Wisata di Trenggalek saat ini sudah berkembang. Ada banyak ragam yang dapat Anda nikmati di Kota dengan Julukan Keripik Tempe tersebut. Mulai dari pantai, air terjun, sampai pesona Goa nan indah.

Kawasan Pesisir Jawa Timur ini beberapa masyarakatnya masih menjalankan tradisi sedekah bumi. Tepatnya di Kelurahan Ngantru, hal tersebut sebagai upaya menjalankan tradisi sekaligus mengenang sejarah dari Trenggalek.

Di mana tidak lepas dari tokoh Dyan Arya Menak Sopal seorang penguasa yang menjadi pahlawan bagi petani. Beliau, membangun waduk untuk pengairan dengan membendung Kali Bagong.

Hanya saja, setiap kali dibangun selalu mengalami kegagalan dan tanggul selalu jebol. Menak Sopal akhirnya melakukan pertapaan dan menemukan bukti bahwa, tempat tersebut terdapat siluman buaya putih.

Setelah melakukan negosiasi akhirnya, siluman tersebut berhenti untuk mengganggu. Waduk yang dibuat akhirnya, mampu membantu petani sekitar terutama saat musim kering.

Setelah cerita legenda tersebut, Kota Keripik tempe ini terus berkembang serta mengembangkan berbagai sektor untuk meningkatkan perekonomian. Termasuk kawasan pariwisatanya yang terkenal memiliki keindahan luar biasa.

Penasaran, mana saja rekomendasinya? Coba penelusurannya di bawah ini!

1. Pantai Karanggongso

wisata Trenggalek
Foto : https://www.instagram.com/jackdamars/

Rekomendasi pertama yang bisa Anda pilih adalah Pantai Karanggongso. Untuk tiket masuknya hanya Rp10 ribu bagi dewasa. Sementara, untuk anak-anak dikenakan tarif Rp5 ribu.
Menuju ke Pantai Karanggongso sendiri menempuh waktu sekitar 1 jam lamanya. Atau kurang lebih 38 kilometer dari pusat kota. Pada saat liburan sekolah atau akhir pekan tempat ini sangat ramai terutama wisatawan lokal.

Mereka datang menikmati panorama yang disuguhkan meliputi, pemandangan pantainya dengan bibir yang begitu luas. Pasir berwarna putih, serta ombak yang begitu tenang. Membuatnya cocok untuk menghabiskan waktu libur Anda.

Tampak pula kapal nelayan bersandar dan dijadikan sebagai salah satu objek foto terbaik. Terutama saat matahari turun atau hampir terbenam. Bahkan, beberapa diantaranya dimanfaatkan sebagai transportasi pengunjung berkeliling pantai.

Biaya yang akan dikenakan setiap perahu pasti berbeda. Tetapi, rata-rata menawarkan Rp50 ribu untuk satu kali putaran. Selain perahu pihak pengelola juga menyediakan banana boat.

jika, perut keroncongan sudah merasa lapar. Tidak ada salahnya untuk menikmati berbagai sajian khas ikan laut Seperti, cumi, udang, ikan kakap, dengan berbagai macam olahan, Ada yang hanya dibakar saja atau digoreng.

Bagi Anda yang mengaku pecinta alam, jangan lupa untuk menginap disini. Karena, sudah ada camp area yang cukup luas. Fasilitas kamar mandi juga bisa Anda nikmati selama 24 jam penuh.

2. Rumah Apung Trenggalek

wisata di Trenggalek
Foto : https://www.instagram.com/ery.nurlaksono/

Wisata di Trenggalek selanjutnya adalah Rumah Apung terletak di Desa Tasikmadu, Kecamatan Watulimo. Untuk bisa mencapainya setiap wisatawan harus naik kapal wisata terlebih dulu.

Lalu, dari mana aksesnya? Cobalah datang ke pantai pasir putih terlebih dulu. Atau mulai dari Pantai Simbaronce, Pantai Bangkokan. Jaraknya kurang lebih 10 menit, di sana setiap pengunjung akan disuguhkan pemandangan nan indah.

