Wisata Air Terjun Batu Dinding yang berada di Pekanbaru menjadi destinasi terbaru. Pastinya sangat menyenangkan untuk dijelajahi bersama keluarga atau teman. Siapapun wisatawan yang datang bisa menyaksikan sebuah fenomena alam begitu menarik disini.

Destinasi wisata Air Terjun Batu Dinding sendiri memiliki lokasi yang tersembunyi sehingga menjadi tantangan bagi pengunjung untuk menemukannya. Meski lokasinya tersembunyi, namun wisatanya sangat indah dan layak untuk ditaklukan.

Kalau Anda ingin merasakan indahnya berpetualang di alam bebas air terjun yang mempesona ini, rencanakan wisata segera! Berikut adalah keindahan yang bisa Anda eksplorasi selama sedang berada di wisata Air Terjun Batu Dinding.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Batu Dinding

harga tiket masuk air terjun batu dinding
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/104724166875410540637

Wisata kebanggaan masyarakat Pekanbaru satu ini memiliki sebuah pemandangan alam yang begitu indah dan masih bernuansa asri. Tidak mengherankan jika banyak wisatawan ingin mengunjunginya karena nuansa alamnya yang dikenal mempesona.

Tiket masuk Air Terjun Batu Dinding juga terbilang sangat terjangkau. Walau destinasi alam satu ini menawarkan keindahan yang sangat mempesona, biaya masuknya sangat terjangkau.

Ya, untuk bisa masuk ke wisata Air Terjun Batu Dinding ini, Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp10.000. Dengan tiket semurah itu, Anda sudah bisa melihat keindahan wisata yang ditampilkan.

Anda atau wisatawan lainnya mungkin akan sangat betah berlama-lama untuk bersantai di dalamnya. Hanya saja, biayta tiket masuk itu belum termasuk dengan biaya parkirnya, ya!

Kalau Anda membawa kendaraan sendiri, maka harus ada tambahan biaya untuk petugas parkir. Nah, untuk tarif parkir di wisata Curug Batu Dinding sendiri amatlah murah.

Jika Anda membawa kendaraan bermotor, tarifnya Rp 5.000 saja. Sementara jika Anda membawa kendaraan roda empat, maka tarif yang dikenakan adalah Rp 10.000.

Masalah keamanan pada kendaraan Anda tenang saja, karena petugas menjamin memberikan penjagaan ketat. Selama melakukan perjalanan wisatawan di air terjun, maka Anda bisa tenang meninggalkan kendaraan.

Alamat dan Rute Lokasi

alamat dan rute lokasi Air Terjun Batu Dinding
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/103289345428469578920

Lokasi Air Terjun Batu Dinding berada di Tanjung Belit, kecamatan Kampar Kiri Hulu. Kecamatan ini masih berada di kabupaten Kampar, Riau.

Rute menuju Air Terjun Batu Dinding sendiri memang sedikit agak sulit karena memang lokasinya termasuk hidden game di Riau. Butuh perjalanan yang memakan hingga 3 jam lamanya apabila Anda datang dari kota Pekanbaru, Riau.

Ya, jarak yang harus Anda tempuh dari Pekanbaru untuk menuju ke Air Terjun Batu Dinding adalah sekitar 102 kilometer. Wisatawan bisa menggunakan transportasi pribadi maupun umum.

Namun sebaiknya sih lebih baik menggunakan kendaraan pribadi karena lebih mudah mengakses wisata. Dari Pekanbaru, Anda bisa datang menuju Kampar, Riau dan temukan wisata yang indah ini.

Walau perjalanan yang kemungkinan Anda tempuh cukup sulit karena banyaknya tanjakan, namun Anda akan menyaksikan panorama eksotis. Selama perjalanan, Anda bisa saksikan hutan dan gunung di kiri kanan jalan yang indah.

Fasilitas

fasilitas air terjun batu dinding
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/111651658291825295164

Ketika berwisata ke sebuah destinasi yang mengesankan, tentu saja fasilitas adalah hal lain untuk dipertimbangkan, bukan? Sayangnya, harus diakui bahwa fasilitas di Air Terjun Batu Dinding Pekenbaru ini masih terbilang kurang lengkap.

Hal ini dikarenakan pengelolanya masih bersifat swadaya atau masyarakat sekitar yang mengurusnya. Jadi, tempat wisata masih kurang bagus dalam menyediakan berbagai macam fasilitas untuk menunjang eksplorasi wisatawan.

Tapi tenang saja, apabila wisatawan butuh toilet, beberapa rumah warga juga membuka kamar mandi berbayar di sekitar wisata. Namun, untuk warung makan di sekitar tempat wisata masih belum tersedia.

