Tempat Wisata di Ungaran. Ungaran, sebagai ibu kota Kabupaten Semarang ini memiliki udara yang sangat sejuk. Ungaran sendiri memiliki julukan unik yakni Kota Seribu Rumah Makan. Daerah yang berprovinsi di Jawa Tengah ini memiliki dua kecamatan, yaitu Ungaran Timur dan Barat. Di daerah ini terdapat banyak sekali destinasi wisata. Apa saja tempat wisata di Ungaran?

Ada banyak sekali tempat wisata Ungaran yang harus Anda kunjungi jika bepergian ke daerah ini. Destinasi wisata yang ada di Ungaran ini sangat menarik dan mengagumkan untuk dikunjungi.

Destinasi yang ada di daerah ini banyak sekali, dimulai dari wisata alam Ungaran, sejarah, tempat rekreasi. Hingga wahana kolam renang dengan mata air alami, semuanya ada di Ungaran. Mau tahu lebih lanjut apa saja tempat wisata hits yang ada di Ungaran ini? Check this out!

1. Bukit Cinta Ungaran

bukit cinta ungaran
foto dari @gathcil

Namanya saja Bukit Cinta, wajar saja jika tempat wisata di Ungaran ini menjadi favorit anak muda. Bukit Cinta ini lebih tepatnya ada di daerah Rawa Pening.

Kebanyakan pengunjung pengunjung yang datang ke tempat ini membawa pasangannya masing-masing. Untuk diajak menyaksikan pemandangan Rawa Pening dari atas Bukit Cinta.

Untuk harga tiket masuk ke Bukit Cinta Ungaran berkisar mulai dari Rp 6.000 per orang. Ketika Anda pertama kali memasuki objek wisata ini, Anda akan disambut pohon-pohon pinus yang berdiri di sekitar taman.

Di tempat wisata ini juga difasilitasi dengan adanya kursi yang ada di taman, wahana bermain, dan perahu motor. Perahu motor ini bisa Anda sewa jika ingin menikmati pemandangan Rawa Pening hingga ke tengah danau.

Bukit Cinta ini berlokasi di Desa Kebondowo, Banyubiru, Semarang, Jawa Tengah

2. Wisata Ungaran Sidomukti

wisata ungaran umbul sidomukti
image via Dolanmu.com

Jika Anda ingin berenang di kolam renang dengan mata air alami di mana memiliki pemandangan sekelilingnya yang indah, Sidomukti jawabannya. Umbul Sidomukti ini adalah sebuah kolam renang dengan alam terbuka diiringi pemandangan hijau berupa perbukitan di sekelilingnya.

Jika Anda sedang ke Ungaran, maka Umbul Sidomukti ini wajib Anda catat sebagai destinasi wisata utama Anda. Lokasi objek wisata ini terbilang sangat unik karena Anda akan diajak berenang di kolam yang berada di atas bukit.

Banyak sekali pengunjung yang datang ke tempat ini untuk bisa merasakan sensasi berbeda. Dengan berenang di atas perbukitan dengan diliputi segarnya mata air yang ada di kolam ini .

Bukan hanya terdapat kolam renang saja, namun tempat wisata ini juga dilengkapi dengan berbagai wahana-wahana yang menyenangkan. Seperti ATV, flying fox dan juga wahana ekstrem lainnya yang pastinya menyenangkan.

Umbul sidomukti ini berlokasi di desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Umbul Sidomukti ini termasuk wisata Ungaran murah. Sebab dengan hanya membayar tarif masuk sebesar Rp.5000 Anda sudah bisa berenang di kolam alami yang berada disini

3. Wisata Watu Gunung Ungaran

tempat wisata ungaran
foto dari @rannnty

Selanjutnya ada Watu Gunung, sebuah danau yang disekelilingi dengan pemandangan yang sangat indah di sekelilingnya. Walaupun Watu Gunung adalah danau buatan tetapi pemandangan yang indah di tempat ini tetap saja menarik perhatian wisatawan untuk berkunjung.

Bukan hanya danaunya yang indah, rumah-rumah yang berada di pinggiran danau dan terbuat dari kayu. Sedikit banyak menambah unsur natural yang ada. Wisatawan yang datang ke tempat wisata ini akan merasakan sensasi kesejukan yang berbeda.

