Tempat wisata di Kampar menjadi salah satu yang direkomendasikan untuk dikunjungi karena memiliki keindahan alam memukau. Jenis tempat wisatanya pun tidak hanya satu melainkan ada beberapa.

Kampar sendiri memang terkenal cukup unik terlebih lagi dengan julukan yang melekat padanya. Yakni Serambi Mekah nya Provinsi Riau dan juga Bumi Sarimadu. Di samping itu Kampar sendiri memiliki sejarah panjang sehingga banyak nilai-nilai historis yang bisa didapati ketika berkunjung.

Salah satunya dari tempat wisata berupa candi yang menjadikan nilai-nilai historis di masa lampau. Selain itu masih terdapat tempat wisata seperti puncak dan pantai yang tentunya tidak kalah menarik untuk disambangi.

1. Puncak Kompe

puncak kompe
Foto : https://www.instagram.com/maswid91/

Destinasi wisata pertama yang bisa dikunjungi di Kampar adalah Ouncak Kompe. Tempat wisata ini berada di Jalan Lintas Sumbar, Koto mesjid kabupaten Kampar, Riau.

Tempat wisata ini menawarkan pemandangan alam begitu indah dari ketinggian. Hal tersebut dikarenakan Puncak kompe ini merupakan sebuah destinasi yang memungkinkan para wisatawan untuk sampai ke puncak bukit. Dan melihat suguhan pemandangan alam Kampar nan indah.

Menurut informasi, Puncak kompe sendiri resmi dibuka untuk umum pada 2017 lalu. Sejak saat itu, Puncak kompe berhasil menyedot banyak Perhatian para penikmat dunia travelling serta pecinta fotografi.

Beberapa aktivitas menarik yang bisa dilakukan selama berada di puncak konflik. Seperti berfoto selfie di spot-spot yang telah disediakan oleh pengelola. Beberapa spot yang dimaksud seperti balon udara,, ayunan payung warna warni, dan banyak lagi lainnya.

Tidak hanya itu, di sini juga terdapat gardu pandang yang dibangun secara khusus. Untuk tempat istirahat para pengunjung sembari bisa menikmati pemandangan alam sekitar.

Bagi Anda yang menyukai tempat instagramable dan penuh keindahan, maka Puncak Kompe menjadi salah satu rekomendasi untuk dikunjungi.

Perlu diketahui juga bahwa banyak wisatawan yang memilih berkemah di puncak Kompi agar bisa merasakan kehidupan alam terbuka di Kampar.

2. Bukit Naang Bangkinang

bukit naang bangkinang
Foto : https://www.instagram.com/gracejesica_pjt/

Masih berbicara seputar destinasi wisata alam berupa puncak, kali ini ada Bukit Naang Bangkinang. Bukit Bangkinang berlokasi di Jalan Lintas Bangkinang Petapahan Pasir Sialang, Kampar Riau. Tempat wisata ini menjadi salah satu destinasi cukup populer di kalangan wisatawan.

Tidak hanya menyajikan pemandangan puncak bukit menawan. Wisata di Kampar bangkinang ini Anda juga bisa menemukan berbagai arena permainan outbound yang siap memacu adrenalin. Selain itu ada juga waterboom area yang siap memanjakan anak-anak.

Beberapa wahana outbound pemicu adrenalin di sini seperti jembatan gantung, air softgen, flying fox dan lainnya. Meski demikian, Anda perlu tahu bahwa ada batasan usia mengenai boleh tidaknya mencoba wahana pemicu adrenalin tersebut.

Oleh karenanya, Anda hanya bisa memilih wahana outbound yang sesuai dengan kriteria usia. Selain batasan usia terdapat juga indikator kondisi kesehatan tertentu dalam aturan menaiki outbound yang ada.