Mulai dari pegunungan hingga lautan lepas. Alasan mengapa kawasan ini tidak pernah sepi adalah letaknya berada di tengah laut. Ada sensasi menantang yang membuat semua orang penasaran.

Tidak hanya duduk saja, ada berbagai macam sajian sudah disediakan mulai dari es kelapa muda sampai makanan berat. Aktivitas lain yang bisa Anda lakukan adalah melakukan snorkeling hingga berenang di kolam renang yang sudah disediakan.

Cukup unik dan menarik juga saat berada di tempat ini. Karena, hadir pula lokasi penangkaran ikan Kerapu serta berbagai ikan hias. Disediakan pula fasilitas penginapan. Harganya mulai dari Rp200 ribu.

Menikmati berbagai sajian wisata disini Anda akan dikenakan sejumlah biaya. Tiket masuknya dan menyewa pelampung Rp10 ribu. Sewa peralatan snorkeling mulai dari Rp20 ribu. Tarifnya juga sama jika, Anda ingin menyewa perahu kano.

3. Pantai Prigi

objek wisata di Trenggalek
Foto : https://www.instagram.com/pambudiyoga/

Siapa yang tidak mengenal Pantai Prigi, menjadi ikon yang tidak mungkin Anda lewatkan. Harga tiketnya sendiri hanya Rp10 ribu saat week end. Untuk jalan petunjuknya sangat mudah cukup menggunakan GPS.

Jaraknya kurang lebih 35 kilometer dari pusat kota, kurang lebih membutuhkan waktu satu jam saja. Setibanya di Pantai Prigi,Anda akan disuguhkan dengan berbagai taman yang indah dan menarik.

Fasilitas Taman ini juga dilengkapi dengan Jogging Track. Menariknya, Anda bisa masuk dan tidak akan dipungut biaya. Aktivitas selanjutnya adalah bermain air dengan berenang. Apalagi, ombaknya tidak terlalu besar.

Bagi wisatawan yang menyukai aktivitas memacu adrenalin, cobalah untuk menikmati permainan off road motor trail. Untuk harga sewanya sendiri mulai dari Rp50 ribu untuk 15 menit.

Terakhir, jangan lupa menikmati berbagai macam menu kuliner yang enak dengan berbagai menu olahan seafood. Pastinya menggoda dan buat Anda ingin berlibur ke sini lagi. Hampir semua menu makanannya enak-enak.

Selain itu untuk spot foto tempat ini tidak usah ditanya lagi. Pasti sangat menarik karena, sebagai salah satu dermaga untuk berlabuh kapal nelayan yang baru pulang dari melaut. Anda dapat melihatnya saat pagi hari, sekaligus membeli ikannya dijamin masih segar dan murah.

4. Air Terjun Songgo Langit Trenggalek

obyek wisata di Trenggalek
Foto : https://www.instagram.com/att.muftika/

Wisata Trenggalek terletak di Desa Jombok Rt.02, Rw.06, Kecamatan Pule. Keindahannya memang tidak dapat dibandingkan dengan lainnya karena, memiliki pesona luar biasa dengan hadirnya empat tingkatan sekaligus.

Hanya saja, untuk bisa menikmati panoramanya, Anda diwajibkan datang pada musim penghujan. Karena, air sangat melimpah ruah. Debitnya sangat deras berbanding terbalik saat wisatawan mengunjungi di musim kemarau.

Debit airnya kecil bahkan, hampir tidak ada sama sekali. Waktu terbaik mengunjunginya adalah saat pancaroba dari hujan ke kemarau. Di mana, debit air masih cukup deras tetapi, kondisi lingkungan sekitar tidak terlalu licin.

Perjalanan menuju ke air terjun sendiri cukup sulit. Wisatawan bisa mengendarai kendaraan pribadi baik motor atau mobil. Hanya saja, tidak dapat menjangkau ke titik lokasi karena, medannya cukup sulit.

Jadi, Anda harus berjalan kaki menuju ke lokasi. Hanya saja harus berhati-hati karena, lokasinya masih cukup curam. Banyak jurang begitu dalam dan kondisi jalanan sempit. lebih disarankan jangan terburu-buru untuk bisa sampai di sana.

