Danau Banaran merupakan salah satu kekayaan alam mengagumkan yang dimiliki oleh Kabupaten Kendal Jawa Tengah. Destinasi indah berbasis alam akan memanjakan setiap pasang mata dengan pemandangannya yang luar biasa.

Hamparan luas danau dengan air yang jernih berwarna kehijauan seperti memberikan pesonanya tersendiri untuk dinikmati. Tak heran, berkat keunikannya ini Danau Banaran Kendal kerap dikunjungi oleh wisatawan untuk sekedar bersantai sembari rekreasi.

Suasana alam yang disuguhkan Danau Banaran Jawa Tengah akan membuat siapapun merasa nyaman dan seperti enggan untuk pulang. Wisata Kendal Jawa Tengah satu ini jangan sampai anda lewatkan ragam panorama alam memikatnya yang tiada duanya.

Harga Tiket Masuk Danau Banaran

harga tiket masuk danau banaran
Foto : https://www.instagram.com/m.nanang_/

Sejatinya tempat ini bukanlah sebuah obyek wisata, melainkan fungsi utamanya yakni untuk menyiran tanaman cengkeh milik PTP Banaran. Namun karena landscape bendungan satu ini sangat mempesona, tak heran jika mampu menarik minat banyak orang untuk berkunjung.

Tak sedikit dari pengunjung yang kemudian menjadikan wisata Kendal satu ini sebagai tempat bersantai atau mengisi waktu luang. Dengan duduk-duduk santai sembari bercengkrama dan juga memancing sepertinya akan menjadi hal yang seru ketika disini.

Apalagi untuk bisa merasakan berbabagi keseruan yang Danau Banaran tawarkan maka anda tak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Harga tiket masuk Danau Banaran sejauh ini hanya sekitar Rp5.000an saja per orangnya, sangat murah bukan?

Dengan biaya yang terjangkau ini anda bisa explore Danau Banaran Kendal sampai puas. Perlu diperhatikan juga bahwa di Danau ini dilarang untuk berenang atau menyelam ya, karena cukup dalam.

Meski begitu anda tetap bisa menikmati banyak pemandangan serba hijau yang akan memanjakan mata dan diri anda. Adapun untuk jam operasional wisata yang berlaku di wisata Danau Banaran, yakni pukul 08.00 – 17.00 WIB dan buka setiap harinya.

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat Danau Banaran
Foto : https://www.instagram.com/galaksia.bit/

Lokasi Danau Banaran berada di kawasan perkebunan cengkeh yang sangat terjaga areanya karena dikelola dengan baik. Sehingga tak heran jika tempat ini selalu eksis dan seolah-olah pesona yang ditawarkan seperti tak pernah habis.

Alamat Danau Banaran terletak di Dusun Surugajah, Kelurahan Ngargosari, Kec. Sukorejo, Kab. Kendal, Provinsi Jawa Tengah. Jika dari Alun-Alun Kota Kendal maka jarak yang musti ditempuh yakni kurang lebih sejauh 46 km.

Menariknya, dari sini anda juga bisa menjangkau beberapa tempat wisata di Kendal yang populer dan hits karena lokasinya cukup dekat. Seperti Curug Gajah dan juga wisata Taman Sayur yang menyuguhkan aneka spot foto kekinian.

Jalan utama yang harus dilalui untuk menuju Danau ini cukup melatih kesabaran anda, maka perlu adanya kehati-hatian tingkat tinggi. Tapi tenang karena jalurnya masih bisa diakses oleh kendaraan roda dua, sedangkan jika memakai mobil sepertinya akan mengalami kesulitan.

Bagi anda yang hendak berkunjung ke wisata alam Kendal satu ini, maka bisa menggunakan maps berikut agar perjalanan semakin mudah. Peta navigasinya akan mengarahkan anda langsung menuju Danau Banaran untuk liburan yang menyenangkan.

Datang juga ke –> Curug Sewu

Fasilitas

fasilitas danau banaran
Foto : https://www.instagram.com/agustiyanik_/

Sejauh ini Danau Banaran Sukorejo Kendal belum dikelola secara khusus sebagi tempat wisata. Karena kembali ke tujuan utamanya dari berdirinya bendungan ini adalah berfungsi untuk keperluan perkebunan cengkeh setempat, seperti menyiram tanaman.

Sehingga dari segi fasilitas tempat wisata ini pun tergolong masih apa adanya dan jauh dari kata memadai. Fasilitas Danau Banaran yang bisa anda jumpai seperti toilet, area parkir, dan tempat duduk untuk bersantai.

Meski sarana yang ada masih sangat terbatas, itu semua tidak mengurangi serunya mengisi waktu libur dengan datang ke Danau Banaran. Nikmati keindahan alam menawan dari dekat yang akan membuat diri anda rileks dan semangat seperti terlahir kembali.

Kunjungi juga –> Pantai Sikucing

Spot Terbaik di Danau Banaran

spot terbaik di danau banaran
Foto : https://www.instagram.com/elisayuta/

Berfoto-foto ria tentu menjadi hal utama yang tak boleh anda lewatkan ketika berada di wisata alam Kendal satu ini. Hamparan luas jernihnya air bendungan berwarna kehijauan wajib dimanfaatkan sebagai latar belakangnya.

Spot favorit wisatawan untuk berswafoto yaitu sebuah pijakan atau jalan setapak dari pinggir menuju tengah-tengah danau. Sehingga foto yang dihasilkan memperlihatkan  anda seolah-olah sedang berjalan diatas air.

Jadikan berbagai spot terbaik di Danau Banaran sebagai background agar setiap momen indah disini tak akan terlupakan. Selain itu, banyaknya pepohonan dan tanaman hijau yang mendominasi danau ini bisa juga anda coba sebagai salah satu sudut berswafoto.

Abadikan momen sebanyak-banyaknya ke dalam foto atau video untuk merekam semua hal-hal menyenangkan selama liburan di Danau Banaran.

Review sebelumnya –> Curug Semawur

Tips Berkunjung

tips berkunjung danau banaran
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/114042958617141828069

Berikut tips berkunjung ke Danau Banaran sebagai informasi yang bisa anda simak untuk dijadikan tambahan referensi.

  • Hari yang cerah adalah waktu terbaik berkunjung ke Danau Banaran yang menakjubkan.
  • Datanglah ketika sore atau pagi hari untuk mendapatkan suasana alam lebih sejuk dan teduh.
  • Bila tidak kuat dengan terik matahari sebaiknya tidak datang saat siang hari atau paling tidak membawa penutup kepala.
  • Tidak dianjurkan berkunjung ke Danau Banaran pada saat cuaca buruk dan ketika turun hujan lebat.
  • Bersama-sama menjaga lingkungan area danau agar selalu bersih dan nampak asri serta lestari.
  • Selalu berhati-hati dan tetap utamakan keselamatan agar pengalaman liburan berlangsung lancar dan sesuai harapan.

Demikian tadi ulasan singkat seputar wisata alam Kendal populer yakni Danau Banaran yang menawan. Tunggu apalagi, yuk segera explore Danau Banaran Kendal bersama keluarga maupun orang-orang tercinta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

eleven − 1 =