Jika anda tidak mempunyai kesempatan menikmati wahana outbound, tidak perlu khawatir karena disediakan tempat duduk berupa kursi. Untuk menunggu sembari menikmati keindahan alam sekitar. Anda bisa memilih mengambil spot-spot foto keren selama berada di lokasi wisata.

3. Sungai Hijau

sungai hijau
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/115663115984377229408

Apa yang terpikir di benak anda ketika mendengar nama tempat wisata satu ini? Mungkin Anda akan berpikir bahwa ada unsur warna hijau di dalam sungainya.

Hal ini memang tidak salah karena memang tempat ini menyajikan Sungai berwarna kehijauan. Sungai hijau berada di kawasan Bangkinang, Salo, Kampar, Riau. Sungai ini dikelilingi oleh kawasan hijau sehingga suasana yang ditampilkan tampak asli.

Adapun nuansa kehijauan dari air sungai berasal dari ganggang dan juga lumut di dalam air. Kedalaman sungai ini sekitar 30 hingga 150 cm. Oleh karenanya Anda juga perlu berhati-hati ketika bermain akhir.

Memang tidak bisa berenang maka bisa memilih bermain air di pinggir sungai saja. Agar bisa masuk ke kawasan wisata sungai hijau ini, ada harus membayar biaya tiket masuk sebesar Rp.5.000.

Harga tiket ini bisa berubah sewaktu-waktu, Anda bisa mengeceknya kembali ketika ingin berkunjung. Pengelola tempat wisata juga menyediakan penyewaan tikar dan pelampung bagi para pengunjung agar bisa berasa lebih safety.

Untuk tikar sendiri bisa digunakan sebagai alas duduk sembari menikmati keadaan alam sekitar. Anda bisa memilih untuk menikmati sajian bekal yang sudah dibawa di atas tikar tersebut.

4. Air Terjun Batang Kapas

Air Terjun Batang Kapas
Foto : https://www.instagram.com/exploreriau.id/

Wisata Air terjun batu Sasak ini berada di kawasan pedalaman hutan, Kampar, Riau. Air terjun ini merupakan salah satu tinggi di Riau, di mana tingginya mencapai 150 meter.

Karena ketinggiannya ini, Air Terjun Batang Kapas memiliki aliran tidak terlalu lebar. Di sisi lain, debit airnya juga tidak begitu besar sehingga para pengunjung yang datang bisa bermain air di bawahnya.

Meski demikian, tidak disarankan untuk terlalu ke tengah karena bisa berbahaya. Di sekitar air terjun Batang Kapas ini terdapat batuan besar yang mengelilingi.

Para pengunjung biasanya duduk di batuan-batuan besar tersebut sembari menikmati suasana alam yang dihadirkan. Salah satu momen indah yang bisa didapatkan ketika berada di air terjun Batang Kapas. Ialah Menikmati keindahan sunset dari tebing karang di sekitar air terjun.

Ada selaku pengunjung juga bisa mengambil foto untuk menambah koleksi liburan. Harga tiket masuk ke air terjun di Kampar bangkinang ini sekitar Rp.15.000, namun harga bisa berubah sewaktu-waktu.

5. Pulau Cinta

pulau cinta kampar
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/116900397338177320413

Dari namanya, Ada mungkin bisa menebak konsep wisata yang dihadirkan. Pulau Cinta sendiri berjarak sekitar 12 km dari Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II.

Butuh waktu kurang lebih 20 menit saja untuk bisa sampai ke pulau cinta dari bandara Sultan Syarif Kasim II. Tempat wisata ini cukup populer terutama di kalangan anak muda, apalagi lokasinya yang begitu strategis di tepi sungai Kampar.

Anda lagu pengunjung, bisa bermain air sepuasnya ditambah lagi dengan wahana yang siap memanjakan. Ketika sampai di lokasi wisata ini, Abda akan langsung disambut dengan tulisan berisi Asmaul Husna sehingga ada kesan religi.