Anda bisa menikmati sejuknya udara dengan cara duduk-duduk di pinggiran danau. Sambil menyaksikan pemandangan Gunung Ungaran Semarang yang juga bisa terlihat dari objek wisata ini. Danau Watu Gunung ini bisa juga digunakan untuk arena memancing.

Atau bagi Anda yang suka memotret, tempat wisata ini juga bisa menjadi spot untuk foto-foto. Untuk bisa masuk ke tempat wisata alam ini Anda hanya perlu membeli tiket sebesar Rp.5000. Anda bisa menemukan tempat wisata ini di Lerep, Ungaran Barat, Semarang, Jawa Tengah.

Kala anda tengah dilanda pikiran yang terlalu menumpuk, maka rilekasasi diri sejenak disini. Suasana alam pedesaaan yang kental seolah akan mengusir semua kepenatan dalam diri anda.

4. Candi Gedong Songo

obyek wisata di ungaran
foto dari @ayariyaya

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa Ungaran bukan hanya memiliki objek wisata alam yang indah. Tetapi ada juga objek wisata sejarah yang berada di ibu kota Semarang ini.

Wisata ini adalah Candi Gedong Songo. Sesuai dengan namanya, dalam bahasa Jawa, songo artinya sembilan. Maka, di tempat ini Anda akan menjumpai 9 candi.

Meskipun candi ini sudah tidak lagi utuh sembilan, namun pemandangan di sekeliling tempat wisata ini sangat menyejukkan. Terlebih dari tempat ini Anda bisa melihat lereng Gunung Ungaran yang berdiri kokoh.

Candi Gedong Songo ini berada di Dusun Darum, Desa Candi, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah. Gedong Songo ini adalah satu wisata Ungaran Bandungan yang ramai pengunjung.

Tak seperti wisata candi kebanyakan khsusnya di Jawa Tengah, suasana disini begitu sejuk. Mengingat candi ini berada di kawasan pegunungan sehingga nuansanya begitu menyegarkan.

Tiket masuk Candi Gedong Songo saat ini hanya sebesar 15.000 rupiah per orangnya. Cukup murah bukan, mengingat disini anda bakal mendapatkan segudang daya tarik memikatnya.

5. Wisata Curug Lawe

wisata alam ungaran
imade via blogspot.com

Curug Lawe adalah wisata air terjun yang berada di kawasan gunung Ungaran. Rute air terjun curug lawe ini sama dengan air terjun Curug Benowo. Jadi jika Anda ingin berwisata ke tempat ini sekali jalan Anda bisa mengunjungi dua air terjun sekaligus.

Panorama dan pemandangan di Curug Lawe sangat indah, dijamin Anda tidak akan menyesal ketika berlibur ke tempat ini. Air terjun ini dikelilingi pepohonan yang membuat suasana semakin sejuk.

Rasakan sensasi adrenalin yang memacu Anda ketika berjuang untuk menuju ke air terjun ini. Sebab ketika menuju air terjun ini Anda akan menemui jalanan berbatu dan melewati aliran air sungai. Semua itu akan memberikan pengalaman menarik yang mungkin saja tidak akan terlupakan.

Apalagi untuk dapat bisa mengisi waktu libur di Curug Ungaran hits ini, tak memerlukan banyak biaya. Saat ini tarif tiket masuk Curug Lawe Ungaran adalah Rp8.000 per orang belum dengan parkir kendaraan.

Untuk parkir kendaraan di area wisata air terjun Curug Lawe sendiri hanya Rp3.000 bagi sepeda motor. Yang pasti, curug menawan ini masuk dalam deretan wisata Semarang low budget yang patut ditelusuri.

Anda musti mengetahui jam wisata yang berlaku pada Curug Lawe Ungaran. Curug Lawe buka setiap hari dari Rabu hingga Selasa pada jam 8 pagi sampai dengan 4 sore.

Kami sarankan agar anda datang lebih awal, sebab dalam beberapa kesempatan, saat jam setengah 4 loket masuk sudah tutup. Maka dari itu, jangan datang terlalu sore, bisa sedari pagi untuk dapatkan hal-hal menarik secara lebih puas.