Pemandangan menarik akan didapatkan, jangan lupa membawa kamera agar setiap momen dapat diabadikan. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah perbekalan terutama minuman serta makanan.

Datang Juga ke –> 23 Tempat Wisata di Madiun Terbaru

5. Air Terjun Grobogan Sewu

tempat wisata di Trenggalek
Foto : https://www.instagram.com/kisahfotoblog/

Air Terjun Grobogan Sewu ini memang cukup spesial karena, letaknya tidak begitu jauh dari Pantai. Sehingga, setelah asik terkena air laut langsung bilas dengan air tawar. Rasanya sangat menyegarkan sekali, dari jarak juga tidak terlalu jauh.

Mempunyai ketinggian kurang lebih 10 meter dengan berbagai mitos yang dipercaya warga sekitar. Seperti, mandi disana pasti akan awet muda. Di balik air terjun ini, Anda bisa melihat keindahan gua. Dengan pintu masuk cukup kecil.

Aliran airnya cukup deras tetapi, hati-hati karena batuannya cukup licin. Tidak jauh dari air terjun ini ada sebuah kolam renang. Anda juga bisa berenang atau memanfaatkan kehadiran fasilitas Gazebo.

Bagi yang lelah, setelah berenang. Bisa langsung duduk dan menikmati suasana yang syahdu. Saking dekatnya dengan pantai, suara ombak bisa terdengar. Untuk harga tiket masuknya hanya Rp5 ribu saja.

Anda dan keluarga bisa puas bermain air, melakukan aksi cliff jumping atau hanya sekedar foto-foto. Karena, suasananya begitu menyenangkan. Apalagi medannya tidak terlalu sulit dan sudah banyak papan petunjuk. Rasakan pula berbagai kuliner lezat yang disajikan mulai dari berbagai olahan seafood sampai camilan pisang goreng.

6. Pantai Cengkrong

tempat wisata di Trenggalek terbaru
Foto : https://www.instagram.com/tsaniayra/

Objek wisata Trenggalek berikutnya yang bisa Anda kunjungi adalah Pantai Cengkrong. Letaknya ada di Desa Karanggandu, Kecamatan Watulimo, Jaraknya kurang lebih 75 km dari pusat kota.

Berada di Jalan Lintas selatan membuatnya cukup strategis dan ramai pengunjung. Letaknya pula tidak jauh dari pantai Prigi dan Damas. Menuju kesana kurang lebih menempuh waktu 2 sampai 4 jam.

Menariknya kawasan ini adalah mempunyai panorama pasir putih yang lembut, sedikit kecoklatan. Sehingga, sangat cocok dijadikan sebagai lokasi liburan bersama keluarga di akhir pekan. Anginnya cukup nyaman untuk duduk bersantai.

Masalah ombak tenang saja, tidak terlalu deras dan aman untuk berenang walau jangan sampai pergi ke tengah ya. Karena, sudah banyak terumbu karang berjajar untuk menghalanginya.

Aktivitas terbaik di Pantai Cengkrong adalah memanfaatkan setiap momennya dengan mengabadikannya ke dalam sebuah foto. Pesona sangat bagus dan mendukung terutama pada sore hari. Apalagi, keindahannya tampak sempurna karena, hadirnya berbagai kapal nelayan yang bersandar.

7. Air Terjun Jurug Waru

wisata terbaru Trenggalek
Foto : https://www.instagram.com/seekorr_titit/

Objek wisata di Trenggalek berikutnya adalah Air Terjun Jurug Waru/ Terletak di Desa Watuagung, Kecamatan Dongko. Keindahannya sungguh memukau merupakan perpaduan antara air, tebing, hingga telaga.

Nama Jurug Waru sendiri diambil karena, sekitar lokasi. Anda dapat melihat, Hamparan tebing yang bentuknya hampir mirip daun waru. Jika, di simak secara seksama mirip sekali bentuk jantung hati.