Di sini juga terdapat fasilitas umum yang telah disediakan pihak pengelola berupa tempat parkir luas mencapai 15 hektar. Luasnya ini membuat Anda yang membawa kendaraan bisa lebih nyaman karena tidak perlu berdesak-desakan dalam memarkirkan kendaraan.

Pulau cinta ini memiliki pantai dengan pasir putih cantik yang membuat pengunjung bisa betah berlama-lama. Ada juga bisa berburu spot-spot foto instagenik untuk diabadikan.

Pulau cinta ini berada di Teluk Kenidai, Kampar, Riau. Harga tiket masuknya sekitar Rp.10.000, harga ini bisa berubah sewaktu-waktu. Tempat ini bisa menjadi salah satu wisata alam di Kampar yang sedang hits.

6. Desa Buluh Cina

Desa Buluh Cina
Foto : https://www.instagram.com/antonyrahman4944/

Objek wisata bernama Desa Buluh Cina juga sayang apabila dilewatkan ketika berkunjung ke Kampar, Riau. Desa Buluh Cina ini selalu ramai pengunjung karena tidak hanya menyajikan objek wisata edukasi tetapi juga fotografi.

Kondisi alam sekitar Desa Buluh Cina terbilang masih asri sehingga memanjakan mata siapa saja yang memandangnya. Spot-spot fotografi yang dapat ditemukan di sekitar lokasi wisata juga menjadi incaran para fotografi hunter.

Adapun beberapa spot andalan Desa Buluh Cina ini yaitu 7 danau menawan. Kawasan wisata ini memang mempunyai jumlah danau yang tidak hanya satu tetapi ada 7.

Keindahan di setiap danau juga berbeda-beda karena kenampakan alamnya yang bervariasi. Pihak pengelola tempat wisata juga telah menyediakan penyewaan perahu bagi para pengunjung. Yang memiliki keinginan menyusuri danau dan melihat secara langsung pesona alam sekitar.

Selain itu, terdapat pula arena memancing serta berbagai spot menarik untuk dijajal sama berada di lokasi wisata. Bagi Anda yang ingin menikmati keindahan alam terbuka di Desa Buluh Cina, Anda juga bisa menyewa tenda untuk dapat bermalam.

Harga tiket masuk ke Desa Bulu Cina sekitar Rp.10.000. Meski demikian, harga ini bisa berubah sewaktu-waktu.

7. Lubang Kolam Kampar

Lubang Kolam Kampar
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/103374985097014623115

Tempat wisata bernama lubang kolam Kampar ini merupakan destinasi yang memiliki nilai historis. Menurut sejarah, tempat yang tampak misteri ini dulunya merupakan bangunan yang menghubungkan Riau dan Sumatera Barat.

Namun hal tersebut sudah tidak berlaku lagi pada saat ini. Bangunan ini sendiri didirikan pada 1929 Masehi dan kini telah difungsikan menjadi tempat wisata.

Kunjungan wisatawan ke destinasi wisata ini juga cukup ramai. Salah satu daya tarik para pengunjung untuk datang adalah hawa misteri di dalamnya.

Sepanjang perjalanan menuju tempat wisata, pengunjung akan disuguhkan dengan hawa misteri yang kental. Perlu diketahui juga bahwa sebagian badan jalan ditutupi gundukan tanah dan juga rerumputan.

Tidak ditemukan pula adanya batas pengaman jalan sehingga tampak curam. Bagian dinding lembab tanpa adanya penerangan serta suara kelelawar yang menghiasi akan membuat suasana menjadi lebih seram.

Adanya kesan horor yang terasa membuat perjalanan wisata di Lubang Kolam Kampar inimemiliki nilai tersendiri dan daya tarik bagi pengunjung. Tentunya hal ini bisa menjadi salah satu kesan liburan tak biasa untuk dijajal selama berada di Kampar, Riau.

Lokasi wisata berada di Jalan Bangkinang Payakumbuh Kampar Riau. Tiket masuk ke tempat wisata ini sekitar Rp.15.000 per orangnya, namun harganya bisa berubah sewaktu-waktu.