6. Bukit Lerep Indah

wisata keluarga di ungaran
image via blogspot.com

Bukit Lerep Indah adalah tempat wisata yang menawarkan para pengunjungnya sebuah kolam renang yang airnya bersumber dari pegunungan Ungaran. Jadi air dari kolam ini merupakan air yang masih asli dan jernih dan tentunya akan membuat Anda nyaman.

Air sumber ini akan memanjakan tubuh Anda sebab kemurnian air ini yang begitu sejuk. Kesejukan air inilah yang menjadi daya tarik tersendiri di tempat wisata ini. Sehingga tidak heran jika banyak para wisatawan berkunjung ke Bukit Lerep Indah.

Atau biasa juga dikenal dengan nama Kolam Renang Bukit Lerep Indah yang mempesona dan memanjakan mata. Berenang tentu menjadi aktivitas utama yang kerap wisatawan lakukan disini besama orang-orang tercinta.

Bukit Lerep Indah Ungaran cocok anda jadikan tujuan rekreasi bersama si kecil dan keluarga. Alam sekitar yang sejuk bakal membuat momen bahagia anda kali ini terasa lebih istimewa dan sulit terlupa.

Disamping itu, tiket masuk Bukit Lerep Indah ini sangatlah terjangkau dan ramah dikantong wisatawan. Semua kalangan dan juga usia, mulai anak-anak sampai orang dewasa bisa main sampai puas disini.

Lokasi Bukit Lerep Indah berada di Desa Lerep, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah. Dari pusat kota Ungaran, jarak untuk ke kolam renang Bukit Lerep hanya sekitar 4 km dengan waktu tempuh 12 menit.

7.  Air Terjun Semirang

wisata terbaru ungaran
image via wisataterbaru.com

Air terjun Semirang atau yang biasa dikenal dengan Curug Semirang ini merupakan salah satu tempat wisata alam di kabupaten Semarang. Terletak di lereng Gunung Ungaran bagian utara dengan memiliki ketinggian terjunan air setnggi 45 meter.

Wisata air terjun di Semarang, Jawa Tengah ini dikelola oleh Perum Perhutani dan memiliki lahan seluas 10 Ha. Lebih tepatnya Curug Semirang ini berada di Dusun Gintungan, Desa Gogik, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang.

Jadi bagi Anda yang menginginkan tempat liburan di Semarang dengan suasana hawa sejuk pegunungan. Diiringi pemandangan yang indah, Wisata Air Terjun Semirang merupakan tempat yang cocok. Untuk mengisi suasana liburan bersama keluarga maupun sahabat-sahabat terdekat Anda.

Berlibur di curug Ungaran hits ini anda tak perlu keluar banyak biaya, sebab tiket masuknya murah meriah. Harga tiket masuk Curug Semirang hanya 10.000 rupiah per orangnya.

8. Kopi Banaran

Nah, selain ketujuh tempat wisata yang murah dan hits di Ungaran ini, masih ada banyak lagi tempat-tempat yang belum dsebutkan. Terlebih ada wisata Ungaran terbaru yang tidak kalah bagusnya untuk dikunjungi.

Salah satunya adalah Kampoeng Kopi Banaran. Jika Anda bergerak sejauh 35 km dari kota Semarang menuju Ungaran Anda dapat menemukan kampung kopi Banaran yang sangat sejuk.

wisata ungaran dan sekitarnya

Tempat yang sejuk ini sangat cocok bagi Anda para pecinta kopi. Di sini Anda bisa menemukan menemukan berbagai jenis kopi. Selain menambah wawasan Anda mengenai berbagai jenis kopi, Anda juga dapat langsung menikmati kopi pilihan Anda. Terlebih kampung kopi ini tata letak tempatnya dibuat agar Anda merasa nyaman dan sejuk saat berada di tempat ini.

Wah, setelah membahas segala destinasi wisata alam dan sejarah yang ada di Ungaran ini. Rasanya belum cocok jika Anda belum berwisata kuliner di Ungaran. Ternyata selain kaya akan objek wisata alam, Ungaran ini juga kaya akan wisata kuliner yang patut Anda coba. Mau tahu 4 wisata kuliner yang terkenal di Ungaran ini? Simak ulasannya di bawah ini.