Panoramanya memang tidak ada yang bisa menandingi. Karena, dikelilingi oleh berbagai tebing. Air ini akan muncul di sela bebatuan, sangat jernih dan menarik untuk menghilangkan penat serta stress.

Saat berada di telaga, wisatawan bisa melakukan berbagai aktivitas. Mulai dari berenang sampai terjun ke bawah air. Hanya saja, demi keselamatan bersama dihimbau jangan terlalu ke tengah, sangat berbahaya.

Keunggulan lain dari Air Terjun Jurang Watu adalah memiliki panorama cantik di dasar sungai yaitu batuan karst. Aktivitas lain yang bisa pengunjung lakukan adalah mengabadikan setiap momen dengan mengambil gambar atau foto. Hanya saja, perlu hati-hati menuju ke sana karena medannya cukup sulit.

8. Banyu Nget Trenggalek

wisata alam Trenggalek
Foto : https://www.instagram.com/dodiewepe/

Wisata Trenggalek yang tidak kalah bagusnya adalah Banyu Nget terletak di Desa Dukuh, Kecamatan Watulimo. Konsepnya adalah wisata alam serta edukasi. Tempatnya tidak hanya indah saja melainkan nyaman dan menyenangkan.

Untuk tiket masuknya sendiri hanya 5 ribu per orang saja.. Untuk segala fasilitasnya sudah sangat lengkap mulai dari area parkir yang cukup luas. Kondisi alam sekitarnya sangat bersih serta tertata rapi.

Selain itu, kondisi alamnya sendiri masih asri, cobalah datang saat siang hari. Suasananya tenang dan sejuk, udaranya juga cukup segar.. Terasa ingin buang air? Langsung saja ke kamar mandi. Karena, sudah tersedia sangat bersih dan terawat dengan baik.

Selain memberikan tempat untuk berkemah, sesuai dengan namanya Banyu Nget juga mempunyai pemandian air panas. Segala lelah dan penat akan terobati setelah masuk kedalamnya dan menikmati semuanya,

Apakah sudah selesai?Belum, masih ada panorama lain yang harus dinikmati yaitu Air Terjun mempunyai ketinggian kurang lebih 20 meter. Ada sebuah kolam tepat di bawah punya kedalaman sekitar 3 meter.

Air terjun ini merupakan puncak atau titik tertinggi disini. Jangan takut untuk bermain air karena, tersedia pelampung untuk disewa. Ditambah lagi petugas serta pengawas. Untuk menyempurnakan liburan, nikmati buah durian lokal yang cita rasanya luar biasa.

Kunjungi juga –> 17 Tempat Wisata di Gresik Terbaru

9. Bukit Banyon

tempat wisata keluarga di Trenggalek
Foto : https://www.instagram.com/indraiswanto84/

Tempat wisata di Trenggalek Jawa Timur ini sering disebut juga dengan Negeri diatas Awan. Di mana pesona alam dari atas bukit bisa Anda nikmati disini. Keindahannya memang tidak dapat dilukiskan dengan kata-kata.

Hampir semua fenomena yang membuat Anda takjub bisa dinikmati disini. Mulai dari Matahari terbit biasa hadir setiap pukul 5 hingga 5,30 pagi serta terbenam pada pukul 5 hingga 6 sore.

Selain itu setiap pengunjung juga dapat menikmati panorama indah bintang-bintang saat malam hari. Menariknya lagi, dalam kondisi apa saja Bukit Banyon tetap menarik. Saat banyak awan, rasanya seperti, di atas awan karena, kabut yang terbentuk.

Jika, langit cerah, tetap masih ada kabut hanya saja sangat tipis. Tidak perlu takut kelaparan atau kehausan. Karena, sudah tersedia berbagai pilihan mau dingin atau panas semua tersedia. Waktu terbaik mengunjunginya adalah sore hari pukul 5 Anda bisa mendapatkan panorama lampu kota yang hidup membuat sebuah pola.