8. Teluk Jering

teluk jaring
Foto : https://www.instagram.com/heru_maindikali/

Berikutnya ada tempat wisata Teluk Jering yang hadir sebagai tempat destinasi menatik tepi sungai. Sungai Teluk jering mempunyai pemandangan alam indah dan menawan disertai air yang jernih.

Oleh karenanya para pengunjung bisa memilih aktivitas seperti berendam maupun berenang di tempat ini. Di bagian tepi sungai, sudah terdapat hamparan pasir halus yang biasa dijadikan tempat bermain dan juga bersantai.

Pulau Jering sendiri berukuran tidak terlalu besar namun tidak kalah menarik dengan wisata alam lainnya yang ada di Kampar. Pihak pengelola tempat wisata juga telah menyediakan perahu tradisional agar para pengunjung bisa berperahu mengelilingi sungai.

Apabila Anda melintasi sungai, maka akan terlihat pemandangan hijau alam yang segar. Disertai tiupan angin sepoi-sepoi sehingga membuat suasana menjadi lebih adem. Tempat wisata ini berada di Pantai Cinta Teluk Jering, Kampar Riau.

Anda juga bisa memilih untuk mengabadikan momen selama berada di Teluk Jering ini. Tentunya ada berbagai macam spot dan angle menarik sebagai background di lokasi wisata satu ini.

9. Rimbang Baling

Rimbang Baling
Foto : https://www.instagram.com/nofrieajha/

Tempat wisata Rimbang Baling ini berada di Kota Lama Kampar Riau yang merupakan kawasan suaka margasatwa. Layaknya kawasan suaka margasatwa pada umumnya, di sini terdapat habitat flora dan juga fauna khas Sumatera.

Tempat ini sangat recommended untuk Anda yang menyukai suasana alam beserta liburan menjelajah hutan yang memicu adrenalin. Agar sampai ke Rimba Baling, dibutuhkan waktu mendaki sekitar 2 hingga 3 jam cari desa terdekat.

Sepanjang perjalanan, Anda akan disuguhkan dengan kawasan hutan hijau nan menyejukkan. Meski harus menempuh perjalanan melelahkan, semua itu akan terbayar lunas ketika menyaksikan keindahan hutan sesampainya di objek wisata.

Anda akan melihat berbagai jenis tumbuhan hidup dengan subur di sini. Ternyata tempat ini tidak hanya memberikan pengalaman liburan tetapi juga turut menyumbang pasokan oksigen bagi kota Kampar dan sekitarnya.

Tidak heran jika tempat ini juga memiliki julukan paru-paru kota Kampar. Hewan khas Sumatera seperti harimau sumatera, kera ekor panjang, dan berbagai jenis reptil ada di sini.

Selain itu terdapat pula keindahan lain berupa air terjun batu dinding, arena perkemahan, arena pemancingan dan lainnya. Anda tentunya bisa mengabadikan momen selama berada di tempat wisata ini untuk membuat kenang-kenangan.

10. Sungai Gulamo, Green Canyon Riau

sungai gulamo
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/117585798854402597720

Tempat wisata Sungai gulamo Green Canyon Riau ini juga recommended untuk Anda jelajahi ketika berada di Kampar. Tempat ini berada di Jalan Bangkinang Payakumbuh Batu Bersurat, Kampar, Riau.

Sungai Gulamo disebut-sebut sebagai sungai terindah yang ada di Kampar, bahkan banyak yang menyandingkannya dengan Green Canyon. Dominasi warna kehijauan di sekitar sungai menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung untuk datang.

Nuansa hijau yang terlihat dari sungai merupakan akibat dari pemandangan hijau di sekitarnya. Meskipun berwarna hijau, air dari sungai ini cukup jernih dan layak dijadikan tempat berenang maupun sekedar bermain air.

