arena outbond untuk Anda yang menyukai tantangan.

Tentunya pesona alam yang menakjubkan dapat menjadi spot foto maupun swafoto terbaik untuk Anda.

Kunjungi juga –> Air Terjun Batu Dinding yang eksotis.

Tips Berkunjung Wisata Ulu Kasok

tips berkunjung ulu kasok
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/108419149476110204712

Sebelum Anda berkunjung ke destinasi wisata tertentu, pastinya Anda memerlukan beberapa tips yang diperlukan untuk liburan Anda. Nah apa saja sih tips yang dapat diterapkan ketika Anda berlibur?

Berikut ini tips-tips yang dapat Anda lakukan ketika berwisata ke Ulu Kasok :

Ketika hendak berlibur ke suatu tempat, alangkah baiknya Anda mengajak teman atau keluarga dan pergi menggunakan kendaraan pribadi. Hal ini untuk mencegah hal-hal buruk yang mungkin terjadi kepada Anda.

Dikarenakan wisata Ulu Kasok merupakan area perbukitan yangmana berada di dataran tinggi dengan rute kecil yang diapit tebing dan sungai. Rute menuju puncak wisata masih berbatu, sehingga Anda harus lebih hati-hati ketika menempuhnya baik dengan jalan kaki maupun ojek.

Lokasi wisata Ulu Kasok berada di dataran tinggi, sehingga cuaca bisa naik turun secara tiba-tiba. Sehingga Anda perlu membawa pakaian ganti untuk berjaga-jaga, Anda juga dapat membawa pakaian hangat jika memang diperlukan.

Untuk melakukan swafoto yang telah disediakan di area wisata, pastikan Anda melakukannya dengan tertib tanpa berkerumunan.

Terakhir, pastikan Anda menaati peraturan yang ada misalnya saja untuk tetap menjaga kebersihan dan kelestarian Ulu Kasok Riau.

Review sebelumnya –> Bukit Naang Bangkinang yang mengagumkan.

Asal Mula Ulu Kasok

asal mula ulu kasok
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/104605860342507288411

Dahulu Wisata Ulu Kasok merupakan sebuah desa, selanjutnya tahun 1991 terdapat proyek PLTA yang membutuhkan danau buatan untuk menggerakan turbin. Maka desa tersebut akhirnya ditenggelamkan dan para warga dievakuasi ke Kampung Patin di Pulau Gadang.

Sebelum adanya proyek PLTA dari pemerintah, wilayah Ulu Kasok terdiri dari beberapa bukit yang menjulang. Mulai tahun 2017 hingga kini, wilayah Ulu Kasok menjadi salah satu destinasi wisata Riau yang terkenal di Kota Pekanbaru.

Nah, itu tadi beberapa informasi terkait Ulu Kasok, tentunya dengan informasi yang telah dipaparkan membuat Anda semakin penasaran bukan ? Tunggu apa lagi, mari agendakan liburan ke destinasi wisata Riau Ulu Kasok bersama kawan maupun orang terkasih Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

thirteen + fifteen =