Jarak menuju ke Bukit Banyon bila berkendara menggunakan kendaraan pribadi menempuh jarak 13 km. Datanglah sore, sebelum sunset kemudian dirikan tenda menikmati malam ditutup dengan sunrise. Dijamin, berlibur ke tempat ini adalah yang terbaik.

10. Air Terjun Coban Rambat

tempat wisata alam di Trenggalek
Foto : https://www.instagram.com/healingmoment_/

Wisata Trenggalek ini terletak di Desa Dompyong, Kecamatan Bendungan atau lebih tepatnya berada di lereng Gunung Wilis. Keindahannya memang tidak ada yang mampu mengalahkan.

Memang, tidak terlalu tinggi dan lebar. Namun, suasananya membuat semua orang terpukau dan terpana bila melihatnya. Sudah disediakan pula area untuk memacu adrenalin yaitu flying fox.

Bagi wisatawan yang ingin menginap di tempat ini bisa saja menyewa salah satu kamar di rumah warga. Harganya cukup murah dengan berbagai fasilitas yang nyaman dan seperti di rumah sendiri.

Mata Air dari Coban Rambat sendiri tidak pernah surut jadi, Anda bisa berkunjung kapan saja termasuk musim kemarau. Hanya saja, perbedaannya ada di debit air. Saat musim penghujan pasti sangat deras.

Jadi, disarankan untuk datang saat musim penghujan saja tetapi, lihat dulu cuacanya ya. Karena, jalanan sangat licin jika tidak hati-hati bisa saja terjatuh karena jalanan cukup licin.

Menuju ke objek wisata ini sudah cukup mudah. Bisa menggunakan transportasi umum seperti, bus dan melanjutkannya dengan ojek. Bagi yang membawa kendaraan pribadi lihat saja dengan papan petunjuk atau google maps.

11. Goa Ngerit

wisata alam Trenggalek
Foto : https://www.instagram.com/august_djimavicpro/

Tempat wisata di Trenggalek yang hits ini memang sangat menawan dan pemandangan yang disuguhkan tidak kalah dengan kawasan ternama lainnya. Ada dua gunung berbatu serta batuan alam yang membuat semua wisatawan terpukau.

Letaknya di Desa Senden, Kecamatan Kampak. Ada satu spot menarik yang jadi ciri khas dari Goa Ngerit yaitu Rumah batu dengan ketinggian kurang lebih 5 meter. Anda bisa naik menuju ke atas dan melihat pesonanya yang menawan.

Tetapi, saat naik menuju ke titik atas harus hati-hati karena, belum tersedia pengamanan. Apalagi, angin sepoi-sepoi berhembus cukup kencang. Sehingga, sangat rawan untuk terjatuh.

Selain rumah batu, Goa ini juga punya spot menarik lainnya berupa Air terjun. Biasanya banyak wisatawan mengambil spot untuk mengambil foto disini. Selain itu, jangan kelewatan menikmati jembatan gantung.

Di mana di bawah jembatan tersebut ada sebuah sungai cukup besar. Walau menarik untuk dikunjungi tetap saja jantung berdebar kencang. Terakhir, Anda akan disuguhkan dengan sebuah Goa. Samping kanan dan kirinya masih ada banyak batu sehingga, terkesan alami.

12. Pantai Pelang

tempat wisata di Trenggalek
Foto : https://www.instagram.com/agoes_arie1608/

Wisata Trenggalek selanjutnya adalah Pantai Pelang letaknya di Kecamatan Panggul. Dari pusat kota Trenggalek kurang lebih 3 jam perjalanan. Begitu eksotis dan mempesona karena, punya 3 lokasi keren sekaligus.

Ada pantai, Goa, dan terakhir adalah Air Terjun. Ketiganya ini bisa diakses dengan mudah karena, lokasinya berdekatan. Bahkan, jaraknya tidak lebih dari 100 meter. Pesona cukup menyenangkan walau soal kebersihan memang tidak pasti.

Terkadang bebas daun kering tetapi, beberapa hari wisatawan akan disuguhkan dengan sampahnya. Untuk masuk ke lokasi wisata Anda akan dikenakan tarif Rp8 ribu. Ditambah dengan biaya parkir mulai dari Rp5 ribu.