Keindahan sungai semakin meningkat dengan adanya nuansa alam asri di sekitarnya. Pohon menjulang tinggi, tebing karang dan bebatuan besar di sekitar sungai semakin melengkapi pemandangan tersebut.

Para pengunjung yang datang biasanya akan mengabadikan foto-foto di sekitar bebatuan besar di lokasi wisata. Untuk memberikan pengalaman lebih nyata kepada para pengunjung, pihak pengelola telah menyediakan tempat sewa perahu agar bisa menyusuri sungai.

11. Puncak Mahligai Indah

puncak mahligai indah
Foto : https://www.instagram.com/irwanmuhammad70/

Salah satu puncak bukit yang direkomendasikan dikunjungi ketika berada di Kampar Riau adalah Puncak Mahligai indah. Dari tempat ini Anda bisa melihat indahnya gugusan pulau.

Sebagai tempat wisata murah di Kampar, Anda juga bisa mengabadikan foto instagramable. Di puncak bukit, Anda bisa menemukan rumah pohon yang bisa dijadikan tempat bersantai sembari membaca buku.

Hembusan angin ketika berada di atas akan menghadirkan suasana yang syahdu dan cocok untuk menenangkan pikiran. Bagi Anda yang kesehariannya berada di kawasan perkotaan, maka tempat ini cocok untuk melepas penat.

Ketika sampai di puncak bukit, Anda juga bisa menyaksikan pemandangan berupa Bendungan PLTA. Penemuan ini tampak cukup menarik dari atas ketinggian sehingga menjadi salah satu yang bisa Anda abadikan momennya.

Tempat wisata ini berada di Pulau Gadang Tanjung Alai Kampar Riau. Biaya tiket masuknya sekitar Rp.10.000 namun harga ini bisa berubah sewaktu-waktu sehingga Anda disarankan untuk mengeceknya.

12. Hutan Pinus Kampar

hutan pinus kampar
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/110566486486109435361

Sesuai dengan namanya, tempat ini berupa hutan pinus yang selalu ramai oleh kunjungan wisatawan. Para pengunjung yang datang tidak hanya berasal dari dalam kota saja tetapi juga masyarakat luar daerah.

Berdasarkan informasi, dulunya hutan ini tidak terawat dan dipenuhi banyak semak belukar serta sampah. Kelompok sadar wisata bernama Pokdarwis lah yang kemudian berinisiatif untuk mengembangkan tempat ini menjadi destinasi wisata alam Kampar.

Pokdarwis sendiri merupakan kelompok yang terdiri atas anak muda kreatif. Yang punya inisiatif untuk mengembangkan hutan pinus ini menjadi lebih bermakna. Sekarang banyak pecinta alam yang datang berkunjung.

Di tempat wisata ini juga sudah disediakan camping ground untuk wisatawan yang ingin merasakan kehidupan alam bebas. Tidak hanya itu, terdapat fasilitas lainnya seperti hammock, kursi panjang, ayunan dan sebagainya. Fasilitas-fasilitas ini memberikan kenyamanan bagi para pengunjung sehingga betah berlama-lama.

Di sini jugaa bisa ditemukan ragam spot foto instagramable untuk menghasilkan foto ciamik bersama keluarga maupun teman. Hutan pinus Kampar ini berada di Langgini.

Tiket masuknya juga gratis sehingga Anda tidak perlu khawatir harus merogoh kocek yang dalam ketika berwisata ke tempat ini. Meski demikian, Anda bisa mengupdate informasi terbaru mengenai harga tiket masuk ini.

13. Rumah Lontiok

Rumah Lontiok
Foto : https://www.instagram.com/rizkandri/

Tempat wisata bernama Rumah Lontiok ini merupakan destinasi yang recommended untuk Anda yang ingin merasakan suasana liburan berbeda. Bukan hanya wisata alam yang banyak di Kampar, tetapi juga wisata budaya seperti tempat ini.