9. Gunung Ungaran

gunung ungaran
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/105288553618013054524

Destinasi wisata di Ungaran selanjutnya tentu cocok untuk anda pecinta alam dan suka naik mendaki. Gunung Ungaran tinggi 2050 mdpl dapat anda jadikan sebagai tujuan mengisi waktu libur selanjutnya.

Jika dilihat sebenarnya Gunung berapi ini tidak terlalu tinggi, jadi siapapun bisa naik. Untuk anda para pendaki pemula pun jangan khawatir, karena ketinggian gunung ini tak akan menguras tenaga terlaluu banyak.

Lalu apa saja yang dapat dilakukan di Gunung Ungaran Semarang? Disini para pendakin bisa berkemah dan pastinya menikmati aneka keindahan alam yang melimpah.

Anda bisa kapan saja naik ke Gunung Semarang hits ini karena selalu tersedia selama 24 jam penuh. Akan tetapi, sangat tidak disarankan kegiatan naik gunung dilakukan pada saat musim hujan.

Sebaiknya rencanakan muncak disini pada saat musim panas, agar semuanya terasa lebih maksmal. Untuk sampai ke puncak Gunung Ungaran, awal perjalanan anda bisa dimulai melalui tiga titik basecamp.

Pertama adalah melalui area Candi Gedong Songo. Sedangkan yang kedua adalah lewat jalur Jimbaran / Sidomukti (kebun kopi). Dan jalur yang ketiga atau terakhir yaknni via Medini / Promasan (Kebun teh).

10. Kolam Renang Tirto Argo Siwarak

kolam renang tirto argo siwarak
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/111030711601036560393

Merupakan salah satu taman rekreasi air yang cukup populer di wilayah Ungaran Semarang. Tirto Argo Siwarak akan membuat momen liburan anda kali ini terasa lebih menyenangkan.

Sebab kolam renang Ungaran satu ini menyuguhkan beberapa wahana pendukung yang dapat anda coba keseruannya. Jangan lewatkan wisata Kolam renang ini saat anda benar-benar berada di wilayah Ungaran Semarang.

Kolam Renang Tirto Argo Siwarak bisa anda kunjungi kapanpun, kecuali pada saat tutup ya. Pada saat tulisan ini dimuat, Kolam Renang Tirto Argo buka 5 hari dalam satu minggu.

Khusus hari Selasa dan juga Rabu, kolam renang ini tutup, karena kolamnya sedang dikuras. Diluar hari libur tersebut, kolam renang Tirto Argo Siwarak Ungaran beroperasi pada pukul 07.00 – 16.00 WIB.

Kami sarankan untuk anda datang lebih awal supaya bisa mencoba semua keseruan dan dapatkan pengalaman maksimal. Perhatikan juga kondisi cuaca dihari pada saat anda akan datang kesini.

Oh iya untuk lokasi Kolam Renang Tirto Argo Siwarak cukup strategis. Berada di Desa Nyatnyono, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah.

11. Curug Benowo

curug benowo
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/115434644156788627211

Curug Benowo masuk dalam deretan wisata alam Ungaran yang bisa anda jelajahi beragam keindahannya. Seperti curug pada umumnya, wisata Benowo menyuguhkan panorama air terjun yang memikat dan sayang bila dilewatkan.

Ketika anda tengah berlibur ke Ungaran Semarang, maka destinasi menawan satu ini patut dikunjungi. Lokasi berdekatan dengan Curug Lawe, sehingga anda dapat menelusuri kedua destinasi ini dengan mudah.

Meski nama Curug Benowo Ungaran belum seterkenal tetangganya yakni Lawe namun sudah banyak yang datang kesini. Daya tarik Curug setinggi 40 meter ini bakal memanjakan para pengunjung dengan pesona yang tiada tara.

Derasnya air terjun dengan suara gemuruhnya seakan menjadi backsound utama yang akan menemani semua aktivitas. Rasakan kealamian Curug Benowo Semarang yang mampu membuang semua kepenatan dalam diri anda.

Menariknya tiket masuk Curug Benowo sangatlah murah meriah dan pastinya ramah dikantong. Sehingga tak memerlukan banyak biaya tuk bisa berwisata bahagia bersama orang tercinta disini.

Untuk letak persisnya, alamat Curug Benowo berada di Desa Kalisidi, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah. Dari pusat kota Ungaran Barat jarak yang musti ditempuh untuk kesini kira-kira sekitar 10 km.