Tentu saja tidak tersedianya warung makan di Curug Batu cukup menjadi kendala, ya! Oleh sebab itu, disarankan bagi wisatawan yang datang ke Curug Batu untuk bawa sendiri bekal makan dan minum dari rumah.

Demikian juga jika Anda ingin bermalam di Curug Batu Dinding, wisata ini belum menyediakan tempat persewaan. Jadi, Anda harus membawa sendiri perbekalan untuk kemah jika hendak bermalam di Air Terjun Batu Dinding.

Jam Buka

jam buka air terjun batu dinding
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/110821592142602995856

Wisata Air Terjun Batu Dinding adalah destinasi yang menyediakan keindahan alam sangat menakjubkan. Saat Anda mengunjungi wisata ini, maka Anda pasti akan merasa dihipnotis dengan keindahannya yang mempesona.

Air Terjun Batu Dinding sendiri memang berlokasi di kawasan hutan alami sehingga suasananya begitu sejuk. Saat menginjakkan kaki di Curug Batu Dinding, tubuh Anda mungkin akan merasa fresh serta dan penat pun mungkin hilang.

Curug Batu Dinding sendiri buka setiap hari dan tidak memiliki jam operasional. Artinya, Anda bisa mengunjungi wisata Kampar, Riau ini kapan saja selama 24 jam!

Aktifitas yang Bisa Dilakukan

aktivitas yang bisa dilakukan air terjun batu dinding
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/103261074133044627425

Trekking

Aktivitas pertama yang bisa Anda lakukan saat mengunjungi wisata Air Terjun Batu Dinding adalah melakukan trekking. Ada banyak medan yang bisa ditaklukan saat melakukan trekking di kawasan wisata ini.

Mulai dari jalan setapak menanjak hingga melewati tengah hutan yang sangat luas. Meski melelahkan, trekking di wisata ini sangat menarik karena Anda juga bisa bertemu satwa liar seperti burung sampai monyet.

Bersantai Nikmati Panorama

Lelah melakukan trekking akan ditebus dengan menyaksikan indahnya air terjun dengan tujuh tingkatan. Ya, destinasi wisata curug Batu Dinding ini memiliki aliran air terjun hingga 7 tingkatan yang ada di setiap celah bebatuan.

Anda bisa bersantai dan menyaksikan pemandangan alamnya yang masih alami dan menenangkan jiwa. Dengan berbagai pepohonan tinggi yang menjulang, wisata ini pun memiliki semilir angin menyejukkan sehingga semakin membuat Anda terasa betah.

Bermain Air

Kalau merasa belum puas dengan menyaksikan keindahan, maka cobalah berenang di wisata ini. Banyak wisatawan betah menghabiskan waktu untuk bermain air dan berenang di Air Terjun Batu Dinding karena airnya yang begitu jernih.

Tenang saja, kawasan wisata ini memiliki air yang aman untuk dijadikan lokasi berenang. Kalau Anda suka tantangan, cobalah melakukan cliff jumping dari ketinggian tebing yang ada.

Tips Berkunjung

tips berkunjung air terjun batu dinding
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/109741106979038829733

Jika ingin wisata Anda ke Air Terjun Batu Dinding nyaman dan tidak ada kendala, maka perhatikan beberapa tips ini :

  • Dengan medan perjalanannya yang sulit, maka pastikan untuk mempersiapkan dengan matang supaya perjalanan wisata Anda menjadi lancar.
  • Bawalah sepatu yang sekiranya nyaman untuk melakukan perjalanan trekking.
  • Kenakan pakaian kaos atau celana jika ingin trekking nyaman dari tempat parkir menuju wisata.
  • Jangan lupa membawa bekal berupa makanan atau minuman sendiri selama berwisata.
  • Gunakan lotion anti nyamuk apabila kulit sensitif dengan gigitan serangga.

Waktu Terbaik

waktu terbaik air terjun batu dinding
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/103261074133044627425

Bagi traveler yang hendak berkunjung ke Curug Batu Dinding, datanglah sesuai waktu terbaiknya atau ketahui lah musim serta cuaca. Jangan datang ke air terjun Batu Dinding di musim hujan karena bisa berbahaya.

Sebaliknya, datanglah ke air terjun Kampar yang indah ini di musim kemarau supaya nyaman melakukan trekking dan berwisata.

Pergi ke Riau rasanya belum cukup jika tidak ada wisata Air Terjun Batu Dinding di dalam daftar kunjungan Anda. Kalau Anda sedang di Riau, datanglah curug dengan pemandangan yang mempesona ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

five + 13 =