Kawasan Rumah Lontiok ini juga sering disebut sebagai Rumah Pencalang yang berlokasi di Kuok, Kampar Riau. Sisi keunikan dari tempat ini membuatnya diakui sebagai warisan budaya tak benda tingkat nasional.

Rumah ini mendapatkan nilai tinggi dari berbagai aspek seperti budaya, seni dan juga adat istiadat. Rumah ini memiliki bentuk unik sehingga menjadi daya tarik sendiri bagi pengunjung.

Jika dilihat dari sisi depan, terdapat arsitektur khas Kampar. Dimana pada bagian atap berbentuk lengkungan mengarah ke atas yang bentuknya sedikit lentik dan juga runcing. Bentuk ini melambangkan penghormatan manusia kepada Tuhan.

Sementara itu, pada bagian kaki dindingnya berbentuk perahu. Pada bagian tangga terdapat 5 anak tangga yang melambangkan rukun Islam.

14. Air Terjun Panisan

Air Terjun Panisan
Foto : https://www.instagram.com/asihksh307_/

Bagi Anda yang menyukai destinasi wisata berupa air terjun, maka tempat ini bisa menjadi salah satu destinasi kunjungan. Ketika anda tengah berada di Kampar Riau. Air terjun ini bisa Anda temukan di Tanjung, Kampar Hulu, Riau.

Bila anda berasal dari arah Pekanbaru, maka akan menempuh perjalanan sekitar 3 jam untuk mencapai 123 km. Meski demikian, tidak perlu khawatir karena kondisi jalan sudah diaspal sehingga jalur darat yang dilalui tidak begitu lama.

Air terjun ini mempunyai ketinggian aliran sekitar kurang lebih 50 meter dengan debit yang cukup besar. Apabila musim hujan, aliran air bisa menjadi lebih tinggi dan debitnya pun demikian.

Sebagaimana air terjun pada umumnya, disini juga terdapat kolam di bagian bawah dengan kedalaman kurang lebih 1 meter. Dengan kedalaman ini maka bisa dikatakan cukup aman untuk digunakan berenang dan berendam.

Para pengunjung yang tidak ingin berenang bisa memilih untuk merendam kaki. Dan menikmati semilir angin serta suasana asri dari rimbunnya pepohonan. Selain itu tentu saja Anda bisa memilih untuk mengabadikan kenang-kenangan dengan berfoto berlatarkan Air Terjun Panisan ini.

15. Ulu Kasok

ulu kasok
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/111589619800751485009

Tempat bernama Ulu Kasok ini menawarkan pemandangan alam indah di Kawasan Pulau Gadang Tanjung Alai, Kampar Riau. Tempat wisata ini juga terbilang cukup populer sehingga Anda pun bisa mencobanya.

Menawarkan Pesona dari berbagai objek alam yang indah seperti air terjun Puncak dan juga pulau. Tempat ini juga sudah dikelola secara profesional yang terlihat dari bangunan jembatan kayu yang mengitari sebagai penghubung.

Bahkan tidak sedikit pula pengunjung yang memberi julukan Raja Ampat kepada tempat ini karena keindahannya. Pihak pengelola juga sudah menyediakan tempat penyewaan speedboat bagi Anda yang ingin mengelilingi pulau.

Meskipun bukan wisata Kampar terbaru, tempat wisata di Kampar terkenal satu ini punya tempat di hati para wisatawan.

Adapun harga tiket masuk ke lokasi wisata senilai Rp5.000. Harga ini bisa berubah sewaktu-waktu sehingga Anda disarankan untuk melakukan pengecekan kembali ketika akan berkunjung.

16. Taman Agro Nadin

taman wisata agronadin
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/107454729281337021580

Tempat wisata Taman Agro Nadin ini adalah salah satu objek wisata di Kampar Riau yang menggabungkan konsep buatan dan alam. Nuansa alami dipenuhi dengan hiasan cantik layaknya sebuah taman.