Menariknya, area parkir Pantai Pelang ini sangat luas. Jadi, tidak perlu khawatir tidak mendapatkan tempat. Terutama bagi wisatawan luar kota. Fasilitas lain selain area parkir adalah kamar mandi dan Mushola. Keduanya, terawat dengan baik dan tidak ada kesan kotor sama sekali.

Suasana pantainya cukup luas dengan adanya bebatuan karang di sebelah ujung. Saat malam hari, Anda bisa melihat lampu berjajar di tengah laut konon katanya adalah tempat pertambangan minyak bumi.

13. Gunung Sepikul Trenggalek

tempat wisata alam di Trenggalek
Foto : Barid sophia/d’Traveler

Wisata Trenggalek ini menjadi salah satu tempat terbaik untuk memacu adrenalin terbaik. Karena, merupakan tebing Tertinggi di Kota keripik tempe ini. Letaknya berada di Desa Watuagung, Kecamatan Watulimo.

Memiliki pemandangan sekaligus panorama yang sangat mengesankan. Saat Anda sampai di puncaknya, lihatlah hamparan perbukitan dan hijaunya tanah Trenggalek. Dijamin Anda enggan untuk beranjak.

Tidak hanya digunakan para pendaki naik saja. Gunung Sepikul juga dijadikan sebagai tempat terbaik panjat tebing. Bahkan, sempat dijadikan sebagai tuan rumah event climbing tingkat nasional. Bisa diikuti oleh para pemula.

Tingkat kesulitannya dibedakan dengan sudut kemiringan hampir 80 derajat. Cukup menantang dan menegangkan sekali bukan. Bagi wisatawan yang ingin mencoba sudah disiapkan dua jalur khusus dengan jalur Ferrata.

Pertama memiliki panjang 225 meter dan yang kedua adalah 125 meter. Sebagai wisata panjat tebing pertama di jawa timur, Kawasan Gunung Sepikul ini cukup ramai didatangi wisatawan. Harganya sekali memanjat Rp225 ribu.

Jangan khawatir, karena biaya itu sudah lengkap dengan makanan dan minuman, keselamatan peralatan panjat tebing, guide dan asuransi. Jadi, siapkan adrenalin Anda sejak sekarang.

14. Goa Lowo Trenggalek

wisata Trenggalek
Foto : https://www.instagram.com/dennysuhartono/

Wisata Trenggalek terakhir yang bisa Anda kunjungi adalah Goa Lowo. Peresmiannya sudah cukup lama sejak tahun 1984. Menjadi yang terbesar dan terpanjang di Asia Tenggara dengan panjang mencapai 2 km.

Sayangnya, untuk menikmatinya hanya bisa sepanjang 850 meter saja. Selebihnya, Anda harus menyelam terlebih dulu karena, letaknya ada di bawah sungai. Letak dari Goa ini sendiri di Desa Watuagung, kecamatan Watulimo.

Menuju ke objek wisata ini para pengunjung bisa mengikuti petunjuk menuju ke Pantai Prigi. Nama Goa kelelawar sendiri diambil karena, banyak terdapat hewan tersebut. Menariknya, tidak ada satwa yang mampu bertahan hidup disini.

Karena, suara dari kelelawar sendiri terlalu keras apalagi, Goa ini sangat gelap. Untuk masuk kedalamnya wajib membayar tiket masuk sebesar Rp5 ribu .Jangan lupa untuk menyempatkan waktu kesini.

Karena dinding goa dan pesonanya akan memanjakan mata. Stalagtit dan stalagmitnya membuat setiap wisatawan sulit untuk berkedip. Jadi, sayang kalau berkunjung ke Trenggalek tidak mampir ke sini.

Review Sebelumnya –> 17 Tempat Wisata di Surabaya Terbaru

Wisata Trenggalek memang bagus dan mengesankan. Panoramanya sulit untuk dilupakan. Tersedia berbagai macam pilihan, ada Goa, Pantai, atau puncak. Jadi, kapan akan berkunjung ke Trenggalek?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

one × one =