12. Wana Wisata Penggaron

wana wisata penggaron
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/101583723322147115587

Dari namanya saja kita sudah bisa menebak apa yang bakal disuguhkan oleh wisata Semarang Jawa Tengah satu ini. Alam yang asri dengan pemandangan serba hjau menjadi suguhan utama dari wisata Penggaron.

Wana Wisata Penggaron bisa jadi alternatif anda yang ingin menenangkan diri sejenak dari hiruk pikuk perkotaan. Disini hanya ada kesejukan berkat banyaknya pepohonan rimbun yang mendominasi seluruh areanya.

Kala anda tengah dilanda banyak pikiran atau pusing maka cobalah datang dan nikmati alam Penggaron Ungaran. Beragam aktivitas seru dapat anda lakukan disini, seperti camping, outbound, tracking, motor cross dan lain-lain.

Meski berbasis di alam terbuka namun soal sarana pendukung tentu cukup memadai. Jadi anda tak perlu khawatir apabila ingin ke kamar mandi atau bersantap dalam rangka mengisi waktu disini.

Lokasi Wana Wisatas Penggaron berada di Desa Susukan, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah. Dari pusat kota Ungaran Timur, jarak untuk sampai ke wisata Penggaron kurang lebih sejauh 4,8 km.

Jarak yang terbilang dekat mengingat waktu tempuh perjalanannya hanya sekitar 10 menit. Namanya wisata alam, kami sarankan agar anda datang kesini ketika cuaca mendukung, hari cerah dan tidak hujan.

13. Brown Canyon

brown canyon
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/100991271391548775854

Ini merupakan salah satu wisata Semarang hits yang seakan tak pernah sepi dari kunjungan pengunjung. Sejatinya. Brown Canyon sendiri merupakan sebuah kawasan bekas penambangan tanah di areaTembalang, Semarang.

Karena landscape alamnya dianggap mirip dengan Grand Canyon di Amerika Serikat jadi nama pada destinasi inipun demikian. Wisata Brown Canyon bakal memberikan anda pengalaman mengesankan dengan sejumlah daya tariknya.

Tak perlu jauh-jauh pergi ke Amerika untuk menyaksikan ke eksotisan area bekas tambah ini. Cukup datang ke Semarang dan anda bisa melihat bukit-bukit yang kemudian berubah menjadi tebing-tebing curam.

Sisa-sisa tanah menjulang tinggi beserta guratan-guratan bekas alat berat menambah keindahn Brown Canyon Semarang. Lalu apakah membutuhkan banyak biaya untuk dapat mengisi waktu libur disini?

Maka jawabannya adalah tidak, sebab Tiket masuk brown Canyon itu gratis untuk semua pengunjung. Karena seperti telah disebutkan sebelumnya kalau kawasasn ini merupakan area pertambangan bukan tempat wisata.

Namun karena pesona yang ditawarkan sangat anti mainstream sehingga membuat banyak orang datang kesini. Mereka yang berkunjung ke Brown Canyon Jawa Tengah tentu saja ingin berfoto-foto ria.

Lokasi Brown Canyon berada di Desa Rowosari, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah. Abadikan momen liburan anda disini dengan melihat sudut-sudut menarik serta pengambilan gambar yang bagus tuk hasilkan foto instagenic.

14. Kampung Seni Lerep

desa wisata lerep
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/108717344445081623454

Guna mendapatkan pengalaman berwisata yang istimewa cobalah datang ke destinasi apik berikut ini. Namanya Kampung Seni Lerep, yang merupakan salah satu pesona Ungaran Semarang tuk anda explore semua keseruannya.

Keberadaan kampung seni paling ikonik di Ungaran Semarang ini berada pada ketinggian 400 meter diatas permukaan laut. Hal tersebut membuat suasana Kampung Seni Lerep Ungaran memiliki hawa yang sejuk dan bikin betah.

Anda bisa jalan-jalan menelusuri setiap sudut dan menyaksikan secara lebih dekat beragam kesenian yang ada. Seperti misalnya pertunjukan Joglo Indrakila, Griya Gladi, Teater Terbuka dan masih banyak lagi.