Tempat wisata di Kampar ini juga tidak terlalu jauh dari pusat Kota Pekanbaru. Yakni sekitar 34 km sehingga tempat ini semakin banyak diminati oleh para wisatawan.

Indahnya Kampar Riau beserta dengan hiasan cantik buatan seperti rumah terbalik di sini akan menampilkan kesan tersendiri bagi para pengunjung. Selain bentuk rumah terbalik, terdapat juga bentuk rumah kurcaci dan rumah barbie yang bisa ditemukan.

Tidak heran jika tempat ini menjadi salah ini incaram para anak muda saat liburan. Tempat ini juga bisa dijadikan lokasi berswafoto maupun berselfie.

Di sini juga terdapat berbagai wahana menarik lainnya yang akan menambah keseruan aktivitas liburan. Berbagai wahana yang dimaksud seperti waterboom dan berbagai permainan air lainnya.

Di tempat ini Anda juga bisa menjajal aktivitas berkuda yang menawarkan keseruan. Tempat ini berada di Kuapan, Tambang, Kampar Riau.

Harga tiket masuk ke destinasi wisata ini adalah Rp.10.000, harga bisa berubah sewaktu-waktu. Anda bisa menjadikan ini sebagai tempat piknik di Kampar bangkinang.

17. Puncak Pukatan

Puncak Pukatan
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/106998009642297346771

Tempat wisata Puncak Pukatan ini juga recommended dikunjungi saat melakukan perjalanan wisata. Tempat ini menjadi salah satu dari sekian banyak destinasi wisata bukit di Kampar, Riau.

Agar bisa sampai ke Puncak Pukatan, pengunjung memang harus melalui perjalanan yang cukup menantang. Dengan kata lain, butuh perjuangan untuk bisa menyaksikan pesona yang dihadirkan ketika sudah sampai di puncak bukit.

Apabila sudah sampai di Puncak Pukatan, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang hijau menyejukkan. Pemandangan yang tersaji akan memperlihatkan seluruh lembah ditutupi oleh pepohonan yang membuatnya bak permadani alam.

Di tempat ini, pengunjung juga bisa menemukan gardu pandang untuk bisa melihat area sekitar. Selain itu Anda juga bisa menggunakan gardu pandang ini untuk beristirahat sambil menikmati keindahan alam yang tersaji.

Semilir angin sepoi-sepoi akan semakin melengkapi suasana liburan di Puncak Pukatan. Tempat ini berlokasi di Jalan Bangkinang Payakumbuh, Batu Bersurat, Kampar Riau.

18. Stanum Bangkinang

Stanum Bangkinang
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/111635339680640830109

Menurut informasi, objek wisata bernama Stanum Bangkinang ini pernah berjaya pada 1990 an. Namun, seiring berjalannya waktu, pengunjung yang datang terus berkurang dan pada akhirnya tempatnya menjadi kurang terurus.

Namun pada saat ini, Stanum Bangkinang kembali naik daun. Banyak wisatawan lokal dan juga mancanegara datang berkunjung ke sini. Pihak pengelola pun akhirnya merenovasi bangunan-bangunan tua dan merubahnya menjadi bangunan kekinian nan indah.

Pengunjung bisa menikmati berbagai fasilitas. Seperti kolam renang aneka ukuran (untuk dewasa dan anak-anak), wisata Bungalow, kafe dan resto serta taman bermain skateboard. Lokasi destinasi wisata di Kampar ini ada di Langini, Kampar, Riau.

Anda yang datang ke sini bisa mengabadikan foto untuk menghasilkan liburan penuh kesan. Ada banyak angle foto menarik yang bisa diambil selama berwisata di lokasi ini.

Adapun biaya masuk ke tempat wisata ini senilai Rp.20.000. Harga ini bisa berubah sewaktu-waktu sehingga Anda disarankan untuk melakukan pengecekan apabila ingin berkunjung.

