Grand Canyon adalah sebuah ngarai tebing-terjal yang menjadi salah satu icon di benua amerika. Sedangkan di Indonesia sendiri ternyata memililiki tempat tak kalah indah grand canyon bernama Brown Canyon.

Brown Canyon berada di 2 KM sebelah selatan TVRI Jawa Tengah – Pucang Gading Mranggen, terdapat tebing-tebing tinggi yang sekilas menyerupai Grand Canyon. Tempat ini sedang ngehits diantara mereka yang hobi fotografi. Brown Canyon Semarang sebenarnya merupakan sebuah proyek galian yang sudah berumur 10 tahun lebih. Sebenarnya brown canyon bukanlah tempat wisata melainkan sebuah perbukitan biasa.

Namun karena penambangan material yang dilakukan setiap hari selama bertahun-tahun. Akhirnya berubah wujud seperti layaknya grand canyon yang mempesona di Amerika. Keindahan panoramanya yang cantik membuat brown canyon ini menjadi salah satu obyek wisata terbaik bagi para pecinta fotografi. Tebing-tebing yang menjulang tinggi menjadikan pemandangan yang sangat menarik dan sayang untuk tidak dikunjungi.

Baca Juga : Umbul Sidomukti Bandungan dan Pondok Kopi Semarang

Daftar Isi

Lokasi Brown Canyon

lokasi brown canyon
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/101126451744413555748

Brown Canyon terletak di daerah Rowosari, Meteseh, Tembalang, Semarang. Lokasinya tidak jauh dari lokasi stasiun TVRI Jawa Tengah di Pucang Gading, Mranggen.

Rute Menuju Brown Canyon

rute menuju brown canyon
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/116043994074919316393

Lokasi Brown Canyon Semarang bisa dijangkau dari berbagai arah. Pengunjung bisa melewati pasar Meteseh via Tembalang, Kedungmundu atau RSUD Klipang.

Rute menuju brown canyon dari Semarang timur

Melewati jalan Fatmawati menuju RSUD Kota Semarang (Ketileng), kemudian mengambil arah kiri (arah perum Klipang). Dan menuju lokasi Klipang Golf, setelah sampai Klipang Golf, dilanjutkan dengan melewati jembatan besi. Setelah jembatan besi ketiga (jembatan dengan sungai yang besar) akan ada pertigaan ke arah selatan (belok kanan). Lurus saja kurang lebih 2 KM dan Anda akan melihat keindahan Brown Canyon Semarang.

Baca Juga : 7 Tempat Wisata Di Ambarawa Semarang dan Sekitarnya

Rute menuju brown canyon dari Batang, Kendal dan Simpang Lima

Melewati pertigaan “pasar kambing”, kemudian Mrican, Kedung Mundu, Sambiroto, pertigaan Intan Permai belok kiri (Jl. Elang), kemudian sampai perempatan Pasar Meteseh belok kiri.

Rute Brown Canyon dari arah Solo, Yogya dan Semarang Atas

Bisa melewati Banyumanik, Tembalang, UNDIP dan kemudian menuruni sigar bencah sampai perempatan pasar meteseh, kemudian langsung ambil jalan lurus.

Baca Juga : Tempat Wisata Di Semarang dan Sekitarnya

Tiket Masuk

tiket masuk brown canyon
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/104589390080391737655

Tidak ada tarif masuk resmi untuk masuk di brown canyon ini, namun ada pungli sekitar dua ribu rupiah per orang. Di lokasi ini belum terdapat tempat parkir tidak ada penjual makanan serta fasilitas lainnya.

Persiapkan Menuju Brown Canyon

brown canyon

Brown canyon merupakan tempat panambangan bahan material dan masih aktif maka datanglah pada waktu diluar jam kerja, jika terpaksa harus datang disaat jam kerja maka jangan lupa persiapkan masker atau buff sebagai penutup mulut serta kacamata untuk pelindung mata Anda.

Kondisi jalan menuju brown canyon belum terlalu bagus, berdebu dan masih bergelombang. Maka gunakanlah sepeda motor yang fleksibel atau jika menyukai tantangan Anda bisa menggunakan sepeda onthel. Tidak disarankan menggunakan mobil mewah apalagi mobil dengan full variasi atau mobil ceper.

Daya Tarik Brown Canyon

daya tarik brown canyon
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/114925641446052576823

Panorama semacam ini sepertinya tak mudah anda jumpai di Indonesia. Bisa dibilang kalau wisata Semarang satu ini sangatlah anti mainstream.