Berbagai kesenian bisa anda nikmati dalam rangka mengisi waktu libur di Kampung Seni Lerep Ungaran. Catat alamat lengkap Kampung Seni yang fenomenal ini sebelum mengunjunginya.

Lokasi Kampung Seni Lerep berada di Desa Lerep, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah. Jika dari pusat kota Semarang, jarak untuk ke Desa Wisata Seni ini jaraknya sejauh 25 km kira-kira.

Namun jika dari pusat Ungaran Barat maka jaraknya hanya sekitar 3 km dengan waktu tempuh selama 8 menit. Apabila bingung dengan jalannya, anda bisa mengakses peta di Google Maps dengan kata kunci “Desa Wisata Lerep”.

Wisata Kuliner di Ungaran

Selama explore wisata Ungaran yang telah disebutkan diatas, jangan lewatkan aktivitas bersantap. Untuk mencicipi beberapa rekomendasi wisata kuliner di Ungaran Semarang berikut ini.

1. Sate Sapi Pak Kempleng

Warung sate sapi ini sangat terkenal di Ungaran. Warung ini menyediakan 6 jenis sate yaitu sate daging, usus, ginjal, babat, paru dan lemak sapi. Ada keistimewaan tersendiri yang membedakan warung sate Pak Kempleng dengan warung sate sapi lainnya.

wisata kuliner ungaran
image via Pengenliburan.com

Sate sapi pak Kempleng ini memiliki tekstur yang lembut dan kenyal. Sate di warung ini dibakar hingga lunak dengan tujuan untuk mengurangi kolestrol. Selain itu sate sapi Pak Kempleng ini memiliki rasa manis, karena bumbunya dicampur dengan gula aren. Jadi jika Anda ingin mencicipi lezatnya sate sapi ini, Anda bisa mengunjungi warung yang terletak di Jl. Diponegoro 265 Ungaran, Semarang.

2. Tahu Bakso Bu Pudji

Ungaran juga mempunyai makanan khas bernama tahu bakso. Tahu bakso yang terkenal adalah milik Bu Pudji.

makanan khas ungaran
image via blogspot.com

Tahu bakso ini memiliki keistimewaan, yakni rasanya yang gurih dan tidak terlalu asin. Anda bisa membeli tahu bakso Bu Pudji sebagai oleh-oleh. Tahu bakso Bu Pudji ini terletak di Jl.Kutilang Raya no. 56 Pasar Ungaran.

3. Restoran Gubug Mang Engking

Tempat ini memiliki keunikan yaitu perpaduan antara tempat makan yang tradisional dan modern. Dari segi tradisional terlihat dari tempatnya yang berbentuk seperti gubug dan bernuansa pedesaan. Adapun corak modern terlihat dari menunya yaitu seafood segar.

kulliner ungaran

Di tempat ini Anda bisa memilih sendiri seafood yang bisa Anda makan nantinya. Selain itu yang membuat unik tempat ini adalah terdapat fasilitas play ground dan terdapat kandang yang berisi sepasang macan benggala. Restoran ini berada di Jl.Diponegoro no 249 Ungaran.

4. Warung Makan Mbak Toen

Jika Anda pecinta pecel, warung makan ini sangat cocok untuk Anda. Di warung ini menyajikan pecel dengan balutan berbagai macam lauk, seperti keong, belut, wader dan masih banyak lainnya.

makanan khas kota ungaran
image via blogspot.com

Itulah yang menjadi menjadi daya tarik warung makan Mbak Toen ini. Jadi jika Anda jika ingin mencoba makan pecel dengan tampilan berbeda maka warung mbak Toen ini sangat disarankan untuk Anda.

Wisata sekitar ungaran:

  1. Brown Canyon, Pesona Grand Canyonnya Semarang
  2. Candi Gedong Songo Peninggalan Sejarah Indah di Semarang
  3. Panduan Tempat Wisata Di Ambarawa Semarang dan Sekitarnya
  4. Daftar Tempat Wisata di Kabupaten Kendal yang Populer

Demikian tadi ulasan singkat dari beberapa tempat wisata di Ungaran Semarang yang harus ada dalam list tujuan liburan anda. Masing-masing destinasi memikat tersebut tentu memiliki daya tarik serta keseruan yang pastinya berkesan tuk semua wisatawan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

16 + 8 =