19. Waduk Koto Panjang

Waduk Koto Panjang
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/110277774344103673568

Tempat wisata satu ini merupakan sebuah waduk bernama Koto Panjang. Waduk ini sendiri merupakan sumber air yang menggerakkan turbin PLTA Kampar.

Daya dari turbin ini sekitar 3 x 38 megawatt. Waduk ini sendiri dibangun pada 1993 hasil kerjasama Indonesia bersama Jepang.

Di waduk ini juga terdapat ikan air tawar sehingga banyak masyarakat yang memancing di sini. Kondisi alam Waduk Koto Panjang juga sangat menawan dengan adanya pulau-pulau kecil di sekitar.

Airnya tampak hijau kebiruan sehingga menambah nuansa keindahan yang dihadirkan. Adanya potensi keindahan dari waduk inilah yang akhirnya membuat masyarakat sepakat menjadikannya sebagai destinasi wisata alam.

Hal tersebut akhirnya membuahkan hasil karena jumlah pengunjung yang datang pun bertambah. Lokasi wisata berada di Jalan Pekanbaru, Tanjung Alai, Kampar, Riau.

20. Jembatan Water Front City Bangkinang

Jembatan Water Front City Bangkinang
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/117712115244565396998

Objek wisata Kampar, Riau satu ini juga sayang dilewatkan. Jembatan Water Front City Bangkinang mempunyai arsitektur nan indah serta kondisi alam sekitar yang mampu menarik pengunjung untuk datang.

Posisinya menjorok sampai 100 meter. Jembatan ini sebenarnya tidak dibangun untuk tujuan wisata, melainkan jalan umum yang menghubungkan dua wilayah.

Namun, karena keindahannya, banyak pengunjung yang datang. Biasanya pengunjung akan mengabadikan foto selama berada di Jemabatan Water Front City Bangkinang ini.

Pada saat malam hari, tampilan jembatan ini semakin indah karena dihiasi lampu-lampu. Oleh karenanya, Anda yang sedang mencari wisata Kampar waktu malam hari, tempat ini recommended untuk dikunjungi.

Lokasi jembatan ini ada di Pulau Lawas, Bangkinang Seberang, Kampar, Riau. Anda bisa menggunakan bantuan Google Maps apabila masih belum tahu persis lokasinya.

21. Air Terjun Batu Dinding

air terjun batu dinding
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/107142640190496866136

Air Terjun Batu Dinding ini berjarak sekitar 80 km dari Tj. Belit. Tempatnya berada di kawasan hutan lebat dengan suasana asri yang masih terasa.

Anda yang ingin rehat sejenak dari aktivitas pekerjaan, bisa mencoba berkunjung ke tempat liburan di Kampar ini. Sesuai namanya, Anda bisa menemukan aliran air terjung pada sebua batu tebing datar layaknya batu dinding.

Pemandangan demikian terbilang sangat jarang terjadi. Anda yang melihatnya di sini tentu punya pilihan untuk mengabadikannya sebagai bagian dari momen liburan.

Pada bagian bawah, Anda akan menemukan adanya kolam yang bisa digunakan berenang dan berendam. Tidak hanya itu, di sini juga ada bebatuan besar yang bisa Anda jadikan tempat bersantai.

22. Candi Muara Takus

candi muara takus
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/116791587594511744270

Bagi Anda yang tertarik mengunjungi tempat wisata sejarah, tempat ini bisa jadi salah satunya. Candi Muara Takus ini memang bisa ditemukan di beberapa tempat pada Provinsi berbeda.

Salah satunya adalah di Kampar, Riau. Saat datang ke obyek wisata Kampar ini, Anda akan melihat bangunan tembok kokoh. Lokasi Candi Muara Takus ii ada di XIII Koto, Kampar, Riau.

Demikian informasi mengenai tempat wisata di Kampar. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

18 − two =