Bukit-bukit yang berubah menjadi tebing-tebing curam sangat mirip dengan Grand Canyon di Amerka Serikat. Namun siapa sangka, jika tebing-tebing bekas penambangan ini justru bisa jadi spot foto yang menarik.

Pilar batu yang mempesona menjadi latar belakang utama yang kerap diburu oleh para wisatawan untuk berswafoto. Tak jarang, dalam beberapa kesempatan, banyak yang melalukan foto prewedding disini dan menghasilkan gambar instagenic.

Meski suasana disini cenderung gersang, namun tak menyurutkan niat para wisatawan datang kesini. Tak sedikit pengunjung dari luar daerah Semarang sengaja berlibur kesini untuk melihat lebih dekat keunikan-keunikan yang ada.

Berawal dari kegiatan penambangan biasa yang ternyata menyisakan jejak berupa landscape tebing menakjubkan. Saat anda di Semarang, maka wajib untuk datang ke wisata alam Brown Canyon dan temukan sendiri keseruannya.

Jam Buka

jam buka Brown Canyon
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/103875931546249017532

Karena bukan sebuah tempat wisata yang resmi, sehingga mengenai jam operasional belum diberlakukan. Anda bisa datang kesini kapan saja, karena terbuka untuk umum selama 24 jam penuh.

Meski begitu kami sarankan untuk anda bisa memperkirakan waktu berkunjung dengan memperhatikan hal-hal berikut :

  • Sebaiknya tidak datang pada saat aktivitas penggalian sedang berlangsung.
  • Tidak disarankan datang siang hari, karena terik matahari lumayan menyengat.
  • Jangan datang kesini ketika sedang turun hujan lebat, karena cukup berbahaya.

Dengan begitu, agar kunjungan anda kali dapat berlangsung sebagaimana mestinya, pastikan dengaan baik waktu berkunjungnya ya. Memperhatikan cuaca adalah syarat mutlak demi kelancaran liburan anda disini.

Spot Terbaik di Brown Canyon

spot terbaik di brown canyon
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/118018093419730425058

Aneka panorama alam gersang berupa bebatuan dan pilar-pilar tentu menjadi hidangan utama pada brown canyon. Sejauh mata memandang anda akan menyaksikan tebing-tebing indan nan eksotis cocok sebagai background foto anda.

Berfoto-foto ria adalah aktivitas utama yang biasanya pengunjung lakukan disini. Saat berkunjung bersama teman, sahabat, keluarga maupun pasangan tercinta jangaan lupa untuk berswafoto.

Menjadikan berbagai spot terbaik di Brown Canyon sebagai latar belakang foto maupun video anda. Penting bagi anda untuk sedia atau membawa kamera kemanapun hendak melangsungkan perjalanan wisata.

Atau paling tidak smartphone yang anda miliki, dengan tujuan semua keseruan selama liburan tak akan terlupakan. Dapatkan pengalaman liburan yang mengesankan dengan explore setiap sudut Brown Canyon Semarang.

Tips Berkunjung

tips berkunjung
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/101736325083822282764

Ketika anda merencanakan untuk menghabiskan waktu libur di Brown Canyon Semarang, ada baiknya simak tips dibawah ini. Dengan begitu dari beberapa tips-tips berikut bisa menjadi tambahan informas sekaligus referensi anda dalam berwisata.

  • Perhatikan dengan baik cuaca pada saat hari dimana anda akan datang ke Brown Canyon.
  • Pagi dan sore hari adalah waktu yang kami sarankan untuk mendapatkan suasana Brown Canyon lebih teduh.
  • Jika anda tak ingin merasakan panas serta sengatan matahari, tidak di sarankan datang pada siang hari.
  • Namun bila tetap datang di siang hari juga bukan suatu masalah, asalkan tetap sedia penutup kepala seperti payung atau topi.
  • Bawa minum atau beberapa camilan ringan, karena selama berwisata disini pasti anda akan merasakan haus.
  • Siapkan fisik dan tubuh anda dalam keadaan baik, mengingat untuk menjelajahi Brown Canyon cukup menyita banyak tenaga.
  • Selalu buang sampah pada tempatnya guna ikut serta menjaga keberlangsungan wisata Brown Canyon.
  • Waspada dan selalu hati-hati selama berada disini, karena ini merupakan area penambah bukan sepenuhnya tempat wisata.

Sekian dulu informasi Brown Canyon Semarang dalam sebuah ulasan singkat yang telah anda ikuti dari awal sampai dengan akhir. Tak perlu jauh-jauh pergi ke Negara Paman Sam Amerika untuk melihat pemandangan tebing eksotis Grand Canyon.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

14 − two =